Ini 7 Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik, Pelajar Wajib Tahu!

Memilih jurusan yang tepat di saat kuliah tentu sangat penting. Jurusan ini kelak akan berkaitan dengan pengembangan karir kamu ke depannya. Jika kamu menginginkan jurusan dengan prospek kerja yang luas, jurusan administrasi publik bisa menjadi pilihan tepat. 

Bukan hanya di instansi pemerintah saja, jurusan yang satu ini juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan lainnya. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat jurusan ini akan mendalami beberapa studi yang penting sekaligus, seperti: teori organisasi, ilmu hukum serta berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu pemerintahan lainnya. 

Jurusan administrasi publik akan membekali kamu dengan banyak kemampuan, mulai dari keterampilan dalam menyusun anggaran, kemampuan berkomunikasi dan manajemen SDM, bahkan kemampuan dalam mengambil keputusan terkait keuangan. 

Semua kemampuan ini memungkinkan lulusan jurusan administrasi publik mampu menjadi public speaker handal. Prospek kerjanya sangat luas, bahkan meningkat setiap tahunnya. Jika melihat kenyataan tersebut, jurusan ini tentu sangat layak dijadikan pilihan, bukan? 

Simak beberapa prospek kerja menjanjikan dan dapat dijadikan pilihan oleh lulusan administrasi publik berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik

1. Konsultan Pemerintahan

loader
Prospek kerja jurusan administrasi publik

Pekerjaan yang satu ini akan cocok untuk yang ingin berkarir di instansi pemerintah. Berbagai lembaga pemerintah akan membutuhkan banyak konsultan yang dapat menghadapi tantangan perkembangan zaman dan juga teknologi. 

Konsultan-konsultan inilah yang diharapkan bisa memberikan berbagai solusi dan juga strategi untuk semua tantangan tersebut. Bukan hanya untuk menghadapi kendala-kendala yang sudah ada, namun juga untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Pekerjaan ini akan cocok untuk yang senang dengan tantangan dan pengaturan strategi. 

2. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Negara kita terbilang besar dengan jumlah ASN yang juga terbilang sangat banyak. Hal ini membuka peluang karir di bidang manajemen SDM yang cukup luas. Lembaga pemerintah akan terus memerlukan ahli manajemen, khususnya manajemen SDM yang dapat menghasilkan SDM yang berkualitas di jajaran pemerintahan. 

Keahlian para lulusan administrasi publik akan sangat dibutuhkan dalam proses seleksi kandidat ASN yang berkualitas dan siap bekerja. Selain itu, keahlian yang dimiliki juga akan sangat berguna untuk membantu instansi pemerintahan.

3. Pekerja LSM

Kemampuan lulusan administrasi publik dalam manajemen pemerintahan serta ilmu kebijakan publik juga cukup mumpuni. Hal ini memungkinkan para  lulusan ini meniti karir sebagai pekerja LSM yang profesional.

Dalam pekerjaan ini, alumni jurusan ini akan bertugas mengawasi berbagai program agar lebih efisien, baik itu yang berada di lembaga pemerintahan maupun organisasi lainnya. 

Kemampuan yang dimiliki akan memungkinkan mereka berkolaborasi dengan baik bersama tim PR dalam menjaga citra perusahaan, termasuk membangun hubungan baik dengan publik. Selain itu, mereka juga bertugas dalam mengatur berbagai acara penggalangan dana, bahkan siaran pers lainnya. 

Baca Juga: Kuliah Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Ini 5 Prospek Kerja K3 yang Menjanjikan

4. Jurnalis

loader
Prospek kerja administrasi publik

Alumni administrasi publik juga akan memiliki peluang kerja yang baik sebagai jurnalis, terutama menjadi jurnalis politik. Hal ini didukung dengan pengetahuan mereka yang cukup luas di bidang ilmu pemerintahan dan juga kebijakan publik. 

Mereka akan lebih mudah untuk mengolah berbagai data dan informasi terkait bidang tersebut menjadi berita yang akurat. Karir yang satu ini tentu terbilang sangat menarik dan penuh dengan tantangan.

5. Tenaga Pengajar

Tak hanya berkecimpung di dunia pemerintahan saja, lulusan administrasi publik juga akan memiliki kesempatan luas untuk berkarir di bidang akademik. Menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi bisa menjadi pilihan, apalagi saat ini peluang tersebut sudah semakin lebar. 

Ada banyak perguruan  tinggi yang menyediakan pilihan jurusan ini, antara lain: UNS, Unbraw, UI, Unpad, dan yang lainnya. Hal ini tentu sekaligus membuka peluang kerja bagi lulusan administrasi publik yang ingin terjun dan meniti karir sebagai dosen secara profesional. 

Baca Juga: 8 Prospek Kerja Lulusan Arsitektur yang Bisa Dicoba

6. Peneliti

Peluang kerja sebagai peneliti juga sangat terbuka untuk para lulusan administrasi publik. Mereka bisa bekerja sebagai peneliti di berbagai lembaga riset, yang pada umumnya bekerja sama dengan instansi pemerintah. 

Di dalam prakteknya, lembaga-lembaga riset ini biasanya menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah untuk menangani berbagai isu birokrasi. Kemampuan yang baik dalam melakukan analisa dan juga pengetahuan di bidang ilmu pemerintahan yang dimiliki lulusan administrasi publik akan sangat dibutuhkan dalam riset tersebut.

7. Staf Legislatif

Berkarir sebagai staf di lembaga legislatif juga bisa menjadi pilihan untuk para lulusan administrasi publik. Pemahaman dan kemampuan mereka dalam bidang kebijakan publik akan sangat membantu dalam pekerjaan ini. 

Mereka akan memiliki kemampuan mumpuni dalam membuat kebijakan, bahkan yang terkait dengan publik luas. Hal ini bahkan memungkinkan mereka meniti karir secara profesional di bidang politik. 

Jurusan dengan banyak pilihan karir menjanjikan

Administrasi publik menjadi salah satu jurusan yang semakin diminati belakangan ini. Peluang kerja di bidang yang satu ini memang semakin luas, bahkan meningkat setiap tahunnya. Ini akan menjadi pertimbangan penting untuk kamu yang sedang memilih jurusan dan menginginkan sebuah jurusan dengan banyak pilihan karir sekaligus.

Baca Juga: 8 Prospek Kerja untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan