Dari Aktris Cilik Hingga Jadi Bintang Remaja, Begini Perjalanan Karier Noona Ranty Maria

Bagi para penggemar sinetron layar kaca Indonesia, sosok cantik yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Berprofesi sebagai artis dan model, Ranty Maria sudah melakoni belasan judul sinetron.

Bintang sinetron Putri Untuk Pangeran dan Tukang Ojek Pengkolan tersebut memang kian bersinar dalam menapaki kariernya. Sejak debut perdananya di tahun 2006 lalu, Ranty telah menjadi semakin populer sebagai celebrity.

Namanya bahkan kian tenar setelah aktingnya dalam Anak Langit, Manusia Harimau, dan Cahaya Terindah memukau pemirsa televisi. Yuk simak profil lengkap dan perjalanan kariernya. 

Baca Juga: Pernah Sepi Peminat, Kini Omzet Bisnis Amanda Manopo Melebihi Honornya Main Sinetron

Jago Akting Sejak Kecil

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Nama Ranty Maria memang makin melejit sejak kiprahnya berakting di sekian judul sinetron remaja. Namun Eonni yang berdarah blasteran Korea-Manado ini sudah andal berakting dari kecil.

Bahkan ia sudah menekuni dunia sinetron sebagai aktris cilik dari umur 8 tahun. Saat itu, wanita yang lahir pada 26 April 1999 ini bermain sebagai Luna dalam Heart Series (2007). Sinetron itu jugalah yang menjadi penampilan perdananya.

Masih di tahun 2007, ia juga ikut tampil dalam Sentuh Hatiku yang juga menghadirkan Eva Celia serta Bobby Joseph. Memiliki penjiwaan dan akting yang mumpuni, ia juga ikut melakoni My Love. Dalam sinetron tersebut, Ranty berkesempatan bekerja sama dengan Irshadi Bagas hingga Yuki Kato.

Ketika memasuki tahun 2008, ia kembali bermain dalam sinetron Menanti Keajaiban Cinta bersama Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. Di tahun tersebut, ia juga ikut melakoni sinetron Elang hingga Jangan Nikahkan Aku, Aku Masih Ingin Bermain. Alhasil namanya pun kian melambung.

Meski begitu, tahun 2008 menjadi momen pengunjung bagi Ranty dalam kiprahnya sebagai aktris cilik. Pemilik nama lengkap Ranty Maria Aprily Lee Kariso ini kemudian memilih vakum dari dunia sinetron untuk fokus menyelesaikan pendidikannya.

Comeback Sebagai Bintang Remaja

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Setelah vakum untuk beberapa waktu, Ranty akhirnya kembali menyapa para penggemarnya sebagai sosok yang berbeda. Bukan lagi aktris cilik, Ranty Noona telah menjelma menjadi remaja belia nan cantik.

Tak tanggung-tanggung, ia pun langsung menunjukkan kualitasnya sebagai bintang. Aktingnya pun jadi kian menawan. Pada tahun 2012, ia bermain dalam My Love.

Kemudian disusul dengan perannya sebagai Ratna dalam sinetron 7 Manusia Harimau (2014). Berkat aktingnya yang apik, wanita yang tinggi tubuhnya mencapai 166 cm ini berhasil memenangkan Pasangan Sinetron Tersilet serta Kisah Asmara Tersilet dari penghargaan Silet Awards tahun 2015.

Belakangan, penampilannya dalam 7 Manusia Harimau New Generation (2016) juga terus jadi sorotan. Demikian juga dengan perannya sebagai Vika dalam Anak Langit bersama aktor dan aktris muda lainnya. Penggemarnya semakin membanjir sewaktu ia menunjukkan kebolehannya berakting di sinetron Anak Jalanan di tahun yang sama.

Barulah kemudian fans beratnya Justin Bieber ini bermain dalam sinetron Cahaya Terindah (2019). Ia dipercaya untuk memerankan tokoh utama yang bernama Indah/ Cahaya. Dalam sinetron tersebut, Ranty berkesempatan mengadu kemampuan aktingnya dengan Rayn Wijaya.

Pernah Homeschooling karena Jadwal Syuting

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Ranty yang merupakan putri pasangan Lee Ki Young dan Joanita Kariso ini sempat terpaksa keluar dari sekolah favoritnya. Di masa SMA, ia lebih memilih mengambil homeschooling agar karier aktingnya tetap dapat terlaksana tanpa mengganggu pendidikannya.

Pasalnya, jadwal syuting yang padat membuat waktu sekolah Ranty banyak tersita. Akhirnya, alumni SD Taruna Bangsa Sentul dan SMP Kusuma Bangsa ini memilih homeschooling agar tak ketinggalan pelajaran. Ia pun dapat lebih leluasa menamatkan pendidikan sembari terus menekuni karier keartisannya.

Baca Juga:  Kisah Transformasi Ammar Zoni, Dari Anak Nakal Jadi Artis Terkenal

Merambah FTV dan Layar Lebar

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Ranty tak hanya rajin menekuni dunia akting dengan bermain sinetron. Ia juga ikut menjajal FTV serta layar lebar.

Beberapa judul FTV pun pernah dilakoninya. Mulai dari Kisah Si Upik Abu (2007) hingga Lovepedia: Idola Rockmantis dan Rinduku Ku Bawa Pulang di tahun 2016.

Selain itu, Ranty pernah menjadi bintang untuk film Love is Cinta (2007) serta Perempuan Punya Cerita (2008). Kemudian di tahun 2020, ia bermain dalam Calon Manten Coming Soon (2019) serta 4 Mantan (2020).

Di tahun ini, ia juga menjadi pengisi suara untuk perannya sebagai Fyra dalam Titus: Mystery of the Enigma.

Pernah Terlibat Cinta Lokasi

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Membintangi sinetron Anak Langit dan Anak Jalanan bersama Ammar Zoni sempat membuat Ranty terlibat cinta lokasi. Keduanya lantas menjalin kasih selama kurang lebih tiga tahun.

Bahkan dua sejoli ini tetap kuat sewaktu Ammar Zoni tersandung kasus narkotik dan obat terlarang. Ranty tetap setia menemani kekasihnya yang saat itu tengah dirundung masalah.

Namun sayangnya, kisah cinta mereka harus kandas lantaran perbedaan agama. Ammar Zoni lantas menikah dengan Irish Bella sedangkan Ranty Maria melanjutkan hidupnya. Sempat dikabarkan dekat dengan Mischa Chandrawinata, Ranty memilih berfokus mencapai cita-cita di bidang pendidikan serta kariernya.

Bercita-Cita Jadi Diplomat

View this post on Instagram

A post shared by Ranty Maria (@rantymaria)

Terlepas dari kesuksesannya sebagai aktris muda tanah air, ternyata Ranty menyimpan impian lain untuk kariernya. Setelah lulus SMA, ia meneruskan pendidikan tinggi dan mengambil jurusan Hubungan Internasional di salah satu kampus di Korea Selatan.

Namun sebagai konsekuensinya, pilihan ini juga membuatnya harus mundur dari produksi sinetron Anak Langit. Rupanya, Ranty bercita-cita untuk menjadi seorang Diplomat. Keinginan itulah yang membulatkan tekadnya untuk melanjutkan pendidikan di kampung halaman ayahnya tercinta. 

Dalam salah satu vlog yang dibagikannya di platform YouTube, ia bercerita mengenai kesibukannya mengikuti kursus bahasa Korea. Setiap pagi, ia mengikuti les bahasa demi melancarkan kemampuan berbahasanya.

Seimbangkan Karier dan Pendidikan

Kini, Ranty tengah menjalani masa keemasan kariernya berkat perannya dalam Putri Untuk Pangeran. Ia sering kembali ke tanah air untuk keperluan promosi sinetron hingga syuting.

Dalam sinetron tersebut, mantan kekasih Ammar Zoni ini beradu akting dengan Verrel Bramasta serta Riza Syah. Sinetron yang memiliki durasi 90 menit per episodenya tersebut juga masuk dalam nominasi Indonesian Television Award tahun ini.

Wanita yang hobi basket, berenang, shopping, dan membaca ini juga aktif sebagai vlogger di YouTube. Di Instagram pribadinya, ia tampak kerap menyapa penggemarnya dan menerima endorsement job dengan banyak pihak.

Menjalankan beberapa tujuan sekaligus secara multitasking tentu tidak mudah. Dibutuhkan fokus dan dedikasi agar cita-cita besar dapat terwujud. Dan tentu semua itu tak dapat terjadi dengan instan mengingat prosesnya akan memakan waktu.

Seperti Ranty Maria, adakalanya kita harus memilih cita-cita mana dulu yang hendak direalisasikan satu per satu, baik dalam aspek karier maupun pendidikan. Namun jika terus gigih dan punya komitmen yang serius, cepat atau lambat semuanya pasti dapat tercapai dengan sukses.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Yuki Kato dari Bullyan Sampai Jadi Entertainer Papan Atas