Lakukan Cara Ini agar Koper Tak Hilang Saat di Bandara

Saat hendak melakukan perjalanan, setiap orang tentu membawa berbagai barang bawaan dari rumah. Entah pakaian, alak elektronik, aksesoris, bahkan makanan pun tak boleh ketinggalan. Semakin lama dan jauh perjalanannya, maka akan semakin banyak pula barang bawaannya. 

Tak heran jika satu orang bahkan membutuhkan lebih dari satu koper untuk mengangkut keperluan yang dibutuhkan selama liburan. Bukannya tas, koper dipilih karena lebih fleksibel dan memiliki ruang yang cukup luas. Sehingga, memungkinkan untuk memasukkan berbagai jenis barang ke dalamnya. 

Nah, jika perjalanan yang dilakukan menggunakan sarana transportasi udara, maka koper yang dibawa, khususnya yang berukuran besar harus masuk ke dalam bagasi pesawat. Pasalnya, kapasitas kabin sangatlah terbatas dan tidak mungkin diisi oleh tas atau koper besar. Ini sudah menjadi ketentuan setiap maskapai untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama penerbangan berlangsung. 

Lalu, apakah bagasi pesawat terjamin keamanannya? Bukankah tetap ada risiko kerusakan atau bahkan kehilangan yang bisa saja terjadi? Jawabannya tentu saja ada. Untuk menghadapi risiko tersebut, beberapa tips di bawah perlu kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan. 

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

Tips Hadapi Kemungkinan Hilangnya Koper di Bandara

loader

Saat dimasukkan ke dalam bagasi pesawat, kamu tidak akan tahu di mana dan bagaimana koper akan diletakkan. Apakah akan saling bertindih, dilemparkan, atau kemungkinan terburuk tertinggal dan tidak terangkut pesawat. Hal semacam ini mungkin saja terjadi karena adanya human error atau kesalahan teknis di bandara. 

Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin koper menjadi rusak, tertukar, atau bahkan hilang. Tentu hal ini tak diinginkan semua orang. Pasti akan ada tuntutan ganti rugi sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pihak terkait agar pemilik koper tak merasa dirugikan. 

Nah, dalam meminta pertanggungjawaban tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Ini untuk memperkuat bukti bahwa kamu ada pemilik koper yang sah serta koper yang diserahkan pada pihak maskapai dalam kondisi aman. Dengan begitu, tuntutan terhadap kerusakan maupun kehilangan bisa segera diproses. Di antara hal yang perlu dilakukan yaitu:

  1. Memfoto Koper

    Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuktikan kepemilikan koper adalah dengan memfoto koper. Ini bisa dilakukan saat masih berada di rumah atau di bandara. Foto yang diambil bisa bagian dalam maupun luar koper. 

    Usahakan untuk memfoto koper dari beberapa sudut yang berbeda. Ini untuk menunjukkan detail koper yang mungkin tak diketahui siapapun. Akan lebih bagus jika foto yang diambil menunjukkan ciri khusus koper, seperti tanda ‘baret’, stiker, gantungan kunci, dan lain sebagainya. 

    Foto koper ini menjadi hal penting saat terjadi kerusakan atau kehilangan. Kamu tak perlu repot-repot menjelaskan pada pihak maskapai. Cukup dengan menunjukkan foto atau mungkin deskripsi singkat, maka mereka akan segera memprosesnya. 

  2. Memberikan Tanda Khusus pada Koper

    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar koper tak hilang atau tertukar adalah dengan memberikan tanda khusus pada koper. Ini digunakan sebagai pembeda antara koper milikmu dengan penumpang yang lain. Pasalnya, jumlah penumpang di bandara tidaklah sedikit, pastilah ada satu atau dua orang yang kopernya memiliki kesamaan dengan milikmu.

    Tanda khusus yang dimaksud di sini ada banyak macam. Bisa menggunakan stiker, label nama, gantungan kunci, atau tanda khusus lain seperti pita yang diletakkan pada handle koper. Dengan adanya tanda khusus, meskipun model atau warna koper sama, tapi kemungkinan tertukar bisa lebih dihindari. Usahakan untuk memilih tanda khusus yang aman dan berukuran cukup besar agar tetap mudah terlihat saat sedang mencari koper, ya. 

  3. Memantau Kedatangan Koper di Bandara

    Nah, cara terakhir agar koper tak hilang atau tertukar di bandara adalah dengan memantau kedatangan koper di bandara secara jeli dan teliti. Meskipun cara ini melelahkan, tapi kehilangan koper atau tertukar sering terjadi karena saat koper datang, pemilik tidak memantau dengan baik. Sehingga, saat terbawa orang lain, tidak diketahui.

    Jika tak memungkinkan, kamu bisa memanfaatkan jasa porter yang ada di bandara. Tunjukkan tag koper serta foto koper agar dibantu mencarikan koper milikmu. Selanjutnya, kamu bisa memberikan sejumlah tips sebagai upah atas jasa porter tersebut. Menarik kan?

Tunjukkan Foto Koper agar Mendapatkan Pertanggungjawaban

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memfoto koper sebelum bepergian menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, saat koper hilang atau rusak, petugas akan meminta uraian detail mengenai koper tersebut.

Beberapa penumpang tahu dan hafal persis mengenai isi kopernya, tapi karena panik dan takut, mereka tak bisa memberikan penjelasan verbal yang jelas dan lengkap. Akibatnya, petugas pun kesulitan membantu menemukan koper yang diinginkan.

Dengan memfoto koper, kamu tak perlu lagi repot menjelaskan. Uraian singkat memang diperlukan, tapi foto koper akan menjadi bukti penunjang yang sangat diperlukan. Jadi, jangan lupa memfoto koper, ya!