Seputar Permata Internet Banking: Fitur, Syarat, dan Cara Daftar

Selain layanan transfer via ATM atau aplikasi mobile banking, Permata Bank, seperti banyak lainnya, memiliki layanan internet banking yang dapat mempermudah transaksi nasabahnya. Internet banking Permata dikenal dengan nama PermataNet, dan dapat diakses oleh nasabah via browser internet. 

Apa itu Internet Banking?

loader

Internet banking atau layanan transaksi bank via jaringan internet adalah kegiatan perbankan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan transaksi. Dengan internet banking, nasabah tidak perlu datang ke ATM atau kantor cabang bank untuk melakukan kegiatan perbankan, karena layanan tersebut sudah dapat diakses melalui komputer, laptop, tablet, atau ponsel pintar nasabah.

Dengan jaringan internet dan gawai yang memadai, nasabah dapat terhubung dengan mudah dengan sistem perbankan. Dengan layanan ini, nasabah tidak perlu menunggu jam operasional kantor cabang, melainkan dapat langsung melakukan transaksi kapanpun diperlukan.

Dengan bantuan internet banking, nasabah dapat melakukan transfer antar rekening, mengirim uang antar bank dalam jaringan ALTO, ATM Bersama, dan Prima, membayar tagihan, mengisi pulsa, dan beberapa hal lainnya. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui fitur-fitur apa lagi yang tersedia dalam PermataNet.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Fitur Internet Banking Permata Bank

PermataNet menghadirkan beberapa fitur yang dapat digunakan nasabah untuk mempermudah kegiatan perbankan nasabah, beberapa di antaranya adalah:

Jenis Fitur Penjelasan
Fitur Informasi

Melalui internet banking Permata Bank, nasabah dapat mengetahui bermacam-macam informasi terkait rekening mereka. Jumlah saldo rekening, mutasi rekening sampai dengan 90 hari terakhir, serta informasi mengenai kartu kredit Permata Bank, semuanya dapat diakses via PermataNet.

Nasabah juga dapat memeriksa informasi terkait listrik, air, Telkom, kartu pascabayar, kurs mata uang, dan juga suku bunga tabungan. Fitur ini dapat mempermudah nasabah, mengingat informasi ini biasanya didapatkan dengan mengunjungi kantor cabang dan meminta bantuan teller untuk mengetahui informasi tersebut.

Fitur Pembayaran Melalui internet banking Permata Bank, nasabah dapat melakukan bermacam-macam pembayaran. Beberapa jenis tagihan yang dapat nasabah bayar melalui PermataNet adalah tagihan listrik, tagihan penggunaan air, tagihan asuransi, tagihan Telkom, tagihan internet, pembelian tiket perjalanan, zakat, biaya pendidikan (dengan institusi pendidikan yang melakukan kerja sama), penggunaan TV kabel, cicilan pinjaman, tagihan kartu kredit atau kartu pasca-bayar, hingga tagihan sekuritas. Semua tagihan tersebut dapat dibayar melalui layanan internet banking Permata Bank dari mana pun, menggunakan gawai nasabah.
Fitur Top Up

Selain melakukan pembayaran, layanan internet banking PermataNet juga menyediakan fitur top up. Melalui fitur top up, nasabah dapat melakukan isi ulang pulsa atau kuota internet untuk nomor HP prabayar maupun saldo dompet digital.

Pengisian ulang pulsa dan kuota internet dapat dilakukan untuk provider simPATI, Kartu As, Mentari, IM3, XL, SmartFren, dan 3. Nasabah juga dapat mengisi ulang kuota router internet dari provider Biznet Max3, Biznet MetroNet, dan IM2 Ipay. Dompet digital yang dapat nasabah isi ulang melalui internet banking Permata Bank adalah dompet digital GoPay.

Fitur Kartu Kredit Permata Internet Banking memudahkan nasabah untuk memeriksa informasi terkait kartu kredit yang nasabah gunakan. Di PermataNet, nasabah dapat melihat riwayat transaksi, tagihan terakhir, nominal tagihan kredit, serta cicilan kartu kredit Permata Bank. Internet banking Permata Bank memudahkan nasabah untuk mendapatkan layanan yang sebelumnya hanya tersedia secara offline

Fitur e-Statement

E-statement adalah catatan mengenai transaksi sebuah rekening selama satu bulan terakhir. Fitur ini memungkinkan nasabah untuk mengunduh e-statement rekening mereka apabila diperlukan untuk keperluan-keperluan tertentu. Nasabah dapat melakukan registrasi e-statement sebelum mengunduh e-statement tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan rekening untuk PermataNet e-statement:

  1. Kunjungi halaman https://new.permatanet.com/permatanet/retail/exterior/permataone/verifyaccount?lang=in 
  2. Isi Input Detil Rekening dan Pilih No HP & Cek e-mail.
  3. Baca dan perhatikan Syarat & Ketentuan.
  4. Verifikasi kode registrasi.
  5. Buat password.
  6. Ikuti langkah-langkah berikutnya hingga selesai.
Fitur Transfer Scheduler Satu lagi fitur Permata Bank Internet Banking yang tak kalah keren, yaitu transfer scheduler. Dengan fitur ini, nasabah dapat melakukan transfer terjadwal maupun auto-debit (transfer otomatis setiap hari/minggu/bulan, jika nominal saldo rekening mencukupi). 

