Alasan Pentingnya Asuransi Untuk Mobil Rental

Bisnis jasa penyewaan mobil atau yang lazim dikenal dengan sebutan rental mobil terbilang cukup populer di tanah air dan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Bagaimana tidak? Di luar sana ada banyak sekali orang yang membutuhkan layanan rental seperti ini, khususnya pada masa-masa liburan.

Namun, bisnis rental mobil ini tidak lepas dari risiko. Sebagai pemilik rental mobil, kamu juga akan menanggung risiko kerugian yang cukup besar dalam bisnis ini karena kerusakan dapat terjadi saat kendaraan direntalkan. Penting untuk menggunakan layanan asuransi kendaraan agar berbagai risiko tersebut bisa dialihkan kepada perusahaan asuransi.

Ada banyak alasan mengapa kamu perlu menggunakan layanan asuransi saat menjalankan bisnis rental mobil, beberapa di antaranya seperti berikut.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Pentingnya Asuransi Mobil dalam Bisnis Rental Mobil

loader
Asuransi mobil

  1. Tidak Bisa Mengontrol Penyewa

    Saat menjalankan bisnis rental, sudah jelas kamu akan berhadapan dengan berbagai macam karakter penyewa. Penyewa inilah yang akan membawa dan menggunakan mobil tersebut selama disewakan. Tidak jarang bila dalam bisnis ini, penyewa dapat melakukan tindak pencurian unit mobil yang dirental. Kejadian pembegalan juga bisa terjadi ketika mobil disewakan.

  2. Mengingat harga satu unit mobil tidak murah, sebaiknya pertimbangkan kepemilikan asuransi. Jika suatu saat mobil hilang karena dicuri, kamu bisa mendapatkan uang pertanggungan dari perusahaan asuransi untuk membeli produk baru.

  3. Selalu Ada Risiko di Jalanan

    Berbagai risiko kerusakan pada mobil akibat mengebut, melanggar rambu lalu lintas, lupa menggunakan lampu sein, dan lain sebagainya merupakan hal yang lumrah dijalanan. Risiko-risiko tersebut dapat terjadi akibat kelalaian penyewa atau kecerobohan orang lain. 

  4. Bencana Alam

    Risiko lain yang tidak bisa dikendalikan adalah bencana alam. Jika sewaktu-waktu terjadi bencana, tidak perlu merisaukan biaya perbaikan akibat mesin yang terendam air banjir atau terkena reruntuhan bangunan akibat gempa bumi, dan lain sebagainya. Tinggal bawa ke bengkel rekanan saja dan biaya perbaikannya menjadi tanggungan perusahaan asuransi.

  5. Nilai Premi Jauh Lebih Kecil dari Risiko Kerugian

    Kamu pasti sudah tahu kalau biaya perbaikan mobil lumayan mahal, terutama untuk mobil yang mengalami kecelakaan. Membeli asuransi mobil tentu akan menguntungkan karena premi yang dibayarkan jauh lebih murah daripada biaya perbaikan.

  6. Pada umumnya, besaran premi untuk asuransi mobil tidak sampai 5% dari harga mobil itu sendiri. Ini tentu nilai yang kecil, jika dibandingkan dengan risiko kerugian yang ditimbulkan akibat kerusakan pada mobil tersebut.

  7. Perusahaan Asuransi akan Menjamin Proteksi

    Jika suatu saat mobil tidak dapat beroperasi dengan baik, kamu bisa mendatangi bengkel rekanan asuransi untuk memperbaiki mobil. Biaya perbaikan akan ditanggung oleh asuransi sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang pribadi lagi selama kerusakan tersebut di luar pengecualian polis.

    Bengkel rekanan asuransi tersebar luas hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Jadi, bisa disesuaikan dengan wilayah keberadaan kamu pada saat kerusakan terjadi.

Jenis-Jenis Asuransi untuk Mobil Rental

loader
Asuransi untuk mobil rental

  1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

    Keuntungan dari asuransi Total Loss Only (TLO) sebagai berikut.

    • Biaya premi yang lebih terjangkau.
    • Cocok untuk mobil yang usianya di atas 10 tahun.

    Kerugian dari asuransi Total Loss Only (TLO) sebagai berikut.

    • Manfaat yang terbatas, yaitu jaminan ketika mobil rusak sekitar 75% dari nilai pasarnya, dan kehilangan saja.
  2. Asuransi All Risk

    Berikut merupakan keuntungan asuransi all risk.

    • Menanggung kerugian secara menyeluruh, mulai dari kerusakan ringan, sedang, berat, hingga pencurian.
    • Cocok untuk rental mobil atau bagi yang memiliki mobilitas tinggi.

    Berikut merupakan kerugian asuransi all risk.

    • Premi asuransi lumayan mahal.
    • Perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan agar pembayaran premi lancar.

Tips Memilih Asuransi untuk Mobil Rental 

Berikut beberapa tips memilih produk asuransi khusus untuk mobil rental: 

  1. Pilih Produk Khusus untuk Mobil Rental 

    Pastikan memilih produk asuransi yang secara khusus dibuat untuk mobil rental/ komersial (mobil yang digunakan untuk kegiatan bisnis). Hal ini akan menghindarkan kamu dari kondisi gagal klaim dan masalah lainnya di kemudian hari. 

  2. Pilih Pertanggungan yang Tepat

    Jangan lupa untuk memilih pertanggungan yang tepat di dalam produk asuransi yang dibeli. Pahami cakupan dalam all risk dan TLO dengan baik sehingga kamu bisa memilih salah satu di antaranya, tentunya yang paling sesuai dengan kebutuhan mobil. 

  3. Pahami Benefit dan Batasan Asuransi Mobil

    Karena produk asuransi mobil rental dibuat untuk keperluan komersial, maka kebijakannya akan sedikit berbeda dengan asuransi mobil pada umumnya. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami benefit atau keuntungan yang didapat dan juga batasan proteksinya. Konsultasikan dengan agen atau perusahaan asuransi dengan detail.

Berikan Perlindungan yang Tepat untuk Mobil

Bagi yang menjalankan bisnis rental, pastikan kamu menggunakan layanan asuransi pada kendaraan tersebut. Produk ini akan memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko yang mungkin terjadi, terutama selama mobil tersebut disewakan. Pilih produk asuransi yang paling tepat, agar bisa memberikan perlindungan yang maksimal.