Permudah Transaksi dengan Layanan Internet Banking Bank Jatim

Badan usaha milik daerah memiliki peran krusial di perkembangan sebuah daerah agar mampu menyokong kebutuhan masyarakat daerah. Upaya dalam mendukung kebutuhan masyarakat daerah adalah pembentukan badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang perbankan. Hal ini dapat dilihat dari dibentuknya Bank Jatim.

Bank Jatim merupakan bank yang didirikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan nama PT. Bank Pembangunan Daerah Djawa Timur. Bank yang dibentuk pada tahun 1961 ini kini sudah memiliki ratusan cabang yang menyebar di sejumlah wilayah, khususnya di Jawa Timur.

Perkembangan perusahaan pun terjadi pada layanan yang terus menjadi inovasi perusahaan. Hal ini dapat terlihat dari upaya perusahaan dalam membentuk layanan internet banking untuk mendampingi fasilitas lain yang sebelumnya sudah diinisiasi perusahaan.

Banyak kegiatan yang terangkum di dalam perangkat masing-masing. Begitu pula untuk kegiatan bertransaksi. Internet banking Bank Jatim yang menjadi fitur bertransaksi ini menjadi satu kemudahan yang bisa didapatkan bagi nasabah untuk bertransaksi tanpa perlu mengeluarkan tenaga lebih.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Layanan Internet Banking Bank Jatim

loader

Inovasi di tengah perkembangan digital masyarakat saat ini adalah peran internet sebagai pendukung kegiatan. Internet menjadi jejaring yang praktis yang digandrungi masyarakat karena keuntungan yang ditawarkan. Hampir seluruh perusahaan perbankan memanfaatkan peran internet untuk melakukan aktivitas transaksi atau aktivitas perbankan lain.

Internet banking yang diluncurkan Bank Jatim adalah inovasi terkini yang mempermudah nasabah. Hanya dengan jaringan internet pada perangkat masing-masing, entah gawai atau laptop, nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan lain.

Inovasi internet banking ini hanya memerlukan jaringan internet bagi nasabah untuk melakukan aktivitas-aktivitas perbankan yang biasanya dilakukan di kantor cabang. Untuk menerima layanan internet banking Bank Jatim, nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah.

Baca Juga: Bank BTN: Kenali Internet Banking BTN dan Cara Daftarnya

Syarat Daftar Internet Banking Bank Jatim

Internet banking Bank Jatim memiliki persyaratan sebelum nasabah menikmati layanan ini. Beberapa persyaratan tersebut dikeluarkan perusahaan sebagai awal dari proses administrasi.

Adapun beberapa syarat yang diajukan pihak perusahaan untuk pendaftaran internet banking Bank Jatim sebagai berikut:

  1.   Nasabah merupakan nasabah Bank Jatim yang sudah memiliki tabungan, baik giro rupiah maupun mata uang lain
  2.   Kartu ATM wajib dimiliki oleh nasabah yang ingin mendaftar melalui mesin ATM
  3.   Nasabah perlu membawa serta kartu identitas seperti KTP serta buku tabungan dan kartu ATM untuk nasabah yang ingin mendaftar melalui kantor cabang

Setelah memperhatikan syarat tersebut, nasabah dapat langsung melakukan pendaftaran internet banking Bank Jatim. Pendaftaran ini dapat dilakukan oleh nasabah dengan berbagai cara yang terhitung mudah dilakukan.

Daftar Internet Banking Bank Jatim di Kantor Cabang

Cara pertama untuk melakukan pendaftaran internet banking di Bank Jatim adalah dengan datang langsung ke kantor cabang. Untuk menerima layanan internet banking ini, nasabah perlu membawa serta kartu identitas, buku tabungan, dan kartu ATM Bank Jatim yang dimiliki.

Dengan cara ini, nasabah akan diarahkan untuk mengisi formulir yang memerlukan data dari kartu identitas dan buku rekening. Setelah mengisi formulir, nasabah akan menerima kode verifikasi yang dikirim melalui layanan SMS atau e-mail.

Kode verifikasi itu digunakan untuk proses aktivasi akun. Proses aktivasi akun dilakukan nasabah pada laman resmi Bank Jatim. Pada laman ini, nasabah akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi, nomor rekening, dan nama pengguna.

Proses ini dilanjutkan nasabah dengan melengkapi data diri, seperti nama pengguna, password, serta konfirmasi password. Nasabah sudah dapat membuat akun internet banking Bank Jatim.

Setelah itu, nasabah dapat meminta token kepada sekaligus melakukan aktivasi akun internet banking Bank Jatim yang sudah didaftarkan kepada petugas. Dengan demikian, nasabah sudah dapat memperoleh fitur-fitur dalam internet banking di akun Bank Jatim miliknya.

Daftar Internet Banking Jatim di ATM Terdekat

Selain datang langsung ke kantor cabang, langkah awal pendaftaran internet banking Bank Jatim adalah dengan mengunjungi mesin ATM Bank Jatim. Proses ini memerlukan kartu ATM untuk memperoleh kode verifikasi dalam bentuk struk.

Nasabah perlu memasukkan 6 digit PIN yang digunakan pada rekening. Setelah itu, nasabah dapat memilih menu ‘Transaksi Lainnya’ pada layar ATM yang kemudian akan menampilkan menu ‘Pendaftaran IB Individual’.

