Cara Mudah Mengirim dan Menerima Uang Melalui Western Union Indonesia

Salah satu layanan pengiriman uang baik dalam negeri maupun antar negara yang paling dikenal adalah Western Union. Makin banyaknya transaksi pengiriman uang menggunakan layanan ini, membuat pertumbuhan jumlah pelanggan mereka juga semakin signifikan.

Salah satu keunggulan dari Western Union adalah layanan transfer atau pengiriman uangnya bisa mencapai luar negeri secara realtime atau langsung diterima oleh penerima di negara tujuan. Hal ini yang membedakan dengan kebanyakan bank-bank lokal yang hanya bisa melayani transfer uang di ruang lingkup lokal saja.

Apa Itu Western Union?

Western Union merupakan sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan uang kepada penerima melalui suatu sistem yang sudah tertata berbasis digital. Anda bisa mengirimkan uang melalui Western Union dengan melampirkan kartu identitas, dan tidak perlu membuat rekening bank atau yang lainnya.

Kalau Hanya Mengirim Uang, Kenapa Tidak Memakai Bank Lokal saja?

Disinilah kami akan membahas perbedaan yang membuat Western Union dianggap lebih spesial dibandingkan dengan sebagian besar bank lokal yang notabene sama-sama memiliki layanan pengiriman atau transfer uang. Jika memang hanya mengirim uang, bisa dibilang kedua layanan ini sama saja, namun ada poin-poin penting yang harus Anda cermati mengenai Western Union dan kebanyakan bank lokal yang ada.

Baca Juga :  Biaya Transfer Antar Bank, Berapa yang Mesti Dibayar?

Poin penting tersebut menjadi kelebihan dari layanan Western Union dibandingkan yang lainnya, yaitu:

Pengiriman Uang Instan, Mudah, dan Cepat

loader

Pengiriman Uang Instan, Mudah dan Cepat via klimg.com

 

Kelebihan Western Union, yang pertama adalah pengiriman uang melalui layanan ini bisa dibilang sangat cepat dan mudah. Sistem transfer dana melalui western union menggunakan basis data digital dengan dukungan sistem informasi dan jaringan yang canggih. Ketika Anda melakukan pengiriman uang melalui layanan ini, maka dalam hitungan detik saja, uang yang Anda kirim sudah masuk ke penerima yang Anda tuju. Selain itu proses penggunaannya juga sangat mudah dan tidak perlu berbelit-belit mengurus “syarat ini dan itu” Cukup datang ke kantor Western Union, kemudian tunjukkan syarat-syarat kirim atau terima, maka Anda sudah bisa melakukan transaksi.

Layanan Western Union Sudah Tersebar di Seluruh Penjuru Dunia

loader

All Over The World via blackeltabroad.files.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin mengirimkan uang ke luar negeri, tidak perlu khawatir keberadaan kantor Western Union, karena saat ini aksesnya sudah bisa digunakan di 200 negara, termasuk di Indonesia. Jadi pengiriman ke luar negeri bisa lebih mudah dilakukan melalui Western Union.

Biaya Pengiriman Murah

loader   

Biaya Pengiriman Murah via csdnews.com

Untuk melakukan transaksi pengiriman uang melalui Western Union, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Berbeda halnya dengan jika Anda menggunakan ATM dari bank lokal yang terkadang memakan biaya yang cukup mahal, apalagi transfer menuju bank yang berbeda. Hal ini tidak terjadi jika menggunakan Western Union, karena biaya pengiriman tidak semahal transfer melalui bank maupun ATM.

Pengiriman Uang Tanpa Menggunakan Rekening

loader

Mengirim Uang Tanpa Rekening via arenalte.com

Keunggulan utama western union ada disini. Berbeda dengan bank yang jika Anda ingin mengirimkan uang harus menggunakan rekening yang dimiliki si pengirim. Sedangkan, jika menggunakan Western Union, Anda hanya diminta untuk menunjukan identitas diri saja untuk melakukan pengiriman uang.

Baca Juga : Cara Kirim Uang Antar Negara Via Bank

Tidak Ada Batas Minimum Pengiriman

loader  

Tidak Ada Batas Minimum Pengiriman via wordpress.com

Keuntungan lain yang bisa diambil dari Western Union adalah tidak adanya batas pengiriman minimum mengenai uang yang dikirim. Berbeda dengan bank lokal yang rata-rata masih menetapkan batas pengiriman minimum mengenai uang yang akan dikirim, sedangkan Western Union tidak membatasi jumlah uang yang akan dikirim oleh si pengirim.

Proses Transaksi yang Aman

loader

Transaksi yang Aman via omputersupportnews.com

Satu lagi yang perlu Anda ketahui mengenai proses pengiriman uang menggunakan Western Union adalah dari sisi keamanan serta tidak ada bentuk kecurangan sedikitpun. Meskipun tanpa adanya surat bank, Western Union tetap menjamin keamanan yang ketat untuk para nasabahnya.

