Inilah Cara Mudah Mengetahui Pajak Kendaraan Anda

Saat ini teknologi semakin berkembang pesat dan terus mengarah ke arah yang lebih baik. Banyak hal yang awalnya sulit atau merepotkan untuk dilakukan kini menjadi mudah karena perkembangan teknologi. Terlebih penggunaan internet yang kian populer mulai menggantikan banyak peran dalam keseharian banyak orang. Sekarang kita cukup menggunakan internet dari komputer atau gadget untuk berbelanja, membayar tagihan, transfer uang, atau kirim barang.

Tidak hanya itu, saat ini Pemerintah sudah mengakomodasi dan menyesuaikan diri seiring ramainya penggunaan internet di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari akses ke layanan masyarakat yang diberikan Pemerintah melalui internet. Salah satu yang mulai menggunakan internet adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang meliputi Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Polisi Republik Indonesia (Polri), serta Jasa Raharja. Samsat berwenang untuk mengeluarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bagi para pemilik kendaraan bermotor, baik kendaraan pribadi, mobil besar, maupun sepeda motor.

Saat ini beberapa wilayah, terutama kota-kota besar, sudah menyediakan layanan pembayaran online untuk pajak kendaraan bermotor, di antaranya Jakarta dan Jawa Timur. Hal tersebut pastinya sangat memudahkan dan membantu para pemilik kendaraan  bermotor, terutama bagi yang tidak mempunyai banyak waktu luang. Selain itu, layanan online membuat proses lebih cepat, transparan, aman, dan efisien.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kendaraan Untuk Anda

Cek Pajak Kendaraan Menjadi Lebih Mudah

Pajak Kendaraan Bermotor
Cek Pajak Secara Online via wheels.ca 

Selain pembayaran pajak kendaraan yang bisa dilakukan secara online, hal lain yang bisa dilakukan dengan sistem berbasis internet ini adalah melakukan pengecekan pajak kendaraan. Cara cek pajak kendaraan secara online juga terbilang mudah, praktis, dan aman. Terdapat informasi mulai dari spesifikasi kendaraan, tanggal jatuh tempo, besaran pajak yang harus dibayarkan, serta informasi denda keterlambatan jika kita telat membayar pajak.

Informasi yang diberikan tersebut ditangani Dispenda yang memiliki wewenang untuk menentukan nilai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Setiap daerah memiliki peraturan yang kurang lebih sama walaupun ada beberapa yang berbeda. Namun, belum semua Dispenda di daerah-daerah di Indonesia memberikan informasi tersebut secara online. Baru beberapa wilayah di kota/provinsi besar yang kebanyakan berada di Jawa.

Bagi yang penasaran untuk mengetahui cara cek pajak kendaraan secara online, berikut ini akan disampaikan cara cek pajak kendaraan untuk setiap daerah yang memberikan pelayanan mengenai informasi pajak kendaraan bermotor di Indonesia.

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

1. DKI Jakarta

Sebagai ibu kota, DKI Jakarta tentunya menjadi contoh dalam memberikan pelayanan terbaik. Di bawah ini adalah cara mengecek pajak kendaraan secara online untuk wilayah Jakarta.

  • Buka website informasi pajak di http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB.
  • Ada formulir untuk mengisi nomor pelat kendaraan (isi nomor Anda). Kemudian klik Proses.
  • Akan keluar informasi yang ada cari. Perhatikan, pajak yang tertera pada website tersebut adalah pajak untuk kendaraan pertama (belum termasuk pajak progresif) dan apabila pajak kendaraan sudah jatuh tempo. Nilai pajak belum termasuk denda Jasa Raharja dan denda pajak jika melakukan keterlambatan dalam pembayaran.

2. Jawa Barat

Berbeda dengan DKI Jakarta yang sudah berbasis online, Jawa Barat belum sepenuhnya menerapkan layanan secara online. Kalau pun mengadopsi teknologi, layanannya diakses lewat Short Message Service (SMS). Pembayaran juga bisa dilakukan lewat beberapa sarana, seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM), internet banking, dan SMS banking. Lebih lengkapnya, informasi bisa diketahui dengan mengakses http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.

3. Jawa Timur

Untuk Jawa Timur, informasi tentang pajak kendaraan online dapat dilihat di website http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas. Di sana ada formulir untuk memasukkan nomor pelat kendaraan dan lanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi. Setelah itu, klik tombol Cari untuk bisa melihat informasi pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki. Cara cek pajak kendaraan di Jawa Timur memang bisa dibilang lebih mudah dibandingkan Jawa Barat.

4. Jawa Tengah

Cara cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah juga terbilang mudah. Yang harus dilakukan hanya membuka situs http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Kemudian masukanlah nomor pelat kendaraan yang ingin dicek pajaknya. Setelah itu, klik tombol Submit dan informasi kendaraan Anda akan keluar secara lengkap. Sebagai catatan, biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang tertera pada situs tersebut adalah biaya normal dan belum termasuk pajak progresif.

Cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah juga bisa dilakukan lewat SMS. Caranya, kirimkan SMS ke nomor 9600 dengan format: JATENG<spasi>nomor pelat kendaraan, contohnya JATENG H4567DD

5. Yogyakarta

Untuk yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, pengecekan pajak kendaraan dapat dilakukan dengan mengakses situs http://infonjkbdiy.com/. Kemudian isi formulir info PKB yang muncul di layar dengan nomor pelat kendaraan. Setelah itu, klik tombol Submit untuk proses selanjutnya. Sama seperti di Jawa Tengah, Anda yang tinggal di Yogyakarta juga bisa melakukan pengecekan lewat SMS. Caranya, kirim pesan dengan format DIY<spasi>nomor pelat kendaraan, contohnya DIY AB3456SD.

Cek Pajak Via Aplikasi Smartphone/Gadget

Pajak Kendaraan Bermotor
Pengecekan Pajak Lewat Smartphone via sna.dk 

Selain dengan mengujungi website atau kirim pesan via SMS, Anda juga bisa melakukan pengecekan informasi pajak kendaraan dengan aplikasi smartphone. Saat ini di Google Play Store sudah terdapat aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai pajak kendaraan. Anda cukup mengunduh/memasang aplikasi yang sesuai dengan daerah atau tempat tinggal. Setelah itu, buka aplikasi dan tunggu hingga di layar muncul logo e-Samsat. Tekan Enter dan masuk ke halaman yang berisi formulir untuk mengecek informasi pajak.

Baca Juga: STNK Hilang? Ini Dia Cara Mengurusnya

Dengan Online, Cek Pajak Kendaraan Jadi Mudah, Praktis, dan Transparan

Perkembangan teknologi yang diadopsi Pemerintah kini membuat pengurusan administrasi pajak semakin mudah. Kini masyarakat, khususnya di provinsi yang tadi disebutkan di atas, sudah bisa melakukan pengcekan pajak kendaraan secara online. Dengan begitu, masyarakat tak perlu lagi repot mesti datang ke tempat/kantor layanan untuk melakukan pengurusan administrasi. Pemanfaatan kemudahan ini tentu saja sebagai solusi tertib administrasi pajak yang mudah, praktis, dan transparan.

Baca Juga: Cara, Proses dan Biaya Mutasi Kendaraan Bermotor Tanpa Calo