Jadi Mimpi Buruk Sebagian Orang, Cari Tahu Apa Itu Flek Hitam dan Cara Atasinya

Kondisi wajah yang mulus, bersih, dan bebas dari bercak hitam mungkin menjadi idaman bagi setiap wanita. Bahkan, tak sedikit orang rela merogoh kocek cukup dalam demi bisa mewujudkan impian memiliki tampilan wajah sesuai harapannya tersebut. Namun, terkadang kenyataan bisa menjadi sangat memilukan akibat munculnya berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah.

Selain jerawat, flek hitam juga menjadi salah satu masalah pada wajah yang bisa langsung mengganggu penampilan. Kemunculan noda hitam pada wajah tersebut juga dapat secara otomatis membuat penderitanya merasa tidak percaya diri dan berusaha menutupinya dengan mengaplikasikan berbagai produk kecantikan.

Namun, penggunaan produk kecantikan seperti make up tidak akan menyelesaikan masalah flek hitam tersebut secara sempurna. Ada beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan agar masalah kulit pada wajah tersebut bisa diatasi dengan optimal dan tak lagi menurunkan tingkat kepercayaan dirimu. Tapi, sebelum itu, ketahui dulu apa itu yang dimaksud dengan flek hitam, penyebab, gejala yang ditimbulkan, dan cara pencegahannya berikut ini.

Baca Juga: Bukan Cuma Jerawat, Ini 9 Masalah Kulit yang Sering Terjadi

Apa Itu Flek Hitam?

loader

Flek Hitam di Wajah

Ephelis, atau umum dikenal sebagai flek hitam, adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik kecil dengan warna lebih gelap ketimbang area sekelilingnya. Masalah ini umumnya muncul di bagian wajah, tapi tak menutup kemungkinan bisa terjadi pula di area lengan, leher, ataupun dada.

Flek hitam juga sering kali disebut sebagai freckles. Menariknya, flek hitam adalah satu di antara beragam jenis freckles yang biasa terjadi pada manusia. Jenis lainnya dari freckles adalah lentigo, dan bisa dibagi lagi berdasarkan jenisnya, misalnya solar lentigo yang biasanya muncul akibat paparan cahaya matahari dan dialami oleh lansia.

Hal yang Menjadi Penyebab Flek Hitam

Munculnya flek hitam pada kulit terjadi akibat peningkatan produksi dari pigmen melanin, khususnya pasca terkena paparan sinar ultraviolet atau sinar matahari. Melanin sendiri ialah pigmen natural yang diproduksi oleh tubuh guna menentukan warna pada kulit seseorang. Saat kandungan melanin di kulit semakin banyak, maka warna kulit juga akan menjadi lebih gelap.

Penyebab flek hitam bisa jadi akibat kulit yang menyerap sinar UV atau ultraviolet, sampai menyebabkan peningkatan pada produksi melanin. Bagian kulit tersebut akan memiliki lebih banyak melanin dan mengalami penumpukan. Alhasil, warna kulit akan menjadi lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit di sekitarnya dan terlihat seperti bintik hitam. 

Masalah kulit ini dapat terjadi pada semua orang dari segala usia tanpa terkecuali. Meski begitu, ada sejumlah faktor yang menjadi pemicu seseorang lebih berisiko mengalami masalah flek hitam, antara lain:

  • Terlalu sering menerima paparan sinar matahari maupun sinar ultraviolet dalam waktu cukup lama.
  • Memiliki warna kulit putih serta cerah.
  • Mempunyai anggota keluarga yang mengalami kondisi tersebut atau faktor genetik.

Gejala Flek Hitam

Pada dasarnya, flek hitam bukanlah masalah kesehatan yang bisa menimbulkan gejala membahayakan bagi penderitanya. Kendati demikian, kondisi tersebut mempunyai karakteristik dan ciri khas pada segi warna, lokasi, bentuk, serta pemicunya. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa gejala yang ditimbulkan oleh flek hitam.

  1. Warna

    Walaupun disebut sebagai flek hitam, ephelis sebenarnya tak memiliki warna hitam, tapi cenderung kemerahan dan coklat. Masalah kulit ini disebut flek hitam karena tampak lebih gelap ketimbang warna kulit di area sekitarnya.

  2. Bentuk

    Mengenai bentuknya, flek hitam terlihat seperti titik-titik atau bintik noda kecil pada kulit. Ukurannya biasanya hanya berkisar 1mm serta datar atau tidak menonjol. Ephelis muncul secara menyebar pada permukaan kulit. 

  3. Lokasi

    Umumnya, bintik hitam ini terlihat menyebar dari bagian tulang hidung dan meluas ke pipi. Penyakit kulit ini juga tak jarang terlihat muncul pada leher, lengan, dan dada. 

