Ada Banyak Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Meningkatkan Imunitas!

Sama mengenyangkannya dengan nasi, masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kacang hijau. Salah satu jenis kacang-kacangan tersebut memang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Satu jenis makanan yang identik dengan jenis kacang tersebut adalah bubur kacang hijau.

Bahkan, bubur kacang hijau tetap menjadi hidangan favorit yang banyak disantap saat di pagi hari. Pasalnya, makanan yang tergolong sebagai camilan tersebut dapat memberikan kehangatan dan rasa kenyang bagi para penikmatnya. Dengan begitu, siapa saja akan siap menyambut hari setelah memakan makanan khas nusantara tersebut.  

Namun, tahukah Anda jika manfaat kacang hijau jauh lebih luas dari itu? Baik dari mengonsumsi yang sudah diolah menjadi bubur maupun jenis makanan lainnya, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan oleh penikmatnya. Alasan utamanya karena kacang hijau mengandung variasi nutrisi yang penting dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan utama yang dimiliki oleh kacang hijau meliputi protein, serat, karbohidrat, rendah lemak, juga antioksidan. Salah satu jenis kacang-kacangan tersebut juga mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, fosfor, zinc, zat besi, hingga kalium. Terlihat dari kandungan tersebut, tidak ada satupun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Lantas, apa saja manfaat kacang hijau untuk kesehatan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah rangkumannya. 

Baca Juga: Ini Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Mengonsumsinya!

9 Manfaat Kacang Hijau

loader

  1. Pengontrol Kadar Kolesterol Jahat Juga Tekanan Darah

    Manfaat kacang hijau yang pertama adalah untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Setiap 100 gr kacang hijau, terkandung setidaknya 347 kilokalori serta 1,15 gr lemak. 

    Dengan perbandingan lemak yang sangat kecil tersebut, kacang hijau mampu membantu penderitanya untuk menekan kadar kolesterol. Tentunya, manfaat tersebut hanya bisa didapatkan apabila kacang hijau dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu, kadar kolesterol dapat diturunkan secara alami.

    Selain itu, karena mengandung cukup tinggi serat, kacang hijau juga mampu mengatasi hipertensi. Jadi, jika Anda merupakan penderita kedua jenis masalah kesehatan tersebut, tidak ada salahnya untuk menjadikan kacang hijau sebagai obat penyembuh alami. 

  2. Cocok Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

    Khasiat hebat selanjutnya adalah cocok dikonsumsi penderita diabetes. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, kacang hijau dijadikan sebagai konsumsi pengganti dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Jika dibandingkan dengan nasi, kadar indeks glikemik kacang hijau tergolong rendah. 

    Di samping itu, kacang hijau juga mengandung magnesium yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena kandungan yang dimilikinya tersebut, kacang hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes. Dengan begitu, kadar gula darahnya dapat diturunkan secara berkala dan tetap terjaga. 

  3. Menurunkan Potensi Serangan Jantung

    Selain mengandung banyak serat, kacang hijau juga dikenal sebagai salah satu makanan yang menjadi sumber pati. Kombinasi dari kedua kandungan tersebut dipercaya menyehatkan pencernaan. Bahkan, berdasarkan hasil sebuah penelitian, makanan yang khas dengan warna hijau tersebut mampu menurunkan risiko seseorang dari ancaman serangan jantung. 

    Tidak hanya itu, kacang hijau juga mampu mengatasi hipertensi yang menjadi salah satu penyebab utama serangan jantung. Manfaat kacang hijau ini diduga berhubungan dengan sifat anti inflamasi atau anti radang yang dimilikinya. Tingginya zat antioksidan juga dipercaya menjadi alasan mengapa kacang hijau mampu mengadang terjadinya penyakit jantung. 

  4. Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

    Sistem imunitas tubuh adalah garda terdepan yang membuat seseorang kebal dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Jika kekebalan tubuh seseorang lemah, dapat dipastikan ada beragam jenis penyakit yang mengintai. Oleh karena itu, menjaga sistem imunitas tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan.

    Salah satu cara agar bisa memiliki sistem imunitas yang baik adalah dengan banyak mengonsumsi kacang hijau. Penyebabnya adalah kacang hijau mengandung protein yang setara dengan daging. Dalam satu cangkir kacang hijau, setidaknya terdapat 3,16 gram protein di dalamnya.

    Hal inilah yang membuat kacang hijau seringkali dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti daging. Dipadukan dengan kadar kolesterol jahat dan lemak yang rendah, kacang hijau lebih berguna dalam menunjang setiap sel yang ada di dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang merasa mudah terserang penyakit, coba tingkatkan imunitas tubuh dengan rutin mengonsumsi kacang ini.

