Cara Cepat Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan yang Hilang dan Rusak

Dalam sistem jaminan sosial nasional, kita mengenal BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Kedua sistem jaminan sosial tersebut berbeda lingkup jaminannya, jadi jangan sampai anda rancu. BPJS kesehatan lebih ke jaminan sosial untuk berobat sedangkan BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk perlindungan pekerja akan berbagai hal seperti kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan sebagainya.

Wujud dan peran serta pemerintah dalam memberikan jaminan sosial kepada masyarakat adalah dengan membentuk BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Sebagai lembaga nirlaba kesuksesan program tersebut juga tergantung peran serta masyarakat di dalamnya. Untuk BPJS Kesehatan, semua warga wajib ikut serta tak terkecuali baik mandiri maupun dikelola perusahaan, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan juga wajib namun harus atas nama perusahaan, tidak bisa ikut secara mandiri. Manfaatnya bisa didapat dalam bentuk Jaminan Hari Tua atau manfaat lainnya.

Baca Juga: Mengenal CoB BPJS Kesehatan dan Manfaatnya

Bagaimana Jika Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang?

  Kehilangan Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan
Kehilangan Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

Untuk memudahkan proses administrasi, pihak BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan kartu peserta. Bentuknya seperti KTP atau SIM yang bisa di simpan di dompet atau tempat lainnya. Yang menjadi problem selama ini adalah, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan itu waktunya lama, bisa sampai pensiun nantinya, sedangkan kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri juga relatif tidak pernah digunakan kecuali untuk mencairkan saldo. Hal ini yang menimbulkan resiko kartu hilang atau terselip entah kemana. Jika ini terjadi, bagaimana proses pengurusan ganti kartunya?

Proses pengurusan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sudah tidak ditemukan lagi barangnya sebagai berikut:

  • Pengurusan di kantor BPJS sebisa mungkin membawa fotokopi kartu atau setidaknya ingat nomor kartu yang hilang
  • Pihak BPJS biasanya meminta laporan kehilangan, sehingga anda harus mengurus terlebih dahulu ke kantor Polisi
  • Surat pengantar HRD biasanya akan mempermudah proses pengurusan

Untuk kasus kartu rusak, maka cara urusnya juga gampang,

  • Buktikan bahwa kartu anda rusak dan tunjukkan ke petugas untuk minta ganti yang baru dengan membawa bukti diri
  • Anda bisa melakukan proses penggantian di kantor BPJS dengan membawa surat oengantar dari kantor
  • Silakan antri dan menunggu panggilan, prosesnya tidak butuh waktu lama biasanya

Jika berkas lengkap, proses pengurusan kartu yang hilang atau rusak tidaklah rumit. Apabila kartu BPJSTK Anda hilang/rusak tetapi Anda ingat betul nomor KJP  Anda, maka Anda bisa mengurus kartu digital BPJS Ketenagakerjaan via online dan tak perlu ke kantor cabang atau antri lagi.  

Cara Urus Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan  

Kini, Anda tak perlu repot lagi membawa atau menyimpan kartu fisik BPJS ketenagakerjaan karena sejak tahun 2019, Anda cukup memiliki kartu digital yang tersimpan otomatis di akun BPJSTK atas nama yang telah Anda daftarkan. Apabila kartu BPJS TK lama Anda hilang/rusak, dan Anda sudah mengurus ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan mengurus proses pergantian kartu dan mendapatkan nomor kartu Anda.

Intinya, bila kartu fisik BPJS Anda hilang/rusak, tak perlu panik Anda bisa punya kartu digital asal Anda ingat betul nomor kartu Anda. Bila nomor sudah Anda, pastikan Anda segera daftarkan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda di laman online BPJSTKU untuk mendapatkan kartu digital. Dengan adanya kartu BPJS TK  versi digital Anda tak perlu lagi khawatir di masa depan kartu BPJS TK  akan hilang atau rusak lagi. 

Langkah-langkah Miliki kartu digital BPJSTK  via Website:

  • Kunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa langsung masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 
  • Setelah masuk/login dengan memasukkan email dan kata sandi, pilihlah menu Pengaturan , klik Tambah KJP pilih Segmen sesuai kartu BPJS TK  Anda (Penerima Upah / Bukan Penerima Upah / Pekerja Migran Indonesia ) setelah itu klik SUBMIT
  • Tunggu beberapa saat, setelah itu klik Kartu Digital. Anda akan melihat kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda versi digital dan Anda bisa klik Kartu Digital BPJS TK untuk mendapatkan rincian data lengkap tentang status kartu, jaminan yang diikuti dll. 

Selain itu Anda juga bisa urus kartu digital BPJSTK  via aplikasi BPJSTKU . Caranya: 

  • Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Playstore atau Apps Store.
  • Atau bisa juga klik https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile untuk mendapatkan aplikasi BPJSTKU 
  • Setelah di-download, silakan install aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di smartphone.
  • Jika sudah ter-install, Klik Login dan masukkan email yang Anda daftarkan, kata sandi/PIN akun BPJS Anda. 
  • Setelah login, Anda akan masuk ke halaman utama, lalu klik PROFIL , akan muncul halaman Akun Saya , lalu klik Pengaturan , setelah itu klik Tambah KJP (pilih segmen dan masukkan nomor KJP). Selesai 
  • Klik Layanan  dan pilih Kartu Digital . Anda bisa mendapatkan data lengkap kartu BPJSTK Anda.  

Baca Juga: Intip Saldo JHT Bisa Online, Ini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lengkap

 

Apakah Proses Pengurusan Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan?

  Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang
Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang via fokusutama.com

Proses pengurusan BPJS Kesehatan yang hilang kurang lebih mirip dengan kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Hanya tempat pengurusannya saja yang berbeda. Berikut ini tahapan yang harus dilalui.

Siapakan terlebih dahulu syarat pengurusan Kartu BPJS Kesehatan yang hilang berikut ini:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Dokumen kehilangan dari kantor yang berwenang, biasanya adalah kantor kepolisian
  • Bawa dokumen pribadi lainnya sebagai pelengkap, biar tidak bolak balik

Proses pengurusan kartu BPJS Kesehatan yang hilang setelah semua berkas lengkap:

  • Setelah semua lengkap anda bisa mendaftar di BPJS terdekat untuk mendapatkan kartu pengganti yang baru

Bagaimana jika kartu BPJS Kesehatan tersebut rusak, misalnya patah atau identitas tidak jelas lagi? Jika ini terjadi maka yang bisa dilakukan adalah:

  • Bawa kartu BPJS Kesehatan yang rusak tadi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, sampaikan keinginan anda untuk mengganti dengan kartu yang baru
  • Petugas akan memberikan cetak ulang kartu BPJS Kesehatan untuk mengganti kartu BPJS yang rusak tadi.
  • Kartu BPJS baru yang Anda peroleh akan sama dengan kartu BPJS yang rusak atau hilang, karena kartu BPJS yang baru merupakan cetak ulang kartu BPJS sebelumnya, bukan mengubah atau membuat ulang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Data Identitas Peserta BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh negara. Oleh karena itu semua data dan informasi yang anda berikan memiliki konsekuensi hukum jika sampai di salah gunakan. Oleh karena itu perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Nomor Kartu BPJS dan tanggal pendaftaran BPJS Anda akan disimpan di server BPJS. Jadi jangan pernah coba-coba untuk memalsukan kartu BPJS Kesehatan, atau meminjam kartu BPJS orang lain untuk berobat ke rumah sakit.
  • Agar tidak terjadi kehilangan atau kerusakan, sebaiknya simpan kartu BPJS di tempat yang aman.
  • Fotokopi kartu BPJS Kesehatan Anda secukupnya. Jika Anda E-id BPJS, itu juga bisa digunakan untuk berobat ke rumah sakit.

Cara mengurus pengganti kartu BPJS Kesehatan yang hilang secara online

Cara ini bisa Anda pilih dan gampang sekali mengurusnya sebab Anda tak perlu mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan ataupun ribet mengurus surat kehilangan dari kantor polisi. 

Syarat utama mengurus kartu digital BPJS Kesehatan ialah Anda wajib ingat nomor kartu BPJS Kesehatan Anda agar bisa mencetak kartu pengganti atau kartu e-ID BPJS Kesehatan via aplikasi Mobile JKN. 

Langkah-langkahnya : 

  1. Unduh aplikasi mobile JKN di Play Store atau App Store
  2. Lakukan Registrasi, isi data pribadi lengkap peserta (nomor kartu BPJS, KTP, nomor telepon dll)
  3. Login menggunakan nomor kartu/username/email dan password yang sudah dibuat
  4. Pilih menu Peserta BPJS untuk mencetak kartu e-ID 
  5. Pilih ikon email dan ikuti prosesnya
  6. Cek email yang dikirim BPJS Kesehatan
  7. Unduh, Cetak dan laminating kartu e-ID Anda. 

Dengan cara ini Anda bisa mencetak sendiri kartu BPJS  Kesehatan Anda yang hilang atau rusak dengan mencetak kartu e-ID melalui Aplikasi Mobile JKN. 

Baca Juga :  Cara Mudah Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Cara Cek Status BPJS Kesehatan sudah Aktif atau Belum

Cara Mengecek Status Bpjs Kesehatan
Cara Mengecek Status BPJS Kesehatan

Selain masalah kartu yang hilang atau rusak, masalah lain dari BPJS Kesehatan adalah saat peserta berobat ke fasilitas kesehatan ternyata kartunya belum aktif karena berbagai hal. Untuk mengetahui status kartu anda apakah sudah aktif atau belum bisa cek dengan cara berikut ini.

  • Untuk peserta BPJS Kesehatan yang baru mendaftar, kartu BPJS Kesehatan akan aktif 14 hari sejak pembayaran pertama. Jadi menurut aturan, Anda tidak bisa langsung menikmati manfaat BPJS Kesehatan sebelum 14 hari kepesertaan.
  • Cara cek kartu BPJS aktif atau tidak bisa Anda lakukan melalui 2 cara, yaitu dengan SMS dan telefon. Gunanya mengecek BPJS aktif atau tidak yaitu untuk memastikan kartu BPJS bisa digunakan untuk berobat.

1. Cek status aktifasi BPJS dengan sms gateway

Caranya kirim SMS dengan format: NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN, Contoh: NOKA 0001520182406 dan kirim ke: 087775500400

2.Telepon call center BPJS

Cek kartu BPJS aktif atau tidak bisa juga melalui call center BPJS nomor 1500400. Pihak call center akan menanyakan nomor kartu BPJS, tanggal lahir dan nama lengkap Anda. Sebaiknya Anda siapkan data-data tersebut sebelum telp call centre.

Lindungi Diri dengan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan 

Salah satu peran pemerintah demi kesejahteraan warganya adalah dengan memberikan jaminan sosial dalam bentuk BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Guna masa depan yang lebih baik, tentunya Anda wajib dan sadar untuk melindungi diri Anda di masa depan dengan memiliki BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Jika kartu peserta anda hilang, atau rusak Anda bisa tenang karena semua kartu fisik tersebut bisa diurus secara online. Semoga cara diatas membantu Anda. 

Baca Juga :  Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahir, Bunda Wajib Tahu