COD: Keuntungan dan Aturan yang Harus Diketahui oleh Pembeli dan Penjual

Akhir-akhir ini sedang viral berita seorang ibu dan anak perempuannya memaki seorang kurir untuk paket COD karena isinya tidak sesuai dengan keinginan pembeli. Kejadian ini pun divideokan dan diupload ke media sosial oleh Kurir itu sendiri lalu mendapatkan perhatian netizen dan seketika menjadi viral.

Dalam berita tersebut bisa dikatakan bahwa masih banyak orang yang belum mengerti betul konsep dari sistem pembelian dengan COD atau cash on delivery. Sehingga masih banyak yang menjadikan kurir sebagai pelampiasan kekesalan mereka ketika paket tersebut salah atau tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Padahal kurir hanya bertugas mengantarkan paket dan mengumpulkan pembayaran. Seluruh tanggung jawab kesalahan isi paket adalah tanggung jawab penuh dari pihak penjual.

Untuk itu lah, tanpa kita sadari banyak kurir yang menjadi sasaran nyasar dari kemarahan pembeli dan keteledoran si penjual. Agar ini tidak terjadi lagi, yuk mari kita pelajari dengan baik lagi ap aitu COD, keuntungan dan kebijakannya agar kesalahan seperti kasus di atas tidak lagi terjadi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian COD (Cash on Delivery)

COD adalah salah satu metode pembayaran secara tunai melalui jual beli online dengan cara bertemu di titik yang sudah disepakati. Kini pembeli juga bisa melakukan COD langsung di rumahnya tanpa harus bertemu di tempat yang disepakati.

Sistem COD lebih ditargetkan untuk menyasar konsumen pemula dalam berbelanja online yang masih minim menggunakan layanan pembayaran secara digital.

Metode COD masih dipertahankan hingga kini oleh beberapa toko berbasis belanja online untuk memberikan rasa kepercayaan dari pembeli bahwa barang yang dipesan bukan barang abal-abal atau jual-beli tipu-tipu yang menjadi momok menakutkan bagi para pembeli.

Jadi, COD dapat diartikan sebagai layanan yang akan didapatkan oleh konsumen dari penjual. Layanan tesebut berupa akses untuk melakukan pembayaran terhadap pemberian barang, saat barang tersebut sampai di alamat tertentu.

Alamat tersebut bisa merupakan alamat rumahmu, rumah teman atau rumah orangtuamu. Satu hal yang pasti, kamu harus ada di rumah tersebut, khususnya ketika jadwal barang dikirim dan akan sampai.

Manfaat COD bagi Penjual dan Pembeli

loader

Meskipun sering menjadi berita viral, sistem pembayaran COD sendiri cukup populer dan memang memberikan beberapa manfaat masing-masing bagi penjual dan pembeli.

Keuntungan COD untuk Penjual

  • Menggaet lebih banyak pelanggan lagi terutama mereka yang tidak mau ribet dan tidak mengerti sistem pembayaran digital.
  • Mendapatkan rasa percaya pembeli karena barang yang dikirim dijamin berkualitas baik dan pembeli bisa memilih untuk mengembalikan dan tidak membayar jika barang tidak sesuai.
  • Memudahkan pembeli dala membeli produk mereka sehingga berpotensi untuk membeli lebih banyak.
  • Untuk penjual yang tidak menggunakan jasa kurir, bisa lebih cepat menerima uangnya karena mengantar barang itu sendiri jika pembelian ada di wilayah yang sama.
  • Jarang ada diskon dan promo pada sistem pembayaran ini. Jadi keuntungan yang didapatkan dari penjualan menggunakan sistem pembayaran COD.

Keuntungan untuk Penjual

  • Pembayaran yang lebih mudah layaknya membeli barang langsung ditoko.
  • Bisa lebih cepat melakukan pengembalian barang jika ada kesalahan pada paket.
  • Bisa memastikan terlebih dahulu kualitas barang sebelum membayar untuk memastikan produk sesuai keterangan.
  • Ongkos kirim bisa lebih murah jika berada disatu wilayah dengan lokasi penjual.
  • Tidak harus repot-repot melakukan berbagai proses yang ada pada pembayaran digital.

Aturan dan Kebijakan yang Harus Dipatuhi oleh Pembeli dan Penjual yang Menggunakan Sistem COD

loader

Dibalik keuntungan yang diberikan oleh COD ada risiko dan kerugian yang mengikuti seperti, pembeli yang harus tetap membayar ongkos kirim padahal barang tidak sesuai dengan yang dibeli atau penjual yang terpaksa mendapatkan barang pengembalian tidak sesuai dengan barang yang dikirim atau barang diganti oleh pembeli dengan barang bekas.

Risiko tersebut bisa merugikan tidak hanya pihak pembeli dan penjual tapi juga pihak kurir. Sangat merepotkan bukan?

