Ingin Kuota Tak Jebol Saat Nonton Netflix? Berikut Tipsnya!

Ketika memiliki waktu luang, kamu tentu memerlukan aktivitas yang bisa dilakukan agar tak merasa bosan. Aktivitas tersebut bisa berupa banyak hal seperti melakukan hobi, olahraga, bahkan hanya sekadar bersantai sambil menonton televisi atau film. Hal ini perlu dilakukan sebagai sarana me-refresh diri dari penatnya kegiatan sehari-hari. 

Nah, jika menonton film merupakan kegiatan yang disukai, tentu kamu memerlukan aplikasi atau situs penyedia berbagai jenis video dan film yang lengkap dan berkualitas. Hal ini penting karena dapat membantu kamu mendapatkan film atau tayangan yang diinginkan. Salah satu aplikasi yang patut dicoba adalah Netflix. 

Netflix merupakan pelopor on-demand video streaming yang cukup besar di Indonesia. Bersaing dengan platform lainnya, Netflix tetap berhasil memikat hati penggunanya dengan penawaran dan kualitas layanan yang bersifat unggulan. Banyaknya pilihan film serta aturan yang tak berbelit-belit, menjadi alasan mengapa situs ini banyak digemari. 

Namun, karena berbasis internet, tentu kamu membutuhkan kuota yang tak sedikit ketika mengakses platform ini. Hal ini tentu perlu diperhitungkan mengingat anggaran untuk kuota pun tak boleh disepelekan. 

Tapi tenang, jika kamu ingin menikmati menonton film melalui Netflix tanpa khawatir kuota jebol, berikut ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan. Simak baik-baik, ya!

Baca Juga: Layanan Streaming Film Netflix Merambah Indonesia

Tips Hemat Kuota Saat Nonton Film Netflix

nonton netflix

Tips Hemat Kuota Saat Nonton Film Netflix

  1. Hindari Kualitas HD

    Ketika menonton film, tentu kita menginginkan kualitas gambar dan tampilan yang bagus. Hal ini karena bisa berpengaruh pada mood saat menonton. Namun, jika kamu menonton melalui Netflix, kualitas yang bagus atau HD bisa didapatkan dengan kuota yang tidak sedikit. 

    Untuk itu, agar bisa menghemat kuota saat menonton Netflix, kamu bisa mengatur sendiri kualitas video pada aplikasi. Pilih kualitas video medium atau low dan hindari mengaktifkan kualitas Auto.

  2. Aktifkan Internet Settings

    Saat menggunakan aplikasi Netflix, kamu bisa mengatur penggunaan kuota internet, lho. Kamu hanya perlu membuka menu more > app settings> cellular data usage. Ini perlu dilakukan agar kamu bisa mengontrol penggunaan internet untuk aplikasi ini.

    Ada empat opsi pengaturan internet yang bisa dipilih, di antaranya:

    • Automatic: Jika mengaktifkan menu ini, Netflix akan memberikan kualitas video sesuai dengan kuota yang tersedia. Umumnya, kamu memerlukan data sebesar 1GB untuk menonton video berdurasi 4 jam. 
    • WiFi only: Menu yang satu ini bisa diaktifkan jika kamu memiliki fasilitas WiFi. Artinya, saat terhubung dengan WiFi, kamu baru bisa mengakses situs ini. Sehingga, kuota pun tak akan terpakai meski dalam mode diaktifkan.
    • Save data: Mode ini bisa diaktifkan ketika ingin menghemat kuota. Dengan mode ini, kamu bisa menghabiskan 1GB untuk menonton video selama 6 jam.
    • Maximum data: Jika kamu termasuk pengguna internet unlimited, mode ini bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih. Dengan menggunakan mode ini, kamu bisa menikmati tayangan video selama 1 jam dengan kuota sebesar 1GB.
  3. Mengunduh Video 

    Tips hemat kuota saat nonton film Netflix adalah dengan mengunduh film atau video yang diinginkan saat terhubung dengan WiFi. Hal ini cukup menarik karena kamu tak perlu kuota sama sekali untuk mengunduh maupun menontonnya.

    Apalagi saat akan berpergian, cara ini bisa dilakukan agar kamu tak bosan di perjalanan. Jadi, kamu bisa menonton di mana pun dan kapan pun tanpa khawatir soal kuota maupun jaringan internet. Seru, kan?

  4. Paket Data untuk Netflix

    Nah, cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota saat nonton Netflix adalah dengan mengaktifkan paket data khusus untuk Netflix. Seiring dengan semakin menjamurnya pengguna Netflix, beberapa operator seluler kini telah menyediakan paket data yang hanya bisa digunakan untuk streaming Netflix. Ini tentu menjadi terobosan menarik yang bisa menjadi opsi untuk menghemat kuota. 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghemat kuota saat menonton Netflix. Jadi, kamu bisa tetap menjalankan hobi menonton tanpa takut kuota jebol. Tapi ingat, tetap sesuaikan dengan kebutuhan kamu, ya. Semoga membantu!

Baca Juga: Bersantai sambil Belajar Keuangan, Yuk Tonton 5 Rekomendasi Serial Netflix Ini