Diskon Tiket Pesawat 50% karena Virus Corona, Harga Tiket Rp300an Ribu

Tiket Pesawat
Ilustrasi tiket pesawat

Cermati.com, Jakarta – Wabah virus corona (Covid-19) memang menyisakan dampak yang luar biasa di berbagai lini kehidupan. Pemerintah pun tak tinggal diam melihat merosotnya sektor pariwisata karena banyak yang enggan melakukan perjalanan.

Kalau dibiarkan terus berlanjut, efek domino perekonomian di sektor ini pun semakin curam. Akhirnya, langkah subsidi pun diambil pemerintah dengan menggandeng perusahaan maskapai untuk memberikan diskon harga tiket pesawat hingga 50 persen.

Tak dimungkiri, biaya tiket pesawat merupakan salah satu komponen biaya terbesar saat travelling. Lebih jelasnya terkait destinasi yang tiket pesawatnya didiskon hingga separuh harga hingga harga terendah setelah potongan itu dan lainnya, dari berbagai sumber, Cermati.com ulas selengkapnya berikut ini.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Rincian Pemberian Diskon Tiket Pesawat Berasal dari?

Diskon Tiket Pesawat
Ilustrasi diskon tiket pesawat

Kabarnya, pemerintah menggelontorkan dana sekira Rp500 miliar untuk memberikan diskon besar-besaran tiket pesawat ke beberapa destinasi. Uang ini diambil dari APBN.

Pelaksanaan kucuran dana untuk pemberian diskon tiket pesawat ke konsumen ini dilakukan melalui perusahaan-perusahaan BUMN, diantaranya:

  • Pertamina beri diskon 15% ke maskapai untuk pembelian avtur
  • Angkasa Pura I, AP II dan AirNav beri diskon 5% ke maskapai untuk parkir
  • Maskapai BUMN dan maskapai swasta beri diskon 30%

“Kalau dihitung, maskapai (beri diskon tiket) 30 persen, Pertamina 15 persen akan mereduksi harga avtur mereka di 10 destinasi. AP I, AP II, dan AirNav (beri diskon) 5 persen. Jadi total insentif yang diberikan yaitu 50 persen,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, seperti dikutip dari Kumparan.

Periode Penjualan Tiket Diskon 50%

Tiket Pesawat Online
Ilustrasi beli tiket pesawat secara online

Menhub, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan tiket pesawat yang didiskon ini hanya untuk penerbangan dalam negeri (domestik). Saat artikel ini diterbitkan, penjualan tiket promo ini sudah memasuki hari kedua.

Rencanya, pemerintah juga bakal memberikan diskon tiket pesawat untuk tujuan mancanegara. Akan tetapi formula diskon tiket destinasi luar negeri ini masih dirumuskan oleh Kementerian Pariwisata.

Penjualan tiket pesawat diskon hingga 50 persen untuk penerbangan domestik ini dibuka selama 3 bulan ke depan, yakni dimulai pada 1 Maret hingga 30 Mei 2020. Jumlah tiket penerbangan yang didiskon ini adalah sebanyak 25% dari total jumlah kursi pesawat atau sekira 430.000 tiket.

Baca Juga: Kehabisan Tiket? Lakukan ini agar Tetap Bisa Mudik Lebaran

10 Destinasi Wisata yang Tiketnya Diskon Tiket Pesawat 50%

Sebagaimana banyak diberitakan media massa nasional, kesepuluh destinasi penerbangan yang harga tiketnya didiskon itu adalah:

  • Bali
  • Batam
  • Labuan Bajo
  • Lombok
  • Malang
  • Manado
  • Silangit-Danau Toba
  • Tanjung Pandang
  • Tanjung Pinang
  • Yogyakarta

Wakil Direktur Garuda Indonesia, Dony Oskaria, seperti dilansir dari DetikFinance, menyebutkan maskapai Garuda Group akan memberikan 65.700 tiket diskon per bulan untuk kesepuluh destinasi dalam program ini.

Harga Tiket Pesawat Terendah Mulai dari Rp300an Ribu

Tiket Pesawat
Ilustrasi beli tiket pesawat

Berdasarkan pantauan Cermati.com, pada hari pertama pembukaan diskon tiket pesawat 50%, Minggu (1/3), di agen perjalanan maupun aplikasi maskapai seperti Citilink, harga tiket pesawat terendah mulai dari Rp300an ribu. Berikut harga terendah tiket pesawat ke-10 destinasi wisata tersebut di hari pembukaan diskon:

  1. Jakarta-Bali (Lion Air Rp533.100)
  2. Jakarta-Batam (Lion Air Rp614.500)
  3. Jakarta-Labuan Bajo (Lion Air Rp1.109.000)
  4. Jakarta-Lombok (Citilink Rp600.200)
  5. Jakarta-Malang (Citilink Rp758.800)
  6. Jakarta-Manado (Citilink Rp942.500)
  7. Jakarta-Silangit/Danau Toba (Batik Air Rp1.630.800)
  8. Jakarta-Tanjung Pandan (Citilink Rp544.300)
  9. Jakarta-Tanjung Pinang (Lion Air/Wings Air Rp1.62.200)
  10. Jakarta-Yogyakarta (Lion Air Rp313.700)

Baca Juga: Wajib Tahu, 7 Risiko yang Tidak Ditanggung Asuransi Perjalanan

Nemu Tiket Murah? Jangan Lupakan ini biar Perjalanan Aman

Travelling Bersama Keluarga
Sudahkah perjalanan bersama keluarga Anda terlindungi?

Obral tiket pesawat murah pun dimulai. Tentu saja, antusiasme masyarakat pun melonjak untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring itu. Hal ini terlihat dari salah satu aplikasi pemesanan tiket pesawat maskapai Citilink sudah ludes terjual di hari kedua pemberlakuan diskon tiket nasional ini.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah menemukan tiket pesawat promo gila-gilaan ini? Atau masih terus berselancar memantau tiket pesawat diskon 50 persen karena sudah enggak kebagian di hari pertama pembukaan kemarin?

Tapi ingat, kalau sudah nemu tiket pesawat murah, jangan lupa membekali diri dengan asuransi perjalanan biar travelling aman dan nyaman, ya? Enggak perlu bingung soal urusan asuransi perjalanan ini. Anda bisa mudah memilih dan membeli asuransi perjalanan terbaik di SINI.

Baca Juga: Mengingatkan: Sudahkah Anda Terlindungi Asuransi Perjalanan?