Cara Pesan Grab di Smartphone Android atau iPhone Anda

Kota-kota besar di Indonesia sekarang ini semakin sesak dengan moda transportasi online, seperti ojek dan taksi online. Sebut saja Go-Jek dan Grab, dua pemain besar di jasa ini karena melihat ceruk pasar yang besar di Tanah Air.

Berkaca pada kesuksesan Go-Jek yang saat ini menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia, sekaligus trademark moda transportasi online, aplikator asal Singapura, Grab mengembangkan aplikasi sejenis dan menjadi pesaing utama Go-Jek. Kendati layanannya belum seluas Go-Jek, namun Grab tengah mengembangkan berbagai layanan yang mudah diakses.

Buat Anda yang masih bingung soal aplikasi ini dan cara pesan Grab, berikut ulasan artikelnya sehingga dapat membantu mobilitas Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel Simpati atau Cara Bagi Pulsa Telkomsel Simpati

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Hal yang Wajib Diketahui

1. Untuk Anda yang pertama kali menggunakan aplikasi Grab, pastikan Anda telah memasang aplikasi tersebut di ponsel pintar atau smartphone. Anda dapat mengunduhnya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

2. Setelah menginstalnya di ponsel, kemudian daftarkan diri Anda sebagai pengguna Grab dan masukkan nomor ponsel Anda yang aktif karena biasanya proses pendaftaran Grab akan mengirimkan kode verifikasi untuk memastikan bahwa Anda benar-benar melakukan pendaftaran.

3. Jika account sudah jadi, Anda dapat segera memesan layanan Grab mulai dari ojek atau taksi online, delivery makanan, belanja, hingga pembelian pulsa.

4. Beberapa smartphone, terutama ponsel berbasis Android biasanya mewajibkan penggunanya untuk mengaktifkan informasi lokasi dengan meminta pengaktifan fitur GPS.

5. Jika Anda memesan layanan Grab pada jam sibuk atau dikenal dengan istilah peak hour, maka tarif Grab pun akan naik. Hal tersebut dikarenakan sistem tarif flat yang diberlakukan oleh Grab.

6. Pastikan nomor ponsel yang Anda gunakan sebagai pengguna Grab selalu aktif, agar driver dapat dengab mudah menelepon ketika menerima order dari Anda.

7. Jika Go-Jek menggunakan metode pembayaran tunai dan Go-Pay, maka Anda juga bisa membayar layanan Grab tanpa uang tunai atau cashless, seperti pakai kartu kredit maupun dengan akun Ovo.

GrabCar

Salah satu layanan dari Grab adalah GrabCar, aplikasi penyedia taksi online yang memiliki ratusan, bahkan ribuan driver. Taksi online yang tersedia adalah kendaraan roda empat milik pribadi dengan plat hitam yang sengaja disewakan secara online. Jika order layanan GrabCar, Anda pun akan merasakan seperti sedang naik kendaraan mobil pribadi. Keberadaannya di Indonesia saat ini telah diatur dengan undang-undang untuk menjamin legalitas taksi online tersebut.

Selain itu, pemilihan kendaraan yang diberlakukan GrabCar cukup ketat, di mana rata-rata kendaraan yang digunakan adalah sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Kijang Innova, Nissan Grand Livina, dan berbagai merek mobil yang cukup terkenal dengan spesifikasi kelas menengah. GrabCar pun menyaring tahun keluaran mobil guna mengutamakan kenyamanan penumpang.

Muncul di pertengahan 2016, layanan GrabCar tersedia selama 24 jam setiap harinya. Di Indonesia, layanan GrabCar telah tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta, Denpasar, Surabaya, dan kota lainnya.

Cara Pesan GrabCar

Kalau masih bingung cara pesan GrabCar di smartphone Anda, berikut panduannya:

1. Pastikan aplikasi Grab telah terinstal di smartphone Jika belum, unduh dulu di Play Store maupun App Store. Lalu buka aplikasi tersebut.

2. Kemudian pilih layanan GrabCar dengan ikon gambar mobil.

3. Masukkan lokasi penjemputan Anda di kolom pick up dengan cara klik kolom tersebut, ketik detail alamat Anda. Pastikan alamat yang Anda masukkan tepat.

4. Pada kolom ‘I’m going to…” klik kolom tersebut untuk memasukkan tujuan Anda. Kolom tersebut adalah alamat drop-off perjalanan Anda.

5. Selanjutnya aplikasi akan menunjukkan detail kendaraan yang hendak Anda booking, di mana untuk layanan GrabCar ada dua jenis, yakni GrabCar standar dengan kapasitas 4 tempat duduk, GrabCar 6 dengan 6 kapasitas tempat duduk, GrabCar Plus untuk driver dengan rating bintang 5, dan GrabGerak yang artinya kendaraan tersebut ramah dengan kaum disabilitas. 

6. Misal Anda memilih GrabCar standar dengan kapasitas 4 tempat duduk, maka pada bagian bawah jenis mobil terdapat informasi biaya yang harus Anda bayar. Untuk pengguna Ovo, Anda akan mendapatkan promo istimewa berupa potongan harga.

7. Anda pun bisa memilih jenis pembayaran dengan klik bagian bawah jenis kendaraan yang hendak Anda booking. Grab menyediakan 3 pilihan metode pembayaran yakni cash, kartu kredit, dan Ovo.

8. Jika Anda memiliki kode promo, masukkan pada kolom di samping jenis metode pembayaran.

9. Jika Anda ingin memberikan catatan tertentu untuk driver seperti nomor rumah, dan lain sebagainya, Anda bisa memasukkan pada kolom Notes to Driver.

10. Jika sudah sesuai, pilih tombol Book, maka aplikasi akan segera mencari driver terdekat dari Anda.

11. Jika aplikasi Grab telah mendapatkan driver, aplikasi akan memunculkan informasi mengenai driver tersebut secara detail mulai dari nomor kendaraan, foto driver, hingga nomor telepon driver.

12. Selanjutnya hubungi pengemudi untuk memastikan bahwa order yang Anda buat sudah dimengerti oleh driver.

Aplikasi Grab sangat user friendly, Anda dapat memantau posisi pengemudi Grab yang sedang menuju tempat Anda. Anda pun bisa memperoleh informasi mengenai ketersediaan pengemudi Grab di sekitar lokasi Anda. Jika jumlah driver di sekitar Anda hanya sedikit, tentunya cukup sulit dan memakan waktu relatif lama untuk menjemput Anda di titik penjemputan.

Perbedaan GrabCar dan GrabTaxi

Dalam satu aplikasi Grab terdapat dua jenis layanan yang menggunakan mobil sebagai sarana transportasinya, yakni GrabCar dan GrabTaxi. Jenis layanan tersebut sangat berbeda. GrabCar adalah taksi online yang menggunakan mobil pribadi berplat hitam yang disewakan secara online.

Sedangkan GrabTaxi adalah layanan booking taksi yang dijalankan melalui platform online yang menggunakan sistem afiliasi dengan jaringan taksi konvensional. Oleh karena itu, jika jenis layanan yang Anda order adalah GrabTaxi, maka sistem Grab akan meneruskan kepada pengemudi taksi konvensional terdekat dengan plat kuning.

Perbedaan selanjutnya ada pada tarif. Tarif GrabCar cenderung lebih murah lantaran layanan ini tidak dikenakan pajak dan argonya pun flat. Artinya jika kondisi jalanan macet, maka tarif pun akan sama saja. Berbeda dengan GrabTaxi yang masih menggunakan sistem perhitungan argo. Tapi tak perlu khawatir tarif taksi Anda mahal karena di dalam aplikasi Grab akan tercantum estimasi perhitungan argo dengan perhitungan jarak dan waktu tempuh.

Baca Juga: Cara Agar KTA Cepat Disetujui dan Cara Menghitung Cicilannya

Tarif GrabCar

Seperti telah disinggung di atas, mengenai tarif antara GrabCar, taksi konvensional, dan uber tentunya memiliki perbedaan. Tarif yang diberlakukan taksi konvensional adalah dengan menggunakan argo konvensional, di mana jika perjalanan yang Anda tempuh macet dan jauh, tarif akan semakin mahal. Berbeda dengan Uber yang menentukan argo yang lebih murah dari tarif argo taksi konvensional.

Selain itu juga terdapat penentuan harga yang tercantum di dalam aplikasi Uber maupun GrabCar di mana aplikasi Uber hanya menentukan estimasi, sedangkan aplikasi GrabCar langsung menentukan tarif secara flat. Oleh karenanya, jika Anda menggunakan GrabCar Anda tidak diperkenankan untuk meminta driver mengantarkan Anda ke tempat yang tidak sesuai dengan tujuan akhir sesuai yang tercantum di aplikasi, sedangkan uber masih memungkinkan Anda untuk meminta drop-off di manapun lantaran argo masih terus berjalan.

