Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? 10 Buku Ini Jadi Rekomendasi yang Layak Dibaca!

Sebuah buku merupakan salah satu benda yang bisa memiliki dampak atau peranan yang cukup penting dalam kehidupan, tak terkecuali ketika kita sedang atau baru akan berencana memulai bisnis. Pasalnya, saat membaca buku, kalian bisa mendapatkan berbagai macam informasi, ide, maupun juga motivasi di dunia usaha.

Dari buku yang dibaca, bisa juga membantu untuk menyelesaikan berbagai macam masalah, dan bahkan membimbing menjadi pengusaha yang sukses. Biasanya, buku tersebut akan mengajarkan para pengusaha bagaimana cara memulai usaha, hingga membuat rencana bisnis yang sukses berdasarkan pengalaman orang-orang sukses ataupun teori-teori berbisnis.

Ada banyak buku yang berisikan cara-cara menjadi orang maupun pengusaha sukses, seperti deretan buku-buku ini yang bisa menjadi rekomendasi bacaan kalian guna meningkatkan rencana bisnis dan menjadi pengusaha yang sukses. Berikut adalah rinciannya;

 Baca Juga: 10 Buku Termahal di Dunia ini Harganya Sampai Miliaran Rupiah!

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

  1. Zero to One (Peter Thiel)

    loader

    Buku yang cocok dibaca untuk menjadi orang yang sukses ini ditulis oleh pengusaha sekaligus investor asal Amerika Serikat bernama Peter Thiel. Zero to One pun ditulis berdasarkan pandangan Peter Thiel mengenai bisnis dibidang startup yang dirinya pelajari selama mendirikan dan menjual Paypal, berinvestasi di Facebook hingga menjadi miliarder.

    Orang ataupun pengusaha yang sedang memulai bisnis direkomendasikan membaca buku ini karena di dalamnya terdapat pembelajaran dari Peter Thiel tentang bagaimana mencari cara untuk menciptakan sesuatu hal yang baru.

    Dengan demikian, dalam buku Zero to One, Peter Thiel ingin memberikan pandangan positif ke masa depan, dan menawarkan cara-cara berpikir baru tentang inovasi. Serta belajar mengajukan pertanyaan yang tepat untuk menemukan nilai di tempat yang tak terduga.

  2. Lean Start-Up (Eric Ries)

    loader

    Buku karya dari Eric Ries menawarkan pendekatan semi-ilmiah dunia nyata kepada para pengusaha dan entrepreneur untuk membangun bisnis dengan menggunakan validasi. Kemudian, menemukan model bisnis yang menguntungkan, dan menciptakan pertumbuhan di dunia usaha startup.

    Bagi Eric, dalam dunia startup pasti rentan dengan kegagalan, sehingga ketika membaca buku ini maka pengusaha akan terhindar dari risiko-risiko yang tidak diperlukan dan bagaimana membangun startup dengan aman. Selain itu, ia juga menekankan untuk membuat visi yang juga penting di dunia usaha.

  3. Purple Cow (Seth Godin)

      loader

    Dalam buku ini, Seth Godin sebagai penulis ingin memberitahu kepada para pengusaha kalau pembuatan iklan atau pemasaran yang luar biasa juga harus diimbangi dengan kualitas produk yang serupa pula. Selain itu, ia juga menekankan agar pengusaha dapat menargetkan orang-orang terhadap produk yang dibuat.

    Purple Cow terdiri dari konsep-konsep umum yang diselingi dengan contoh-contoh yang berguna sebagai cara menjadi orang yang sukses. Selain itu, buku ini juga diakhir dengan ulasan mengenai 10 poin penjelasan bagaimana cara membuat produk bisnis yang luar biasa.

    Jika tertarik pada proses pembuatan iklan yang kreatif dan luar biasa agar bisnis menjadi menonjol, maka kalian juga harus membaca salah satu buku untuk orang sukses ini. Buku tersebut juga disebut dapat menginspirasi sekaligus membentuk identitas merek dari produk yang dibuat.

  4. Focal Point (Brian Tracy)

      loader

    Untuk menjadi orang sukses, hal yang pertama harus diketahui adalah menemukan titik fokus, yakni sesuatu yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Pesan tersebut disampaikan oleh Brian Tracy dalam tulisannya yang dituangkan pada bukunya berjudul Focal Point.

    Dalam bukunya ini, Brian Tracy ingin menyampaikan bagaimana penyatuan ide-ide tentang manajemen kehidupan pribadi ke dalam sebuah rencana sederhana dan mudah dilakukan. Dengan demikian, Focal Point membantu para pembaca menganalisis hidup di tujuh bidang utama serta mengembangkan tujuan dengan rencana-rencana yang terfokus.

  5. Rework (Jason Fried)

      loader

    Rework adalah salah satu buku untuk menemukan cara menjadi pengusaha yang sukses, yakni berfokus pada memulai dan mengembangkan perusahaan. Jason Fried juga memberikan strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh pemilik usaha kecil dan juga besar.

    Selain itu, buku ini juga menekankan pentingnya layanan pelanggan, dan bagaimana menjadi lebih produktif dalam dunia bisnis. Melalui Rework, Jason menuliskan pula pengalaman pribadinya dan memberikan ide-ide kepada orang dalam dunia bisnis untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan yang efisien.

