Menjanjikan Jadi Ladang Cuan, Kenali Apa Itu DIRE dan Potensinya sebagai Opsi Investasi

Ketika berinvestasi, kebanyakan orang pasti terpikir untuk membeli saham atau obligasi. Padahal, selain kedua instrumen tersebut, ada banyak opsi investasi yang bisa kamu pilih dengan kelebihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan. Salah satunya adalah DIRE alias Dana Investasi Real Estat. 

Sesuai namanya, produk investasi ini dikhususkan di bidang properti serta real estat. Walaupun pamornya belum setinggi saham, tapi peluang mendulang cuan di produk ini terbilang menjanjikan. Selain itu, menanam modal di DIRE juga membuka peluang untuk turut berkontribusi membangun Indonesia serta menciptakan lapangan kerja.

Kok bisa? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu DIRE, cara kerja, keuntungan, hingga peluangnya sebagai pilihan investasi, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian DIRE

loader

DIRE, singkatan dari Dana Investasi Real Estate, adalah produk investasi yang menjadi wadah untuk menghimpun modal dari masyarakat selaku investor. Dana yang terkumpul di produk ini akan diinvestasikan di properti dan juga real estat, jenis aset yang berhubungan dengan real estate, serta kas maupun setara kas.

Bisa juga disebut sebagai REIT atau Real Estate Investment Trusts, DIRE adalah sarana investasi yang mana secara hukum Indonesia berbentuk KIK atau Kontrak Investasi Kolektif. Sebagai produk investasi, DIRE bisa diartikan sebagai himpunan uang dari pemodal yang nantinya diinvestasikan pada aset properti, entah secara langsung melalui pembelian gedung, ataupun secara tak langsung melalui pembelian obligasi atau saham perusahaan properti. 

Terkait alokasi investasinya, DIRE wajib menempatkan paling tidak 80 persen dana kelolaannya pada real estate, di mana setidaknya 50 persen harus berupa aset fisik real estate. Namun, ada batasan atau larangan aset yang dimasukkan sebagai objek investasi produk ini, yaitu bangunan yang masih di tahap konstruksi ataupun tanah kosong.  

Baca Juga: Investasi Properti Syariah: Keuntungan dan Tips Suksesnya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Cara Kerja Investasi DIRE

Pada dasarnya, selaku investor, cara kerja investasi DIRE cukup simpel dan tidak jauh berbeda dengan instrumen investasi lain yang berbentuk KIK, yakni reksa dana. Sebagai investor, kamu menanam modal di produk DIRE sehingga bisa mempunyai kepemilikan unitnya. Kemudian, modal yang terkumpul tersebut akan dikelola oleh SPC atau Special Purpose Company. 

Oleh SPC ini, dana tersebut akan dikelola dan digunakan untuk beberapa tujuan tertentu, misalnya jual beli properti dan real estate, membayar biaya manajemen ke pengelola properti, serta melakukan kepemilikan aset real estate. Hasil dari pengelolaan dana tersebut, SPC akan memberikan dividen pada pihak investor yang menjadi sumber keuntungan dan imbal hasil dari aktivitas investasi tersebut. 

DIRE sendiri mempunyai kewajiban untuk mendistribusikan profit pada pemegang unit tiap tahun. Nilainya sendiri paling tidak 90 persen laba bersih pasca pajak tanpa perhitungan keuntungan belum terealisasi. Distribusi keuntungan inilah yang menjadi dividen bagi investor produk investasi ini. 

Keuntungan Menanam Modal di DIRE

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, DIRE adalah instrumen investasi yang mempunyai potensi untuk menjadi tonggak pembangunan di Indonesia sekaligus membuka lapangan kerja. Tapi, selain itu, investasi di produk ini juga bisa memberikan keuntungan dan manfaat, tidak hanya bagi investor, tapi juga pihak developer properti dan negara. Berikut penjelasannya.

1. Manfaat Investasi DIRE bagi Investor

Untuk investor, DIRE bisa menjadi pilihan investasi yang menjanjikan dan memberikan potensi keuntungan tinggi. Melalui produk ini, kamu selaku investor bisa berinvestasi properti atau real estate tanpa perlu memiliki serta mengelolanya secara langsung. 

Instrumen ini juga bisa menjadi sarana diversifikasi portofolio guna menekan risiko kerugian investasinya. Juga, keunggulan DIRE dibanding instrumen investasi lain adalah potensi pendapatan dan kinerja harga dari dividen dan capital gain, lindung nilai dari inflasi, serta transparansi. 

2. Manfaat Investasi DIRE bagi Negara

Bagi negara, DIRE juga mampu memberi manfaat, khususnya terkait pembangunan real estat dan properti. Pada properti dengan fokus hiburan dan hospitality, DIRE mampu membantu pembangunannya dan menjadikannya sebagai daya tarik bagi pengunjung atau turis, baik dalam skala domestik maupun internasional. 

Untuk DIRE yang berfokus pada properti di sektor kesehatan, hal ini tentu bisa mendorong kesejahteraan masyarakat dan keterjangkauannya terhadap akses fasilitas kesehatan. Ke depannya, diharapkan hadir produk DIRE dengan fokus di bidang properti lainnya, seperti perumahan lokal dan sebagainya. 

3. Manfaat Investasi DIRE bagi Pengembang

Selain itu, DIRE juga bisa memberi keuntungan bagi pihak pengembang atau developer properti. Pasalnya, produk ini mampu meningkatkan likuiditas serta menurunkan risiko arus kas yang macet di pihak pengembang akibat aset properti yang umumnya memerlukan waktu untuk bisa terjual dan balik modal. 

Baca Juga: Investasi Ruko: Keuntungan dan Tips Investasinya

Risiko Investasi DIRE

Sebagai instrumen investasi, DIRE memang mampu memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Tapi, pahami pula jika produk ini tetap memiliki kekurangan dan risiko yang perlu diantisipasi dampaknya. 

Karena berfokus untuk investasi di jenis aset real estat dan properti, kinerjanya amat bergantung terhadap perkembangan sektor tersebut. Risiko investasi DIRE umumnya dipengaruhi oleh potensi penyewa properti gagal bayar dan penurunan nilai properti. 

Tidak hanya itu, ada pula risiko likuiditas, di mana investor tidak bisa mencairkan dana investasinya sehingga Manajer Investasi harus menjual aset propertinya. Hingga aset tersebut berhasil terjual, investor akan kesulitan untuk mendapatkan modal investasinya dan memicu risiko likuiditas ini. Risiko ini menjadi lebih mengkhawatirkan karena likuiditas aset properti tidak terbilang rendah dibanding aset pasar modal. 

Mulai Berkembang, Investasi DIRE Bisa Menjadi Pilihan Investasi yang Menjanjikan

Sebagai instrumen investasi, DIRE memang belum sepopuler reksa dana, saham, atau obligasi di kalangan investor Indonesia. Tapi, perkembangan instrumen ini bisa dibilang cukup diharapkan karena banyaknya manfaat yang diberikan serta peluangnya memberi keuntungan. Yang terpenting, pilah produk DIRE dan pastikan legalitasnya dengan mengecek status terdaftarnya di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. 

Baca Juga: Properti Primary Vs Secondary, Begini Bedanya