Hemat Tagihan PDAM dengan Terapkan 4 Kegiatan Sederhana Ini di Rumah

Tidak ada seorang pun yang bisa melewati sehari tanpa air. Entah itu untuk dikonsumsi, membersihkan diri, serta mencuci peralatan di rumah, air menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa terlewat dalam kehidupan manusia. Jadi, bagaimanapun caranya, kebutuhan akan air sudah pasti harus dipenuhi setiap harinya.

Di Indonesia sendiri, kebutuhan air dari mayoritas masyarakat disediakan oleh PDAM sebagai perusahaan milik negara. PDAM bertugas untuk menyediakan air bersih, dan kemudian mendistribusikannya ke seluruh rumah masyarakat yang menjadi pelanggan perusahaan tersebut.

Tentunya, setiap bulan, seluruh pengguna layanan PDAM diharuskan untuk membayar tagihan yang disesuaikan dengan jumlah penggunaan air. Yang pasti, semakin besar penggunaan air di rumah Anda, akan menjadi semakin mahal pula tagihan PDAM yang nanti harus dibayarkan setiap bulannya. 

Hal ini tentu dapat menjadi sumber masalah pada kondisi keuangan Anda, terlebih di saat pandemi virus Korona yang membuat aktivitas di rumah menjadi lebih banyak. Untuk itu, agar bisa menghemat penggunaan air di rumah dan mengurangi jumlah tagihan PDAM, ada 4 hal yang bisa dilakukan. Lebih jelasnya, simak 4 kegiatan yang bisa menghemat tagihan PDAM.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan PDAM

4 Cara Menghemat Tagihan Air PDAM

loader

  1. Menghemat Penggunaan Air di Kamar Mandi

    Tidak mengherankan jika kebanyakan penggunaan air di rumah terjadi ketika berada di kamar mandi. Baik untuk mengisi bak mandi, penggunaan shower, hingga flush toilet bisa menjadi alasan utama mengapa tagihan PDAM Anda setiap bulannya menjadi cukup tinggi. Untuk itu, Anda perlu memikirkan tentang kegiatan apa saja di kamar mandi yang bisa dilakukan untuk menghemat air.

    Sebagai contoh, jika Anda membiarkan air tetap menyala saat sedang mencuci muka atau menyikat gigi, maka sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, dalam waktu satu menit saja, keran air yang dibiarkan mengalir bisa menghabiskan sekitar 10 liter air. Jadi, bisa dibayangkan bukan berapa banyak air yang terbuang jika terus-terusan melakukan kebiasaan tersebut?

    Selain itu, perhatikan pula penggunaan tombol flush pada toilet sesuai dengan kebutuhannya. Jika diperhatikan lebih teliti, tombol flush tersebut terlihat memiliki dua tombol yang berbeda. 

    Untuk tombol yang kecil, fungsi tombol flush tersebut adalah untuk menyiram kotoran cair dan sedikit dengan jumlah air yang tersiram sekitar 3 sampai 4,5 liter. Sedangkan untuk tombol flush yang besar, ditujukan untuk menyiram kotoran yang padat karena air yang dikeluarkan sekitar 6 sampai 9 liter. Jadi, coba untuk menggunakan tombol flush toilet tersebut sesuai fungsinya. 

    Cara terakhir untuk menghemat penggunaan air di kamar mandi adalah dengan beralih menjadi pengguna shower ketimbang bak mandi. Dengan lebih memilih menggunakan shower, Anda bisa menghemat hingga lebih dari 20 ribu liter air setiap tahunnya karena laju air menjadi lebih optimal dan merata saat mandi. Dalam kata lain, dengan sekadar memutuskan untuk menggunakan shower, Anda bisa menekan tagihan PDAM dengan cukup signifikan.

