Curhat Ternyata Bisa Mengurangi Stres, Apa Lagi?

Siapapun pasti pernah merasakan stres dalam hidupnya. Terlebih di situasi pandemi seperti saat ini, penuh ketidakpastian.

Stres bekerja dan belajar dari rumah, stres penghasilan berkurang, stres kehilangan pekerjaan, ataupun stres masalah lainnya. Kondisi tersebut memicu tekanan psikis seseorang.

Ketika stres tak segera ditangani dengan baik, mental akan terganggu lebih parah lagi. Selain itu, dapat berisiko menurunkan daya tahan tubuh.

Beriku cara mudah mengatasi stres:

Baca Juga: 5 Tips Nego Gaji Lewat Email

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Curhat

loader
Curhat dapat mengurangi stres

Terbiasa menyimpan masalah seorang sendiri dan enggan membaginya dengan orang terdekat? Nah, kebiasaan seperti ini yang membuat seseorang rentan mengalami stres.

Perlu kamu tahu, jika berbagi cerita alias curhat dengan keluarga, sahabat, rekan kerja yang bisa dipercaya dapat mengatasi stres. Cara ini akan meringankan beban kamu.

Di samping itu, membuat perasaan dan pikiran menjadi lebih plong. Kamu bisa menghubungi salah satu orang terdekatmu untuk curhat masalah yang selama ini mengganjal di pikiran.

Jika kamu merasa ragu, cara lain curhat adalah konsultasi ke seorang psikolog. Atau bila kurang nyaman berbagi keluh kesah dengan orang lain, curahkan saja ke dalam tulisan di buku harian.

2. Rutin olahraga 

Olahraga juga bisa menjadi cara efektif mengatasi stress. Ini karena saat olahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin, yakni hormon bahagia yang bekerja secara alami meredakan rasa nyeri dan memperbaiki mood.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba untuk mengurangi stres, seperti berenang, yoga, lari pagi, dan lainnya. Olahraga secara rutin, agar tubuh makin fit, emosi lebih stabil, dan menghilangkan stres.

3. Konsumsi makanan sehat

Stres menandakan jika tubuh kekurangan nutrisi baik, di antaranya vitamin C, vitamin B, magnesium, selenium. Untuk itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau, buah jeruk, lemon, buah beri, ikan salmon, tuna, lele, patin, daging, telur, keju, produk susu, dan sebagainya.

Selain mencukupi tubuh dengan makanan sehat dan seimbang, kurangi makanan yang mengandung gula atau pemanis buatan berlebih. Batasi asupan kafein per hari, karena minuman jenis ini bisa memicu stres jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Kursus Online Terbaik untuk Tingkatkan Skill

4. Lakukan hobi yang menyenangkan

loader Mendengarkan musik

Hobi atau aktivitas yang disukai bisa merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon bahagia. Sehingga bakal lebih jarang mengalami stres, serta membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Misalnya saja naik gunung, memasak, membuat vlog, membuat karya seni, menyanyi, menari, melukis dan aktivitas positif lainnya.

5. Tidak begadang dan minum alkohol

Gaya hidup tidak sehat, seperti suka begadang, konsumsi minuman keras maupun minuman beralkohol, menggunakan narkoba, nyaanya dapat memperparah kondisi stress yang sedang dialami.

Jika ingin bebas dari stres, mulai ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk di masa lalu. Contohnya menjaga asupan makanan, menghindari rokok, minuman beralkohol, katakana tidak pada narkoba, istirahat yang cukup.

6. Konsumsi minuman herbal

Minuman herbal juga bisa membantu mengurangi stres jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Salah satunya ada bunga saffron yang mampu membuat tubuh jadi lebih rileks.

Seduh sejumput bunga saffron dengan air hangat di pagi atau sore hari untuk memberikan rasa rileks dan menenangkan tubuh. Selain itu, bunga saffron kerap dijadikan sebagai suplemen minuman, namun pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.  

7. Batasi dan atur jam kerja 

loader
Batasi dan atur jam kerja

Pekerjaan dengan beban kerja yang tinggi atau lingkungan kerja yang toxic juga bisa memicu stres. Jika dibiarkan, ini bisa mengganggu produktivitas dalam bekerja yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sebaiknya atur pola kerja selama ini. Datang ke kantor lebih awal, tidak menunda-nunda pekerjaan, gunakan waktu istirahat dengan baik, dan buat hati merasa senang.

Karena hati yang senang dan bahagia akan membuat pekerjaan lebih mudah dan tak membebani pikiran. Paling penting adalah menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

8. Luangkan waktu untuk me time

Luangkan waktu sejenak untuk me time di tengah kesibukan. Gunakan waktu libur maupun cuti untuk memanjakan diri sendiri, seperti liburan, jalan-jalan, spa, nonton film di bioskop, ke salon, atau melakukan hobi yang selama ini terabaikan.

Buat dirimu merasa nyaman dan tinggalkan sejenak beban di pikiran. Bebaskan dirimu, dan nonaktifkan ponsel sementara waktu, karena disadari atau tidak, hal tersebut juga bisa memicu stres berlebih.

Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan Mental Selama Masa Pandemi agar Imun Tidak Gampang Turun

9. Berendam di air hangat

Tahukah kamu jika berendam di air hangat juga bisa meredakan stres dengan cepat dan mudah? Air hangat yang menyentuh kulit akan membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah di tubuh.

Sehingga tubuh jadi lebih rileks. Rasa lelah dan penat setelah seharian bekerja yang memicu stres bisa berkurang. 

Siapkan air hangat-hangat kuku di bak mandi. Kamu juga bisa menambahkan minyak aroma terapi atau herbal khusus ke dalam air. Nyalakan lilin aromaterapi dengan wangi-wangian yang menenangkan.  

Evaluasi Diri dan Buang Jauh Stres

Pemicu stres bisa muncul dari manapun, sehingga penting untuk mengetahui apa yang jadi penyebabnya. Apakah itu karena lelah bekerja, masalah pekerjaan, asmara, atau kondisi tubuh yang melemah. Dengan mengetahui penyebabnya, akan memudahkan kamu untuk mengatasi stres.

Baca Juga: 7 Nilai Plus Fresh Graduate Selama Pandemi