Keuangan Tetap Stabil, Begini Tips Meminimalisir Risiko Finansial Akibat Kecelakaan Mobil

Kecelakaan kendaraan khususnya mobil bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa diduga. Kecelakaan mobil sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kecelakaan tunggal yang diakibatkan karena kelalaian kamu sendiri dan kecelakaan ganda yang melibatkan dua kendaraan atau lebih.

Kecelakaan mobil ini bisa terjadi karena rem blong, berkendara disaat lelah atau mengantuk, ugal-ugalan, berkendara dengan kecapatan tinggi, dan masih banyak penyebab kecelakaan lainnya.

Bersyukur jika kondisi kamu masih dalam keadaan selamat atau hanya luka-luka kecil. Akan tetapi, ketika melihat kondisi mobil rusak tentunya bikin kepala pusing tujuh keliling. Jika kerusakan mobil hanya sedikit atau lecet-lecet tentunya tidak membuat kantong jebol. Sebaliknya, kalau kerusakan mobil terdapat pada bodi dan mesin mobil, berapa besaran uang yang harus keluar untuk biaya perbaikan mobil akibat kecelakan?

Mau tidak mau, kamu harus rela menghabiskan gaji bulan ini atau menguras tabungan hampir setengah atau mungkin lebih untuk perbaikan mobil. Padahal masih ada kebutuhan lain yang belum kamu penuhi.

Maka dari itu, sangat penting mengatur keuangan bulanan dengan bijak, apalagi kamu memiliki mobil. Hal ini tentunya bisa meminimalisir risiko finansial atau kondisi keuangan akan tetap stabil jika kamu mengalami kecelakaan mobil. Tak perlu risau, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu praktikan langsung!

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Tips Meminimalisir Risiko Finansial Akibat Kecelakaan Mobil

1. Buat Perencanaan Finansial

loader
Buat perencanaan keuangan

Setelah gajian tiba, uang jangan langsung kamu gunakan untuk jajan atau belanja. Pastikan dulu kamu sudah membuat perencanaan finansial selama satu bulan ke depan. Kamu bisa membuat perencanaan keuangan di buku catatan, note di smartphone atau menggunakan aplikasi keuangan kekinian agar lebih praktis.

Umumnya, perencanaan keuangan ini terdiri dari pos pengeluaran mulai dari tagihan bulanan, belanja kebutuhan, cicilan, dan sebagainya. Input jumlah uang di masing-masing pos pengeluaran tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya perencanaan keuangan ini, bisa jadi patokan kamu dalam menggunakan atau membelanjakan uang.

2. Belanja Sesuai Kebutuhan

Selain mendapatkan gaji, rasa lelah bekerja juga bisa hilang dengan berbelanja, baik di supermarket, pasar, mall, atau e-commerce. Hal ini bukanlah masalah, namun kamu perlu ingat belanjakan uangmu sesuai dengan kebutuhan guna tidak mengganggu pos keuangan yang lain.

Kamu bisa membagi belanja kebutuhan menjadi dua, yaitu belanja mingguan untuk bahan makanan untuk dimasak atau kebutuhan yang cepat habis dan belanja bulanan untuk keperluan atau kebutuhan lain yang habisnya lama, seperti perlengkapan mandi, skincare, dan lainnya

Kamu juga boleh belanja baju, sepatu, atau bahkan mengganti elektronik yang rusak, asalkan tidak berlebihan dan dana untuk belanja keperluan ini cukup. Jika dana kurang, kamu bisa mengandalkan kartu kredit.

Selain jadi penyelamat ketika berbelanja, transaksi dengan kartu kredit juga bisa membuat pengeluaran belanjamu menjadi lebih hemat. Sebab, kartu kredit sering memberikan promo menarik seperti cashbank, diskon, buy one get one, poin yang bisa ditukarkan hingga hadiah lainnya.

3. Miliki Tabungan dan Investasi

loader
Miliki tabungan dan investasi

Dalam kehidupan, memiliki tabungan dan investasi juga penting. Tabungan bisa kamu gunakan untuk mewujudkan impian jangka pendek. Misalnya saja, kamu ingin membeli gadget baru, membeli perhiasan dan lainnya. Agar tabungan tidak terpakai cuma-cuma, baiknya tabung di rekening yang berbeda.

Sementara investasi, bukan hanya akan membuat kamu cuan, tapi juga dapat mengamankan kondisi keuangan di masa depan. Pilihlah instrument investasi yang modalnya sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Sekarang ini, sudah banyak instrument investasi yang hanya membutuhkan modal receh alias mulai dari puluhan dan ratusan ribu rupiah saja.

4. Pisahkan Dana Darurat Pribadi dan Khusus untuk Mobil

Dalam keuangan, penting juga memiliki dana darurat guna memenuhi kebutuhan atau keperluan yang datangnya secara mendadak. Bisa saja kamu sakit, ada anggota keluarga yang butuh bantuan, kehilangan pekerjaanm atau ada bagian mobil yang butuh di service dan lainnya.

Mengingat kamu memiliki mobil, sebaiknya pisahkan dana darurat pribadi dan khusus mobil. Dengan begitu, kondisi keuanganmu akan lebih aman. Siapkan masing-masing dana darurat ini sekitar 5% dari penghasilanmu.

Baca Juga: Pilih Asuransi Mobil Syariah atau Konvensional? Cek Perbedaannya

5. Manfaatkan Asuransi Mobil

loader
Manfaatkan asuransi kecelakaan

Ketika mengalami kecelakaan mobil, menggunakan uang tabungan untuk memperbaiki kerusakan, boleh-boleh saja. Akan tetapi, tabunganmu akan lebih aman jika kamu memiliki asuransi mobil.

Asuransi mobil akan melindungimu dari berbagai kerugian karena pihak asuransi akan mengcover biaya kerugian yang dibutuhkan. Kerugian ini mulai dari biaya perbaikan atau kerusakan akibat tindak kriminal, kebakaran, dan termasuk kecelakaan.

Dengan begitu, kamu akan lebih merasa tenang dan aman karena tidak perlu memikirkan besarnya biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan.

Kini, banyak perusahaan asuransi mobil yang memberikan penawaran menarik. Namun, kamu harus memilih perusahaan asuransi dengan tepat. Apalagi, sekarang ini juga banyak penipuan yang mengatasnamakan asuransi mobil.

Biar tak bingung, berikut tips sederhana ketika kamu ingin memiliki asuransi mobil, antara lain:

  • Pilih perusahaan asuransi mobil yang memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya
  • Pilih jenis asuransi mobil yang menawarkan All Risk
  • Bandingkan besaran premi dari masing-masing perusahaan asuransi mobil
  • Pastikan asuransi mobil yang kamu pilih memberikan layanan dan fasilitas yang maksimal
  • Bekerja sama dengan bengkel mobil terbaik

Baca Juga: Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

6. Lindungi Diri dan Keluarga dengan Asuransi dari Kecelakaan

Selain mobil, kamu dan keluarga juga perlu mendapatkan perlindungan asuransi. Apalagi kecelakaan mobil tidak bisa diprediksi. Beberapa perusahaan yang menawarkan asuransi mobil All Risk, kamu dan keluarga akan mendapatkan perlindungan kecelakaan diri. Namun, umumnya tambahan perlindungan diri ini terbatas.

Untuk itu, kamu bisa menambah perlindungan dari asuransi lain. Tapi kamu tetap harus memastikan, asuransi yang kamu ambil memiliki banyak manfaat dan sesuai dengan kebutuhan.

Pertimbangkan Berbagai Perlindungan untuk Diri, Keluarga dan Aset yang Dimiliki

Berbagai kecelakaan bisa terjadi dalam bentuk apa saja, baik kecelakaan kendaraaan, kebakaran rumah, banjir dan sebagainya. Agar diri, keluarga dan semua aset aman terlindungi dengan baik, maka penting memiliki asuransi. Dengan begitu, asuransi bisa mengcover kerugian atau biaya yang dibutuhkan untuk perawatan rumah sakit, perbaikan atau pergantian aset akibat dari kecelakaan. Hal ini tentunya akan membuat kondisi keuangan kamu menjadi lebih aman, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi ini biar Mobil Kena Banjir Ditanggung Asuransi