Cara Daftar SNMPTN 2020 Terlengkap. Cek Juga Jadwal dan Cara Pilih PTN

Selain harus menghadapi Ujian Nasional (UN), siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir atau kelas 12 pada tahun 2020 sebentar lagi akan melaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Siapa yang deg-degan?

SNMPTN adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan prestasi rapor atau nilai akademik maupun non-akademik. Jadi, kesempatan ini berlaku untuk siswa yang konsisten menunjukkan prestasinya selama di bangku sekolah.

SNMPTN itu adalah jenis seleksi jalur undangan, makanya biaya SNMPTN ditanggung penuh pemerintah. Jadi, siswa tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kalau jalur tertulis, namanya SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

SBMPTN merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan kriteria lain (yang ditetapkan PTN). Biaya mengikuti tes SBMPTN dibayar peserta dan subsidi pemerintah.

Karena yang sudah dekat waktunya adalah SNMPTN, maka dari itu Cermati.com akan membahas mengenai jadwal hingga tahapan pendaftaran SNMPTN 2020 yang dikutip dari laman resmi SNMPTN maupun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca Juga: Cara Lulus SNMPTN Agar Bisa Kuliah di Universitas Negeri

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Catat Jadwal SNMPTN 2020

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2020, berdasarkan informasi maupun media sosial, yakni:

  • Pendaftaran SNMPTN: 14-27 Februari 2020
  • Seleksi SNMPTN berlangsung: 28 Februari-3 April 2020
  • Pengumuman hasil seleksi SNMPTN: 4 April 2020.

Karena kuota daya tampung SNMPTN minimal 20% dari kuota setiap program studi di PTN, maka peserta yang dapat mendaftar seleksi ini adalah siswa yang memenuhi syarat dan masuk pemeringkatan sekolah.

Pemeringkatan ini dilihat berdasarkan nilai mata pelajaran dan kelengkapan data nilai siswa yang diisi pihak sekolah dengan ketentuan akreditasi sekolah. Selain itu, pihak sekolah dapat menambahkan kriteria prestasi akademik atau non-akademik lain bila ada siswa yang memiliki nilai sama.

Kemudian LTMPT melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai hasil pemeringkatan sekolah setelah difinalisasi sistem PDSS.

Cara Daftar SNMPTN 2020

SNMPTN
Cara daftar SNMPTN 2020 via snmptn.ac.id

  • Bagi siswa yang sudah masuk dalam daftar atau kriteria pemeringkatan di atas, bisa langsung mendaftarkan diri ke laman https://web.snmptn.ac.id/. Tapi sebelumnya registrasi dulu ke https://portal.ltmpt.ac.id/.
  • Di website snmptn.ac.id, gunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password untuk login. Password yang dibutuhkan sama dengan password sistem PDSS. Jadi bisa minta password ke pihak sekolah.
  • Setelah berhasil masuk, isi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri, dan pilihan program studi. Isi form pendaftaran, upload foto resmi terbaru, dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  • Peserta harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan
  • Untuk peserta yang mengambil program studi bidang seni dan olahraga, wajib unggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan Kepala Sekolah. Gunakan pedoman portofolio yang dapat diakses di sini.
  • Peserta memfinalisasi pendaftaran
  • Peserta mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

1. Login Siswa

Masukkan NISN dan password pada halaman login di https://web.snmptn.ac.id/. Jika kamu baru pertama kali login, akan diminta mengganti password. Kemudian, silakan ganti password

Jika kamu tidak memenuhi syarat mendaftar SNMPTN, maka pada halaman login akan muncul pesan “Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2020. Silakan mengikuti SBMPTN 2020.”

2. Menyetujui Pernyataan

Sebelum mendaftar, siswa harus membaca dan menyetujui pernyataan kesungguhan pendaftaran SNMPTN.

3. Melakukan Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran, dibagian atas pilih menu pendaftaran. Lalu klik tombol Formulir Pendaftaran. Formulir ini terdiri dari 4 bagian, yakni PTN pilihan 1, PTN pilihan 2, unggah foto, dan formulir pendaftaran.

4. Memilih PTN dan Program Studi

Ketentuan pemilihan PTN maksimal 2 PTN dan 2 program studi. Kemudian klik tombol Selanjutnya.

5. Mengunggah Foto

Setelah memilih PTN dan program studi, kamu harus unggah foto. Foto yang di upload harus memenuhi syarat, yaitu wajah terlihat jelas, pakaian rapi, rasio foto 4:6 dengan ukuran minimal 400 (lebar) x 600 (tinggi) pixel, format JPEG (.jpg), serta ukuran file tidak lebih dari 1 MB. Jika sudah selesai, klik tombol Selanjutnya

6. Mengisi Formulir Pendaftaran

Isi dengan lengkap formulir pendaftaran. Di awal formulir, akan tampil nama PTN dan program studi yang sudah dipilih. Pastikan lagi datanya sudah benar. Seluruh item isian yang bertanda (*) harus diisi dengan benar. Jika sudah selesai, klik Selesai dan Simpan.

7. Mengisi Prestasi

Jika kamu punya data prestasi, silakan pilih menu Prestasi di bagian atas. Kamu dapat mengunggah maksimal 3 sertifikat atau piagam atau bukti prestasi lainnya.

8. Mengisi Portofolio

Bila kamu memilih program studi seni atau olahraga, lengkapi dengan portofolio di bidang itu. Caranya, pilih menu Portofolio. Gunakan template yang sudah tersedia, unggah portofolio dengan ukuran tidak boleh lebih dari 10 MB. Bila dalam bentuk video tidak lebih dari 15 MB. Jangan mengunggah portofolio dan video pada 3 hari terakhir masa pendaftaran SNMPTN agar terhindar dari kegagalan atau server error.

9. Petunjuk Teknis Portofolio

Kalau kamu memilih program studi yang mewajibkan portofolio seni drama, tari, dan musik, cukup lengkapi salah satu dari portofolio tersebut.

10. Verifikasi Peserta Bidikmisi

Jika kamu siswa peserta beasiswa Bidikmisi, harus lakukan proses verifikasi. Caranya, pilih menu Bidikmisi, centang box verifikasi dan klik Verifikasi. Peserta Bidikmisi tidak dapat memilih program studi dari Universitas Islam Negeri (UIN).

11. Finalisasi Pendaftaran

Jika sudah selesai mendaftar, lakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi ini, data kamu tidak dapat diubah lagi. Jadi pastikan kembali seluruh data sudah diisi dengan benar. Untuk finalisasi, klik Finalisasi Pendaftaran.

Lalu ceklis semua pernyataan konfirmasi siswa, selanjutnya klik Finalisasi Pendaftaran. Jika masih ragu, klik Tunda Finalisasi. Pastikan segera melakukan finalisasi sebelum masa pendaftaran berakhir. Jika tidak, kamu dianggap Tidak Mendaftar.

12. Cetak Kartu Peserta

Terakhir, cetak kartu peserta. Klik Unduh Kartu Peserta pada menu Home. Panduan manual daftar SNMPTN 2020 cek di sini.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

Boleh Pilih 2 Program Studi

SMA
Boleh pilih 2 program studi

  • Perlu diingat, peserta SNMPTN dapat memilih paling banyak 2 program studi di 1 atau 2 PTN
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Misalnya pilihan pertama Universitas Indonesia (UI) Program Studi Hubungan Internasional. Pilihan kedua Universitas Gadjah Mada (UGM) Program Studi Sastra Inggris.
  • Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan masing-masing PTN
  • Daftar PTN, program studi, dan daya tampung SNMPTN 2020 bisa dicek di snmptn.ac.id pada bagian Daftar PTN atau https://web.snmptn.ac.id/ptn di bagian Daftar Program Studi.

Seleksi SNMPTN

Kuliah
Seleksi SNMPTN 2020

Seleksi SNMPTN 2020 bakal dimulai tanggal 28 Februari sampai dengan 3 April 2020. Adapun tahapan seleksi SNMPTN, antara lain:

  • Peserta diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  • Peserta yang memiliki program studi di 2 PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, peserta akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Biaya SNMPTN Gratis

SNMPTN
Biaya SNMPTN gratis

Peserta atau siswa tidak dipungut biaya apapun alias gratis dari mulai pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman hasil SNMPTN. Biaya seluruhnya ditanggung pemerintah. Sebagai catatan, peserta yang sudah diterima PTN melalui jalur SNMPTN 2020, tidak lagi diperbolehkan mendaftar di SBMPTN 2020.

Mau Tembus SNMPTN? Belajar dan Kurangi Eksis di Medsos  

Bisa kuliah di kampus negeri mungkin jadi salah satu mimpimu demi membanggakan kedua orangtua. Namun untuk mewujudkannya tidak mudah. Kamu harus bersaing dengan ratusan, bahkan ribuan siswa berprestasi dari sekolah lain.

Tapi jangan jiper dulu. Kamu punya kesempatan untuk merebut kursi mahasiswa baru perguruan tinggi negeri dengan belajar. Belajar dari manapun, seperti internet, aplikasi belajar online, ikut bimbel, sampai belajar kelompok bersama teman yang punya visi dan misi yang sama.

Selama masa-masa perjuangan ini, jangan tergoda update di media sosial (medsos) secara berlebihan. Sebaiknya kurangi agar kamu fokus untuk meraih cita-citamu.

Baca Juga: Biaya Kuliah di Universitas Indonesia