Antisipasi Kendala di Jalan, Ketahui Tentang Layanan Derek Mobil, Biaya, hingga Jenisnya

Tidak ada seorang pun yang tahu dengan pasti bagaimana kondisi ketika berlalu lintas. Kendati sudah berusaha semaksimal mungkin untuk berkendara dengan aman dan mengikuti aturan, masalah tetap saja mungkin terjadi. Salah satu contohnya adalah kendala mobil mogok di tengah jalan atau kecelakaan.

Apabila masalah tersebut terjadi ketika berada di jalan umum atau tol, pihak Dinas Perhubungan atau Jasa Marga biasanya bisa menyediakan jasa derek mobil. Tentunya, fasilitas tersebut bisa didapatkan dengan membayar biaya layanan dengan nominal tertentu. Sebagai masyarakat yang bijak, ada baiknya jika kamu memahami betul besarnya biaya jasa tersebut agar tak gampang tertipu oknum tak bertanggung jawab. 

Di samping itu, seperti apa saja layanan yang diberikan, jenis, biaya, hingga perbedaannya dengan layanan towing mobil juga penting untuk dimengerti. Nah, agar lebih memahami tentang jasa derek mobil dan sederet hal penting tentangnya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 10 Penyebab dan Gejala Aki Tekor Serta Cara Mudah Mengatasinya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Apa Itu Layanan Derek Mobil?

loader

Jasa Derek Mobil

Derek mobil adalah jasa yang dibutuhkan saat kendaraan mengalami mogok atau kerusakan di jalan, baik itu jalan umum maupun tol. 

Umumnya, jasa derek mobil menggunakan kendaraan berjenis truk yang telah dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk menarik mobil. Kemudian, mobil akan diangkat pada roda bagian depan atau belakangnya saja. Cara tersebut berguna untuk menderek kendaraan yang fungsi dari rem tangannya masih aktif sehingga lebih mudah diderek.

Harga Derek Mobil

Tidak sedikit orang yang berpikir jika jasa derek mobil tak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Anggapan tersebut secara umum memang tidak bisa disalahkan. Pasalnya, layanan derek gratis ini tersedia dan bisa digunakan oleh pemilik kendaraan yang mengalami kecelakaan atau mogok di jenis jalan bebas hambatan alias tol. 

Dalam situasi tersebut, mobil akan diderek hingga sampai ke pintu tol paling dekat. Sementara jika ingin diantar hingga bengkel terdekat maupun bengkel langganan, pengendara akan dikenakan dengan biaya tertentu. Mengacu pada aturan DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2015 mengenai Tarif Retribusi Layanan Perhubungan, berikut adalah perincian harga derek mobil di jalan tol.

  1. Mobil Penumpang

    Jenis Kendaraan

    Jarak Tempuh

    Tarif per Kendaraan

    (dalam Rupiah)

    • Sedan.
    • Station wagon.
    • Jeep.
    • Mobil barang seperti mobil box, light truck, dan mobil pick up.
    • Mobil berjenis bus kecil seperti APK, mikrolet, dan semacamnya.

    hingga 10 km

    20 ribu

    10 sampai 20 km

    35 ribu

    lebih dari 20 km

    10 ribu tiap 5 km berikutnya

  2. Mobil Bus

    Jenis Kendaraan

    Jarak Tempuh

    Tarif per Kendaraan

    (dalam Rupiah)

    • Mikro bus.
    • Bus tempel.
    • Bus tingkat.
    • Bus besar. 
    • Jenis mobil barang seperti truk, kereta penarik, kereta gandengan, kereta tempelan, tempelan gandengan, dan kendaraan khusus.

    hingga 10 km

    45 ribu

    10 sampai 20 km

    80 ribu

    lebih dari 20 km

    20 ribu tiap 5 km berikutnya

  3. Jasa Derek Mobil dari Jasa Marga

    Jika mengalami kendala di jalur atau jalan tol, kamu bisa menggunakan derek mobil dari Jasa Marga di mana layanannya dinaungi pemerintah serta beroperasi 24 jam. Biaya dari layanan Jasa Marga ini ditentukan berdasarkan kategori kendaraan dan jarak derek.

    Jenis Kendaraan

    Tarif Awal

    (dalam Rupiah)

    Tarif per KM

    (dalam Rupiah)

    Golongan I

    100 ribu

    8 ribu

    Selain Golongan I

    135 ribu

    10 ribu

    Kamu bisa menghubungi call center Jasa Marga di 14080.

