4 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Dapat Dipilih!

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan kesehatan yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Layanan yang secara resmi dikeluarkan pemerintah beberapa tahun lalu terbilang sangat populer dan cepat menyerap minat masyarakat. Sebab layanan yang diberikan BPJS Kesehatan mengenakan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan.

Pemerintah sebagai pihak yang menjamin terselenggaranya program ini benar-benar memerhatikan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan yang diberikan BPJS Kesehatan. Hal ini tentu dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat, termasuk dalam segala macam prosedur dan juga ketentuan dalam mengakses layanan kesehatan tersebut selain mengandalkan produk asuransi biasa.

Baca juga:  Syarat Mengubah Data BPJS Kesehatan

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

4 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

loader

Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Ketika menjadi anggota BPJS Kesehatan, kamu tentu akan diwajibkan untuk membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah ini akan sangat tergantung pada jenis layanan yang digunakan. Iuran BPJS Kesehatan terbaru adalah Rp150.000 (kelas 1), Rp100.000 (kelas 2), dan Rp35.000 (kelas 3).

Sebagaimana kewajiban bulanan lainnya, kamu juga akan membutuhkan kemudahan dalam melakukan pengecekan terhadap tagihan yang akan dibayarkan setiap bulannya. Beberapa cara di bawah ini akan membantu kamu dalam pengecekan tagihan pembayaran.

  1. Melakukan Pengecekan Melalui SMS Gateway

    Pemerintah memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan untuk melakukan pengecekan tagihan melalui layanan SMS. Layanan SMS Gateway ini tentu akan memudahkan pengguna BPJS. Layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 08777 5500 400.

    Berbagai informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang digunakan dapat diakses melalui nomor tersebut, termasuk jumlah tagihan bulanan BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan (jika melakukan penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya). Informasi mengenai tagihan tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu data diri kamu, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang dimiliki.

    Gunakan salah satu dari nomor data diri tersebut untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS Kesehatan kamu, dengan format:

    Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

    Misalnya, kamu menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan, maka pengiriman SMS akan seperti berikut.

    Tagihan 0000123456789

  2. Melakukan Pengecekan Melalui Aplikasi Mobile JKN

    Selain SMS Gateway, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk melihat tagihan BPJS Kesehatan. Berikut cara melihatnya.

    • Unduh dan instal aplikasi mobile JKN dari ponsel lewat Google Play Store atau App Store.
    • Registrasi untuk membuat akun.
    • Masuk ke akun mobile JKN.
    • Pilih menu Tagihan, lalu Premi.
    • Nanti akan tertera informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan
  3. Melakukan Pengecekan Melalui Media Sosial

    Kamu juga bisa melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan melalui beberapa media sosial dengan cara berbicara dengan admin BPJS Kesehatan yang bernama Chika. Adapun media sosial yang dapat digunakan untuk berbicara dengan Chika ialah Facebook, Telegram, dan WhatsApp.

    • Facebook: facebook.com/BPJSKesehatanRI/
    • Telegram: @CHIKA_BPJSKesehatan_bot
    • WhatsApp: 0811-8750-400

    Berikut cara cek tagihan BPJS Kesehatan via media sosial:

    • Chat Chika melalui media sosial yang dipilih.
    • Ketik angka 2 atau pilih menu "Cek Tagihan Iuran".
    • Kemudian, balas pesan Chika dengan menuliskan nomor peserta BPJS atau NIK.
    • Ketik tanggal lahir menggunakan format yyyy-mm-dd.
    • Kemudian, Chika akan menunjukkan informasi terkait tagihan BPJS Kesehatan milikmu.
  4. Melakukan Pengecekan Melalui Telepon

    Kamu juga bisa melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan cara menelpon ke call center. Caranya simpel, kamu hanya perlu menghubungi nomor 165 untuk mengetahui tagihan BPJS Kesehatan milikmu. Dengan melakukan ini, tim operator akan memberikan informasi terkait tagihan yang perlu dibayarkan.

Baca juga:  Solusi Aktifkan BPJS Kesehatan yang Terblokir dan Menunggak

Gunakan Cara Termudah Untuk Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan

Itulah berbagai cara melihat tagihan BPJS Kesehatan yang dapat dilakukan. Gunakan cara yang paling sesuai dengan dirimu sehingga pengecekan status tagihanmu menjadi lebih efisien.

Lakukan pengecekan secara berkala terutama ketika mendekati tenggat waktu pembayaran. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak ketinggalan masa pembayaran. Selain itu, jika kamu mengecek secara berkala, tindakan itu akan menutup kemungkinan menunggak.