CMS BRI: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Penggunaan Cash Management System (CMS) dibutuhkan oleh perusahaan untuk memudahkan tata kelola keuangan. Sistem ini mencatat transaksi arus kas secara optimal, sehingga perusahaan dapat melihat posisi keuangannya saat ini. Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu bank yang menawarkan layanan CMS bagi para pelaku usaha.

Seperti apa layanan CMS dari BRI? Apa perbedaanya dengan BRI Syariah? Simak informasinya berikut ini, ya!

Baca Juga: Kode Bank Indonesia Terlengkap

Mengenal CMS BRI Lebih Dekat

loader

Keuangan menjadi poin krusial dalam suatu perusahaan, karena ini berkaitan langsung dengan kelancaran kegiatan usaha. Misalnya, untuk pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan, kegiatan promosi, dan lain sebagainya. Tanpa tata kelola yang baik, kondisi keuangan perusahaan menjadi kacau. 

Mengelola keuangan tentu tidak mudah, khususnya bila perusahaan memiliki lini bisnis yang cukup beragam. Maka dari itu, hadirlah layanan CMS BRI yang dipercaya akan memudahkan proses pengelolaan keuangan perusahaan. Layanan ini akan mencatat seluruh transaksi yang terjadi dalam suatu usaha dengan hasil yang simpel, mudah dipahami, dan efisien. 

Hal lain yang tak kalah menarik dari layanan ini adalah dapat diakses kapan dan di mana saja. Pelaku usaha tidak perlu khawatir lagi apabila ingin memproses transaksi dadakan. Layanan yang dikeluarkan pada Bulan Oktober tahun 2009 silam ini dapat dijadikan solusi untuk menyelesaikan transaksi secara cepat.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Perbedaan CMS BRI dan CMS BRI Syariah

BRI juga menawarkan layanan CMS BRI Syariah. Perbedaannya dengan CMS biasa adalah layanan CMS BRI Syariah menggunakan prinsip-prinsip syariah. Sementara untuk besaran tingkat likuiditas manajemen dibuat sesuai kesepakatan yang ditetapkan di awal. 

Mengakses ke rekening syariah dapat dilakukan dengan memilih bagian CMS BRI Syariah login. Masukkan informasi rekening dengan benar dan kamu akan diarahkan menuju halaman utama. Layanan internet atau ibank BRI CMS dapat diakses kapan dan dari mana saja.

Fitur-fitur yang Ada Pada CMS BRI

BRI merupakan salah satu Bank Usaha Milik Negara (BUMN) yang terbesar di Indonesia. Tingkat keamanan transaksi tidak perlu diragukan, jadi transaksi sebesar apapun pasti aman. Selain itu, terdapat pula berbagai fitur menarik yang ditawarkan, di antaranya.

Jenis Fitur Keterangan
1. Internal Fund Transfer Dengan cara menggunakan CMS BRI, kamu dapat mentransfer uang ke sesama rekening BRI melalui nomor rekening maupun nomor Virtual Account (VA). Pengiriman uang dapat dilakukan secara massal atau bersamaan, jadi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transfer hanya sebentar saja.
2. External Fund Transfer

Selain ke rekening BRI, kamu juga bisa mentransfer uang ke rekening bank lain secara individu, masal atau bersamaan. Transfer dapat dilakukan menggunakan nomor rekening biasa, VA, kliring, dan RTGS. Transaksinya bisa pakai mata uang Rupiah maupun mata uang asing menggunakan counter rate atau negotiated rate.

Transfer mata uang asing menggunakan jaringan SWIFT atau remittance. Jaringan ini memberikan jaminan keamanan saat bertransaksi ke luar negeri. Dapat dipastikan besaran uang dalam transaksi diterima oleh penerima sesuai nama yang tercantum.

3. Menyediakan Payroll

Salah satu masalah yang sering dialami perusahaan besar adalah kesulitan untuk melakukan pembayaran gaji. Sebab, jumlah karyawannya sangat banyak. Untungnya layanan CMS BRI menyediakan fitur payroll yang dapat memproses seluruh gaji karyawan dalam satu waktu.

Perusahaan tinggal atur tanggal payroll dengan pihak bank. Pada tanggal yang sama setiap bulan, maka gaji karyawan otomatis masuk tanpa ada satu pun yang terlewatkan. Dengan demikian, pembayaran gaji karyawan dapat dilakukan tepat waktu dan tidak ada karyawan yang mengeluh lagi soal payroll.

4. BRI Virtual Account (BRIVA)

Bagi perusahaan manufaktur yang melakukan transaksi jual-beli secara online, adanya fitur BRI Virtual Account atau BRIVA sangat membantu. Pembeli dapat menggunakan nomor VA toko milikmu dan tidak perlu melakukan konfirmasi pembelian lagi. Sebab, dananya akan langsung diteruskan ke rekening yang kamu daftarkan saat transaksi selesai.

Transaksi sebanyak apapun dalam satu hari, dari konsumen yang berbeda sekalipun, tentu akan menghemat banyak waktu. Kamu yang dulunya harus approve transaksi satu per satu karena konfirmasi pembayarannya dilakukan secara manual. Sekarang tidak perlu karena semua sudah serba otomatis. 

5. Account Polling

Setiap divisi di perusahaan sebaiknya punya rekening masing-masing agar keuangan mudah dikontrol. Pentransferan ke setiap divisi biasanya dilakukan dari rekening Head Office (HO) ke rekening tiap divisi. Pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lainnya menjadi cepat dengan fitur account polling dari CMS BRI.

