Dari Pemain Band hingga Jadi Aktor dan DJ, Begini Cara Al Ghazali Meraih Sukses di Usia Muda

Siapa yang tak mengenal sosok tampan Ahmad Al Ghazali Kohler. Al Ghazali yang lebih akrab disapa Al ini merupakan putra pertama dari musisi dan politisi Dhani Ahmad Prasetyo serta Maia Estianty. Al yang kelahiran 1 September 1997 dan baru berumur 22 tahun ini dikenal sebagai seorang penyanyi, musisi, pemain film, dan Disc Jockey sukses Indonesia.

Aktingnya sebagai Musa dalam film Runaway patut diacungi jempo. Kiprahnya sebagai musisi juga mendapat apresiasi dan disukai masyarakat banyak. Kentalnya darah seni yang mengalir dalam diri Al kemudian didukung oleh bakatnya yang telah diasah sejak kecil.

Kakak sulung dari Ahmad El Jallaludin Rumi dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani ini bahkan telah piawai memainkan berbagai instrument musik sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Belakangan, lelaki yang memiliki tinggi badan 1,74 meter ini berhasil menyabet Idola Baru Tersilet dari Silet Awards 2014 serta Bintang Iklan Pria dari Bright Awards 2016. Bagaimana perjalanan kariernya yang dirintis sejak tahun 2009 tersebut?

Awal Karier Bersama Lucky Laki

View this post on Instagram

A post shared by alghazaliköhler (@alghazali7) on

Terjunnya Al ke industri hiburan dimulai bersama kedua adiknya. Saat itu, Al pun membentuk band bernama Lucky Laki bersama El dan Dul di tahun 2009.

Di awal terbentuknya, grup musik ini hanya terdiri dari Al, El, dan Dul dan merilis album perdana bertajuk New Beginning 09. Namun kemudian band yang naik daun lewat lagu Superman itu menambahkan lagi dua orang personel untuk bergabung. 

Yang menarik, Lucky Laki sempat mengejutkan banyak orang dengan membawakan lagu Black Dog yang sebelumnya dipopulerkan oleh band legendaris Led Zeppelin. Penampilan ciamik tersebut terjadi dalam pagelaran Indonesian Idol 2012

Disusul dengan dirilisnya single Aku Suka Bersama Orang Yang Aku Suka (As Boys) di tahun yang sama membuat nama Lucky Laki semakin moncer dan meroket. Namun setelah ini, kariernya sebagai musisi akan terus berlanjut dan jadi kian terkenal dengan lagu-lagu yang dibawakannya secara solo.

Baca Juga: Sukses dan Berprestasi 5 Artis Muda ini Bisa Jadi Idolamu

Terjun ke Dunia Akting

View this post on Instagram

A post shared by alghazaliköhler (@alghazali7) on

Selain aktif di dunia musik, Al Ghazali mulai merambah seni peran dengan aktingnya di film Runaway pada tahun 2014. Wajah tampannya juga tampak semakin sering menghiasi layar sejumlah iklan televisi terkenal, seperti Indomie dan Biore.

Ia kemudian kembali beradu akting dalam film LDR dan Where is My Romeo yang diluncurkan pada tahun 2015. Selanjutnya, Al juga sempat membintangi film horror berjudul 13 The Haunted di tahun 2018.

Menurut salah satu wawancaranya, Al menuturkan ia bisa meraup honor sekitar Rp300 juta untuk aktingnya dalam film layar lebar.

Merilis Sejumlah Single yang Catchy

View this post on Instagram

A post shared by alghazaliköhler (@alghazali7) on

Sepak terjang Al sebagai musisi sudah tak perlu diragukan lagi. Sejauh ini sejumlah karya musiknya selalu berhasil menarik perhatian publik dan digemari banyak orang. Di tahun 2014, ia sebagai penyanyi solo lantas merilis single berjudul Ku Rayu Bidadari yang menjadi soundtrack dari sinetron kondang Anak Langit (SCTV).

Di bawah naungan label musik Republik Cinta Records serta Pelangi Records, lagu ciptaan Vega Antares tersebut membuat nama Ahmad Al Ghazali semakin diperhitungkan sebagai musisi Tanah Air. Di tahun yang sama, ia juga berduet dengan Eva Celia dan membawakan ulang lagu Kasidah Cinta.

