Ingin Sharing Momen Lebaran? Ini Dia Tips Upload Momen Lebaran ke Instagram Biar Tambah Spesial

Idul Fitri adalah hari raya yang dinanti bagi setiap  umat islam. Momen dimana setiap muslim saling meminta maaf dan memaafkan. Tidak ada lagi rasa dendam dan benci yang masih  terpendam. Karena hari raya Idul Fitri adalah  cerminan  setiap  jiwa umat  muslim  untuk kembali  sesuai  dengan  fitrahnya, yaitu  jiwa  yang  suci.

Tapi  di  Indonesia  saat ini, lebaran tahun ini tidak bisa seramai tahun-tahun kemarin. Berlangsung bersamaan dengan masa pandemi covid-19 membuat acara kumpul dengan keluarga besar harus tertunda sampai lebaran berikutnya. Tapi bagaimanapun, lebaran tetaplah momen yang spesial yang hanya mampir setahun sekali. Jadi mengabadikan momen spesial ini adalah hal yang harus dilakukan.

Walaupun hanya bisa berfoto dengan keluarga yang ada dirumah, bukan berarti sesi berfoto dihari lebaran ini tidak bisa dibuat se-spesial mungkin. 

Karena hanya terjadi sekali dalam setahun, foto yang  diunggah  tentunya  harus  yang  keren  dong, apalagi  jika media sosial  yang  digunakan  adalah  instagram.  Sudah  pasti  hasil jepretannya  harus  yang  menarik  dan  instgrammable.

Berikut  ini  tips-tips sederhana yang bisa kamu  lakukan  agar  foto momen lebaranmu  semakin  instagrammable:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Siapkan Perangkat Foto yang  Diperlukan

perangkat foto

Untuk mengabadikan momen spesial bersama keluarga, tentu kita membutuhkan seperangkat  alat fotografi  terbaik.  Misalnya saja smartphone atau kamera.

Dan yang paling umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah smartphone. Smartphone menjadi pilihan yang paling efektif untuk mengabadikan  setiap  momen bersama keluarga, sahabat serta teman-teman dekat.

Tak hanya itu, perkembangan fitur-fitur smartphone yang semakin canggih menjadikannya layak untuk dipilih  oleh kebanyakan orang. Selain smartphone, kamu juga bisa memanfaatkan kamera untuk mengabadikan momen spesialmu. Mulai dari kamera digital, kamera instan hingga kamera mirrorless.

2. Gunakan Outfit Terbaik dan Menarik

pilih outfit

Outfit cukup memberikan dampak yang signifikan agar foto terlihat lebih instagrammable. Oleh karena itu, kamu harus memilih dan memadu madankan outfit-mu agar terlihat lebih  menarik.

Tapi jangan melupakan juga nilai-nilai kesopanan ya. Jangan hanya karena mengejar like dan popularitas, kamu jadi abai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat.

Kamu bisa memilih pakaian dengan warna-warna pastel yang lembut dan tetap memancarkan keanggunan sebagai wanita. Bisa  juga kamu memilih warna monokrom atau warna lainnya yang senada. Usahakan untuk menghindari warna-warna yang terlalu mencolok. Kamu juga bisa melengkapi outfit-mu dengan aksesoris untuk menambah kesan ceria.

Bagi kamu yang mengenakan hijab, kamu bisa berkreasi dengan style jilbabmu, namun harus tetap mematuhi aturan-aturan dalam berhijab ya. Dan hindari pula make up yang berlebihan. Bukankah segala hal yang berlebihan itu tidak baik?

Baca Juga: Ini Dia Tips Biar Penampilan semakin Menarik dan On Point saat Lebaran Tiba

3. Pilihlah Gambar yang Unik

gambar yang unik

Menurut survei, ada 52 juta foto yang di-posting ke Instagram setiap  harinya. Tak hanya dari Indonesia, postingan tersebut berasal dari berbagai negara bahkan seluruh dunia.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar  memastikan bahwa gambar yang kamu posting memiliki keunikan tersendiri. Cobalah pose-pose candid bersama keluarga agar terlihat lebih ekspresif dan jujur. Tak hanya itu, kamu beserta keluarga juga bisa mengunjungi suatu tempat yang masih belum banyak dikenal orang.

Dengan demikian  foto-foto yang kamu posting akan memiliki nilai keunikan tersendiri dan memiliki ciri khas yang belum tentu bisa ditiru oleh orang lain.

4. Lakukan Proses Editing

editing

Editing  sangat membantu  untuk menciptakan foto yang  instagrammable.  Apalagi  jika  kamu  bukanlah  fotografer  profesional yang  bisa  menghasilkan gambar yang bagus  dalam  satu  kali pengambilan gambar.

Proses editing  tidak harus dilakukan pada  laptop ataupun komputer, karena kamu bisa memanfaatkan beragam aplikasi editing yang bisa diunduh melalui smartphone yang kamu miliki.

Saat mengedit foto, pastikan bahwa hasil akhirnya terang, jernih dan resolusi warna tetap seimbang. Dan hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai hasil foto terlihat aneh atau malah terkesan tidak natural.  Tentu  hal ini akan membuatmu gagal untuk menciptakan foto yang  instagrammable.

5. Jangan Lupa untuk Melakukan Proses Backup Data

backup data

Backup data seharusnya dilakukan  secara teratur  agar  setiap foto yang telah diposting  ke  media  sosial tidak hilang  begitu  saja. Backup data  ini  dilakukan  untuk menghindari hilangnya data-data, foto maupun dokumen penting jika terjadi kerusakan pada smartphone atau hilangnya smartphone karena pencurian.

Baca Juga: Lebaran di Rumah Saja, Bagi-Bagi THR Tetap Lancar Pakai Aplikasi Dompet Digital

Lebaran Bukan Cuman Ajang buat Berfoto, Jadi Jangan Berlebihan Yah!

Mengabadikan momen bersama keluarga menjadi hal  yang cukup dianjurkan.  Karena  bisa saja momen tersebut  adalah  momen yang  terjadi  satu  kali  dalam  hidup  kita  dan  belum  tentu  juga  terulang  di lain  waktu.

Namun, jangan  sampai  agenda  mengabadikan  momen kebersamaan  merusak  esensi  ataupun  suasana  hari  raya  Idul  Fitri.  Atau  bisa  juga  karena  terlalu sibuk melakukan  foto  hingga  acuh  tak acuh  dengan sanak  saudara  yang lainnya.  Lebih  memilih  berdiam  diri  melakukan  segala proses editing  demi  sebuah  konten  hingga  terlupa  dengan  hal-hal  yang  lebih  penting  di kala  Idul  Fitri.

Baca Juga: Begini Cara Atur THR di Masa Corona Biar Keuangan Sehat