Cara Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan, Khusus Freelancer

Pinjaman tanpa agunan menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Jenis pinjaman yang satu ini dianggap lebih mudah diakses, hampir semua bank bahkan menyediakannya. 

Namun untuk mengakses pinjaman tanpa agunan ini, jelas bank menerapkan sejumlah persyaratan yang ketat, salah satunya surat keterangan penghasilan atau slip gaji. Hal ini tentu tidak masalah bagi mereka yang bekerja di perusahaan dan selalu mendapatkan slip gaji setiap bulannya. 

Bagi yang berprofesi sebagai freelancer, Anda tentu tidak akan memiliki slip gaji. Pada umumnya pekerjaan ini dilakukan secara mandiri dalam bentuk kontrak atau komitmen tertentu dengan klien. 

Jika membutuhkan pinjaman tanpa agunan, maka Anda perlu mengupayakan cara lain. Anda bisa saja mengajukan pinjaman ini ke bank, meskipun tanpa disertai slip gaji sebagaimana persyaratan umum yang diterapkan oleh pihak bank.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa dilakukan freelancer untuk mengakses pinjaman tanpa agunan: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pastikan perputaran saldo rekening bank stabil

rekening stabil

Saat mengajukan pinjaman ke bank, Anda harus menyertakan rekening tabungan sebagai salah satu syarat pengajuan. Bank tentu perlu melihat kemampuan bayar Anda, mengingat mereka akan mengambil risiko yang besar dengan memberikan pinjaman tanpa agunan ini kepada Anda. 

Bagi yang tidak memiliki slip gaji, maka informasi terkait keuangan dan kemampuan bayar Anda akan dilihat melalui rekening tabungan tersebut.

Pastikan Anda memiliki perputaran saldo yang stabil sepanjang waktu, di mana rekening tabungan Anda menunjukkan pemasukan dan pengeluaran yang seimbang. 

Jika ternyata saldo selalu terkuras habis setiap bulannya, maka bank bisa saja melihat kemampuan bayar tidak begitu bagus dan meyakinkan. Ini akan menjadi salah satu pertimbangan yang penting, jadi Anda harus mencermatinya dengan baik sebelum melakukan pengajuan pinjaman tanpa agunan tersebut.

Baca Juga: Butuh Duit di Masa Pandemi? Jenis Utang Ini Bisa Jadi Penolongmu

2. Cek riwayat kredit 

riwayat kredit

Bagi pihak bank, riwayat kredit akan selalu menjadi salah satu pertimbangan untuk mengambil keputusan. Ini berlaku dalam kredit apapun, termasuk pinjaman tanpa agunan yang ingin Anda ajukan tersebut. 

Jika selama ini Anda memiliki riwayat kredit yang buruk, maka peluang untuk mendapatkan pinjaman ini tentu akan sangat kecil. Riwayat kredit yang buruk ini bisa saja dalam berbagai bentuk, seperti: sering telat membayar cicilan, melakukan penunggakan pinjaman, tidak melunasi pinjaman/ cicilan sebelumnya, dan yang lainnya. 

Namun sebaliknya, jika selama ini memiliki riwayat kredit yang bagus dan bebas masalah, maka peluang mendapatkan pinjaman ini tentu akan jauh lebih besar. Bank tidak akan melihat Anda sebagai orang yang bermasalah dalam kredit atau pinjaman sebelumnya, sehingga risiko ketika memberi pinjaman baru pada Anda tentu akan kecil. Jadi pastikan melakukan pengecekan riwayat kredit terlebih dahulu. 

Jika masih memiliki sejumlah hutang atau tunggakan, maka segera lunasi sebelum melakukan pengajuan pinjaman tersebut. Hal ini akan membuat Anda memiliki riwayat kredit yang lebih baik, sehingga lebih berpeluang mendapatkan pinjaman yang baru dari pihak bank.

3. Sudah membayar pajak secara rutin

membayar pajak

Karyawan perusahaan pada umumnya akan dikenakan pajak secara langsung oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Namun bagi freelancer, hal tersebut tentu tidak selalu berlaku. Tidak semua proyek yang ditangani freelancer dikenakan pajak, meskipun beberapa platform sudah menerapkan pajak ini secara otomatis di dalam project. Namun sebagian freelancer kemungkinan tidak membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Lalu, bagaimana dengan Anda?

Bagi pihak bank, catatan pembayaran pajak akan menjadi salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan. Jika sudah terbiasa membayar pajak secara teratur setiap tahunnya, maka peluang Anda mendapatkan pinjaman tanpa agunan akan lebih besar. 

Melalui catatan pajak, bank akan melihat Anda sudah memiliki penghasilan yang stabil sepanjang tahun, sehingga Anda memiliki kemampuan bayar yang cukup baik. Jadi pastikan sudah membayar pajak dan memiliki catatan yang lengkap terkait hal tersebut. 

Baca Juga: Lebih Baik Mana, Utang Pakai KTA atau Kartu Kredit?

4. Lengkapi semua dokumen yang diperlukan

dokumen

Anda juga harus melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman tanpa agunan ini. Pada umumnya bank akan meminta beberapa dokumen, seperti: KTP, NPWP, Surat Keterangan Penghasilan, rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir, dan yang lainnya. 

Untuk meyakinkan pihak bank, Anda juga bisa mencantumkan dokumen pendukung lainnya, seperti nota pembayaran atau bahkan kontrak kerja dengan klien. Siapkan semua persyaratan ini sejak awal, agar pengajuan pinjaman bisa berjalan lancar.

Ajukan Pinjaman tanpa Agunan dengan Tepat

Bagi freelancer yang membutuhkan dana segar, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan ke bank. Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, agar proses pengajuan pinjaman ini bisa berjalan dengan lancar. Ajukan pinjaman ke bank yang tepat, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal atas pinjaman tersebut.

Baca Juga: Pinjaman Modal Usaha Terbaik 2021 dan Cara Mendapatkannya