  6. How to Win Friends and Influence (Dale Carnegie)

    loader

    Buku cara menjadi orang sukses selanjutnya adalah karya dari Dale Carnegie yang berisikan saran-saran atau kiat praktis dalam menangani orang, dan bagaimana membuat orang tersebut menyukai cara berpikir kita. Selain itu, How to Win Friends and Influence juga terdapat sejumlah cara untuk mengubah orang tanpa menyinggung dan menimbulkan kebencian.

    Dalam bukunya, enam cara membuat orang menyukai kita adalah dengan menjadi tertarik terlebih dahulu dengan orang itu, senyum, mengingat nama, menjadi pendengar yang baik. Kemudian, membahas mengenai minat orang lain, dan membuat orang lain itu merasa penting dengan tulus.

  7. Think and Grow Rich (Napoleon Hill)

    loader

    Buku karya Napoleon Hill ini dirilis pada 1937 yang masuk ke dalam genre klasik membahas mengenai pengembangan pribadi dan sangat berpengaruh dalam bentuk cara berpikir seseorang tentang cara meraih kesuksesan dan kekayaan. Buku yang memberikan motivasi untuk menjadi orang sukses itu pun ditulis dalam Bahasa Inggris dengan berisikan sebanyak 238 halaman.

    Dalam bukunya, Napoleon Hill mengungkapkan sejumlah langkah yang harus dilakukan seseorang untuk meraih kesuksesan dan kekayaan. Diantaranya adalah keinginan, keyakinan, autosugesti, pengetahuan khusus, imajinasi, perencanaan, keputusan, dan lain sebagainya.

    Karya Napoleon Hill ini bisa menjadi salah satu rekomendasi buku yang wajib dibaca jika memerlukan motivasi untuk sukses. Pasalnya, Think and Grow Rich tersebut merupakan buku bisnis terlaris, masuk ke dalam Daftar Buku A Lifetime ‘Harus Dibaca’, dan sudah terjual hingga 20 juta eksemplar selama 50 tahun.

     Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Teman Flightmu

  8. The Hard Thing About Hard Things (Ben Horowitz)

      loader

    Nama Ben Horowitz tentu tidak asing lagi di dunia bisnis, pasalnya ia merupakan seorang pengusaha asal Amerika Serikat dan menjadi salah satu bagian dari Silicon Valley. Dalam bukunya ini, dirinya menuangkan sejumlah pengalaman berdasarkan pengalaman pribadi dalam mendirikan, menjalankan, mengelola, serta berinvestasi di perusahaan teknologi.

    Selain itu, Ben Horowitz juga mengungkapkan kisahnya dalam berbisnis seperti memecat temannya sendiri hingga memburu pesaing. Maka dari itu, buku ini bisa menjadi salah satu rekomendasi jika ingin mencari cara menjadi orang yang sukses, terutama sebagai pengusaha atau pebisnis.

  9. The Power of Broke (Daymond John)

      loader

    Untuk menjadi seorang yang sukses dan kaya tentu bukanlah hal yang mudah dicapai maupun dijalani, karena tentunya terdapat banyak halangan dan rintangan yang harus dihadapi dan diatasi dengan baik. Guna bisa bangkit dalam setuap masalah, mungkin buku ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk dibaca.

    The Power of Broke karya dari Daymond John ini berisikan bagaimana kebangkrutan sebuah usaha yang membuat anggaran kian menipis dapat menjadi sebuah motivasi dan harapan dengan melakukan hal terbaik dalam mencapai kesuksesan yang besar. Buku itu ditulisnya secara sederhana, mulai dari ide hingga saat mengalami kebangkrutan.

  10. The $100 Startup (Chris Guillebeau)

      loader

    Rekomendasi buku tentang cara menjadi orang sukses terakhir adalah The $100 Startup yang berbicara mengenai bagaimana menggabungkan sebuah hasrat dengan keterampilan untuk memulai sebuah bisnis dengan modal hanya kurang atau lebih $100. Buku ini mengajarkan memulai usaha dengan modal yang sangat kecil bahkan terbatas.

    Tiga pelajaran yang bisa dipetik dalam buku The $100 Startup guna meraih kesuksesan, diantaranya adalah menggunakan keterampilan dalam memulai usaha. Kemudian, bergegas melakukan pemasaran yang baik dan kreatif, dan tidak hanya merencakan namun juga mengambil sebuah tindakan.

Buku Menjadi Orang Sukses Mana yang Pernah Kalian Baca?

Dalam hal mencapai sebuah kesuksesan terutama di dunia usaha atau bisnis, buku bisa menjadi salah satu bacaan yang dapat memberikan inspirasi, ide, motivasi berdasarkan kisah-kisah maupun pengalaman dari orang sukses. Dari buku-buku yang diulas tadi berbagai macam hal bisa kalian petik sebagai bekal serta tuntunan dalam meraih sukses.

Pengalaman-pengalaman dari kisah orang sukses yang dituangkan dalam buku-buku tersebut bisa juga berisikan pelajaran ketika gagal menjadi pengusaha, tips atau kiat-kiat menjadi sukses, serta memulai dan membangun bisnis yang menguntungkan. Jadi kalian, sudah baca buku menjadi orang sukses yang mana saja?

Baca Juga: 15 Rekomendasi Buku Motivasi Terbaik untuk Raih Sukses, Coba Dibaca Yuk!