Inilah 12 Manfaat Quinoa bagi Tubuh, Banyak Menyimpan Nutrisi Hebat!

Chenopodium quinoa mungkin masih asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, benih yang dapat diolah menjadi pengganti nasi putih ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan yang tentu sangat sayang jika sampai dilewatkan. 

Quinoa adalah sejenis benih dengan bentuk menyerupai biji-bijian. Dihasilkan oleh tanaman berbunga yang berasal dari keluarga bayam, quinoa ternyata mengandung banyak nutrisi dan serat jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian lain. Kayanya kandungan nutrisi inilah yang membuat quinoa begitu populer dijadikan sebagai menu diet oleh sebagian orang. Tak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, quinoa juga mampu memberi banyak manfaat kesehatan bagi tumbuh kembang anak. 

Lantas, apa saja sih manfaat quinoa bagi kesehatan yang membuatnya begitu banyak dicari oleh orang? Juga, kandungan nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya dan menjadi cikal bakal khasiat menyehatkan yang diberikannya? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Sarapan Oats Setiap Hari Bikin Tubuh Lebih Sehat

12 Manfaat Quinoa bagi Tubuh

loader

Manfaat Quinoa

  1. Bantu Turunkan Berat Badan

    Quinoa banyak dijadikan sebagai alternatif asupan pengganti nasi saat diet bukanlah tanpa alasan. Kandungan serat yang tinggi pada benih tersebut dapat membantu proses penurunan berat tubuh dengan lebih efektif. 

    Selain itu, quinoa juga dilengkapi dengan 20-hydroxyecdysone, sebuah hormon yang dipercaya mampu membakar lemak berlebih sehingga berat badan menjadi lebih terkontrol. Tak hanya itu, hormon tersebut juga dapat membantu tubuh dalam menyerap sebagian kecil lemak yang terkandung dalam makanan yang kamu konsumsi. 

  2. Menyehatkan Organ Pencernaan

    Kandungan serat yang tinggi dalam quinoa tak hanya dapat membantu kamu dalam mengontrol berat tubuh, namun juga menyehatkan organ pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi biji-bijian ini, usus kecil akan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan dan mencegah terjadinya sembelit pada usus besar. 

  3. Mencegah Penyakit Osteoporosis

    Kaya akan kandungan mangan dan magnesium, quinoa dikenal mampu membantu proses pembentukan struktur tulang dan mencegah osteoporosis. Kandungan protein yang tinggi pada jenis biji-bijian tersebut juga mampu membentuk tulang. Tak kalah pentingnya, mengandung 9 jenis asam amino esensial yang tak diproduksi tubuh, quinoa juga dapat membantu tulang agar lebih sehat dan kuat. 

  4. Meningkatkan Tumbuh Kembang pada Anak

    Manfaat quinoa lainnya untuk kesehatan adalah membantu proses tumbuh kembang anak. Penyebabnya, quinoa memiliki kandungan protein 2 kali lebih melimpah ketimbang oat serta dapat diolah dengan mudah dan menarik sehingga mampu meningkatkan nafsu makan si kecil. 

    Saat kebutuhan protein tubuhnya terpenuhi, perkembangan dan pertumbuhan anak akan menjadi lebih optimal. Pembentukan tulang, otot, darah, dan kulit pun ikut tersokong. Tak hanya itu, kehadiran protein dalam tubuh juga penting dicukupi pada ibu hamil agar calon buah hati dapat terlahir dengan sempurna. 

  5. Menurunkan Risiko Inflamasi atau Peradangan

    Serat yang terkandung dalam makanan super ini mampu menghasilkan butyrate, sejenis asam lemak yang berperan dalam membunuh gen penyebab peradangan. Serat juga berkhasiat untuk melepaskan asetat dan memberi sinyal pada otak untuk menghentikan nafsu makan sehingga kemungkinan munculnya inflamasi menjadi lebih kecil. Begitupun kandungan vitamin B juga mampu menekan kadar hormon inflamasi atau homocysteine dalam tubuh. 

  6. Bantu Atasi Anemia

    Quinoa juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dalam secangkir quinoa matang, terkandung setidaknya 3 mg zat besi atau setara 15 persen kebutuhan harian tubuh sehingga lebih tak berisiko terkena anemia. Penyebab lainnya dari anemia, yakni kekurangan riboflavin atau vitamin B2 juga dapat diatasi dengan mengonsumsi quinoa secara teratur. 

  7. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

    Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung atau sedang mengidap masalah kesehatan tersebut, menjadikan quinoa sebagai konsumsi rutin mungkin layak untuk dipertimbangkan. Sebab, jenis benih tersebut dipercaya ampuh dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung karena dilengkapi dengan karbohidrat dan protein berkualitas tinggi serta bernilai glikemik rendah. 