Nah risiko tersebut bisa dihindari dengan memahami aturan dan kebijakan yang ada. Berikut beberapa aturan dan kebijakan yang harus diketahui dan dipatuhi baik penjual dan pembeli yang menggunakan sistem pembayaran COD di 4 situs E-commerce terbesar di Indonesia:

Shopee

Untuk e-commerce ini memiliki peraturan dan prosedur yang sama antara pembayaran COD atau digital untuk pengembalian barang yaitu jika:

  • Produk yang Anda terima rusak, cacat, atau tidak berfungsi dengan baik
  • Produk tidak sesuai pesanan/berbeda dengan deskripsi atau foto di etalase toko
  • Kesepakatan bersama dengan Penjual
  • Pembeli juga bisa memilih alasan pengembalian sesuai kondisi berikut:
    • Saya tidak menerima pesanan. Pilih alasan ini jika Anda tidak menerima pesanan.
    • Produk yang diterima tidak lengkap. Pilih alasan ini jika pesanan yang Anda terima tidak lengkap atau kurang. (Contoh: Anda memesan sepatu lengkap dengan talinya, namun yang Anda terima hanya sepatu saja).
    • Produk yang diterima cacat. Pilih alasan ini jika pesanan rusak, berlubang, sobek, dll.
    • Produk yang diterima tidak berfungsi dengan baik. Pilih alasan ini jika Anda membeli alat elektronik (Contoh: kipas angin tidak dapat berputar, dll.).
    • Produk berbeda dengan deskripsi/foto. Pilih alasan ini jika Anda menerima pesanan yang tidak sesuai dengan deskripsi produk/foto yang dicantumkan toko.

Berikut langkah untuk mengajukan pengembalian barang dan dana:

  1. Klik "Pesanan Saya" pada tab "Saya".
  2. Klik tab "Dikirim".
  3. Masuk halaman "Rincian Pesanan".
  4. Klik "Ajukan Pengembalian".
  5. Pilih barang yang ingin Anda kembalikan.
  6. Klik "Pilih Alasan" dan pilih alasan pengajuan Anda.
  7. Masukkan alamat email Anda.
  8. Klik "Kirimkan".

Dalam mengajukan pengembalian, pembeli harus memiliki bukti kuat yang dapat menunjukkan bahwa pengajuan berdasarkan kenyataan yang terjadi. Pengembalian dengan alasan berubah pikiran atau tidak tertarik lagi tidak dapat diterima kecuali jika ada kesepakatan dengan Penjual.

Konsumen perlu tahu bahwa permintaan pengembalian barang pembeli dapat tidak ditolak Penjual apabila Penjual memiliki alasan yang kuat.

Khusus untuk Paket Diskon, pengembalian hanya dapat dilakukan jika semua produk dalam Paket Diskon dikembalikan. Artinya, pengembalian untuk beberapa produk tidak akan dapat dilakukan.

Tokopedia

Berikut ketentua retur barang lewat Tokopedia untuk Anda yang ingin mengembalikan barang dengan sistem pembayaran COD:

  1. Retur dapat dilakukan jika pembeli belum membuka barang
  2. Jika pembeli sudah membuka paket/kiriman barang dan ingin melakukan pengembalian barang atau retur, maka pembeli wajib membayar semua pesanan kepada mitra kurir dan mengajukan komplain pengembalian barang atau retur kepada penjual melalui Pusat Resolusi.
  3. Proses retur dapat dilakukan oleh pembeli dengan memberitahukan secara langsung kepada kurir. Barang akan dikembalikan kepada seller maksimal 8x24jam (tergantung rute).
  4. Jika tidak ada informasi mengenai proses retur selama 8x24 jam sejak seller mengajukan klaim, maka produk akan otomatis terklaim dan Seller akan mendapatkan pengembalian biaya produk.
  5. Ongkos kirim retur ditanggung oleh Tokopedia. Jadi, Seller tidak perlu mengeluarkan ongkos kirim atau biaya apa pun karena ongkos kirim retur ditanggung oleh Tokopedia.
  6. Segala bentuk kerusakan atau kehilangan produk yang terjadi selama perjalanan retur akan ditanggung 100 persen oleh asuransi. Sementara, jika produk mengalami rusak dan hilang, maka 100 persen produk itu dilindungi asuransi.

Tata cara klaim pengembalian yang harus diketahui dengan sistem pembayaran COD Tokopedia:

  • Seller wajib mengajukan klaim pada Pusat Resolusi maksimal 3-7 hari
  • Seller memberikan bukti sebelum dan sesudah produk diretur
  • Tokopedia akan melakukan eskalasi pada partner logistik
  • Partner akan melakukan investigasi maksimal 7 hari kerja
  • Jika disetujui, Seller akan mendapatkan biaya pergantian sesuai dengan klaim yang diajukan

BliBli

Berikut ketentuan pengembalian barang dengan sistem pembayaran COD di e-commerce BliBli:

Ada beberapa ketentuan bagi pembeli yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum menggunakan metode pembayaran COD, yakni:

  • Untuk melakukan pembayaran dengan COD, pembeli dapat memilih opsi “Bayar di Tempat (COD)” pada kolom Pilih Metode Pembayaran.
  • Pesanan hanya akan diserahkan apabila kamu telah menyelesaikan pembayaran ke kurir Blibli.
  • Pembayaran menggunakan metode COD akan dikenakan biaya 2 persen dari total transaksi.
  • Kurir pengantar akan melakukan penagihan ketika sampai di alamat tujuan.
  • Pembayaran dengan metode Bayar di Tempat (COD) hanya berlaku untuk produk tertentu yang bertanda “Dikirimkan oleh Blibli” dan seller pilihan serta wilayah pengiriman tertentu, dengan maksimal pesanan Rp 3 juta.

Pengembalian barang Untuk pengajuan pengembalian barang karena kekeliruan barang atau kerusakan barang, bisa mengikuti tata caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke tab profile akun Blibli.com, pilih tab "Pengembalian" dan pilih "Ajukan Pengembalian Produk".
  2. Pada tab "Pesanan Selesai", pilih produk yang ingin Anda kembalikan.
  3. Pilih "Pengembalian Produk" dan lengkapi form pengembalian produk.
  4. Beri tanda centang pada produk yang ingin dikembalikan, klik "Lanjutkan".
  5. Pilih Alasan Pengambilan Produk, Ekspektasi Solusi Pengembalian, dan Metode Pengembalian Produk.
  6. Tulis detail permasalahan pada kolom “Deskripsikan Keluhan” dan unggah bukti foto produk yang ingin dikembalikan.
  7. Bila bukti kendala kerusakan yang kamu miliki berupa video, kamu harus tetap mengunggah 1 foto produk.
  8. Kemudian, lampirkan bukti video pada bagian “Deskripsi Keluhan” atau kirimkan via e-mail ke Customer Care Blibli (selengkapnya dapat dilihat pada bagian catatan di bawah).
  9. Beri tanda centang pada bagian persetujuan Syarat & Ketentuan, kemudian pilih “Konfirmasi Pengajuan”.
  10. Untuk ekspektasi solusi pengembalian “Tukar Produk”, tersedia fitur self-replacement yang memungkinkan Anda dapat memilih penggantian dengan produk yang sama, produk sama dengan varian berbeda (beda ukuran atau warna) , atau produk yang berbeda.
  11. Nantinya, Anda akan mendapatkan nformasi nomor pengembalian (RMAxxxx).
  12. Anda dapat mengunduh label pengembalian produk kamu pada “Cetak Label Pengiriman Produk Di Sini”.

BukaLapak

Berikut kebijakan dan ketentuan yang harus diketahui sebelum menggunakan pembayaran dengan sistem COD di BukaLapak:

  • Bagi Anda yang akan mengaktifkan fitur COD bisa melalui Seller Center dan aplikasi Bukalapak minimal Android v4.71 dan iOS v2.65.
  • Pelapak yang dapat mengaktifkan COD adalah Super Seller yang memiliki lebih dari atau sama dengan 50 feedback positive.
  • Pelapak mengaktifkan metode pembayaran COD pada pengaturan jasa pengiriman dengan memilih SiCepat REG COD.
  • Dalam satu transaksi COD, Minimal belanja mulai dari Rp30.000 hingga Rp2.000.000. Pelapak wajib mencetak label pengiriman (Cetak Pesanan) dan menempelkannya pada paket yang akan dikirim.
  • Jika Pelapak tidak mencetak dan menempelkan label pengiriman pada paket pesanan, pengiriman tidak akan diproses oleh kurir, dan pesanan akan otomatis dibatalkan.
  • Pelapak tidak dapat melakukan pergantian kurir apabila pembeli memilih metode pembayaran Cash on Delivery dengan alasan apapun.
  • Pelapak diharapkan untuk dapat memeriksa kembali alamat pengiriman pembeli. Dana akan diteruskan kepada pelapak apabila pembeli sudah konfirmasi terima barang dan/ atau 2x24 jam setelah barang dinyatakan diterima maka dana akan diteruskan ke pelapak.
  • Bukalapak akan menindak pengguna jika pengguna melanggar dan atau terindikasi melakukan pelanggaran terhadap fitur Cash on Delivery.
  • Pelapak dapat menolak pesanan pembeli tanpa menerima penambahan akumulasi feedback negatif.
  • Syarat dan Ketentuan fitur COD ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Aturan Penggunaan dan Kebijakan Privasi Bukalapak yang sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Dengan bertransaksi menggunakan fitur COD maka Pengguna dinyatakan telah membaca dan menyetujui syarat & ketentuan program fitur COD ini dan Aturan Penggunaan dan Kebijakan Privasi Bukalapak.

Biasakan Membaca Peraturan secara Lengkap dan Teliti sebelum Membeli

Hal yang menjadi faktor terbesar kenapa pembayaran dengan sistem COD banyak menimbulkan masalah dan keresahan baik antara pembeli, penjual sampai jasa pengiriman adalah kebiasaan kita yang malas untuk membaca aturan yang ada. Baik itu dari pihak penjual dan pembeli.

Yuk, biasakan membaca informasi yang ada secara baik dan teliti sebelum membeli/menjual. Agar risiko-risko pembelian dan penjualan semakin mengecil dan menyulitkan banyak pihak.