Baca Juga: Cara Registrasi PermataNet untuk Kemudahan Bertransaksi

Syarat Daftar Internet Banking Permata Bank

Setelah mengetahui fitur-fitur menarik yang ada dalam PermataNet, simak syarat-syarat yang wajib terpenuhi sebelum menggunakan fitur PermataNet.

PermataNet dapat digunakan oleh siapapun yang memenuhi ketiga syarat di bawah ini:

  • Terdaftar sebagai nasabah Permata Bank
  • Memiliki kartu ATM Permata Bank
  • Memiliki telephone identification number Permata Bank

Cara Daftar Internet Banking Permata Bank

Setelah memenuhi ketiga syarat tersebut, nasabah juga harus memiliki gawai komputer, laptop, tablet, atau ponsel pintar yang memiliki akses kepada jaringan internet. Lalu ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk mengakses PermataNet:

  1. Buka browser internet lalu masuk ke situs PermataNet melalui alamat https://www.permatanet.com/pnet/
  2. Pilih opsi ‘Belum punya User ID’.
  3. Pilih opsi ‘Nomor Rekening’.
  4. Selanjutnya, lengkapi data sesuai dengan permintaan situs, yaitu Detail Akun, Informasi Kontak, Detail User ID, dan Verifikasi.
  5. JIka semua langkah sudah dilakukan, buat PIN Mobile Token yang terdiri dari enam (6) digit.
  6. Tekan ‘Activate’. PIN ini akan digunakan ketika menggunakan layanan tersebut.
  7. Terakhir, akan muncul konfirmasi pembuatan akun PermataNet yang berarti proses aktivasi telah berhasil.

Biaya Layanan PermataNet

Beberapa layanan internet banking PermataNet memerlukan biaya layanan, yaitu layanan top up pulsa atau kuota internet. Biaya ini disesuaikan dengan biaya masing-masing operator, sebagai berikut:

Operator

Biaya (dalam rupiah per SMS)

Kartu Halo

600

SImpati/AS

660

Matrix

500

Mentari/IM3

550

XL Prabayar/ XL Xplor

650

Axis Prabayar

550

3 Pascabayar

500

3 Prabayar

550

Telkom Flexi Classy

250

Telkom Flexi Trendy

200

Smartfren Pascabayar

500

Smartfren Prabayar

550

Baca Juga: CMS BRI: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Limit Transaksi Internet Banking Permata Bank

Layaknya layanan transaksi via ATM atau mobile banking, layanan internet banking Permata Bank juga memiliki limit transaksinya, yang dibedakan menurut rekening tujuan. Berikut adalah detail limit transaksi tergantung jenis transaksinya:

Transaksi

Kartu priority

Kartu preferred/ kartu PermataME/ Air Asia  Debit Card

Kartu Personal

Permata Bintang/ Simple

Transfer ke rekening sendiri di Permata Bank (minimal per transaksi Rp 10,000 dan maksimal per transaksi tidak terbatas)

Tidak terbatas (sesuai saldo pada rekening)

Tidak terbatas (sesuai saldo pada rekening)

Tidak terbatas (sesuai saldo pada rekening)

Tidak terbatas (sesuai saldo pada rekening)

Transfer ke rekening lain di Permata Bank (minimal per transaksi Rp 10,000 dan maksimal per transaksi Rp 250,000,000)

Rp 250,000,000

Rp 200,000,000

Rp 150,000,000

Rp 2,000,000

Transfer ke rekening sendiri/lain di Permata Bank dengan mata uang yang berbeda (minimal per transaksi Rp 10,000 dan maksimal per transaksi Rp 20,000,000)

Rp 75,000,000

Rp 50,000,000

Rp 50,000,000

Rp 2,000,000

Transfer ke bank lain via RTGS/LLG (minimal per transaksi LLG Rp 1, RTGS >Rp 100,000,000, dan maksimal per transaksi sesuai limit transaksi)

Rp 250,000,000

Rp 200,000,000

Rp 150,000,000

Rp 2,000,000

Transfer ke bank lain via online (minimal per transaksi Rp 10,000 dan maksimal per transaksi Rp 25,000,000)

Rp 100,000,000

Rp 75,000,000

Rp 50,000,000

Rp 2,000,000

Pembayaran dan pembelian/ top-up

Rp 100,000,000

Rp 75,000,000

Rp 60,000,000

Rp 10,000,000

Fitur Permata Internet Banking Mempermudah Keseharian Kita!

Berikut adalah informasi yang dapat dipelajari mengenai layanan internet banking Permata Bank yaitu PermataNet. Dengan fitur-fitur yang mumpuni, PermataNet dapat dijadikan pilihan untuk bertransaksi, selain via ATM atau mobile banking.

Internet banking sangat mudah dilakukan jika memiliki gawai yang terhubung dengan akses internet, tanpa perlu mengunduh aplikasi yang dapat memberatkan gawai. Tunggu apa lagi? Ayo, gunakan layanan internet banking Permata Bank!

Baca Juga: Inilah Nomor Call Center Bank BTN yang Dapat Dihubungi