Butuh Motivasi Hidup? Ini 5 Rekomendasi Film Untukmu

Perjalanan hidup selalu penuh tantangan dan bahkan kejutan. Dalam menjalani hidup ini kamu bisa saja merasakan banyak hal, mulai dari bahagia hingga sesekali merasa terpuruk. Kondisi seperti akan akan selalu datang silih berganti. 

Saat kehidupanmu terasa sedang sulit, kamu mungkin saja terpuruk dan tak lagi tahu harus berbuat apa. Ini merupakan hal yang manusiawi dan siapa saja bisa merasakannya. Jangan larut dalam masalah yang membuatmu terpuruk, kamu harus segera bangkit dan menata kembali kehidupan ku dengan baik.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari keterpurukan, salah satunya dengan menonton film. Bukan hanya film bergenre komedi, berbagai film yang bisa memberi motivasi juga bisa menjadi pertimbangan. 

Kamu bisa memetik banyak pelajaran berharga dari film-film seperti ini, apalagi ketika kamu sedang melewati masa-masa yang sulit di dalam hidupmu. Jika kamu memilih film yang tepat, kamu tentu bisa keluar dari keterpurukan yang sedang kamu alami sekarang.

Berikut ini adalah beberapa pilihan film yang bisa memberikan kamu motivasi hidup: 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Forrest Gump

loader

Forrest Gump menjadi film pertama yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Film ini akan mengajarkanmu banyak hal tentang kehidupan, bahkan yang mungkin selama ini tak pernah terpikirkan olehmu. 

Forrest Gump dirilis di tahun 1994 silam dan bercerita tentang perjuangan seorang anak laki-laki bernama Forrest Gump yang terlahir dengan kebutuhan khusus. Seolah tak pernah merasakan kedamaian ketika berhadapan dengan orang-orang, anak malang tersebut mendapatkan perlakuan yang buruk dari orang-orang di sekitarnya. 

Sejak kecil ia selalu dibully dan dikucilkan oleh teman-temannya, sehingga rasa putus asa kerap datang menghampirinya. Untungnya sang ibu begitu menyayanginya dan kerap memberinya motivasi. 

Di dalam perjalanan hidupnya, Forest yang memiliki kemampuan luar biasa dalam berlari akhirnya diterima menjadi tentara dan mendapatkan medali kehormatan atas jasa-jasanya selama dikirim ke Vietnam. 

Bukan hanya itu saja, forest dewasa akhirnya bisa menjadi atlet pingpong berprestasi dan sukses menjalankan bisnis. Film ini akan memberikan motivasi tentang perjuangan hidup yang tak mudah, namun tetap bisa dimenangkan. 

Baca Juga: 13 Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi

2. Cast Away

loader

Sama dengan film di atas, Cast Away juga dibintangi oleh Tom Hanks. Dalam film ini ia berperan sebagai Chuck Noland, seorang teknisi yang bertugas untuk mengatasi berbagai masalah produktivitas di sebuah perusahaan ekspedisi yang beroperasi di berbagai negara. Dalam perjalanan ke Malaysia, ia mengalami kecelakaan pesawat ketika melewati badai besar. 

Sempat tenggelam di dalam pesawat yang ditumpanginya, pria ini akhirnya bisa selamat dengan mengandalkan rakit darurat dan terdampar di sebuah pulau. Chuck terdampar selama 4 tahun di pulau tak berpenghuni itu dan harus merawat impian untuk bisa kembali kepada kekasihnya. 

Berbagai usaha dilakukannya untuk bisa berlayar mengarungi lautan, hingga akhirnya sebuah kapal kargo menemukannya terombang-ambing di lautan lepas. Kapal inilah yang pada akhirnya mengantarkannya kembali ke rumah. 

3. 127 Hours!

loader

Film yang sangat menantang ini dibintangi oleh James Franco yang berperan sebagai Aron Ralston, seorang pendaki gunung yang begitu menyukai petualangan. Aron memiliki kebiasaan buruk, di mana ia tak pernah memberi tahu keluarga maupun kekasihnya ke mana dia akan pergi dan apa yang akan dilakukannya. Hal inilah yang menjadi penyesalan terbesarnya ketika suatu hari tangannya terjebak di celah bebatuan Blue John Canyon, Utah.

Dalam perjuangannya bertahap hidup, tak seorangpun menemukan Aron di tempat tersebut. Lelaki ini akhirnya memutuskan untuk tetap berjuang dengan bekal ala kadarnya yang dibawa olehnya. 

Tak cukup hanya itu saja, dalam keputus asaan Aron bahkan harus memotong sendiri lengannya untuk bisa keluar dari celah batu tersebut. Perjuangannya membuahkan hasil dan tim penyelamat akhirnya bisa mengevakuasinya untuk mendapatkan perawatan medis. 

Baca Juga: 21 Film yang Wajib Ditonton untuk Nambah Motivasi Hadapi Tahun Baru 2021

4. Laskar Pelangi

loader

Film yang dibuat berdasarkan novel dengan judul yang sama ini merupakan salah satu yang paling populer di tanah air. Laskar pelangi bercerita tentang sekelompok anak kecil yang dibesarkan di tanah Belitung. Dalam film ini diceritakan bagaimana anak-anak tersebut belajar dengan kondisi seadanya, bahkan begitu sulit dan memprihatinkan. 

Namun, Mahar dan teman-temannya begitu gigih merawat mimpi akan masa depan yang cerah. Kehidupan anak kampung yang sederhana dengan pandangan-pandangan yang tidak rumit, film ini akan mengajarkan kamu untuk selalu optimis untuk menatap masa depan. 

5. Pursuit of Happiness

loader

Pursuit of Happiness menjadi film motivasi terakhir yang dapat kamu jadikan pilihan. Dibintangi oleh Will Smith yang berperan sebagai Chris Gardner, seorang salesman yang menjalani hidup dengan penuh tantangan. Chris bergelut dengan pekerjaannya sepanjang waktu, demi bisa memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anaknya. 

Sebagai seorang ayah, lelaki ini mengupayakan apapun yang bisa membuat kehidupan keluarganya menjadi lebih mudah dan nyaman. Himpitan ekonomi yang berat dan berbagai masalah lainnya menjadi bumbu-bumbu di dalam film ini. Selain memotivasi, film ini juga penuh dengan adegan yang mengharukan. 

Tetap Semangat dan Termotivasi Sepanjang Waktu

Jika kamu sedang dalam masa-masa sulit sekarang ini, pastikan kamu tidak terpuruk dalam waktu yang panjang. Cobalah untuk menonton film-film penuh motivasi dan pelajaran hidup yang berguna. Bangkit dan bangun kembali semangatmu, agar harimu menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

Baca Juga: Bunda, Yuk Tonton 8 Film Indonesia Tema Pendidikan Ini Biar Anak Semangat Belajar