Internet Banking: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kami yakin sudah banyak dari Anda yang sekarang ini sudah menggunakan smartphone canggih dan dengan kuota internet yang besar dan cepat namun masih sering mondar-mandir ke bank ataupun atm untuk keperluan perbankan seperti tarik tunai, transfer uang ataupun hanya cek saldo? Tapi tenang, sekarang Anda tidak perlu khawatir untuk itu.

Sekarang, hanya dengan smartphone dan paket kuota internet, Anda dapat melakukan transaksi perbankan, tanpa harus repot-repot ke bank atau atm. Bank sekarang telah menyediakan sebuah layanan yang diperuntukkan bagi masyarakat agar lebih mudah melakukan transaksi perbankan melalui layanan internet banking. Syaratnya hanya satu yaitu koneksi internet. Melalui internet banking kita tidak perlu keluar dari rumah menuju bank atau ke atm saat hendak melakukan transaksi perbankan.

Proses internet banking sangat mudah, cukup dengan mengunjungi situs bank tersebut untuk melakukan transaksi perbankan. Internet banking ini dapat diakses tidak hanya menggunakan komputer atau laptop, tetapi anda juga dapat menggunakan gadget tertentu seperti smartphone dan  tablet, asalkan terkoneksi dengan internet.

Beberapa fitur layanan perbankan seperti cek saldo, transfer dana, mutasi rekening, ataupun keperluan rumah tangga seperti membayar tagihan telpon dan tagihan listrik bisa dilakukan dengan layanan ini. Bagaimana cara kerja internet banking ini? Berikut ini penjelasannya

Langkah Mudah mendaftar Internet Banking

Internet Banking

Internet Banking via businesskorea.co.kr

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan layanan ini adalah, Anda perlu untuk mendaftarkan diri dengan langsung datang ke ATM atau bank terkait untuk menggunakan internet banking. Kami ambil contoh salah satu bank yaitu BCA sebagai pelopor internet banking dan paling banyak penggunaannya.

Masukkan kartu debit di mesin ATM lalu input pin. Buka menu pilihan internet banking (klik menu daftar e-Banking atau autodebet, lalu klik Internet Banking), Ketik pin BCA enam digit sesuai keinginan Anda, ketik ulang pin pilihan Anda, ambil struk, nah di struk tercetak userID untuk login internet banking BCA.

Setelah selesai proses berikutnya adalah aktivasi internet banking melalui login ke internet banking BCA atau www.klikbca.com. Anda tinggal mengikuti paduan yang ada di situs tersebut. Ingat status Anda saat ini hanya untuk cek transaksi, bukan untuk melakukan transaksi finansial. Jika Anda ingin meningkatkan status agar bisa melakukan transaksi finansial, maka silahkan datang ke customer service bank tersebut untuk mendapatkan token.

Di luar BCA ada beberapa bank memberikan one time password (OTP) melalui sms dan tidak menggunakan token. Apabila transaksi menggunakan OTP melalui sms, maka anda hanya perlu memasukkan kode OTP yang sudah diberikan oleh bank untuk dimasukkan ketika diminta saat bertransaksi.

Bagi pengguna token, maka proses transaksi menggunakan alat ini sangat mudah, yaitu kunjungi situs bank kemudian pilih layanan Internet banking, masukkan user ID dan password, pilih menu yang diinginkan dan yang terakhir ikuti saja perintah sesuai dengan yang tertera di menu, termasuk mengaktifkan token untuk pertama kalinya.

Ketika transaksi dengan menggunakan internet banking sudah selesai dilaksanakan, maka Anda akan menerima email dari bank terkait mengenai transaksi yang dilakukan (jika Anda mendaftarkan email untuk notifikasi ke bank tersebut), sekaligus menjadi salah satu pemberitahuan bahwa bukti transaksi berhasil.

Baca Juga: Rekening Ponsel, Mudahnya Bertransaksi Dalam Satu Genggaman Tangan

Fitur Internet Banking, Kelebihan dan Kekurangannya

Internet Banking Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan kekurangan Internet Banking via cr2.com

Dengan menggunakan Internet banking, kita bisa melakukan sederet transaksi, di antaranya mulai dari  cek saldo, transfer dana, melihat mutasi rekening, beli pulsa, bayar tagihan listrik, TV kabel, air, telepon, asuransi, Internet, beli tiket, setor uang deposito.

Transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa, yaitu melalui teller bank atau ATM atau menggunakan mesin CDM (cash deposit machine untuk setor tunai tanpa melalui teller). Di luar itu beberapa uraian kelebihan dan kekurangan internet banking berikut ini akan semakin memudahkan Anda dalam menentukan transaksi e-banking yang ingin dilakukan:

Kelebihan Internet Banking yang Bisa Anda Manfaatkan

Internet banking bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi nasabah. Selain hemat biaya juga hemat waktu, karena nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dari mana saja (asalkan tersedia jaringan internet).

