Fungsi Utama Kartu Kredit dan Cara Bijak Menggunakannya

Hampir semua orang menginginkan sebuah pola hidup yang simpel dan juga praktis, di mana segala sesuatunya dapat berjalan dengan mudah tanpa kendala. Hal ini tentu saja bisa berjalan akibat adanya beragam teknologi dan juga beragam fasilitas yang bisa kita Andalkan, sehingga segala sesuatunya dapat kita lakukan dengan mudah dan nyaris tanpa hambatan.

Beragam kemajuan ini juga bisa kita nikmati di dalam dunia perbankan, saat ini kita dengan mudah bisa mengakses berbagai macam fasilitas canggih yang disediakan oleh dunia perbankan. Ini tentu sangat memudahkan dan membuat banyak urusan keuangan menjadi lebih mudah diselesaikan. Bank berlomba-lomba untuk memberikan berbagai macam layanan yang dapat memberikan kemudahan bagi para nasabahnya, hal ini menimbulkan efek positif dan menimbulkan aroma persaingan sehat di antara bank-bank yang ada di Indonesia. Sebagai seorang nasabah, Anda hanya perlu menikmati dan memilih layanan yang terbaik saja, mudah bukan?

Kartu Kredit dan Fungsinya

Ketatnya persaingan di antara pelaku bisnis perbankan, membuat setiap bank selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik bagi para nasabahnya. Beragam produk diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya adalah kartu kredit.

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran resmi yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya sebagai bentuk fasilitas, di mana dalam fasilitas tersebut bank akan menerapkan sejumlah kebijakan dan juga aturan yang akan mengatur mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak (nasabah dan bank).

Kartu kredit memiliki sejumlah dana (limit) di dalamnya, yang jumlahnya ditentukan oleh pihak bank selaku penerbit. Hal tersebut memungkinkan nasabah dapat menggunakan kartu kredit untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, baik itu pembelanjaan ataupun penarikan tunai di mesin ATM dalam jumlah tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Di luar kedua fungsi tersebut, kartu kredit juga biasanya dilengkapi dengan berbagai penawaran menarik dan juga program yang disusun oleh pihak bank sebagai bentuk promosi bagi kartu tersebut. Hal ini dianggap penting untuk dilakukan, mengingat saat ini ada banyak sekali bank yang menerbitkan kartu kredit dalam layanan mereka, hal ini tentu menimbulkan persaingan yang cukup ketat di antara bank-bank tersebut.

Sebagai sebuah fasilitas pembayaran yang diterbitkan oleh bank, maka bisa dipastikan bahwa nasabah tidak memiliki dana sendiri di dalam kartu kredit tersebut, yang artinya: semua tagihan yang timbul di dalam kartu kredit seseorang adalah utang dari orang tersebut kepada pihak bank yang menerbitkan kartu kredit yang digunakannya tersebut. Dengan begitu, semua tagihan yang muncul dalam kartu kredit harus dibayarkan oleh nasabah yang menggunakan kartu kredit tersebut. Dalam hal ini bank hanya melakukan pembayaran terlebih dahulu terhadap berbagai pembelanjaan yang dilakukan oleh nasabahnya, selanjutnya semua tagihan yang timbul tersebut akan ditagihkan pada masa penagihan, dan wajib dibayarkan oleh nasabah pada saat sebelum jatuh tempo yang telah ditetapkan oleh bank.

Lalu, bagaimana jika tagihan tersebut tidak dibayarkan oleh nasabah? Untuk mengatasi hal seperti ini, bank tentu telah menerapkan sejumlah kebijakan di dalam layanan mereka, di mana setiap tunggakan yang timbul akan dikenakan sejumlah bunga dan juga biaya-biaya lainnya, seperti biaya keterlambatan pembayaran. Hal tersebut merupakan bentuk konsekuensi atas pembayaran tagihan yang tidak penuh dan tepat waktu.

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Mengingat adanya sejumlah biaya dan juga bunga yang diterapkan oleh pihak bank, maka nasabah sebaiknya selalu berhati-hati dalam menggunakan dan membayar tagihan kartu kreditnya. Jangan sampai penggunaan kartu kredit yang awalnya untuk memudahkan berbagai macam urusan keuangan, justru akan menjadi sebuah beban di dalam keuangan nasabah yang bersangkutan. Hal ini tentu akan sangat merugikan.

Penggunaan kartu kredit akan membutuhkan komitmen yang kuat dan juga disiplin yang tinggi, hal ini berkaitan dengan pola hidup dan juga cara kita mengelola keuangan. Ketika seseorang tidak memiliki kontrol yang baik dalam menggunakan kartu kredit, maka bisa dipastikan jika suatu saat orang tersebut akan masuk ke dalam kubangan utang dan mengalami kesulitan keuangan. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa diterapkan dalam menggunakan kartu kredit secara efektif:

1. Batasi Jumlahnya

  Batasi Jumlah Penggunaannya

Batasi Jumlahnya via 3stylelife.com

 

Saat ini ada banyak jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh pihak bank, namun tentu saja Anda tidak akan membutuhkan semua jenis kartu tersebut bukan? Gunakan hanya satu atau maksimal dua kartu kredit saja, karena itu pastikan untuk mengenali terlebih dahulu kebutuhan Anda akan kartu kredit, sehingga Anda bisa menemukan jenis kartu yang paling tepat untuk Anda gunakan.

