Mengenal HAKA atau Hajar Kanan, Strategi yang Mampu Optimalkan Transaksi Investasi

Di dunia investasi, strategi yang dipilih investor memiliki peran begitu besar terhadap peluangnya meraih keuntungan secara optimal. Dengan strategi yang tepat, investor mampu mengambil keputusan investasi yang terbaik sesuai dengan tujuan dan kondisi keuangannya. Tentunya, memahami tentang berbagai macam strategi yang sering kali dijadikan ujung tombak para investor ini sangat penting untuk kamu lakukan. 

Di antara sederet strategi investasi yang populer di kalangan investor, HAKA atau Hajar Kanan menjadi metode investasi yang tak boleh luput dari perhatianmu. Secara umum, strategi ini mampu meningkatkan peluang transaksi saham agar lebih efisien dan cepat. 

Yang menjadi pertanyaan, seperti apa penerapan dari strategi Hajar Kanan atau HAKA ini? Nah, jika kamu ingin tahu tentang apa itu HAKA, keuntungan, kekurangan, dan praktiknya pada investasi saham, simak panduan lengkapnya berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian HAKA Sebagai Strategi Investasi

loader

Hajar Kanan atau yang biasa disingkat sebagai HAKA adalah sebuah strategi dalam dunia investasi di mana pembeliannya dilakukan dengan cara memasang penawaran atau bid pada harga yang lebih tinggi dibanding harga penawaran terkini. Pengertian HAKA lainnya adalah istilah di dunia saham yang mengacu pada kegiatan membeli saham pada harga penawaran atau offer tertingginya. 

Lalu, apa tujuan investor menawar saham dengan harga tertingginya yang malah bisa membuat potensi keuntungannya menjadi lebih kecil? Pada dasarnya, alasan investor melakukan strategi ini adalah untuk memperoleh saham incarannya dengan lebih cepat dan tak perlu mengantre atau berebut dengan investor lain. 

Sehingga, ketika kamu meyakini jika nilai sebuah saham akan terus melonjak dan semakin tinggi di waktu mendatang, strategi ini ideal untuk diterapkan. Walaupun membeli saham dengan harga lebih mahal, tapi investor bisa mempercepat proses transaksi saham, menghindari antrean pada order book, serta tak akan melewatkan potensi kenaikan harganya. 

Biasanya, strategi ini dilakukan ketika terlihat ada tren positif pada pergerakan harga saham di waktu mendatang. Hal ini tentu bisa diketahui oleh investor dengan analisis yang tepat dan mengetahui beberapa indikator tren bullish pada grafik harga saham.

Keuntungan HAKA bagi Investor

Setelah memahami tentang apa itu HAKA, kamu tentu penasaran dengan keuntungan yang bisa didapatkan dari menerapkan strategi tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, investor melakukan strategi HAKA dengan tujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi pada saham incarannya. 

Di samping itu, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor ketika menerapkan strategi ini, antara lain:

1. Menghemat Waktu Transaksi

Jika membeli saham dengan memberi penawaran harga yang tertinggi, investor bisa menghemat waktu karena tak perlu mengantre ataupun menunggu giliran di order book bursa. Membeli saham dengan strategi HAKA memungkinkan investor untuk bertransaksi dengan lebih efisien dan menghindari waktu tunggu agar bisa mendapatkan saham incarannya. 

2. Jaminan Mendapat Saham Incaran

Dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan pesanannya diprioritaskan oleh sistem order book, strategi HAKA bisa meningkatkan jaminan investor untuk memperoleh saham incarannya. Metode ini cocok digunakan ketika menginginkan saham dengan tingkat permintaan yang tinggi. Jadi, dengan melakukan langkah Hajar Kanan, investor mempunyai potensi lebih tinggi untuk membeli saham yang diinginkannya tanpa perlu antre atau bersaing dengan investor lain. 

Kekurangan HAKA bagi Investor

Dengan sederet keuntungannya di atas, pahami jika strategi HAKA tetap memiliki beberapa kekurangan yang perlu disiasati oleh penggunanya. Berikut adalah beberapa kekurangan HAKA yang perlu diketahui investor. 

1. Membeli Saham dengan Harga Lebih Mahal

Agar bisa membeli saham incaran lebih cepat dan diprioritaskan, investor yang menggunakan metode HAKA harus membayar dengan harga yang lebih mahal dibanding harga pasarnya. Hal ini tentu membuat modal investasi saham membengkak dan meningkatkan risikonya.

2. Risiko Pergerakan Harga Saham Tak Sesuai Prediksi

Setiap investor yang mengambil langkah Hajar Kanan biasanya memiliki keyakinan atau prediksi jika harga saham yang dibelinya akan melonjak dengan cukup menjanjikan. Namun, yang namanya investasi, bukan tidak mungkin prediksi tersebut akan meleset dan tak terjadi seperti yang diinginkan. Jika risiko ini terjadi, sudah pasti kerugian yang ditanggung oleh investor akan menjadi lebih besar. 

HAKA Bisa Jadi Strategi untuk Lebih Optimal dan Sukses Berinvestasi Saham

Sejatinya, Hajar Kanan atau HAKA adalah strategi investasi di mana investor rela membeli saham dengan harga tertinggi untuk memastikan transaksinya masuk di order book. Langkah tersebut biasanya diambil saat investor melihat adanya potensi kenaikan harga yang menjanjikan dari sebuah saham di masa depan. Tapi, pahami jika strategi ini membutuhkan analisis dan pertimbangan yang matang agar mampu memberikan hasil yang optimal dan sesuai prediksi investor.