Baca Juga: Asuransi Mobil yang Pas untuk Sewa Mobil

Jenis Mobil Derek

loader

Jenis Mobil Derek

Terdapat berbagai jenis mobil derek yang biasa digunakan, antara lain:

  • Mobil Derek Boom

    Jenis ini merupakan mobil derek yang menggunakan kran atau boom dan biasanya digunakan untuk mengangkat mobil. Secara khusus, jenis derek ini digunakan untuk mengangkat mobil yang terjatuh dalam parit atau sungai, maupun untuk membalikkan mobil yang terbalik.

  • Kait & Tarik

    Jenis derek ini digunakan untuk mengaitkan dan menarik kendaraan melalui tali atau rantai. Jadi, kendaraan yang ditarik masih harus dikendalikan oleh pengemudi hingga sampai ke tempat tujuan.

  • Roda Diangkat

    Jenis derek ini menderek kendaraan dengan mengangkat bagian roda belakang atau depan dan menariknya. Biasanya mobil derek ini digunakan pada kendaraan yang melakukan salah parkir dan kondisi rem parkir aktif. Jadi, bagian roda yang diangkat adalah yang terkunci dengan rem tersebut sehingga tetap bisa ditarik.

  • Towing atau Derek Gendong

    Terakhir, mobil derek yang juga bisa disebut mobil towing ini menderek kendaraan dengan menaikkannya di bagian atas truk derek. Jenis derek ini biasanya digunakan untuk membawa kendaraan mewah menuju rumah pembeli dari showroom, ataupun mobil yang rusak dan mengalami mogok.

Perbedaan Jasa Derek Mobil dengan Towing Mobil

Derek Mobil

Towing Mobil

Dibutuhkan ketika pemilik kendaraan mengalami situasi darurat di jalan.

Digunakan oleh sejumlah bengkel, ekspedisi, rental mobil, sampai pengangkut kendaraan roda dua atau roda empat. 

Digunakan pula untuk membawa kendaraan yang alami kecelakaan di jalanan. Namun, berbeda dengan jasa derek biasa, towing mobil benar-benar membawa kendaraan di atas truk sehingga tidak sekadar ditarik oleh truk atau semacamnya. 

Cara Tepat Derek Mobil Matic

Perlu dipahami bagi pemilik mobil berjenis matic untuk tak sembarangan menggunakan jasa mobil derek ini. Alasannya karena kesalahan dalam menderek jenis mobil matic mampu menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi mobil. Jika mobil mempunyai penggerak pada bagian roda depan, jangan mendereknya dengan cara diangkat bagian belakangnya sehingga roda depan yang berputar.

Jika hal tersebut dilakukan, roda penggerak akan memutar bagian transmisi. Padahal, mesinlah yang seharusnya memutar transmisi pada roda untuk membuatnya bergerak. Apabila transmisi digerakkan dari pengaruh luar, hal tersebut mampu membuatnya mengalami gangguan. 

Berikut adalah cara tepat menderek mobil jenis matic.

  1. Jangan Salah Angkat Roda Mobil

    Apabila memiliki penggerak roda depan, pastikan untuk mengangkat pula mobil melalui bagian depannya, ataupun sebaliknya. Usahakan bagian transmisi tak bergerak akibat perputaran roda guna meminimalkan risiko terjadinya kerusakan atau gangguan pada mesin mobil. 

  2. Gunakan Tumpuan pada Roda Penggerak

    Akan lebih baik jika kamu menyiapkan pula roda kecil yang menjadi tumpuan dari roda penggerak. Tujuannya agar roda penggerak tidak sampai memutar bagian transmisi dan memudahkan proses derek mobil. 

  3. Hubungi Pihak Dealer

    Jika bingung dan takut menderek kendaraan bisa berbuntut masalah, jangan ragu untuk menghubungi pihak dealer dan menanyakan teknisi ahli terkait kendala yang tengah dihadapi. Pihak dealer tentu lebih memahami tentang bagaimana cara menderek kendaraan dengan tepat dan membawanya sampai ke bengkel yang sesuai pula.

    Bahkan, tidak jarang pihak dealer dapat menawarkan layanan mobil derek atau towing yang bisa kamu gunakan untuk membawa kendaraan. Jadi, masalah pun bisa diatasi dengan lebih praktis dan aman. 

Tidak Lagi Mati Langkah Ketika Alami Kendala di Jalanan

Itulah penjelasan mengenai jasa derek mobil, jenis, biaya, hingga tips menderek mobil matic. Pada dasarnya, ada cukup banyak jasa derek mobil terdekat yang bisa kamu pilih dengan berbagai keunggulan, seperti Cermati yang menyediakan layanan 24 jam dan siap siaga di area Jakarta. Jadi, ketika benar dihadang masalah mogok atau kecelakaan di jalanan, kamu tak akan lagi mati langkah dan bisa dengan mudah mendapatkan layanan mobil derek. 

Baca Juga: Cermati Rilis CERA, Layanan Darurat di Jalan 24 Jam Penuh