Uber biasanya juga menerapkan biaya pembatalan apabila telah melewati jarak waktu tertentu, sedangkan GrabCar tidak menerapkan sistem pinalti apabila order dibatalkan oleh penumpang. Namun karena alasan kemanusiaan ada baiknya Anda segera menghubungi pengemudi apabila ingin membatalkan order GrabCar.

GrabBike

GrabBike
GrabBike

Selain memiliki layanan GrabCar, aplikasi Grab juga punya yang namanya GrabBike. Cocok buat Anda yang mobilitasnya sangat tinggi untuk menghindari macet di jalan. Sistem kerja booking driver GrabBike mirip seperti GrabCar. Berikut adalah cara pesan GrabBike yang perlu Anda ketahui:

1. Sama seperti GrabCar, layanan GrabBike juga hanya bisa digunakan melalui aplikasi Grab. Jadi sebelum Anda booking, pastikan Anda telah memiliki aplikasi Grab dan daftarkan diri Anda sebagai user

2. Setelah proses pendaftaran user selesai, Anda akan dibawa ke menu layanan utama Grab. Untuk menggunakan layanan GrabBike pilih menu dengan gambar motor dan bertuliskan “Bike”.

3. Langkah selanjutnya Anda harus menentukan titik penjemputan dengan klik di kolom alamat pick up. Pilih alamat sesuai yang ingin Anda tentukan.

4. Selanjutnya pilih lokasi drop-off Pastikan pula lokasi drop-off tersebut tidak terlalu jauh dari titik tujuan Anda.

5. Setelah Anda memasukkan lokasi tujuan, Anda dapat memilih metode pembayaran. Anda dapat memilih tiga metode pembayaran, yakni ovo, cash, dan kartu kredit. Selanjutnya jika Anda memiliki kode promo, masukkan di kolom promo room. Jika Anda memiliki note untuk driver, masukan pada kolom option dan input note tersebut pada kolom “Note to Driver”, kemudian tekan tombol confirm untuk menyetujui notes

6. Jika Anda telah mengecek alamat yang diinput dan sesuai dengan perjalanan, Anda dapat menekan tombol Book. Selain tombol Book juga terdapat tombol Grab Now yang dapat digunakan untuk booking driver yang ada di dekat Anda, sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan driver.

7. Mohon untuk selalu perhatikan apabila Anda berniat membatalkan perjalanan agar segera menelpon driver. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi driver yang sudah terlanjur menuju titik penjemputan.

Grab Delivery

Jika di Go-Jek memiliki layanan Go-Send, Grab pun memiliki layanan sejenis dengan nama Grab Delivery atau yang banyak dikenal masyarakat dengan sebutan Grab Express. Layanan Grab Delivery ini adalah layanan yang memungkinkan user aplikasi untuk mengirimkan berbagai macam barang yang masih bisa di pick up dengan menggunakan motor.

Berikut ini adalah langkah-langkah bagi Anda yang ingin menggunakan layanan Grab Delivery:

1. Jika Anda sudah memiliki aplikasi Grab, Anda cukup masuk ke dalam aplikasi Grab dan pilih menu Delivery.

2. Konsepnya sama seperti memesan ojek online, Anda cukup memasukkan alamat pick up barang dan input alamat drop-off

3. Jika Anda hendak mencantumkan catatan khusus mengenai barang yang akan dikirim Anda bisa menginputnya pada bagian note.

4. Jika alamat tujuan dan alamat pick-up barang telah sesuai dengan pengiriman barang Anda, pilih tombol Book.

5. Jika pemesanan telah mendapatkan driver yang akan mengirimkan barang Anda, aplikasi akan memunculkan informasi driver

6. Untuk membayar Grab Delivery, Anda pun bisa membayar dengan menggunakan cash maupun kartu kredit atau Ovo.

Grab Groceries

Belum lama ini Grab bekerja sama dengan HappyFresh menyediakan layanan Grab Groceries. Layanan ini memungkinkan Anda meminta bantuan driver Grab untuk membelikan barang-barang kebutuhan di supermarket yang telah bermitra dengan HappyFresh.

Beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan HappyFresh di antaranya adalah Lotte Mart, Carrefour, Ranch Market, Grand Lucky, Farmers Market, The Food Hall, Papaya Fresh Gallery, Red & White Wine, SuperIndo, Dapur Cokelat, Indoguna Meat Shop, Bonjour Bakery, Tuku Tuku Natural, Colette Lola, hingga Groovy Pet.

Untuk Anda yang ingin menggunakan layanan Grab Groceries, berikut langkah selengkapnya:

1. Masuk ke dalam aplikasi Grab, kemudian pilih menu Groceries.

2. Setelah masuk ke menu Groceries, masukkan alamat yang akan ditujukan.

3. Setelah alamat telah Anda masukkan, pilih outlet yang telah bekerja sama dengan HappyFresh dan Anda pun dapat menentukan sesuai kebutuhan. Misal, di sini Anda memilih Carrefour, maka secara otomatis aplikasi akan menunjuk Carrefour yang terdekat dengan titik drop-off

4. Setelah memilih supermarket, Anda akan masuk ke dalam halaman belanja, di mana di dalam aplikasi terdapat beberapa kategori sesuai kebutuhan Anda. Beberapa kategori tersebut di antaranya adalah Fresh Product, Meat & Seafood, Dairy & Eggs, Pantry, Dry & Canned Goods, Beverages, dan masih banyak lagi.

5. Setelah Anda memilih kategori barang, Anda dapat membeli jenis produk yang akan Anda order. Masukkan jumlah barang yang hendak Anda order sesuai kebutuhan Anda. Jika jumlahnya telah benar, Anda dapat segera memproses pembelian dengan klik tombol Checkout.

6. Tunggu beberapa lama, maka barang yang Anda pesan pun akan dikirim menggunakan jasa kurir Grab. Jika barang belanjaan Anda banyak, maka pesanan Anda akan dibungkus dengan menggunakan kardus yang tentunya aman dan lebih rapih.

Grab Pulsa

Salah satu fitur terbaru dari layanan Grab adalah menyediakan layanan Grab Pulsa yang memungkinkan penggunanya mengisi pulsa di manapun dan kapanpun. Dengan menggunakan layanan ini Anda bisa membeli paket data. Jadi, Anda tak perlu khawatir kehabisan paket data meskipun jauh dari ATM maupun minimarket.

Pilihan pulsa yang tersedia di aplikasi Grab terdiri dari nominal Rp 25.000, Rp 30.000, Rp 50.000, Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Sedangkan untuk paket data pun tersedia cukup lengkap layaknya produk paket data yang dijual melalui minimarket.

Berikut adalah cara menggunakan layanan Grab Pulsa:

1. Masuklah ke aplikasi Grab, kemudian pilih menu Pulsa.

2. Di dalam layanan Grab Pulsa terdapat kolom untuk memasukkan nomor tujuan yang hendak diisi pulsa maupun yang hendak diisi paket data. Jika nomor yang Anda gunakan dalam aplikasi akan Anda isi pulsa, maka Anda tak perlu menginput kembali. Namun jika yang ingin Anda isi pulsa adalah nomor lain, maka Anda harus input manual.

3. Aplikasi Grab Pulsa secara otomatis akan mengidentifikasi operator yang digunakan oleh nomor tersebut. Hal ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli paket data lantaran setiap operator memiliki paket data yang berbeda-beda.

4. Kemudian pilih nominal pulsa yang hendak Anda isi. Jika Anda ingin membeli paket data, pilih paket data sesuai kebutuhan Anda. Lalu klik “Proceed to Pay

5. Pembelian pulsa maupun paket data di aplikasi Grab hanya dapat menggunakan metode pembayaran dengan menggunakan Ovo. Jadi pastikan saldo Ovo Anda mencukupi.

6. Jika saldo Ovo Anda mencukupi, kemudian tekan tombol “Pay” untuk melanjutkan pembelian pulsa maupun paket data Anda.

7. Tunggu beberapa lama, maka pulsa atau paket data yang Anda beli pun akan segera masuk.

Jaga Keamanan Akun Anda

Beberapa layanan di aplikasi Grab tersebut dapat Anda gunakan untuk mempermudah aktivitas Anda sehari-hari. Praktis, tinggal klik, maka pesanan sudah datang di depan Anda. Jangan lupa selalu jaga keamanan akun Grab Anda, contohnya saja jangan beritahu kepada siapapun PIN Ovo Anda agar saldo tidak terkuras. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Pembayaran Listrik Online