    Tak hanya itu, quinoa juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, serta antioksidan yang tinggi. Saat semua kandungan nutrisi tersebut cukup didapatkan oleh tubuh, kamu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kondisi kesehatan jantung di masa mendatang. 

  8. Menghalau Perkembangan Sel Kanker

    Kanker sudah lama menjadi penyakit yang amat ditakuti oleh semua orang di dunia. Alasannya karena penyakit ini seringkali terlambat dideteksi sehingga sudah berada di tahap yang fatal dan membahayakan nyawa penderitanya. Untungnya, kanker dapat dicegah dan diminimalisir risikonya dengan menjalankan gaya hidup sehat serta mengonsumsi asupan yang terjamin kandungan nutrisinya.

    Salah satunya adalah quinoa yang ternyata juga mampu memberi manfaat mencegah serta melawan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi semangkuk quinoa secara rutin dan teratur mampu menekan risiko kematian dini karena penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena asupan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang kaya dan mampu membantu tubuh menangkal radikal bebas serta zat berbahaya lain yang mampu memicu munculnya sel kanker. 

  9. Lebih Mudah Kontrol Kadar Gula dalam Darah

    Manfaat quinoa lainnya yang penting untuk kesehatan adalah mengontrol kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes. Diabetes adalah jenis penyakit yang muncul akibat kebiasaan tak menjaga pola makan dan asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh sehingga kandungan gula dalam darah menjadi berlebih.

    Selain mengganti nasi putih dengan nasi merah, penderita diabetes juga dapat menjadikan quinoa ini sebagai jenis makanan yang layak untuk dipilih. Karena mengonsumsi jenis biji-bijian seperti quinoa ini terbukti mampu mengurangi dampak buruk dari gula buah atau fruktosa terhadap tingkat profil lipid dan glukosa dalam tubuh. 

  10. Cocok Dikonsumsi oleh Penderita Celiac

    Celiac adalah penyakit autoimun yang muncul karena mengonsumsi gluten. Sistem imun tubuh pada penderita penyakit ini umumnya akan memunculkan reaksi pasca mengonsumsi gluten. Reaksi tersebut mampu merusak lapisan mukosa pada usus halus, serta menghambat proses penyerapan nutrisi atau malabsorpsi. Dampaknya, penderita celiac akan merasakan lemas, anemia, dan juga diare. 

    Nah, untuk menyiasatinya, quinoa dapat menjadi pilihan asupan untuk dikonsumsi karena tak mengandung gluten. Jadi, bagi kamu yang menderita penyakit celiac, tengah menjalani pola konsumsi bebas gluten, atau alergi terhadap kandungan tersebut, maka quinoa ini sangat cocok masuk ke dalam daftar makanan kamu. 

  11. Mampu Mengontrol Kolesterol

    Tak hanya mencegah diabetes, quinoa juga memiliki manfaat untuk mengontrol serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Karena mengandung serat yang melimpah, manfaat quinoa dalam menurunkan kadar kolesterol tak perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya, kandungan serat dalam tubuh mampu membantu kinerja pencernaan dalam mengolah makanan.

    Jika kondisi pencernaan terjaga, secara tidak langsung kandungan kolesterol tubuh akan terkontrol.

  12. Mencegah Sel Rusak dan Redakan Nyeri Otot

    Manfaat quinoa yang terakhir adalah menghambat kerusakan sel serta meredakan nyeri pada otot. Kandungan antioksidan pada quinoa diyakini mampu mencegah kerusakan sel dan membantu proses penyembuhannya. Saat kesehatan sel dalam tubuh terjaga, kamu akan terhindar dari berbagai ancaman penyakit dan risiko penuaan dini. 

    Tak hanya itu, kandungan lysine atau asam amino utama dalam quinoa juga mampu meredakan dan menyembuhkan nyeri otot setelah berolahraga intens. Dengan begitu, tubuh akan lebih cepat untuk kembali prima dan siap beraktivitas seperti biasa. 

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat Dengan Mulai Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!

Tergolong Sebagai Makan Super, Yakin Mau Melewatkan Manfaat Quinoa untuk Kesehatan?

loader

Tergolong Sebagai Makan Super

Sederet manfaat quinoa yang hebat untuk kesehatan ini tak lain berasal dari kandungan nutrisi dan bahan aktif di dalamnya. Mulai dari protein dan serat yang menyehatkan, berbagai jenis vitamin B, dan mineral, tak mengherankan jika jenis biji-bijian tersebut mampu memberi segudang manfaat menyehatkan bagi tubuh. 

Baca Juga: Kumis Kucing, Satu Tanaman Berjuta Manfaat