Ingin jadi Freelancer? Ini Bidang yang Bisa kamu Jadikan Pilihan

Memiliki waktu luang yang cukup banyak, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang tambahan. Perkembangan teknologi informasi telah membuka lebih banyak peluang kerja, beberapa bahkan bisa saja kamu jalankan secara online. 

Jika selama ini kamu sudah memiliki pekerjaan utama, maka menjadi freelancer bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menjalankan pekerjaan ini sebagai sampingan, tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama yang selama ini kamu geluti. 

Pada dasarnya, freelancer juga bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan utama. Saat ini ada banyak bidang yang memberikan kamu peluang kerja dengan sistem tidak terikat seperti itu. Namun meski begitu, pastikan kamu memilih bidang yang sesuai dengan minat dan keahlianmu sejak awal. 

Hal ini penting, untuk memastikan kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan klien dengan baik dan maksimal. Jangan sampai karirmu di bidang freelancer tidak berjalan mulus, hanya karena kamu tidak bisa bekerja secara profesional. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan bidang pekerjaan freelancer yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. IT

IT

Perkembangan internet memang membawa banyak peluang kerja yang lebih beragam. Untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang IT, kamu akan memiliki kesempatan yang luas dalam bidang yang satu ini. 

Ada banyak pilihan pekerjaan yang dapat kamu pertimbangan, seperti: Web Developer, Programmer, IT Consultant, dan yang lainnya. Banyak perusahaan yang membutuhkan layanan di bidang IT ini, termasuk perusahaan besar yang pada umumnya sudah memiliki sistem yang bagus. 

Untuk bisa sukses di bidang ini, setidaknya kamu wajib menguasai beberapa keahlian sekaligus, mulai dari kemampuan di bidang coding hingga bahasa pemrograman dan yang lainnya.

Baca Juga: Ini Pekerjaan Tanpa "Ngantor" yang Bikin Kaya

2. Penulisan

penulisan

Bidang penulisan menjadi salah satu pilihan lainnya yang dapat kamu jadikan pertimbangan. Ini akan menjadi menyenangkan, jika ternyata kamu memang hobi membaca dan juga menulis. Jika kamu berkecimpung di bidang yang satu ini, kamu juga dapat memilih topik yang tepat dan benar-benar kamu kuasai dengan baik. 

Hal ini akan memudahkan kamu menyelesaikan setiap pekerjaan dengan cepat. Ada banyak pekerjaan di bidang penulisan yang dapat kamu jalankan dengan sistem freelancer, mulai dari Copywriter, Editor, bahkan menjadi penulis profesional untuk website besar.

3. Pendidikan

pendidikan

Untuk kamu yang memiliki bakat sebagai pengajar, bidang pendidikan juga memiliki banyak peluang pekerjaan. Kamu bisa menjadi freelancer di perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. 

Pilihan karirnya juga terbilang beragam, mulai dari guru, trainer, tutor, dan bahkan konsultan profesional untuk perusahaan. Pilih bidang yang paling tepat dan bisa kamu kuasai dengan baik, sehingga langkah kamu menekuni bidang pendidikan ini bisa berjalan dengan lancar.  

4. Penerjemahan 

penerjemah

Untuk kamu yang memiliki keahlian dalam bahasa asing, terjun ke dunia penerjemahan tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menjadi penerjemah profesional dan bekerja di perusahaan tertentu, termasuk perusahaan penerbit yang banyak membutuhkan penerjemah. 

Selain itu, karir sebagai interpreter juga bisa menjadi pertimbangan, di mana kamu menjadi penerjemah langsung dalam meeting ataupun berbagai acara lainnya yang diadakan oleh klien. Selain bahasa Inggris yang sangat umum, kamu juga bisa merintis karir ini dengan menguasai bahasa asing lainnya terlebih dahulu.

Ini akan menjadi pilihan yang tepat, jika ternyata kamu lulusan fakultas sastra, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing lainnya. 

5. Keuangan

keuangan

Keuangan menjadi bidang lainnya yang bisa memberikan banyak peluang kerja sebagai freelancer. Ini akan menjadi pilihan tepat untuk kamu yang lulus dari bidang ekonomi, pajak atau bahkan bisnis. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa kamu temukan di bidang ini, seperti: auditor, konsultan keuangan, akuntan, konsultan pajak, dan yang lainnya. 

Namun untuk terjun ke bidang yang satu ini, jelas kamu harus memiliki latar belakang pendidikan yang terkait dengan bidang tersebut. Saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan layanan untuk urusan keuangan, termasuk bisnis kecil atau pemula yang biasanya belum memiliki banyak karyawan.

Baca Juga: Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini

6. Industri Kreatif

industri kreatif

Bidang yang satu ini akan memiliki banyak pekerjaan yang dapat dijalankan oleh para freelancer. Industri kreatif cukup berkembang belakangan ini dan bisa memberikan banyak peluang kerja dalam berbagai bidang sekaligus. 

Kamu bisa menjadi desainer grafis, editor, fotografer, videografer, dan banyak pilihan lainnya. Perkembangan internet memang membuka peluang kerja di bidang ini menjadi lebih luas lagi, terutama untuk kamu yang memiliki ide-ide cemerlang dan selalu fresh.

Pilih bidang yang Tepat dan Kamu Kuasai dengan Baik

Menjadi freelancer profesional akan membawa kamu pada pengalaman kerja yang unik dan berbeda. Pastikan kamu menguasai bidang yang akan kamu tekuni, agar kamu dapat menyelesaikan setiap proyek dengan maksimal. Nikmati setiap pekerjaanmu dengan nyaman, agar kamu bisa menjadikan bidang tersebut sebagai pekerjaan jangka panjang.

Baca Juga: Kerja Freelance vs Full Time, Kamu Pilih Mana?