Ingin Rutin Berzakat? Berikut 5 Tips yang Bisa Dilakukan

Sebagai seorang muslim, membayar zakat adalah salah satu rukun iman yang wajib dilaksanakan. Hal ini sebagai wujud ketaatan dan rasa syukur terhadap rezeki yang Tuhan berikan. Selain itu, dengan membayar zakat berarti kamu peduli terhadap sesama umat manusia. 

Zakat sendiri berarti harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim yang mana akan dibagikan kepada mereka yang berhak menerima sesuai dengan ketetapan syariah Islam. Besarnya nilai yang dikeluarkan pun tak begitu besar, tergantung dari jenisnya. 

Nah, jenis yang pertama adalah zakat fitrah, yaitu zakat yang mengharuskan seseorang mengeluarkan beras seberat 2,5-3 kg atau uang tunai yang nilainya setara dengan berat beras. Zakat fitrah bersifat wajib dan dikeluarkan hanya saat bulan Ramadan. Biasanya, organisasi penerima zakat akan membagikannya kepada mereka yang membutuhkan atau yang berhak menerima.

Selanjutnya, ada zakat maal yang mana kamu diminta untuk mengeluarkan zakat berupa uang sebagai bentuk pembersih harta atau penghasilan selama setahun terakhir. Garis besarnya adalah kepemilikan harta harus sudah mencapai setahun atau lebih, jika belum maka tak wajib dizakati. Besar nilai yang dikeluarkan pun hanya 2,5% dari total nilai kepemilikan harta selama satu tahun. 

Selain dua hal di atas, masih ada beberapa zakat lagi yang bisa dikeluarkan oleh umat muslim. Apapun bentuk dan jenisnya, setiap zakat memiliki tujuan yang mulia. Untuk itu, jika kamu termasuk dalam golongan umat muslim yang memenuhi syarat tersebut, sebaiknya ditunaikan dengan rutin dan penuh rasa ikhlas. 

Nah, jika merasa bingung bagaimana menjadi pribadi yang rutin berzakat, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: Ibadah Makin Afdol: Ketahui Syarat, Jenis Zakat dan Rumus Menghitungnya

Tips agar Bisa Rutin dalam Berzakat

loader

Tips Berzakat

  1. Pahami Jenisnya

    Sebelum menunaikan salah satu jenis ibadah ini, kamu sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis zakat yang akan dikeluarkan. Hal ini mengingat ada beberapa jenis zakat sesuai dengan tujuan dan waktu pelaksanaannya. Kamu bisa mempelajarinya lewat guru, pemuka agama, bisa juga melalui internet.

    Jika sudah paham, barulah kamu bisa menentukan jenis zakat apa yang ingin dilakukan. Kamu pun bisa rutin berzakat setiap kali merasa sudah waktunya. Jangan sampai kamu tak tahu jenis dan tujuan dari zakat yang dilakukan, ya! 

  2. Pelajari Besarnya Nilai Zakat

    Setiap zakat tentu memiliki nilai atau ketentuan sendiri-sendiri. Perhitungannya harus benar agar tujuan mulianya bisa terpenuhi. 

    Ketika nilai zakat sudah dihitung dan dimengerti dengan jelas, kamu dapat dengan mudah mengeluarkannya tanpa khawatir salah atau tak sesuai kaidah Islam.

  3. Perhatikan Waktu Berzakat

    Salah satu cara agar bisa rutin berzakat adalah dengan menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat. Ini bisa menjadi reminder dan acuan bagi seseorang agar tak sampai lupa. Kamu pun juga bisa memasukkannya pada anggaran pengeluaran rutin. 

    Misalnya, kamu memutuskan untuk mengeluarkan zakat di bulan Ramadan minggu keempat. Kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari, sehingga saat waktunya tiba, kamu tak bingung lagi. Hal ini tentu bisa memudahkanmu untuk menunaikan amal yang satu ini. 

  4. Komunitas Berzakat

    Cara lain yang bisa membuat seseorang rutin berzakat adalah dengan bergabung dengan komunitas atau organisasi yang bergelut di bidang zakat. Hal ini bisa berpengaruh pada pola pikirmu dan juga bisa membentuk kebiasaan berzakat. 

    Jika tidak ada organisasi seperti itu, maka kamu bisa membentuknya. Ajak saudara atau rekan kerja untuk berhitung agar menambah semangat untuk berzakat. Kamu juga bisa saling mengingatkan satu sama lain jika waktu berzakat tiba, sehingga tak akan terlupa. Menarik, kan?

  5. Aplikasi Zakat Online

    Di zaman serba modern seperti sekarang ini, kamu memang sudah sangat dimanjakan dengan kemajuan teknologi. Jika berkumpul atau berorganisasi tidak sesuai dengan kebiasaanmu, maka inovasi aplikasi bertajuk zakat online ini memang cocok untuk kamu. Tak perlu ribet, kamu hanya perlu mengunduh dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan, maka aplikasi pun bisa dengan mudah digunakan.
    Biasanya kamu akan dibantu untuk menghitung besarnya nilai yang dikeluarkan sesuai data yang sudah di-input. Kamu juga bisa mendapatkan reminder dari aplikasi tersebut jika sewaktu-waktu lupa. Belum lagi, terdapat program zakat online yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tak berzakat, kan?

Sudah Siapkah untuk Rutin Berzakat?

Nah, itu tadi 5 tips yang bisa dilakukan agar seseorang bisa rutin berzakat. Perlu diingat bahwa zakat itu perlu dibiasakan agar tak berat melakukannya. Apalagi nominal yang dikeluarkan juga tak begitu besar. Jadi, jangan lupa berzakat ya!

Baca Juga: Sedekah Online: Simak Hukum dan Tips Aman Sedekah Lewat Aplikasi Ini