  5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

    Peran dari sistem pencernaan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat tidak kalah pentingnya dengan sistem imun tubuh. Pasalnya, hampir semua nutrisi dan gizi yang didapatkan oleh tubuh berasal dari proses yang dilakukan oleh sistem pencernaan. Dalam kata lain, saat sistem pencernaan terjaga kesehatannya, maka tubuh akan lebih mudah mendapatkan asupan yang dibutuhkan. 

    Agar kesehatan sistem pencernaan senantiasa terjaga, kacang hijau bisa menjadi salah satu caranya. Dengan kandungan serat yang tinggi dan juga menjadi sumber karbohidrat, kacang hijau mampu menurunkan risiko konstipasi atau sembelit. 

    Tidak berhenti sampai di situ, kedua kandungan tersebut juga berguna bagi Anda yang tengah menjalani program diet. Pasalnya, tubuh akan merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dapat lebih mudah terkontrol. Alhasil, berat badan pun bisa turun dengan lebih optimal. 

  6. Mampu Menjaga Kulit dan Rambut Agar Tetap Sehat

    Bagi yang belum tahu, kandungan zinc dan protein pada kacang hijau mampu membuat kuku dan juga rambut menjadi lebih sehat. Bahkan, kacang hijau juga bermanfaat dalam meremajakan kulit karena mengandung phytoestrogen. Berkat kandungan tersebut, produksi kolagen akan terjaga dan kulit menjadi lebih elastis, lembut, juga terhindar dari proses penuaan dini.  

  7. Sebagai Obat Alami Penyembuh Anemia

    Banyak orang meremehkan penyakit kurang darah atau biasa dikenal dengan anemia. Padahal, jika tidak segera mendapatkan penanganan, anemia dapat menjadi penyakit berbahaya dan berakibat fatal bagi penderitanya. Oleh sebab itu, pengidap penyakit anemia seharusnya mulai melakukan beragam cara agar tidak mudah kambuh.

    Anemia adalah sebuah penyakit yang disebabkan akibat kurangnya asupan sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya, penderitanya kesulitan mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh, terutama ke kepala.

    Mengandung zat besi, sudah sepatutnya jika penderita anemia sebaiknya banyak mengonsumsi kacang hijau. Sebab, zat besi merupakan salah satu zat penting dalam proses pembentukan eritrosit atau sel darah merah. 

  8. Mengurangi Risiko Beragam Penyakit Tulang

    Kacang hijau dipercaya mampu menurunkan risiko seseorang terserang osteoporosis bagi wanita yang telah memasuk masa pasca menopause. Kandungan magnesiumnya yang tinggi dapat membuat tulang memiliki kepadatan yang lebih tinggi serta mampu membentuk sel tulang.

    Tidak tanggung-tanggung, terdapat sekitar 189 mg magnesium dalam setiap 100 gr kacang hijau. Jumlah tersebut tentu dapat memenuhi kebutuhan tubuh agar kesehatan tulang tetap terjaga. Jadi, risiko munculnya beragam penyakit tulang juga akan dapat dikurangi dengan mengonsumsi olahan atau sari kacang hijau. 

  9. Menjamin Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

    Bagi ibu yang berencana atau sedang berada pada masa kehamilan dianjurkan untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Pasalnya, nutrisi tersebut memiliki peran untuk menyehatkan kondisi ibu yang tengah hamil beserta janin yang dikandungnya. Risiko kelahiran bayi prematur, berat badan rendah, kerusakan saraf pada bayi, serta keguguran dapat dikurangi dengan mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

    Nah, kacang hijau diketahui sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung cukup banyak asam folat. Tidak hanya itu, kandungan zat besinya juga mampu menurunkan risiko bayi lahir dengan berat tubuh yang tidak ideal. Dengan rutin mengonsumsi kacang hijau, kebutuhan ibu hamil akan zat besi yang mencapai 25 mg per harinya akan lebih mudah tercukupi.  

Baca Juga: Beragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lezat dan Mengenyangkan, Kacang Hijau Juga Menyimpan Banyak Manfaat Hebat untuk Kesehatan

Rahasia dari banyaknya manfaat kacang hijau untuk kesehatan adalah karena kandungan nutrisi, mineral, juga vitamin yang dimilikinya. Kombinasi dari seluruh kandungan tersebut terbukti mampu memberikan dampak positif bagi tubuh, mulai dari meningkatkan sistem imun hingga menjaga kesehatan jantung.

Hal ini tentu menjadi kabar baik baik Anda penggemar bubur kacang hijau dan sering mengonsumsi makanan tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda mendapatkan beragam khasiat hebat dari salah satu jenis biji-bijian tersebut.

Baca Juga: Inilah Beragam Manfaat Jahe yang Juga Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh!