Tips Memilih Asuransi Kendaraan untuk Mobil Rental

Bisnis jasa penyewaan mobil atau yang lazim dikenal dengan sebutan rental mobil terbilang cukup populer di tanah air dan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.  Bagaimana tidak, di luar sana ada banyak sekali orang yang membutuhkan layanan rental seperti ini sepanjang waktu. 

Sebagai pemilik rental mobil, kamu juga akan menanggung risiko kerugian yang cukup besar dalam bisnis ini. Penting untuk menggunakan layanan asuransi kendaraan, agar berbagai risiko tersebut bisa dialihkan kepada perusahaan asuransi.  

Ada banyak alasan mengapa kamu perlu menggunakan layanan asuransi saat menjalankan bisnis rental mobil,  beberapa diantaranya seperti berikut.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Pentingnya Asuransi Mobil

loader
Asuransi mobil

1. Tidak Bisa Mengontrol Penyewa

Saat menjalankan bisnis rental, maka sudah jelas kamu akan berhadapan dengan berbagai macam karakter penyewa. Penyewa inilah yang akan membawa dan menggunakan mobil tersebut  selama disewakan, tanpa bisa dikontrol sama sekali.  

Kamu tidak akan bisa memperkirakan apa saja yang akan terjadi di jalan raya  dan bagaimana kondisi mobil tersebut ketika dikembalikan nanti. 

2. Selalu Ada Risiko

Bukan hanya penyewa saja yang berisiko menimbulkan masalah pada mobil, namun terdapat faktor lainnya juga yang membuat mobil rusak. Kerusakan bisa saja timbul akibat kecerobohan orang lain di luar pengendara atau penyewa, termasuk  resiko kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam dan yang lainnya. 

3. Nilai Premi Jauh Lebih Kecil dari Risiko Kerugian

Pada umumnya, besaran premi  untuk asuransi mobil tidak sampai 5% dari harga mobil itu sendiri. Ini tentu nilai yang kecil,  jika dibandingkan dengan resiko  kerugian yang ditimbulkan akibat kerusakan pada mobil tersebut. 

Baca Juga: Tips Mudah Klaim Asuransi Mobil Tanpa Adanya Penolakan

Asuransi Mobil Terbaik

Sama seperti produk asuransi lainnya, kamu juga bisa menemukan asuransi mobil ini dari berbagai perusahaan. Saat ini, ada banyak perusahaan asuransi mobil yang menyediakan layanan tersebut, baik itu perusahaan yang berskala internasional maupun nasional. 

Namun pastikan kamu memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat, sebab tidak semua perusahaan tersebut menyediakan layanan asuransi untuk mobil yang disewakan.

  Berikut beberapa pilihan perusahaan asuransi mobil yang bisa dijadikan pertimbangan: 

1. Asuransi Mobil ACA

Perusahaan asuransi mobil yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mencari perlindungan Comprehensive (All Risk) untuk mobil. ACA akan memberikan perlindungan yang menyeluruh pada mobil kesayangan. 

Hal ini membuat kamu tenang saat menyewakan mobil tersebut kepada orang lain. ACA memiliki pengalaman yang sangat panjang dalam bisnis asuransi karena perusahaan ini sudah beroperasi lebih dari 64 tahun. 

Bukan hanya itu saja, asuransi ACA  juga bekerjasama dengan banyak bengkel rekanan  di berbagai wilayah di tanah air. Perusahaan ini juga menyediakan berbagai layanan tambahan yang akan memudahkan nasabah,  seperti:  layanan perbaikan darurat,  layanan ambulance,  layanan mobil derek dan yang lainnya. 

2. Asuransi Mobil MSIG

Dikenal sebagai salah satu perusahaan asuransi mobil terbesar di tanah air, MSIG juga bisa menjadi pilihan. Perusahaan asuransi ini menyediakan dua layanan yang berbeda sekaligus yakni, All Risk dan juga TLO. Hal ini akan membuat kamu lebih leluasa untuk memilih produk asuransi yang paling tepat untuk mobil.

Jika menginginkan layanan yang komplit, maka menggunakan asuransi All risk tentu bisa menjadi pilihan. Layanan yang satu ini bukan hanya memberikan perlindungan pada mobil saja, namun juga perlindungan terhadap pihak ketiga.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi layanan asuransi dengan menggunakan tambahan perluasan kecelakaan menumpang dan juga kerugian akibat kerusuhan. 

3. Asuransi Mobil Astra Buana

Asuransi kendaraan bermotor komersial dari Astra Buana bisa menjadi pilihan terakhir. Layanan ini juga bisa ditemukan dalam 2 produk berbeda, yakni All Risk dan juga TLO. Pengalaman Astra Buana dalam dunia asuransi tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Jika kamu menginginkan layanan yang lebih komplit, gunakan tambahan perluasaan untuk kerusuhan, perlindungan pihak ketiga, bencana alam, dan yang lainnya. Asuransi ini juga memiliki aplikasi yang dapat membuat kamu terhubung selama 24 jam penuh dengan mudah. 

Baca Juga: Apa yang Mesti Dipahami Sebelum Mengambil Asuransi Mobil?

Tips Memilih Asuransi untuk Mobil Rental 

loader
Asuransi Mobil

Berikut beberapa tips memilih produk asuransi khusus untuk mobil rental: 

1. Pilih Produk Khusus untuk Mobil Rental 

Pastikan kamu memilih produk asuransi yang secara khusus dibuat untuk mobil rental/ komersial (mobil yang digunakan untuk kegiatan bisnis). Hal ini akan menghindarkan kamu dari kondisi gagal klaim dan masalah lainnya di kemudian hari. 

2. Pilih Pertanggungan yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih pertanggungan yang tepat di dalam produk asuransi yang dibeli. Pahami cakupan dalam All Risk dan TLO dengan baik, sehingga kamu bisa memilih salah satu di antaranya, tentunya yang paling sesuai dengan kebutuhan mobil. 

Berikan Perlindungan yang Tepat untuk Mobil

Bagi kamu yang menjalankan bisnis rental, pastikan kamu menggunakan layanan asuransi pada kendaraan tersebut. Produk ini akan memberikan perlindungan terhadap berbagai resiko yang mungkin terjadi, terutama selama mobil tersebut disewakan. Pilih produk asuransi yang paling tepat, agar bisa memberikan perlindungan yang maksimal.

Baca Juga: Perlukah Mobil Bekas Diasuransikan? Begini Tips Memilih Asuransi Mobil