5 Cara yang Bisa Membuat Kamu Terbebas dari Hutang

Ada banyak alasan mengapa orang memiliki hutang, tentunya kamu kamu juga. Hutang di dalam keuangan merupakan beban tersendiri yang beresiko membuat kondisi keuangan menjadi tidak sehat.

Jika porsinya besar, maka melunasi hutang ini juga akan menjadi perkara yang tidak mudah. Hal ini bahkan akan semakin sulit, jika ternyata hutang yang kamu miliki dibebani sejumlah bunga. Alih-alih melakukan pelunasan, mencicilnya saja bisa menjadi pekerjaan yang sulit. 

Pada dasarnya kondisi keuangan yang bebas hutang akan jauh lebih baik dan memungkinkan kamu mencapai berbagai tujuan keuangan itu sendiri. Kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung, atau bahkan diinvestasikan.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Cara yang Bisa Dilalukan Agar Bebas dari Hutang

loader

Apapun jenis hutang dan alasan kamu memilikinya, pastikan kamu mulai mengambil langkah untuk menyelesaikannya. Cobalah untuk menata keuangan dengan lebih baik lagi, sehingga kamu bisa melunasi semua hutang-hutangmu tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas yang bisa kamu lakukan untuk merdeka dari hutang: 

1. Susun Anggaran dan Catat Pengeluaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membenahi keuangan, terutama anggaran belanja mu. Ini akan membawa perubahan besar, apalagi jika ternyata selama ini kamu tidak pernah memiliki anggaran keuangan sama sekali.

Jika ternyata kamu sudah terbiasa menjalankan anggaran keuangan, maka coba cek kembali setiap pos di dalamnya dan lakukan perbaikan di dalam anggaran tersebut dengan sebaik mungkin. 

Selain itu, mulailah melakukan pencatatan pengeluaran secara detail. Hal ini akan memungkinkan kamu melihat dengan jelas kemana saja uangmu pergi. Selain itu, kamu akan lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran, jika sewaktu-waktu terjadi pemborosan di dalam keuangan. Hal ini akan memungkinkan kamu melakukan pelunasan hutang dengan lebih cepat.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Lunasi Kartu Kredit

2. Lakukan Penghematan 

Melakukan penghematan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengerem pengeluaran. Ikuti anggaran belanja rutin yang telah kamu susun sejak awal, agar kamu bisa menyimpan lebih banyak uang.

Selain itu, kamu juga bisa menunda atau bahkan meniadakan berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting di dalam keuangan, seperti: membeli pakaian baru, melakukan perawatan di salon, atau bahkan membeli peralatan elektronik yang tidak begitu penting. 

Ubah juga gaya hidup kamu untuk menghemat lebih banyak uang. Jika selama ini kamu terbiasa berangkat ke kantor menggunakan taxi online, maka cobalah untuk menggunakan transportasi umum lainnya yang lebih murah. Kurangi juga frekuensi makan atau nongkrong di luar, sebab ini juga akan menghabiskan banyak uang. Semakin banyak uang yang kamu hemat, maka akan semakin cepat juga hutangmu terlunasi. 

3. Cari Penghasilan Tambahan

Kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan di luar penghasilan utama yang saat ini kamu miliki. Jika selama ini kamu kesulitan melunasi hutang dengan mengandalkan gaji, maka carilah pekerjaan sampingan. Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu dengan menjadi freelancer

Jika memiliki cukup banyak waktu, kamu bahkan bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan sebagai sampingan. Kamu bisa mengumpulkan penghasilan ini dan mengalokasikannya untuk melunasi hutang. 

4. Alokasikan Lebih Banyak Uang untuk Melunasi Hutang 

Porsi hutang yang besar mungkin saja akan membuat kamu kewalahan dan harus mencicil dalam waktu yang panjang. Namun jika kamu ingin proses ini lebih cepat, maka kamu harus memperbesar kemampuanmu untuk mencicil. Jika selama ini kamu hanya mengalokasikan 30% penghasilan untuk mencicil hutang, maka tidak ada salahnya untuk mengubahnya menjadi 35%-40%.

Lakukan penghematan pada pengeluaran rutin bulanan, agar kamu bisa mengalokasikan lebih banyak uang untuk melunasi hutang. Namun meski begitu, pastikan semua kebutuhan pokok tetap terpenuhi dengan baik setiap bulannya. Hal ini penting, untuk memastikan kehidupanmu tetap berjalan dengan baik dan normal. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan sebagian dana tabungan untuk mencicil hutang tersebut setiap bulannya.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Cerdas Melunasi Hutang yang Menumpuk

5. Jual Aset untuk Melunasi Hutang 

Selain semua langkah di atas, kamu juga bisa mencoba cara yang satu ini untuk mempercepat pelunasan hutang. Cek aset yang kamu miliki saat ini dan bisa dijual untuk melunasi hutang yang kamu miliki. Hal ini akan jauh lebih mudah, bahkan mungkin bisa melunasi hutang tersebut sekaligus. 

Jika memungkinkan, lepaslah aset lancar yang bisa diuangkan dengan cepat, sehingga dananya bisa segera digunakan untuk melakukan pelunasan hutang. Namun jika ternyata kamu harus menjual aset tidak lancar seperti rumah atau kendaraan, maka pastikan kamu menjualnya dengan tidak terburu-buru. Hal ini untuk menghindari resiko penurunan harga yang cukup besar. 

Lunasi Hutang dengan Cara yang Tepat

Memiliki hutang tentu akan membebani keuangan kamu, apalagi jika jumlahnya cukup besar. Mulailah hitung dan lunasi hutangmu sedikit demi sedikit, agar keuangan menjadi lebih sehat. Lunasi hutangmu dengan cara yang tepat, sehingga kamu bisa hidup lebih tenang dan nyaman. 

Baca Juga: Anti Ribet, Begini Cara Hitung dan Lapor SPT untuk Freelancer