Keuntungan bukan hanya untuk nasabah tapi juga pihak bank, di mana internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional karena jumlah nasabah yang datang ke bank makin sedikit, sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit. Efisiensi ini menyebabkan bank dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan. Kelebihan lainnya, nasabah bisa membuat banyak jadwal transaksi keuangan dalam satu waktu sekaligus atau diatur jadwalnya.

Baca Juga: Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan? Ini Jawabannya

Kekurangan Internet Banking yang Perlu Diketahui

Sebagai nasabah dan juga pihak bank perlu waspada mengingat data miliki nasabah  bisa saja dicuri melalui berbagai macam teknik oleh penyusup (hacker). Hacker bisa saja menguras habis uang nasabah dengan berbagai cara. Karena itu, nasabah wajib mematuhi semua prosesdur penggunaan internet banking sehingga lebih aman, sedangkan bank juga harus rajin sosialisasi dan melakukan pengawasan terhadap transaksai perbankan nasabahnya.

Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang mengecoh nasabah. Jika akses internet yang dimiliki nasabah tergolong murah dan lancar, lebih disarankan memakai internet banking karena lebih menghemat banyak biaya.

Namun, perangkat komputer harus tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking. Hindari penggunaan internet banking di layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data nasabah.

Untuk beberapa daerah tak semua orang memiliki perangkat komputer, laptop, dan koneksi internet yang bagus. Selain itu internet banking juga dirasa tidak praktis bagi orang yang memiliki kegiatan yang sering mobile atau bepergian. Walaupun saat ini semua akses internet bisa diakses dengan smartphone ataupun gadget dengan sangat mudah, namun tetap saja bagi pengguna dengan mobilitas tinggi butuh penyesuaian fitur dalam mengakses internet banking melalui smart phone. Yang jelas tentu tak senyaman saat menggunakan laptop.

Internet banking memang memberikan banyak kemudahan kepada kita melalui internet, namun seperti yang kita ketahui pula bahwa banyak juga kejahatan yang sekarang ini marak terjadi di dunia maya. Salah satu kejahatan dalam dunia maya adalah kejahatan yang dilakukan oleh hacker atau peretas.

Apabila Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan internet banking ini, maka rekening Anda bisa dibobol oleh para pelaku kejahatan internet. Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tips dalam menjaga keamanan transaksi Anda.

Tips Aman Transaksi dengan Internet Banking

Internet Banking Aman

Aman Menggunakan Internet Banking via dayair.org

Pertama, jangan berikan nomer token kepada siapapun untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab. Kedua, pastikan situs yang dikunjungi adalah situs bank terkait. Ketiga, pastikan gadget tidak terkena infeksi virus tertentu. Terakhir, apabila mendapatkan email yang mengatakan bahwa rekening Anda diblokir atau hal apapun secepatnya untuk melapor ke pihak bank. Internet banking memang memudahkan urusan kita dewasa ini, namun pergunakanlah internet banking secara bijak dan berhati-hati.

Penting untuk dilakukan yaitu untuk selalu menggunakan Password/PIN Yang Kuat dan Ganti Secara Berkala. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua akun internet, namun karena internet banking terkait uang Anda maka tentu harus lebih ekstra hati-hati.

Bahkan beberapa bank mewajibkan nasabahnya untuk menggunakan kombinasi huruf dan angka dalam membuat password sehingga benar-benar susah diterobos hacker dengan teknik enkripsi data sekalipun. Hal ini sudah cukup membantu untuk mengamankan akun Anda.

Saking rumitnya membuat pasword terkadang bisa saja Anda lupa, namun jangan panik saat lupa Password/PIN akun bank Anda. Hal yang harus Anda lakukan ketika lupa password/PIN adalah menghubungi pihak bank untuk melakukan reset pasword.

Jika memungkinkan segera kunjungi kantor bank terdekat saat jam kerja. Atau bisa juga melakukan pergantian lewat call center mengingat beberapa bank juga telah menyediakan layanan customer service 24 jam via telepon. Tapi ingat ya, petugas bank tidak Akan pernah menanyakan langsung password/PIN Anda. Jadi, ketika mereka menanyakan PIN, jangan dijawab ya!

Ketahui Semua Kekurangan dan Kelebihannya

Semua kondisi di atas, baik fitur, kelebihan dan kekurangan internet banking, jika Anda mampu pahami dengan baik tentu akan membuat layanan ini semakin mudah, aman, dan nyaman saat digukanan. Karena itu, perhatikan dengan baik, karena pada akhirnya semuanya kembali pada kehati-hatian ANda sendiri sebagai nasabah.

Baca Juga: Daftar Kode Transfer Antar Bank Terlengkap