  4. Pemicu 

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemicu utama munculnya flek hitam adalah kulit yang terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, ephelis ini sering kali muncul di musim panas serta bisa menghilang saat kulit tak terpapar cahaya matahari. 

    Bintik hitam biasanya terjadi pertama kali pada usia anak-anak dan sembuh sendiri seiring dengan bertambahnya usia. Flek hitam tersebut pun biasanya tak menyebabkan rasa sakit serta tak akan membahayakan kesehatan penderitanya.

Baca Juga: Krim Melanox: Kegunaan, Aturan Pakai, hingga Efek Sampingnya

Cara Diagnosis Penyakit Flek Hitam

Tidak ada langkah atau prosedur khusus yang dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosis flek hitam. Dokter biasanya hanya akan menanyakan gejala, aktivitas maupun kebiasaan yang berhubungan dengan sinar matahari berlebihan, serta riwayat medis pasien maupun keluarganya.

Setelah itu, pihak dokter akan melakukan pemeriksaan pada kondisi ephelis pasien, mulai dari warna, ukuran, bentuk, tekstur, dan lokasinya. Jika terlihat ada tanda keganasan, dokter biasanya akan menganjurkan pasien melakukan biopsi terhadap jaringan kulitnya guna mengetahui adanya risiko sel kulit tidak normal.

Selain itu, ada pula beberapa kondisi yang memerlukan penanganan lebih lanjut. Di antaranya adalah flek berkembang, tumbuh menonjol, mempunyai dimensi, memiliki bentuk yang tak beraturan serta tekstur tidak rata maupun bergelombang, terasa nyeri, dan berubah warna.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dan Bagian Tubuh Lainnya

loader

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Karena tak memicu masalah kesehatan serius dan bisa sembuh dengan sendirinya, flek hitam tidak perlu diobati dengan cara khusus. Walaupun begitu, orang yang merasa terganggu bisa melakukan beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah atau bagian tubuh lainnya berikut ini. 

  1. Mengaplikasikan tabir surya atau sunblock pada kulit dengan kandungan SPF 30 atau di atasnya ketika beraktivitas secara outdoor atau di bawah terik matahari.
  2. Menggunakan krim pemutih yang mengandung hydroquinone agar produksi melanin bisa ditekan sehingga kembali mencerahkan kulit. 
  3. Menggunakan krim retinoid yang memiliki kandungan senyawa vitamin A, misalnya, tretinoin topikal. Penggunaan obat tersebut berguna untuk mencerahkan serta menghilangkan flek hitam dan perlu diaplikasikan sesuai resep dokter.
  4. Melakukan prosedur cryosurgery yang memanfaatkan cairan nitrogen dengan suhu rendah guna membekukan serta menghancurkan sel kulit yang bermasalah. Prosedur tersebut juga berlaku pada flek hitam serta memiliki waktu pemulihan relatif singkat. Tapi, hanya beberapa jenis ephelis saja yang bisa diatasi dengan metode ini.
  5. Melakukan chemical peeling. Metode ini dilakukan dengan memanfaatkan cairan kimia, sebagai contoh, asam trikloroasetat atau asam alfahidroksi yang berguna untuk mengangkat sel kulit bermasalah serta meningkatkan regenerasi kulit. 
  6. Jika ingin menggunakan cara yang lebih ampuh, kamu bisa mempertimbangkan terapi laser. Jenis terapi ini dilakukan dengan cara memancarkan sinar dengan gelombang serta intensitas tertentu terhadap kulit yang memiliki flek hitam. Efektif menghilangkan noda hitam, terapi laser diyakini tak menimbulkan dampak berarti pada kulit. 

Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Flek Hitam Muncul

Untuk masalah flek hitam yang disebabkan oleh faktor genetik, tidak ada cara pencegahan pasti yang bisa dilakukan oleh penderitanya. Namun, jika flek hitam terjadi karena paparan sinar UV atau sinar matahari, kamu bisa mencegahnya dengan tak beraktivitas di luar ruang terlalu lama, khususnya antara pukul 10 pagi sampai 4 sore.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau di atasnya ketika pergi ke luar rumah. Bila perlu, kenakan jenis pakaian tertutup agar kulit tidak terkena pancaran sinar matahari langsung.

Jangan Biarkan Penampilan Terganggu Karena Flek Hitam

Itulah penjelasan lengkap mengenai flek hitam, sekaligus cara mengobati serta mencegahnya. Perlu dipahami bahwa masalah kulit ini kecil kemungkinannya untuk menyebabkan komplikasi serius dan membahayakan kesehatan. Namun, cara penanganan dan pencegahan yang tepat tetap perlu dilakukan karena flek hitam mampu menurunkan rasa percaya diri dan membuat penderitanya merasa terganggu. 

Baca Juga: Kenalan Sama Fungsi Niacinamide, Ampuh Atasi Berbagai Masalah Kulit?