Uraian diatas merupakan beberapa kelebihan yang bisa kita peroleh dari Western Union dibandingkan dengan bank lokal. Silahkan Anda bandingkan sendiri, mana yang paling pas untuk kebutuhan Anda, apakah bank atau Western Union.

Apa Saja Fitur yang Ada Pada Western Union?

Tidak hanya kelebihan itu saja, salah satu daya tarik dari Western Union sendiri adalah masih memiliki beberapa fitur menarik bagi pelanggan yang bisa digunakan ketika bertransaksi. Jadi tidak hanya bank lokal saja yang memberikan penawaran-penawaran spesial bagi nasabahnya, akan tetapi Western union juga memiliki fitur tersendiri bagi para pelanggannya. Apa sajakah itu? Mari kita lihat uraian dibawah ini:

  • Quick Pay

Fitur pertama adalah Quick Pay, yang memungkinkan nasabah untuk mengirim uang kepada suatu lembaga yang sudah terdaftar di Western Union. Misalnya saja Anda ingin membayar tagihan-tagihan dari lembaga resmi atau non-resmi, untuk lembaga yang sudah terdaftar di Western Union, maka Anda bisa melakukan pembayaran di kantor Western Union itu sendiri.

  • Will Call

Will Call merupakan suatu fitur atau layanan pengiriman uang dimana penerimanya adalah individu, bukan dari pihak perusahaan.

  • Antar Jemput Uang

Inilah fitur spesial dari Western Union yang tidak dimiliki oleh semua bank lokal, yakni layanan antar jemput uang. Jadi kita bisa mengirim uang ke penerima dengan cara uangnya diantar sampai ke rumah penerima. Namun untuk menggunakan layanan ini perlu adanya dana tambahan sebagai ongkos atas tagihan antar jemput tersebut.

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa Anda dapatkan melalui Western Union ini. Apabila Anda ingin menggunakan Western Union, jangan khawatir karena kantor Western Union dapat dengan mudah Anda temukan, biasanya kantor Western Union juga terdapat di kantor-antor bank lokal seperti BRI, Mandiri, BNI, dan lain lain. Selain itu di koperasi atau kantor pos juga terdapat Western Union sebagai sarana transaksi pengiriman uang.

Untuk lebih mudah mencari kantor Western Union, Anda bisa mengamati papan nama yang ada di sekitar daerah Anda, atau Anda juga bisa menghubungi pihak Western Union untuk mencari kabar kantor mana yang paling dekat dengan posisi Anda.

Cara Mengirimkan Uang Melalui Western Union

Mengirimkan uang melalui western union tidak serumit yang dibayangkan banyak orang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama silahkan cari terlebih dahulu kantor Western Union terdekat, dan datangi langsung kantor tersebut.
  2. Silahkan minta kepada Customer Service bahwa Anda ingin mengirimkan uang, maka CS akan memberikan Anda sebuah formulir yang harus Anda diisi untuk memenuhi syarat pengiriman uang nantinya.
  3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menunjukan kartu identitas yang Anda miliki untuk menyocokan apakah data diri yang diisi sesuai dengan kartu identitas yang dimiliki. Disini Anda bisa menggunakan KTP, SIM atau kartu identitas yang lainnya. Selain sebagai pencocokan, jika Anda kendala dalam pengiriman uang juga bisa diurus dengan cepat oleh pihak Western Union.
  4. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membayarkan atau menyerahkan uang yang ingin ditransfer kepada si penerima sesuai dengan nominal yang sudah disepakati.
  5. Terakhir, Anda hanya diharuskan untuk memberikan kabar serta informasi kepada si penerima mengenai siapa pengirimnya,nominal uang yang ditransfer, kode daerah, serta nomor referalnya untuk pengambilan uangnya.

Cara Menerima Uang Melalui Western Union

Menerima uang melalui western union juga tidak membutuhkan proses yang merepotkan. Berikut ini langkah-langkahnya:

loader

Datangi kantor/lokasi agen Western Union terdekat.

loader

Sebutkan nama lengkap pengirim, negara, jumlah yang dikirim, dan Nomor pelacakan (MTCN). Pastikan Anda mendapatkan informasi mengenai rincian transaksi dari si pengirim sebelum melakukan proses ini.

loader

Berikan KTP atau identitas lain sebagai syarat verifikasi identitas.

loader

Jika semua data sudah selesai diverifikasi, maka Anda sudah bisa menerima uangnya.

Aman dan Praktis

Western Union merupakan satu diantara sekian banyak layanan kirim dan terima uang secara cepat dan aman. Kelebihan western union dibandingkan layanan lain seperti uraian diatas bisa menjadi alternatif yang menarik bagi Anda yang ingin melakukan transaksi kirim dan transfer uang lintas negara secara cepat dan aman.

Baca Juga :  Apa yang Dapat Membuat Anda Kaya? Ini Jawabannya!