Berkenalan dengan Internet Banking HSBCː Cara Mudah untuk Bertransaksi

Kemajuan teknologi dan digitalisasi dalam berbagai bidang sudah banyak dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Tak terkecuali bidang perbankan, bidang ini juga telah menggunakan teknologi dalam melakukan kegiatan-kegiatan transaksinya yang sangat memudahkan bagi nasabah. 

Perbankan menghadirkan salah satu fitur yang bernama Internet Banking. Melalui fitur tersebut, para pengguna jasa perbankan dapat melakukan kegiatan transaksi secara efisien. Mereka tidak perlu datang secara langsung ke bank terdekat untuk melakukan transaksi yang dibutuhkan. 

Layanan Internet Banking sesuai dengan namanya membutuhkan jangkauan internet untuk dapat digunakan. Layanan ini tidak hanya dapat digunakan melalui handphone, tetapi juga diakses dengan laptop atau komputer selama perangkat tersebut terhubung dengan jaringan internet. 

HSBC juga menawarkan kepada nasabah layanan Internet Banking yang tentunya mempermudah kebutuhan nasabah untuk bertransaksi. 

Mengenal HSBC

loader

HSBC adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan keuangan yang muncul dengan gagasan ‘sederhana’, yaitu bank lokal yang dapat melayani kebutuhan internasional. 

HSBC (Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited) berdiri pada tahun 1865 yang bertujuan untuk membiayai perdagangan yang sedang bertumbuh antara Eropa, India, dan Tiongkok. Bank ini kemudian semakin berkembang dengan membuka kantor cabang guna menjangkau nasabah dan memberikan layanan yang lebih banyak. 

HSBC dikenal banyak memberikan pembiayaan perdagangan dan hal tersebut menjadi bisnis unggulannya. Bank ini kemudian menjadi lembaga keuangan paling terkenal di Asia pada akhir abad ke-19 dan menjelang tahun 2000-an HSBC menjadi lembaga keuangan yang terkemuka di dunia. 

HSBC di Indonesia sendiri berdiri pada tahun 2016 yang pada awalnya mengakuisisi salah satu bank lokal pada 2009 dan kemudian berubah nama menjadi PT. Bank HSBC Indonesia. 

Saat ini dengan lebih dari 3000 karyawan dan 20 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, HSBC menawarkan layanan Commercial Banking dan Global Banking untuk nasabah Korporasi dan Institusi, Global Markets untuk pengelolaan Treasury dan Capital Market serta Wealth and Personal Banking. 

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Apa itu Internet Banking HSBC?

Internet Banking HSBC adalah layanan yang dapat membantu untuk melakukan transaksi perbankan HSBC melalui jaringan internet. Layanan perbankan ini memanfaatkan perkembangan teknologi internet sebagai media yang digunakan untuk melakukan transaksi serta mendapatkan informasi melalui website milik bank. 

Layanan ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara antara nasabah dengan bank tanpa harus mendatangi kantor bank. Nasabah dapat menggunakan berbagai gadget mereka yang terhubung dengan jaringan internet sehingga antara perangkat nasabah dengan sistem bank dapat terhubung. 

Manfaat Internet Banking HSBC

Tentunya, HSBC akan memberikan keuntungan dan manfaat yang memuaskan bagi nasabahnya dengan layanan Internet Banking. Perlu diketahui bahwa manfaat yang diperoleh setiap nasabah akan berbeda sesuai dengan jenis rekening yang dimiliki. Adapun manfaat dari Internet Banking HSBC adalah berikut. 

Manfaat Internet Banking HSBC Penjelasan
Reksa Dana

Apabila berminat atau sedang berinvestasi dengan Reksa Dana, layanan Reksa Dana dari Internet Banking HSBC sangat cocok untukmu. Keuntungan yang dapat diperoleh antara lain: 

  • Reksa Dana yang dapat dibeli mulai dengan 500 ribu rupiah.
  • Biaya administrasi yang hemat hingga 45% untuk berlangganan (subscribe) atau top-up reksa dana. 
  • Pilih dan top-up investasi reksa dana sesuai dengan kebutuhan.
  • Pindah dana antar produk reksa dana sesuai dengan kebutuhan investasi yang diinginkan.
  • Pencairan dana yang sesuai dengan kebutuhan dan prinsip investasi.
Deposito Berjangka dalam Rupiah dan Valuta Asing

Keuntungan yang dapat dirasakan adalah: 

  • Banyak pilihan mata uang untuk membuka rekening deposito, mata uang yang tersedia adalah hingga 12 mata uang. 
  • Jangka waktu jatuh tempo yang dapat dikelola.
Wealth Dashboard Kalau hal ini terdengar asing, maka kamu perlu mengetahui tentang Wealth Dashboard dari Internet Banking HSBC. Wealth Dashboard adalah platform eksklusif di portal HSBC Internet Banking yang dapat memudahkan analisa portofolio keuangan dan membantu kamu untuk membuat keputusan investasi yang lebih tepat dan baik sesuai dengan kebutuhanmu.
E-SBN Manfaat dari fitur Internet Banking HSBC yang satu ini sangat cocok bagi nasabah yang telah memiliki rekening investasi. Hal ini dikarenakan investasi melalui E-SBN dapat dilakukan dari mana pun dan kapan pun tanpa perlu datang ke bank cabang HSBC. E-SBN merupakan fitur yang menawarkan pertama kali IPO (Initial Public Offering) surat berharga negara melalui online atau HSBC Internet Banking.
Global View dan Global Transfer Fitur dari Internet Banking HSBC satu ini memberikan kemudahan dalam mengelola rekening HSBC dalam satu tampilan layar monitor. Fitur ini juga dapat memudahkan kamu untuk melakukan transfer ke rekening HSBC di berbagai negara secara instan.

Baca Juga:  CMS BRI: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Cara Registrasi Internet Banking HSBC

Kalau tertarik untuk mendaftar Internet Banking HSBC, berikut adalah cara yang dapat dilakukan. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa pendaftaran HSBC Internet Banking dapat dilakukan dengan menggunakan nomor kartu debit, nomor kartu kredit, atau nomor Phone Banking beserta nomor PIN. Langkah-langkah mendaftar: 

  1. Kunjungi homepage HSBC lalu klik tombol ‘Daftar’ di bawah ‘Internet Banking’ di sudut kanan atas. 
  2. Pilih salah satu jenis layanan di daftar ‘Jenis Nomor Registrasi’ dan ketik nomor hp. Nomor registrasi yang tersedia adalah (1) nomor kartu debit, nomor penerbitan kartu debit, dan PIN debit (2) nomor dan PIN Phone Banking (3) nomor dan PIN kartu kredit. 
  3. Buat username, kata kunci utama, kata kunci cadangan, dan dua buah pertanyaan keamanan beserta jawabannya. 
  4. Masukkan email. 
  5. Setelah menyelesaikan langkah 1-4, kamu bisa log in ke HSBC Internet Banking dengan username, kata kunci utama, serta kata kunci cadangan. Jika belum menerima perangkat keamanan saat membuka rekening Premier/Advance atau Personal Banking, lakukan pemesanan Security Device melalui HSBC Internet Banking. Security Device akan dikirim ke alamat yang terdaftar di sistem HSBC.
  6. Datang ke cabang terdekat Bank HSBC di sekitarmu. Hal ini hanya berlaku apabila tidak memiliki kartu ATM HSBC, kartu debit, nomor phone banking, atau pun nomor kartu kredit. Staf yang berada di bank nantinya akan membantu kamu menyelesaikan pendaftaran Internet Banking HSBC milikmu. 

Keamanan HSBC Internet Banking

HSBC berkomitmen memberikan level perlindungan keamanan yang baik agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dengan tenang. HSBC menggunakan teknologi Security Device yang dapat memberikan perlindungan ekstra untuk layanan HSBC Internet Banking dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan teknologi terkini, perangkat keamanan HSBC Internet Banking memberikan perlindungan yang ketat untuk menjamin transaksi perbankan. Adapun keamanan HSBC Internet Banking terdiri atas Verifikasi Berlapis dan Secured Sessions & Session Time-Outs Otomatis

Verifikasi Berlapis - HSBC Security Device Secured Sessions & Session Time-Outs Otomatis
Security Device adalah perangkat keamanan dalam bentuk generator otentikasi digital. Security Device akan memberikan kode keamanan sebanyak enam-digit yang hanya dapat digunakan satu kali saja untuk aktivitas dan transaksi online tertentu, seperti transfer ke pihak ketiga, yang memerlukan kode keamanan untuk memberikan perlindungan ekstra. Setelah Security Device diaktifkan, layanan HSBC Internet Banking milikmu tidak akan bisa diakses oleh perangkat keamanan lain selain milikmu sendiri.

HSBC menggunakan teknologi 128-bit Secure Sockets Layer (SSL) Encryption yang sesuai standar keamanan industri perbankan guna melindungi identitas nasabah selama menggunakan Internet Banking. Tergantung pada sistem pengaturan browser, pop-up akan tampil untuk memberitahumu bahwa kamu memasuki laman yang aman.

Sebagai langkah perlindungan tambahan, sistem Internet Banking HSBC akan secara otomatis mengeluarkanmu setelah periode time-out jika tidak ada aktivitas selama beberapa waktu. Langkah ini dapat melindungi jika kamu terlupa log off atau tanpa sengaja meninggalkan komputer saat sedang membuka HSBC Internet Banking.

Baca Juga:  Layanan IB BRI: Cara Daftar, Fitur, dan Cara Cek Transaksi

Mudahnya Bertransaksi dengan HSBC Internet Banking 

HSBC sebagai bank yang telah dikenal secara internasional dengan banyak layanan perbankan yang dapat dinikmati dan pilih saat ini telah memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk bertransaksi. Internet Banking HSBC dengan praktis dapat memberikan kenikmatan bertransaksi dengan cepat dan aman. Tidak perlu ragu dengan keamanan bertransaksinya, HSBC Internet Banking juga telah diproteksi dengan sistem yang membuat transaksimu aman dan terjamin.

Baca Juga: Internet Banking: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya