Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah Online, Simak Informasi Lengkapnya

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada 2023 menyediakan berbagai cara cek dan bayar pajak kendaraan yang bisa dilakukan secara online. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot lagi datang langsung ke Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Nah, pada artikel ini akan dibahas beberapa cara cek pajak kendaraan Jawa Tengah secara online yang bisa dilakukan.

Cek pajak kendaraan Jawa Tengah secara online merupakan bentuk digitalisasi untuk masyarakat Jateng sehingga bisa menunaikan wajib pajak tepat waktu. Pasalnya, waktu seringkali menjadi kendala untuk masyarakat bisa datang dan antre pada proses cek serta bayar pajak kendaraan.

Kini, hadirnya berbagai cara cek dan bayar pajak online di Jateng tentu perlu diketahui oleh masyarakat, khususnya warga Jateng. Yuk, simak informasi lengkap cara cek pajak kendaraan Jawa Tengah di artikel ini.

Baca Juga: Pajak Mobil: Cara Hitung, Bayar dan Besaran Denda Keterlambatan

Bayar E-Samsat anti ribet, di Cermati tentunya!

Bayar E-Samsat Sekarang!  

4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah secara Online

loader

Pajak Kendaraan

Perlu diketahui, besaran pajak kendaraan pada jenis, tahun produksi, serta merek tentu berbeda. Adapun setiap daerah di Indonesia juga menentukan besaran pajak kendaraan yang berbeda. Untuk kamu yang berdomisili di Jateng dan ingin mengetahui jumlah pajak kendaraan yang dimiliki. Maka bisa mengeceknya terlebih dahulu secara online. Berikut beberapa cara cek pajak kendaraan Jawa Tengah yang perlu diketahui. 

  1. Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah Via Cermati.com

    Cara cek pajak kendaraan Jawa Tengah yang pertama adalah melalui Cermati.com. Berikut caranya agar kamu bisa cek pajak kendaraan Jawa Tengah di Cermati.com.

    1. Buka cermati.com lalu pilih E-samsat atau langsung saja buka https://www.cermati.com/e-samsat.
    2. Pilih wilayah yang diinginkan (Misalnya, Jawa Tengah).
    3. Masukkan kode bayar.
    4. Klik tombol “Cek Tagihan”.
    5. Ikuti langkah selanjutnya hingga proses selesai.
  2. Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah Melalui Website Samsat

    Samsat menyediakan laman atau website resmi E-Samsat yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu manfaat yang disediakan website ini adalah pengecekan pajak kendaraan, termasuk pada wilayah Jateng. Kamu bisa dengan mudah cek pajak kendaraan Jawa Tengah melalui smartphone dengan mengandalkan internet.

    Berikut adalah cara cek pajak kendaraan Jawa Tengah melalui website Samsat.

    1. Kunjungi situs https://e-samsat.id/jawa-tengah/.
    2. Pilih kode plat nomor polisi terlebih dahulu.
    3. Masukkan nomor seri, nomor plat, dan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan.
    4. Kemudian, pilih provinsi dan klik “Cek Sekarang”.
    5. Informasi pajak kendaraan akan muncul serta rincian lengkap biaya pajak yang harus dibayarkan.
  3. Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah Melalui Aplikasi NEW SAKPOLE

    Lembaga PSI Lahtabang Bapenda Jateng merilis aplikasi sistem administrasi kendaraan pajak online bernama NEW SAKPOLE. Aplikasi ini berfungsi memudahkan masyarakat Jateng untuk mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor.

    Cek pajak kendaraan Jawa Tengah pun jadi lebih mudah hanya dengan mengandalkan smartphone. Berikut cara cek pajak kendaraan dari aplikasi NEW SAKPOLE.