Memasuki tahun 2015, Al kembali meramaikan belantika musik Indonesia dengan meledaknya Lagu Galau. Lagu ciptaan Dodhy Harianto mantan gitaris dan pencipta lagu Kangen Band itu sukses besar sebagai soundtrack sinetron Anak Jalanan yang tayang di RCTI. 

Hingga kemudian di tahun 2016, ia membawakan lagu Amnesia yang juga dijadikan soundtrack sinetron Anak Jalanan. Memasuki tahun 2017, lagunya yang berjudul Bilang Dulu Pacarmu kembali menjadi soundtrack sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta.

Di tahun 2019, Al mempopulerkan lagu Indonesia Indah yang bernuansa cinta tanah air dan nusantara. Sementara itu, di tahun 2020 ini ia kembali meluncurkan lagu berjudul Kesayanganku. Dibawakan bersama Chelsea Shania, lagu ini lantas menjadi soundtrack dari sinetron Samudera Cinta.

Ikuti Bunda Menjadi DJ Andal

View this post on Instagram

A post shared by alghazaliköhler (@alghazali7) on

Sejak sekitar tahun 2016, kekasih dari Alyssa Daguise ini kini terus berkarya sebagai Disc Jockey (DJ). Meski awalnya hanya iseng belaka, ia mengakui bahwa dirinya menekuni bidang tersebut karena terinspirasi oleh sang bunda yang juga asyik memainkan turntable.

Setelah penampilan perdana menjadi DJ dalam pesta bersama teman-temannya, Al merasa nyaman di bidang yang menurutnya seru tersebut. Ia pun memutuskan untuk berfokus menjadi seorang DJ. 

Seperti dituturkan oleh sang ayah dalam wawancara dengan media, Al kerap tampil di sejumlah tempat nongkrong kelas atas. Kabarnya, Al bisa meraih honor hingga puluhan juta Rupiah untuk sekali main saja.

Baca Juga: Pernah Jadi Penyanyi Café Hingga Sukses Sebagai Diva, Kini Mulan Jameela Cicipi Duduk di Kursi DPR

Miliki Hunian Mewah Hasil Sendiri

View this post on Instagram

A post shared by alghazaliköhler (@alghazali7) on

Kesuksesan Al di industri entertainment ditandai dengan hunian mewah ibukota yang kini berhasil ia miliki. Meski masih berusia muda, karier Al di dunia hiburan terbilang sukses besar sehingga ia pun berhasil membeli rumah tinggal bergaya industrial nan modern dan elegan.

Rumah yang terdiri dari dua lantai dan dikonsep langsung oleh sang bunda itu juga sangat cocok ditempati oleh Al. Karena selain desainnya yang kekinian, rumah itu juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk mendukung kariernya, seperti studio musik, kolam renang, taman hijau dan lainnya.

Hidup Mandiri dan Teladani Kesuksesan Orang Tua

Seperti halnya sang adik, kini Al juga memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Sama-sama menempuh pendidikan di salah satu universitas di kota London, Inggris, Al Ghazali bertekad untuk mengenal lebih banyak lagi mengenai kultur negeri tersebut. Selain itu, ia juga berharap agar dirinya bisa belajar hidup lebih mandiri dan fokus menuntut ilmu.

Sebagai anak dari musisi dan artis, Al kini berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjalani profesi yang sama dengan sang ayah dan bunda. Namun tentu hal itu tak dapat terwujud jika hanya mengandalkan angan belaka. Sebaliknya, ia juga berusaha keras dengan bekerja memberikan yang terbaik dari dirinya sendiri secara mandiri.

Tak cepat berpuas diri, Al pun telah dengan sukses mengecap ketenaran dan kejayaan seperti kedua orang tuanya. Berkat usaha dan kerja kerasnya, kini ia hidup serba berkecukupan di usia muda. 

Meski terkadang jalan dan berkatnya kerap berbeda, namun anak pun bisa meneladani jejak kesuksesan orang tuanya untuk meraih keberhasilannya sendiri. Karena pada dasarnya, kesuksesan bisa dipelajari. 

Dengan mencontoh usaha dan kerja keras orang tua, Anda pun bisa jadi akan meraih kesuksesan yang serupa. Yuk semangat!

Baca Juga: Rahasia Nyata Dibalik Cara Hidup Sukses di Usia Muda