  2. Lebih Optimal Menggunakan Air di Dapur

    Selain di kamar mandi, penggunaan air di rumah juga paling banyak terjadi di dapur. Air banyak digunakan di dapur untuk kebutuhan memasak, menyediakan air minum, dan juga mencuci berbagai jenis bahan makanan dan juga peralatan makan. Jadi, memastikan bahwa setiap kegiatan di dapur tersebut dilakukan dengan menghemat air dapat menekan tagihan PDAM setiap bulannya.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencuci sayuran dengan menggunakan wadah daripada mengucurkan air secara langsung dari keran. Dengan menggunakan siasat ini, Anda bisa menghemat penggunaan air hingga 10 liter setiap menitnya. 

    Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat air untuk penggunaan di dapur adalah memastikan sisa makanan pada peralatan makan sudah dibersihkan sebelum mencucinya. Hal ini mampu membuat piring dan sendok lebih mudah untuk dicuci dan mengurangi penggunaan air yang berlebihan. Yang pasti, periksa kembali ada tidaknya keran bocor agar tidak ada air yang dibuang percuma dalam kurun waktu yang lama. 

  3. Cara Mencuci Pakaian agar Tidak Boros Air

    Kegiatan di rumah lainnya yang menggunakan banyak air adalah saat mencuci pakaian. Kegiatan ini tentu rutin dilakukan setiap beberapa hari atau seminggu sekali, dengan atau tidak menggunakan mesin cuci. 

    Agar lebih optimal, saat mencuci dengan mesin cuci, usahakan untuk mengisi kapasitasnya hingga hampir penuh. Dengan begitu, Anda tidak akan membuang terlalu banyak air setiap kali mencuci, dan mesin cuci pun akan tetap awet karena tidak memenuhi kapasitasnya secara berlebihan.

    Bila perlu, coba beralih menggunakan mesin cuci yang memiliki fitur hemat air dan juga listrik, yaitu mesin cuci yang biasanya memiliki bukaan depan atau front loading. Walaupun harganya sedikit lebih mahal daripada mesin cuci biasanya, hal ini dapat mengurangi pengeluaran Anda dalam jangka panjang. 

    Dalam kata lain, membeli mesin cuci dengan front loading menjadi investasi untuk menekan pengeluaran bulanan Anda untuk membayar tagihan air dan listrik.  

  4. Mengurangi Pemakaian Air ketika Berkebun

    Tak sedikit orang yang memiliki kebun di rumah agar bisa menanam berbagai jenis tanaman untuk membuat halaman menjadi lebih rindang dan sejuk. Akan tetapi, hobi berkebun ini bisa menjadi alasan mengapa tagihan PDAM Anda selalu mahal. Oleh karena itu, perlu dipahami beberapa cara agar bisa menghemat penggunaan air untuk berkebun ini. 

    Yang pertama adalah dengan memilih tanaman lokal atau khas iklim tropis Indonesia. Anda dapat memilih tanaman jenis ini karena tanaman akan lebih mudah untuk beradaptasi dan tidak membutuhkan perhatian khusus agar tetap bertahan hidup. Jika memang memutuskan untuk memiliki tanaman jenis lain, pastikan untuk meletakkan tanaman yang membutuhkan banyak air di tempat terbuka agar bisa mendapatkan air hujan. 

    Selain itu, ganti kebiasaan menyiram tanaman saat di pagi hari saja. Pasalnya, selain suasananya masih sejuk dan dingin, air siraman juga tidak akan cepat menguap karena panas dan lebih mudah terserap ke dalam tanah. Dengan begitu, penggunaan air untuk berkebun akan menjadi lebih optimal. 

Hemat Penggunaan Air di Rumah untuk Menjaga Kondisi Keuangan

Tagihan PDAM menjadi pengeluaran bulanan yang tidak bisa dihindari. Pentingnya penggunaan air untuk berbagai macam kegiatan sehari-hari tak jarang membuat tagihan bisa saja melonjak sewaktu-waktu. 

Nah, agar tagihan PDAM tetap terjangkau, Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara penghematan air yang telah disebutkan di atas. 

Baca Juga: Tagihan Listrik Membengkak? Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan