Cara Transfer Uang Lewat ATM

Salah satu layanan perbankan yang paling sering dilakukan adalah transfer. Mulai dari transfer uang ke sesama bank hingga transfer uang ke beda bank. Dengan kemajuan teknologi perbankan sekarang, transfer uang lewat mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) menjadi sangat mudah, praktis, cepat dan aman dilakukan.

Tahukah Anda, Indonesia memiliki sebanyak 115 Bank Umum, dan 1.621 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) per Oktober 2017 berdasarkan data OJK. Lalu, untuk mesin ATM sendiri, data Bank Indonesia per November 2017 mencatat 106.328 mesin ATM beredar.

Transfer uang lewat mesin ATM itu mudah dilakukan, tetapi bagi sebagian orang yang baru mengenal dan menggunakan fasilitas bank, hal ini bisa jadi membingungkan. Oleh sebab itu, berikut ulasan ringan panduan untuk Anda tentang cara transfer uang lewat ATM yang benar dan aman agar Anda tidak gagal atau salah melakukan transfer.

Panduan ini bisa diterapkan untuk semua ATM. Agar lebih jelas, sebagai contoh, Anda baru saja memiliki rekening tabungan Bank BRI, lalu Anda akan melakukan transfer dana ke sesama bank BRI dan beda Bank BRI, berikut langkah-langkah cara transfer uang sesama bank BRI dan beda bank.

Baca Juga: Kenali Modus Penipuan ATM dan Kartu Kredit

Langkah-langkah Transfer Uang di ATM

transfer bri transfer uang lewat atm via mendetail.com

  1. Masukkan Kartu ATM (misalkan ATM BRI) ke slot kartu mesin ATM

Pastikan saat memasukkan kartu ATM, posisi kartu benar dan tidak terbalik. Posisi benar dengan bagian atas kartu tertera nama agar kartu terbaca di mesin ATM. Hindari Modus Pencurian dana nasabah (skimming) melalui alat perekam data di ujung slot kartu.Caranya, pastikan tidak ada yang mencurigakan di slot mesin ATM, tidak ada ganjalan atau tambahan alat yang menghalangi kartu ATM masuk

  1. Pilih Jenis Bahasa: Pilih Bahasa Indonesia
  2. Masukkan Nomor PIN ATM

Selalu jaga keamanan PIN. Pastikan saat mengetikkan nomor PIN, tutup tombol dengan tangan. Upayakan untuk mengganti PIN ATM secara berkala dan jangan pernah memberikan PIN ATM Anda kepada orang lain. Ingat, pihak bank tidak pernah meminta nomor PIN Anda secara langsung.

  1. Pilih Jenis Transaksi: Pilih Transfer
  2. Pilih Bank Tujuan Transfer
  • Pilih Bank (misal pilih BRI  untuk transfer uang ke sesama rekening BRI)

Masukkan nomor rekening BRI tujuan transfer Anda. Lalu pilih BENAR.

  • Pilih Bank Lain (untuk transfer uang ke Rekening Bank Lain selain BRI)

Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan (Bank Lain):

Pilih kode bank tujuan transfer yang diinginkan. Jika sudah ketemu, pilih ‘Lanjutkan’. Lalu, masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan (bank lain).

Pilih ‘BENAR” untuk proses selanjutnya.   

Di layar ATM akan muncul: Masukkan nomor referensi (kosongkan bila tidak ada).

Ketik kembali : Kode bank dan nomor rekening tujuan (Bank Lain)

Lanjut pilih BENAR untuk proses selanjutnya

Baca Juga: Inilah Caranya Deteksi Modus Penipuan dengan Cek Nomor Rekening

  1. Masukkan Jumlah Transfer

Cek kembali jumlah uang yang akan Anda transfer. Pastikan nominal angkanya sudah benar. Lalu pilih BENAR untuk proses selanjutnya.

  1. Transaksi akan di proses dan dalam hitungan detik, layar ATM menunjukkan Data Tujuan Transfer yang berupa keterangan Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang transferan.

Pilih Proses transfer:  Pilih Ya (Jika semuanya sudah benar) Pilih Tidak: (Jika ada yang salah)

  1. Menunggu konfirmasi selanjutnya.

Lalu muncul keterangan: Transaksi Anda berhasil dilaksanakan. Ada opsi Transaksi Lagi?

Pilih TIDAK jika sudah selesai. Anda akan menerima stuk transfer.

Pilih YA jika ingin transfer lagi ke rekening lainnya.

  1. Selesai Transaksi, kartu ATM akan keluar dari mesin ATM.

Pastikan selalu Anda mengambilnya kembali sebelum Anda meninggalkan lokasi ATM.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Langkah-langkah transfer uang dari ATM BRI ini juga berlaku sama untuk ATM bank lainnya. Cara transfer uang lewat ATM sesama rekening ataupun transfer ke Bank Lain itu mudah, pembedanya hanya ada pada langkah nomor 5. Pastikan Anda memasukkan dengan benar kode bank lain dan nomor rekening bank lain sebelum menuju ke proses selanjutnya.

Catatan: Jika Anda ragu dan semisal melakukan kesalahan saat memasukkan nomor rekening atau jumlah transferan, Anda tidak perlu panik. Ingat, cukup klik SALAH dan Anda bisa mengulang kembali ke langkah nomor 3 untuk menginput kembali data transaksi yang benar. Atau, tekan CANCEL guna membatalkan transaksi, otomatis transaksi akan dibatalkan kartu ATM akan keluar dari mesin ATM.

Selalu Berhati-hati Ketika Transaksi

Walaupun transfer uang lewat ATM itu aman, Anda tetap harus berhati-hati ketika bertransaksi menggunakan mesin ATM sebab ada banyak modus penipuan yang beredar dan merugikan Anda. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada alat atau hal mencurigakan lainnya yang terpasang atau terletak di mesin ATM, dan jangan lupa untuk secara teratur mencek saldo dari transaksi yang telah Anda lakukan.

Baca Juga: Kartu ATM Terblokir? Inilah Cara Mudah Membukanya