Selain untuk kepentingan usaha, fitur account polling juga dapat digunakan untuk memisahkan antara rekening usaha dan pribadi. Alhasil, seluruh transaksi dilakukan secara terpisah dan tidak menumpuk di satu rekening saja. Keuangan jauh lebih terorganisir dan perhitungan pengeluaran mudah dicek saat mutasi rekening.

6. Proses Pembayaran yang Mudah

Selain membayar gaji karyawan, kamu pun dapat menggunakan layanan CMS BRI untuk membayar tagihan, utang ke supplier, pajak, dan lain sebagainya. Prosesnya mudah dan cepat, jadi semua pembayaran bisa sukses dalam waktu bersamaan. Kamu tidak perlu mencetak bukti transaksi secara manual, karena detailnya akan dikirimkan melalui email atau lewat aplikasi pembayaran.
7. Informasi Akun Kamu dapat memperoleh detail mengenai akun dengan terlebih dahulu melakukan CMS BRI login pada website BRI. Mulai dari ringkasan uang masuk, uang keluar, mutasi rekening, hingga informasi mengenai rekening deposito (jika punya). Kapanpun butuh informasi akun, kamu tinggal akses pada layanan CMS BRI.
8. Akses Laporan Keuangan

Setiap usaha perlu dievaluasi untuk mengetahui perkembangan usaha dalam kurun waktu tertentu. Laporan keuangan menjadi pedoman untuk melakukan evaluasi, karena di dalamnya memuat seluruh informasi keuangan perusahaan dari waktu ke waktu. Layanan CMS BRI menyediakan akses laporan keuangan ini, lho!

Dengan evaluasi secara berkala, suatu usaha akan menjadi sukses. Kondisi keuangan yang tadinya kurang efisien menjadi efisien karena selalu dikontrol. Alhasil, setiap kegiatan usaha dilakukan sesuai budget yang sudah ditetapkan di awal.

Baca Juga: Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

Fungsi CMS BRI yang Perlu Diketahui

CMS hadir sebagai solusi untuk memudahkan kendala transaksi yang ada di perusahaan. Itu secara garis besar, ya! Fungsi spesifik CMS BRI sendiri akan disebutkan pada poin-poin berikut.

  • Memberikan layanan keuangan yang sederhana, lengkap, cepat, detail, dan komprehensif
  • Transaksi menggunakan mata uang Rupiah dan asing
  • Catatan finansial perusahaan terekam dengan jelas dan detail, jadi mudah melacak transaksi yang fraud
  • Menghindari adanya data-data nasabah yang bocor
  • Bisa digunakan untuk membayar tagihan maupun membeli suatu produk

Cara Menggunakan CMS BRI

loader

Informasi yang dijelaskan di atas rasanya belum cukup kalau belum membahas cara menggunakan CMS BRI. Well, CMS BRI dapat digunakan apabila kamu sudah mempunyai rekening atau akun di BRI. Jika sudah punya, kamu bisa pergi ke menu CMS BRI login untuk memasukkan username dan password.

Jika belum ada akun CMS BRI, kamu bisa segera daftarkan diri dan usaha yang sedang dijalankan. Caranya mudah, di antaranya.

1. Mengunduh Formulir 

Pertama-tama, kamu harus mengunduh formulir pendaftaran terlebih dahulu. Formulir ini dapat diunduh di website resmi BRI. Caranya dengan memilih menu “formulir registrasi” yang ada di bagian tengah sebelah kanan, setelah itu silahkan diisi dengan lengkap.

2. Melengkapi Berkas Persyaratan

Selanjutnya adalah melengkapi berkas pendaftaran, di antaranya:

  • Fotokopi akta pendirian perusahaan atau akta perubahan terakhir
  • Fotokopi SIUP atau TDP atau surat izin usaha lainnya 
  • Fotokopi KTP atau SIM atau paspor
  • Fotokopi dasar kewenangan bertindak dari pemohon aplikasi CMS BRI
  • Fotokopi kartu identitas dari pihak perusahaan (pemberi kuasa dan yang diberi kuasa)
  • Diwajibkan memiliki alamat email yang masih aktif

3. Datang ke Kantor Cabang BRI Terdekat

Terakhir adalah datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa berkas-berkas persyaratan. Petugas bank akan segera memproses pengajuan pendaftaran. Setelah itu, petugas memberikan pendaftar ID perusahaan, ID, dan password yang bisa perusahaan gunakan sebagai akses untuk masuk ke layanan CMS BRI. 

Jangan khawatir, karena CMS BRI sudah dilengkapi dengan sistem User Access Matrix  dan Approval Verification Matrix. Keduanya berfungsi untuk mengatur banyaknya user yang dapat mengakses layanan CMS BRI. Jadi, layanan ini hanya bisa diakses oleh orang-orang yang diberi kewenangan oleh perusahaan.

Pengelolaan Keuangan yang Baik Bikin Perusahaan Sukses

Mengelola keuangan perusahaan semakin mudah dengan adanya layanan CMS BRI. Terkelolanya keuangan dengan baik dapat membawa perusahaan menuju sukses. Masalah keuangan, seperti cash flow terhambat, potensi fraud, dan pengeluaran yang berlebih dapat dikontrol sebaik mungkin dengan layanan CMS BRI. 

Baca Juga: Layanan IB BRI: Cara Daftar, Fitur, dan Cara Cek Transaksi