    1. Unduh aplikasi NEW SAKPOLE pada smartphone melalui Play Store maupun App Store.
    2. Buka aplikasi NEW SAKPOLE.
    3. Pilih menu “info pajak”.
    4. Masukkan nomor registrasi kendaraan dengan format huruf – angka – huruf.
    5. Klik “Proses”.
    6. Muncul keterangan mengenai kendaraan beserta nominal total SWDKLLJ, PKB, dan PNBP serta total tagihan. Kamu bisa menekan menu “Lihat rincian” untuk melihat detail tagihannya. 

    Untuk diketahui, pada tampilan informasi tersebut juga terdapat keterangan bea balik nama, status pajak, lama tunggakan, dan status kendaraan. 

  4. Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah Melalui Aplikasi Signal

    Selain aplikasi NEW SAKPOLE yang dirancang khusus bagi wilayah Jawa Tengah. Ada pula aplikasi Signal yang dirilis Samsat pusat untuk memudahkan seluruh masyarakat Indonesia mengecek dan membayar pajak kendaraan secara online. 

    Berikut adalah cara cek pajak kendaraan Jateng dengan aplikasi Signal.

    1. Unduh aplikasi Signal melalui Play Store maupun App Store.
    2. Buka aplikasi Signal.
    3. Mulai pendaftaran dengan klik ikon foto produk.
    4. Masukan data-data pribadi yang diminta untuk pendaftaran.
    5. Lakukan verifikasi biometrik wajah melalui swafoto.
    6. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel didaftarkan.
    7. Setelah registrasi berhasil lakukan verifikasi di email.
    8. Kemudian, pilih menu "Tambah Data Kendaraan Bermotor".
    9. Masukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan.
    10. Lanjut mengecek pajak di aplikasi Signal dengan pilih menu 'NKRB' pada menu utama.
    11. Klik 'lanjut'.
    12. Maka akan muncul informasi pajak kendaraan milikmu.

    Itulah beberapa cara cek pajak kendaraan Jawa Tengah secara online yang mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone dan jaringan internet, maka pengecekan sudah bisa dilakukan.

    Adapun melalui cara-cara tersebut, kamu juga sudah bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. Tidak perlu repot antre lagi di Samsat wilayah terdekat untuk pembayaran pajak kendaraan.

    Perlu diketahui, bahwa cek pajak kendaraan Jawa Tengah bisa dilakukan melalui SMS. Pelayanan ini membantu masyarakat Jateng yang ingin mengecek pajak kendaraan, tetapi tidak menggunakan smartphone dan jaringan internet.

    Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mengirim pesan ke nomor 9600 dengan format JATENG[spasi]Nomor kendaraan (contoh: JATENG G8976AZ). Kemudian, tunggu balasan dari petugas.

    Selain itu, kamu juga bisa mengakses informasi pajak kendaraan melalui layanan SMS gateway yang disediakan SAMSAT. Caranya, ketik info[spasi]Kode plat kendaraan/nomor polisi/kode seri plat kendaraan[spasi]warna kendaraan dan kirim ke nomor 08112119211. 

    Kamu akan mendapatkan informasi identitas kendaraan, kode bayar, dan nominal yang harus dibayarkan.

    Baca juga: Begini Cara Cek Pajak Mobil, Jangan Sampai Terlewat!

    Syarat Bayar Pajak Kendaraan di Jawa Tengah

    Sebagai informasi, ada beberapa perbedaan syarat pembayaran pajak kendaraan Jateng di kantor SAMSAT langsung dengan pembayaran secara online 2023. Bayar pajak online melalui website maupun aplikasi membutuhkan syarat yang lebih sederhana. Berikut syarat cek dan bayar pajak kendaraan Jawa Tengah secara online.

    1. Nomor polisi atau nomor plat.
    2. Nomor seri atau rangka kendaraan.
    3. Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemilik kendaraan.

    Sementara syarat cek dan bayar pajak kendaraan Jawa Tengah di kantor Samsat adalah sebagai berikut.

    1. Kartu KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopi.
    2. Berkas BPKB asli dan fotokopi.
    3. Kartu STNK asli dan fotokopi.

    Adapun, aturan pembayaran pajak kendaraan dilakukan rutin setiap tahun. Namun, jika terlambat membayar pajak lebih dari 1 tahun, kamu perlu mendatangi layanan SAMSAT agar tagihan pajakmu tidak terblokir. 

Manfaat Bayar dan Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah

loader

Bayar Pajak Kendaraan di Jawa Tengah

Sebagai wajib pajak, pemilik kendaraan sudah semestinya mengikuti aturan yang ada di Indonesia untuk membayarkan pajak kendaraan secara rutin. Hal ini pun tidak hanya berlaku untuk warga Jateng, tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

Nah, sebaiknya para wajib pajak membayarkan pajak kendaraan secara tepat waktu. Pasalnya ada beberapa manfaat yang bisa didapat sebagai berikut.

  1. Tidak Merasa Khawatir Saat Berkendara di Jalan Raya

    Manfaat pertama membayar pajak adalah bisa merasa aman dan tenang saat berkendara, terutama di jalan raya. Sebab, kamu berisiko ditilang jika berkendara di jalan raya, tetapi belum membayar pajak kendaraan.

    Saat polisi mengadakan razia, kamu akan dikenakan denda tertentu yang bisa dicek secara online melalui aplikasi E-Tilang.

  2. Tidak Membayar Denda Keterlambatan

    Cek pajak kendaraan Jawa Tengah dan membayar tepat waktu juga bisa memberi manfaat bebas denda. Bila bayar pajak kendaraan tepat waktu, maka biaya yang dibayar sesuai dengan biaya seharusnya. 

    Akan tetapi, kalau terlambat membayar maka dikenakan denda tertentu. Denda ini tentu di luar bujet. Belum lagi, saat sedang kurang beruntung dan terkena razia. Kamu juga perlu membayar denda sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar.

  3. Bisa Menyiapkan Dana dari Jauh Hari

    Biaya pajak kendaraan sebenarnya tidak terlalu mahal jika dibandingkan harga kendaraan yang kita miliki. Hanya saja, kita mungkin butuh mengatur uang dengan baik agar bayar pajak kendaraan tidak terlalu beban ketika bersamaan dengan pembayaran lainnya.

    Itulah pentingnya melakukan cek pajak kendaraan. Bagi warga Jateng nih khususnya, bisa dengan mudah cek pajak kendaraan Jawa Tengah secara online dengan cara-cara yang sudah dijelaskan.

    Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan dana atau biaya bayar pajak dari jauh hari sehingga tidak terlalu membebani pengelolaan keuangan bulanan.

  4. Turut Memberi Sumbangsih pada Pemerintah

    Manfaat terakhir bayar dan cek pajak kendaraan Jawa Tengah secara teratur adalah memberi sumbangsih pada pemerintah. Sebagai warga negara yang baik, kamu harus taat pajak. Dengan membayar pajak kendaraan rutin setiap tahun, itu artinya kamu turut membantu pemerintah dalam pembiayaan negara.

    Saat kas pemerintah lancar maka akan memberi efek positif pula pada masyarakat. Misalnya, berjalannya rencana pembangunan dan berbagai program tertentu.

Lakukan Cek Pajak Kendaraan Jawa Tengah Rutin dan Bayar Tepat Waktu

Demikianlah informasi seputar cek pajak kendaraan Jawa Tengah. Sudah dijelaskan pada artikel ini beberapa cara cek online, syarat pembayaran, hingga manfaat bayar pajak kendaraan.

Dari penjelasan di atas, kamu bisa mengetahui pentingnya cek pajak kendaraan Jawa Tengah untuk menghindari keterlambatan pembayaran dan risiko denda pajak serta tilang. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat, terutama warga Jawa Tengah, dan membayar tepat waktu. Kamu bisa hemat waktu, kamu pun bisa hemat dana.

Baca Juga: Pajak Penghasilan: Pengertian dan Cara Menghitungnya