Jangan menggunakan sesuatu yang tidak bermanfaat dengan maksimal, hal ini juga berlaku dalam kartu kredit. Penggunaan kartu kredit dimaksudkan untuk mempermudah dan juga memberi keuntungan, jadi pastikan Anda mendapatkan kedua hal tersebut dari kartu kredit yang Anda gunakan.

Baca Juga : Tipe-Tipe Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

2. Hindari Penarikan Tunai 

Hindari Penarikan Tunai

Hindari Tarik Tunai via dreamofitaly.com

 

Kartu kredit bukan kartu ATM, jadi sebaiknya Anda jangan menggunakannya di mesin ATM, artinya jangan gunakan untuk transaksi tarik tunai. Hal ini akan menimbulkan sejumlah biaya di dalam tagihan Anda, untuk setiap transaksi penarikan tunai Anda akan dikenakan biaya sebesar 4% atau minimal Rp50 ribu. Jumlah yang besar, bukan?

Bukan hanya biaya tarik tunai saja, Anda juga akan dikenakan biaya bunga yang jumlahnya sekitar 3,5% - 4% dari jumlah dana yang Anda tarik dari kartu kredit Anda. Sejumlah bunga ini akan segera diterapkan pada saat transaksi penarikan tunai tersebut Anda lakukan, karena bank menerapkan sistem bunga harian pada transaksi tarik tunai, berbeda dengan bunga transaksi belanja.

3. Susun dan Patuhi Daftar Belanja

  Susun dan Patuhi Daftar Belanja

Susun dan Patuhi Daftar Belanja via littlesproutspeech.com

 

Ketika akan menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, maka ada baiknya Anda menyusun daftar belanja terlebih dahulu sesaat sebelum melakukannya. Hal ini akan menghindarkan Anda dari sejumlah rasa penyesalan sesaat setelah tiba di rumah, akibat adanya pembengkakan jumlah tagihan belanja yang Anda lakukan.

Jangan berbelanja pada saat marah atau Anda dalam kondisi lelah, hal ini akan membuat Anda sulit berkonsentrasi dan fokus pada apa yang akan Anda beli. Belanja lah dengan santai dan juga tenang, sehingga Anda bisa berpikir positif dan mematuhi semua aturan serta daftar belanja yang telah Anda susun sejak awal. Jika Anda bisa menerapkan hal ini setiap kali berbelanja, maka pembengkakan tagihan kartu kredit tidak akan pernah membuat Anda kesal di akhir bulan.

4. Gunakan Dengan Tepat

Gunakan Dengan Tepat Waktu  

Gunakan Dengan Tepat Waktu via grouponworks.com

 

Ada banyak manfaat yang diberikan kartu kredit, dan hal ini akan sangat menguntungkan jika Anda jeli menggunakannya. Mulailah aktif dalam mengikuti berbagai informasi dan juga promosi yang diadakan kartu kredit Anda, hal ini bisa berupa diskon atau penawaran menarik lainnya. Jika Anda bisa memanfaatkan momen promosi seperti ini, maka Anda bisa berhemat.

Namun, selalu ingat bahwa Anda hanya perlu memanfaatkan promosi yang memang benar-benar Anda butuhkan, contohnya: diskon belanja di supermarket dengan menggunakan kartu kredit Anda, artinya Anda bisa belanja bulanan dan mendapatkan diskon tersebut. Jangan mengejar diskon dan membeli sesuatu yang tidak begitu Anda butuhkan, ini adalah pemborosan.

5. Dapatkan Manfaat Lebih

  Dapatkan Reward

Dapatkan Manfaat Lebih Seperti Hadiah Dari Poin Reward via memberful.com

 

Beberapa bank menerapkan sistem reward di dalam kartu kredit mereka, biasanya berupa poin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan berbagai macam hal, seperti: barang tertentu, iuran tahunan, atau bahkan voucher belanja. Gunakan poin reward Anda dan jangan membuangnya dengan percuma.

6. Hindari Berbagai Biaya dan Bunga

  Bunga

Hindari Berbagai Biaya dan Bunga via adanirealty.com

 

Bank juga menerapkan berbagai macam biaya dan juga bunga pada kartu kredit, karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui komponen biaya tersebut dan besaran bunga yang mereka kenakan. Ini mungkin terlihat sepele, namun akan cukup merepotkan jika Anda tidak mengerti sejak awal. Hindari berbagai macam biaya tersebut dan juga bunga, agar tagihan tidak membengkak. Hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ini adalah disiplin dalam membayar dan juga mengelola penggunaan kartu kredit Anda.

Baca Juga : Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya

Gunakan dan Bayar Tepat Waktu

Pada dasarnya, sebagian besar orang memilih untuk menggunakan kartu kredit dengan alasan sebagai alat yang akan mempermudah dan juga memberi keuntungan. Namun ada banyak orang yang justru bermasalah dan akhirnya terlilit sejumlah utang. Sangat penting untuk memilih kartu kredit yang paling tepat, sehingga benar-benar bermanfaat. Gunakan kartu kredit dengan penuh pertimbangan dan bayar dengan disiplin semua tagihan yang datang.

Baca Juga : Butuh Kartu Kredit Tambahan? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini