Ingin Hidup Enak Tanpa Mengandalkan Gaji Bulanan? Begini Tipsnya!

Seiring meningkatnya kebutuhan, hidup dengan mengandalkan gaji bulanan saja tidak cukup. Ya, kamu butuh pemasukan tambahan guna menunjang peningkatan taraf hidup. Kalau tidak, utang menjadi jalan satu-satunya agar tetap bertahan hidup.

Padahal ada banyak tips meningkatkan pendapatan yang bisa dilakukan. Dengan begini, kamu bisa hidup enak tanpa kekurangan apapun. Mau tahu seperti apa tipsnya? Simak dalam penjelasan berikut ini, jadi kamu bisa terapkan juga nantinya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Hidup Enak Tanpa Harus Mengandalkan Gaji Bulanan

1. Mulai menabung uang receh

nabung
Mulai menabung uang receh

Kalau ada uang ribuan, kenapa harus uang receh? Sejatinya, karena menabung dalam jumlah besar cukup sulit dilaksanakan. Sekarang terlaksana, beberapa bulan lagi tidak karena kamu tidak bisa disiplin menabung.

Tapi coba kalau yang ditabung uang receh, dijamin tidak akan keberatan. Kamu bahkan dengan senang hati mengumpulkan uang receh karena nilainya tidak begitu besar. Kalau sudah terkumpul, baru sadar kalau jumlahnya lumayan besar dan bisa dipakai untuk banyak hal.

Inilah yang mendorongmu untuk terus menabung. Ketika tabungan sudah banyak, kamu tidak perlu khawatir terhadap finansialmu di masa mendatang. Ada tabungan, jadi tidak melulu berharap pada gaji semata.

2. Berani berinvestasi

Masih banyak yang berasumsi kalau investasi cuma untuk orangtua. Nyatanya, tidak demikian karena investasi ditujukan bagi semua kalangan, termasuk milenial sepertimu. Investasilah yang membuatmu lepas dari keterikatan akan gaji.

Kamu bisa menikmati sejumlah keuntungan dari investasi. Bahkan bisa menginvestasikan keuntungannya lagi agar modal semakin bertambah. Sampai pada akhirnya finansial terasa aman, jadi tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan lagi di masa depan. Ada saham, reksadana, deposito, dan emas yang bisa dicoba. Sebaiknya pelajari instrumen investasinya supaya tidak salah pilih, sehingga hasil yang diperoleh menjadi maksimal.

3. Kendalikan konsumsi berlebih

Siapa bilang belanja itu membosankan? Belanja justru menjadi aktivitas paling menyenangkan, apalagi kalau ada uang. Mau beli apapun sudah tidak pikir berkali-kali, tinggal ambil dan bayar ke kasir.

Namun, belanja berlebihan membuat gaya hidupmu berubah konsumtif. Tentu akan sulit dihilangkan kalau sudah menjadi kebiasaan.

Makanya, coba kendalikan konsumsi dengan baik. Belilah barang yang menurutmu perlu, dapat memberi nilai dan manfaat lebih daripada barang lain. Alhasil, barang tersebut memberi kepuasan tersendiri setiap kali dipakai.

Baca Juga: Jadi Orang Terkaya Paling Muda di Dunia, Miliarder Mark Zuckerberg Pilih Gaya Hidup Sederhana

4. Cari pekerjaan sampingan

online shop
Cari pekerjaan sampingan

Hidup mengandalkan gaji bulanan saja sebenarnya bisa, tapi banyak hal yang mesti kamu rem agar gaji cukup membiayai kebutuhan hidup selama satu bulan. Jika kamu ingin merasakan hidup yang lebih baik, maka carilah pekerjaan sampingan untuk menambah pundi-pundi Rupiah.

Kamu bisa bekerja paruh waktu sebagai barista, translator, guru bimbingan belajar (bimbel), atau freelancer. Gajinya tidak seberapa, tapi setidaknya cukup untuk dialihkan ke rekening tabungan atau investasi.

Carilah pekerjaan sampingan yang sesuai passion dan pastinya tidak mengganggu pekerjaan utama. Jadi, tidak ada satu pekerjaan pun yang dikorbankan karena terlalu sibuk mengurus pekerjaan lain.

5. Buka usaha

Kondisi finansial mu dipastikan membaik kalau kamu berhasil melakukan poin 1-4 dengan sempurna. Agar hasilnya lebih maksimal lagi, silahkan buka usaha apapun yang sekiranya sesuai dengan modal. Dari sebuah usaha, kamu bisa memperoleh pemasukan tambahan yang membuat total pemasukan meningkat secara keseluruhan.

Prakteknya memang tidak mudah. Banyaknya persaingan dan kurangnya ilmu bisnis terkadang membuatmu mundur sebelum berperang. Tapi, membuka usaha adalah salah satu cara yang bisa mengurangi rasa ketergantungan pada gaji.

Tidak perlu besar, mulailah dengan membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Dengan tata kelola yang baik, percayalah usaha akan bertambah besar seiring berjalannya waktu. 

Baca Juga: Mau Hidup Bahagia Setiap Hari Ternyata Gampang, Jalani dengan Cara Sederhana Ini

6. Jual barang yang tidak terpakai

Kalau membuka usaha terlalu berisiko, kamu bisa coba berjualan. Tapi bukan jualan barang baru, melainkan barang bekas milikmu dengan harga yang lebih murah. Bisa berupa pakaian, kosmetik, peralatan masak, sepatu, tas, atau aksesoris.

Setidaknya dengan berjualan barang bekas, kamu memperoleh pemasukan tambahan. Bertambahnya pemasukan tentu membuat hidupmu menjadi lebih enak. Risikonya juga sangat minim. 

Jika tertarik, kamu bisa jualan di marketplace, situs atau aplikasi tempat berjualan barang bekas. Agar lebih efektif lagi, coba jualan di sosial media dengan teknik marketing yang baik guna mendapat banyak views. Barangmu dijamin cepat laku, deh!

Seimbangkan Pemasukan dan Pengeluaran

Baik tidaknya kondisi finansial sangat bergantung dari bagaimana caramu membuat keseimbangan, yaitu antara pemasukan dan pengeluaran. Hindari pribahasa pasak lebih besar daripada tiang, tapi coba lakukan sebaliknya. 

Besar atau tidaknya gaji bulanan tentu bukan jadi masalah besar lagi untukmu. Sebab, kamu punya sumber pemasukan lain yang bisa diandalkan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup. Mulai dari yang kecil, sedang, hingga terbesar sekalipun.

Baca Juga: Keren Tapi Sederhana, Gini Hidup Hemat ala Keluarga Kerajaan