Bisa Tekan Biaya Pengeluaran, Ini 10 Cara Hemat Listrik Token di Rumah

Penggunaan listrik prabayar di Indonesia semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan manfaat dan keuntungan penggunaannya. Adapun, melalui penggunaan listrik jenis prabayar atau token kamu memang bisa lebih berhemat. Ada beberapa cara hemat listrik token yang bisa kamu terapkan.

Seperti kita ketahui, listrik adalah kebutuhan dasar di zaman serba modern ini. Pasalnya, kamu butuh energi listrik untuk melakukan berbagai hal, mulai dari menjalankan elektronik, menghidupkan lampu, sert mengisi daya ponsel maupun laptop.

Oleh sebab itu, generasi milenial saat ini sangat bergantung kepada energi listrik untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Beli pulsa murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Pulsa Termurah Sekarang!  

Pengertian Listrik Prabayar atau Token Listrik

loader

Listrik prabayar atau listrik pintar juga dikenal di masyarakat dengan istilah listrik token yang merupakan layanan pembayaran listrik di awal atau menggunakan sistem token. Melalui sistem token, pelanggan bisa mengisi tekanan listrik sesuai dengan kemampuan, mulai dari 20 ribu hingga 1 juta lebih.

Token listrik sendiri adalah 20 digit nomor yang didapatkan pelanggan saat membeli, baik secara online maupun offline. Nah, sebagian besar masyarakat beralih ke listrik prabayar atau token listrik karena memiliki beberapa keuntungan atau manfaat.

Keuntungan Menggunakan Token Listrik Prabayar

Ada beberapa keuntungan dalam memilih penggunaan listrik prabayar. Keuntungan ini pun yang nantinya bisa kamu sesuaikan dengan cara hemat listrik token di rumah. Berikut adalah keuntungan menggunakan token listrik prabayar.

1. Penggunaan Listrik Lebih Terkendali

Keuntungan pertama dari penggunaan token listrik prabayar adalah lebih terkendali. Pasalnya, kamu akan lebih memahami besaran pemakaian listrik dengan token listrik dibeli. Kamu juga bisa membatasi atau menghemat penggunaan listrik jika tidak ingin pembelian token membengkak. 

Dengan demikian pemakaian listrik prabayar dianggap jauh lebih terkendali dan hemat. Apakah kamu setuju dengan hal ini?

2. Tidak Ada Denda Pemutusan atau Keterlambatan

Berbeda dengan listrik pascabayar, listrik prabayar bisa dipakai sesuai keinginan penggunaan saja. Dengan begitu, kamu tidak akan dikenakan tagihan yang wajib dibayar dan dikenakan denda ketika melewati masa jatuh tempo.

Dengan listrik prabayar, kamu bisa memutuskan untuk tidak menggunakan sementara waktu. Kamu cukup membiarkan saja tidak membeli token listrik. Kamu juga bisa bebas mematikan listrik kapan saja saat pergi lama dari rumah. Maka daya listrik (kWh) yang masih tersisa bisa terus terpakai tanpa ada batas masa aktif.

3. Pembelian Token Bisa Disesuaikan Kemampuan

Keuntungan penggunaan listrik prabayar yang terakhir adalah pembelian token yang bisa disesuaikan. PLN menyediakan harga token, mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 1 juta.

Ketika uang sedang pas-pasan, kamu bisa membeli listrik sesuai dengan kemampuan kamu dan berusaha untuk lebih irit listrik lagi sehingga listrik menyala dalam waktu yang lebih lama.

Itulah tiga keuntungan penggunaan token listrik prabayar yang bisa kamu ketahui. Lalu, bagaimana sih cara hemat listrik token di rumah? Simak informasi lengkapnya!

10 Cara Hemat Listrik Token di Rumah

loader

Bicara soal listrik, hampir sebagian besar peralatan rumah tangga memang menggunakan energi listrik. Mulai dari peralatan primer hingga tersier sehingga seringkali para milenial merasa bahwa listrik prabayar justru lebih boros. 

Padahal, biaya listrik menjadi pengeluaran rumah yang relatif besar setiap bulannya. Hal inilah yang membuat masyarakat beralih dari listrik pascabayar ke prabayar. Namun, jika kamu masih merasa listrik prabayar sangat boros berarti ada yang salah dengan cara kamu menggunakan energi listrik.

Oleh karena itu, kamu harus mulai melakukan penghematan sehingga bisa menekan biaya token listrik setiap bulannya. Berikut adalah sepuluh cara hemat listrik token yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Mengatur Pemakaian Peralatan Elektronik Berdaya Tinggi

Cara hemat listrik token di rumah yang pertama adalah mengatur pemakaian elektronik dengan daya tinggi. Ada beberapa peralatan elektronik dan mesin di rumah yang pastinya berdaya tinggi. Misalnya, rice cooker, microwave, setrika, mesin pompa air, hingga hair dryer. Semua itu punya daya yang cukup tinggi saat digunakan. 

Belum lagi, jika kamu memiliki peralatan kekinian lainnya, seperti coffee maker, pemanggang roti, dan lainnya yang menggunakan daya listrik yang besar sekali pakai.

Peralatan elektronik tersebut memiliki daya tinggi sehingga menghabiskan listrik yang cukup banyak. Oleh karena itu, sebaiknya atur pemakaiannya dengan baik. Mungkin, mesin air, rice cooker, dan setrika memang harus digunakan setiap hari.

Namun, peralatan dan elektronik lainnya bisa tidak kamu gunakan terlalu sering. Contohnya, hair dryer dan microwave yang sebaiknya digunakan saat benar-benar dibutuhkan saja. Ini bisa jadi cara hemat listrik token yang ampuh.

2. Membatasi Pemakaian Dispenser

Siapa di antara kalian yang belum menggunakan dispenser di rumah? Rasanya sangat jarang ditemukan, terlebih di perkotaan. Pasalnya, efektivitas pemakaian dispenser memang tinggi karena kamu harus membuat teh, kopi, atau susu setiap hari.

Perlu kamu ketahui bahwa elektronik yang menghantarkan panas memiliki daya jauh lebih tinggi. Oleh sebab itu, cara hemat listrik token di rumah bisa kamu lakukan dengan membatasi pemakaian dispenser.

Kamu dan keluarga bisa mulai membiasakan untuk mematikan dispenser setelah digunakan. Dengan cara hemat listrik token satu ini kamu bisa meminimalkan pengeluaran token listrik.

3. Mengatur Pemakaian AC

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Maka, sudah tak heran jika Negara ini lekat dengan suhu panas sehingga orang-orang memanfaatkan kecanggihan elektronik pendingin udara, air conditioning (AC).

Padahal, AC sendiri memiliki pemakaian daya listrik yang cukup besar. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pemakaiannya sebagai cara hemat listrik token di rumah.

Kamu dan keluarga bisa mulai membiasakan diri untuk menyalakan pendingin udara saat tidur dan mematikannya setelah bangun. Dengan demikian cara hemat listrik token ini bisa jauh lebih menguntungkan dari segi biaya listrik daripada biasanya.

4. Mematikan Peralatan Listrik yang Tidak Dipakai

Sudah sejak lama, pemerintah menggerakan masyarakat untuk hemat listrik. Salah satunya dengan mematikan peralatan listrik yang tidak terpakai, seperti lampu di siang hari serta mencabut sambungan listrik yang tidak digunakan dari stop kontak.

Saat malam hari, kamu juga bisa mematikan lampu di sejumlah ruangan, yakni ruang tamu, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi. Kamu hanya perlu menyalakan lampu di teras atau halaman atau carport sehingga bisa melihat orang yang berada di luar rumah.

Ini menjadi cara hemat listrik token di rumah, lho! Ajak seluruh anggota keluarga lain untuk melakukan hal yang sama setiap harinya.

5. Memilih Elektronik Hemat Listrik

Saat ini sejumlah peralatan listrik didesain hemat energi listrik. Hal ini bertujuan untuk melindungi bumi dari pemanasan global serta biaya listrik yang lebih hemat saat digunakan. Beberapa elektronik hemat energi ini, di antaranya adalah lemari es, televisi, mesin cuci, dan lainnya.

Meski biasanya dijual dengan harga lebih mahal, tetapi memilih elektronik hemat listrik bisa jauh lebih menguntungkan. Hal ini juga bisa jadi cara hemat listrik token yang jitu dilakukan.

6. Menggunakan Lampu LED

Cara hemat listrik token selanjutnya adalah menggunakan lampu LED. Untuk diketahui, lampu LED memiliki beberapa keunggulan, mulai dari lebih terang, tahan lama, lebih hemat energi, tidak panas, dan menghasilkan warna natural. 

Dengan begitu, ganti semua lampu yang ada di rumah dengan lampu LED. Sebab, di setiap rumah biasanya menggunakan lebih kurang 10 buah lampu untuk seluruh ruangannya. Maka kamu bisa menerapkan cara hemat listrik token dengan baik saat beralih ke lampu LED.

7. Efisien dalam Pengisian Baterai Smartphone

Gunakan smartphone dengan baterai yang tidak cepat habis dan fitur pengisian daya cepat. Kini keduanya sudah menjadi spesifikasi yang banyak disematkan para jenama smartphone.

Memiliki smartphone dengan daya tahan lama dan pengisian cepat menjadi salah satu cara hemat listrik token di rumah. Pastikan juga kamu mencabut sambungan kabel pengisi daya setelah baterai penuh.

8. Memasak Nasi Menggunakan Air Panas

Gunakan air panas saat memasak nasi di rice cooker. Air panas bisa mempercepat proses memasak nasi. Dengan begitu, ini bisa jadi cara hemat listrik token di rumah agar tidak mudah habis. Sebab, memasak nasi adalah kegiatan yang sudah pasti rutin dilakukan.

9. Menggunakan Kipas Angin

Kipas angin memang lebih hemat dalam penggunaan listrik jika dibandingkan dengan AC. Kamu bisa menggunakan satu atau dua kipas angin pada saat siang hari agar hawa di dalam rumah tidak panas.

Dengan begitu, hal ini sejalan dengan cara hemat listrik token mengatur pemakaian AC. Kamu jadi bisa berhemat dengan menggunakan kipas angin di siang hari dan AC pada malam hari.

10. Gunakan Laptop daripada Komputer

Laptop mengkonsumsi listrik yang lebih hemat jika dibandingkan dengan komputer. Adanya baterai pada laptop membuat alat ini bisa digunakan tanpa harus dicolok ke listrik terus menerus. Berbeda dengan komputer yang membutuhkan daya listrik terus menerus saat digunakan.

Kalau kamu bekerja dari rumah, penggunaan laptop bisa jadi cara hemat listrik token bulanan di rumah, lho!

Lakukan Cara Hemat Listrik Token untuk Tekan Pengeluaran Bulanan

Itulah beberapa cara hemat listrik token yang bisa kamu terapkan di rumah. Dengan cara tersebut, diharapkan juga bisa menekan biaya pengeluaran bulanan untuk membeli token listrik.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan kamu bisa mengajak keluarga untuk menerapkannya. Yuk, mulai hemat pengeluaran dengan cara hemat listrik token!