Bunda, Yuk Tonton 8 Film Indonesia Tema Pendidikan Ini Biar Anak Semangat Belajar

Memberikan hiburan untuk anak sangat diperlukan, apalagi di masa pandemi corona seperti sekarang ini yang mengharuskan anak sekolah masih belajar di rumah. Dengan orangtua memberikan hiburan, anak tidak mudah stress karena terlalu lama belajar di rumah.

Menghibur anak bukan hanya berupa permainan saja, tapi memberikan tontonan seperti film juga bisa memberikan relaksasi pada pikiran dan tubuh anak.

Namun, banyaknya tema film untuk anak-anak, orangtua tetap harus memilah film yang terbaik agar anak mendapatkan sisi positif yang bisa diambil atau diterapkan dalam kehidupan.

Film tema pendidikan bisa menjadi solusi yang tepat untuk ditonton anak-anak bersama orangtua. Selain mengandung unsur pendidikan yang dapat memotivasi anak tambah semangat belajar, film-film tersebut juga memberikan unsur kekeluargaan yang hangat.

Lantas, judul film apa saja yang bertema pendidikan?

Berikut Cermati.com telah mengumpulkan beberapa film pendidikan yang dapat anak tonton biar makin semangat belajar meski dari rumah saja.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS)

mars
MARS via tigapilarnews.com

Film Mimpi Ananda Raih Semesta atau dikenal dengan sebutan MARS ini menceritakan kisah gadis yang berasal dari keluarga tidak mampu. Akan tetapi, dengan tekad yang kuat gadis tersebut bisa berhasil menempuh pendidikan yang tinggi atau kuliah di Eropa.

Gadis tersebut diperankan oleh Acha Septriasa. Selain itu, film MARS yang di rilis sejak 2016 lalu ini juga dibintangi oleh beberapa artis lainnya, seperti Kinaryosih,  Teuku Rifnu Wikana, Cholidi Asadil Alam, dan Chelsea Riansy.

2. Laskar Pelangi

laskar pelangi
Laskar Pelangi via tribunewswiki.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa film Laskar Pelangi ini langsung melejit ketika awal launching tahun 2008. Bagaimana tidak? Film ini mengisahkan perjuangan dua orang guru dan murid dari sekolah yang jauh dari kesempurnaan akan nilai pendidikan.

Bu Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini sebagai guru yang telaten mengajar dan sabar dan Pak Harfan yang diperankan oleh Ikranagara memberikan pelajaran lewat motivasi.

Sementara murid-muridnya yang terdiri dari Ikal, Lintang, Mahar, Harun, Sahara, A Kiong, Flo, Borek, Kucai, Syahdan, Trapani, dan A Ling semangat menuntut ilmu dan optimis. 

3. Negeri 5 Menara

negeri 5 menara
Negeri 5 Menara via tribunewswiki.com

Negeri 5 Menara ini mengisahkan tentang sekelompok anak yang menempuh pendidikan lewat pesantren di Jawa Timur. Meski di pesantren, pelajaran yang diberikan tak melulu pelajaran tentang agama islam saja, akan tetapi hampir semua bidang pelajaran diberikan. Mulai dari olahraga, fotografi dan masih banyak lainnya.

Nah, sekelompok anak tersebut menimba ilmu di pesantren sampai selesai dan mewujudkan mimpinya untuk menaklukan dunia, dari tanah Indonesia, Amerika, Eropa, Asia hingga Afrika. 

Baca Juga: 5 Film Inspiratif yang Bisa Membuatmu Semangat Mendapatkan Pekerjaan

4. Sokola Rimba

sokola rimba
Sokola Rimba via iradiofm.com

Sesuai dengan nama filmnya, Sekolah Rimba merupakan sekolah yang sengaja didirikan di hutan rimba oleh seorang wanita.

Wanita tersebut diperankan oleh Prisia Nasution memiliki keinginan yang kuat untuk mengabdikan dirinya mengajar baca tulis kepada anak-anak yang berada di suku dalam yang tinggal di hulu Sungai Makekal di Hutan Bukit Duabelas.

Film tersebut terinspirasi dari pengalaman pribadi seorang penulis buku Sokola Rimba, Butet Manurung.

5. Di Timur Matahari

di timur matahari
Di Timur Matahari via pedasarmy.blogspot.com

Di Timur Matahari merupakan film yang menceritakan tentang anak-anak yang tertinggal jauh pendidikan yang berasal dari Indonesia Timur. Setiap harinya, anak-anak timur ini menunggu guru yang datang untuk belajar. Namun, suatu ketika guru yang ditunggu tak kunjung datang.

Meski begitu, semangat belajar anak timur ini patut diacungi jempol. Tanpa guru, mereka masih tetap bisa belajar melalui alam sekitarnya dengan bantuan orang-orang sekitar.

6. Jembatan Pensil

jembatan pensil
Jembatan Pensil via nafastbi.blogspot.com

Film Jembatan Pensil ini benar-benar mengajarkan kepada anak-anak untuk tetap bersyukur dan lebih semangat belajar. Film ini mengisahkan sekelompok anak SD yang harus berjuang untuk tetap bisa belajar. Mereka harus menempuh perjalanan ke sekolah hingga belasan kilometer, belum lagi berbagai macam rintangan yang dihadapi. Meski begitu, semangat belajar mereka tetap membara.

Baca Juga: Daftar Film Animasi Terbaik Dunia yang Wajib Ditonton Bersama Keluarga

7. Sang Pemimpi

sang pemimpi
Sang Pemimpi via baca tangerang.com

Sang Pemimpi merupakan film lanjutan dari Laskar Pelangi. Film ini menceritakan hidup salah satu murid laskar pelangi yang bernama, Ikal. Ikal menjalani hidup remaja yang mencari jati dirinya. Namun, bukan seperti remaja yang nakal, melainkan anak remaja yang bersungguh-sungguh belajar hingga ke Eropa. Ini tentunya sangat menginspirasi anak sekolah.

8. Alangkah Lucunya Negeri Ini

film pendidikan
Alangkah lucunya negeri ini

Alangkah Lucunya Negeri Ini bukan film komedi pada umumnya. Akan tetapi, inti film ini mengisahkan kisah seorang sarjana yang memiliki keinginan untuk mengajarkan baca, tulis, hitung dan lainnya kepada para preman cilik.

Dampingi dan Berikan Bimbingan saat Menonton

Meski film yang ditonton khusus untuk anak-anak, tetap saja sebagai orangtua perlu mendampingi anak ketika menonton film hingga selesai. Sebab setiap film anak pastinya ada adegan perkelahian, debat, permusuhan sebagai bumbu film tersebut. Nah, sebagai orangtua, perlu memberikan bimbingan dari film tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Bikin Semangat Menjalankan Bisnis