Menu ‘Pendaftaran IB Individual’ yang dipilih digunakan untuk menerima struk berisi kode aktivasi. Langkah selanjutnya, sama dengan apa yang dilakukan pada pendaftaran melalui kantor cabang, nasabah perlu melakukan verifikasi di laman resmi Bank Jatim.

Langkah pendaftaran internet banking Bank Jatim di laman Bank Jatim adalah dengan menginput kode verifikasi beserta informasi nomor rekening. Proses ini digunakan nasabah untuk mengaktivasi akun yang sudah dibuat di mesin ATM.

Penginputan kode verifikasi memiliki batas antara 6 jam sampai dengan 12 jam. Nasabah harus segera mengunjungi laman Bank Jatim untuk membuat akun internet banking.

Sama halnya dengan proses akhir di kantor cabang, bagi nasabah yang mendaftar melalui mesin ATM, nasabah tetap perlu meminta token sekaligus mengaktivasi akun di kantor cabang. Layanan tambahan untuk pengajuan token disediakan Bank Jatim untuk nasabah dalam memilih lokasi pengambilan token.

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking Maybank dan Kelebihannya

Fitur Internet Banking Bank Jatim

loader

Ketersediaan fitur-fitur baru yang dapat dinikmati nasabah setelah memiliki internet banking tentu menjadi salah satu alasan nasabah mendaftar internet banking. Internet banking Bank Jatim memberikan beragam fitur yang dapat digunakan nasabah dengan menggunakan perangkat masing-masing.

Beberapa fitur tersebut antara lain:

Cek Saldo di Internet Banking Bank Jatim

Nasabah dapat melakukan pengecekan pada saldo yang tersedia di rekening. Cek saldo ini tidak perlu lagi dilakukan nasabah di ATM. Nasabah hanya perlu memastikan ponsel atau perangkat yang digunakan memiliki akses internet.

  1.   Kunjungi situs internet banking Bank Jatim di mesin pencari
  2.   Pilih menu ‘Informasi Rekening’
  3.   Pilih menu ‘Informasi Saldo’
  4.   Pilih jenis rekening yang akan dilakukan pengecekan saldo. Layar akan menampilkan jenis rekening yang dapat dicek
  5.   Pilih menu ‘Tampilkan’ setelah memilih satu rekening
  6.   Layar akan menampilkan saldo rekening yang dipilih

Transfer melalui Internet Banking Jatim

Keuntungan yang dapat diperoleh oleh nasabah penerima layanan internet banking Bank Jatim adalah fitur transfer. Proses transaksi ini dapat dilakukan nasabah di laman yang sama dengan pengecekan saldo. Berikut langkah-langkah transfer dana di internet banking Bank Jatim.

  1.   Kunjungi situs internet banking Bank Jatim di mesin pencari
  2.   Pilih menu ‘Manajemen Transfer’ yang tersedia pada layar
  3.   Klik ‘Daftar Penerima Transfer’
  4.   Pilih menu ‘Rekening Bank Jatim’ apabila akan melakukan transfer pada nasabah yang sama-sama menggunakan Bank Jatim
  5.   Pilih menu ‘Bank Dalam negeri’ apabila akan melakukan transfer pada nasabah di luar Bank Jatim
  6.   Masukkan nama alias
  7.   Masukkan nomor rekening tujuan pada layar
  8.   Pilih ‘Konfirmasi’

Setelah menginput nomor rekening pada daftar transfer, kamu dapat mulai mentransfer sejumlah dana yang diinginkan dengan prosedur sebagai berikut.

  1.   Pilih menu ‘Manajemen Transfer’ yang tersedia pada layar
  2.   Klik menu ‘Transfer Antar Rekening Bank’
  3.   Pilih menu ‘Rekening Asal’
  4.   Masukkan nominal transfer yang diinginkan
  5.   Gunakan deskripsi beserta keterangan transfer yang sesuai
  6.   Pilih rekening tujuan pada daftar transfer yang sudah diinput sebelumnya
  7.   Pilih metode instruksi ‘Langsung, Tanggal Instruksi’ atau ‘Transfer Berkala’
  8.   Konfirmasi pilihan

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan beserta penjelasan mengenai langkah-langkah menggunakan fitur tersebut, internet banking Bank Jatim juga menyediakan fitur mengenai informasi suku bunga, informasi transaksi yang sudah dilakukan, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain-lain.

Fitur Lengkap dalam Internet Banking Bank Jatim

Keberadaan internet banking sebagai layanan Bank Jatim menjadi layanan tambahan inovatif yang menjadi terobosan Bank Jatim. Internet banking, seperti namanya, mengandalkan akses internet untuk penggunaannya.

Dengan akses internet, layanan internet banking pada Bank Jatim dapat melakukan berbagai aktivitas transaksi dan aktivitas perbankan lain untuk nasabah. Hal ini tentu menjadi salah satu keuntungan yang dapat menghemat waktu nasabah.

Akses internet tidak hanya digunakan untuk melakukan kegiatan komunikasi, tetapi juga untuk bertransaksi, melakukan pengecekan informasi mengenai saldo dan suku bunga, melakukan pembayaran pada kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Dalam satu layanan, internet banking Bank Jatim dapat mempermudah nasabah. Selain itu, layanan internet banking merupakan layanan yang menawarkan praktisitas, efisiensi, hemat, dan keamanan.

Baca Juga:  Seputar Permata Internet Banking: Fitur, Syarat, dan Cara Daftar