Intip Saldo JHT Bisa Online, Ini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lengkap

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan, semua pekerja baik yang bekerja di Indonesia maupun di luar negeri diharapkan memiliki BPJS Ketenagakerjaan guna melindungi pekerja dari risiko terkait jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan segala manfaat yang ada dalam BPJS tersebut.

Mantan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menegaskan BPJS merupakan jaminan sosial yang sangat penting dimiliki oleh seluruh pekerja Indonesia. Karena risiko sosial ekonomi itu bisa terjadi kepada siapa saja, di mana saja, dan terhadap siapa saja. Risiko sosial ekonomi itu seperti kecelakaan dan kematian, sehingga perlu ada satu alat pengaman, supaya kalau terjadi risiko sosial ekonomi tadi tidak akan mengganggu kesejahteraannya secara drastis.

Ingin bayar BPJS Ketenagakerjaan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Ketenagakerjaan Sekarang!  

Sistem Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan

Serupa dengan cara kerja asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan pekerja maupun pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi. Hasil dari investasi tersebut akan dikembalikan lagi kepada peserta BPJS seperti halnya sebuah tabungan atau investasi.

Sebagai contoh, program JHT (Jaminan Hari Tua) dalam BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program JHT, iuran tersebut dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan memotong penghasilan pekerja dengan perhitungan 3,7% ditanggung perusahaan dan 2% ditanggung pekerja, atau jika ditotal sebesar 5,7% dari upah.

Untuk program lainnya seperti JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), Jaminan Pensiun, dan Bukan Penerima Upah, dapat dilihat di situs resminya www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Bagi kamu yang sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Semakin lama kamu bekerja, maka saldo ini bisa semakin besar nilainya. Kamu bisa cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan melalui online maupun SMS. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Melalui Website

loader
Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Cara ini dapat dilakukan peserta BPJS Ketenagakerjaan selama memiliki koneksi internet. Untuk mengecek saldo BPJSTK  secara online, bisa diakses di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.Simak caranya:

Bagi Pengguna Baru

Apabila belum pernah cek online saldo BPJamsostek, maka kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

  • Kunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id, lalu klik menu "Cek Saldo JHT" atau bisa langsung masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Klik menu "Buat Akun Baru".
  • Isilah formulir data registrasi seperti segmen, email, dan ikuti instruksi selanjutnya.
  • Jika akun sudah berhasil dibuat, maka kamu bisa langsung login.
  • Setelah itu akan muncul tampilan beragam menu.
  • Pilih menu "Lihat Saldo JHT".

Setelah puas mengetahui jumlah saldo, kamu dapat kembali ke Home dan browsing dengan mengklik menu-menu layanan online BPJS lainnya.

2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile)

loader Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi Jamsostek Mobile (Sumber: play.google.com)

Sekarang, kamu bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile (dulunya BPJSTKU). Berikut adalah tahapannya.

  • Download aplikasi JMO di Play Store (bagi pengguna Android) atau App Store (bagi pengguna iOS).
  • Jika sudah memiliki akun, silakan langsung login.
  • Namun, jika belum, silakan buat akun dengan mengeklik menu "Buat Akun Baru", isi data yang diminta, dan ikuti instruksi selanjutnya. Setelah selesai, silakan login dengan memasukkan email dan password yang telah didaftarkan.
  • Pilih menu "Jaminan Hari Tua".
  • Kemudian klik "Cek Saldo".

Baca Juga :  Program BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja Lepas

3. Cara Cek Saldo BPJS Melalui SMS 2757

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS merupakan cara yang paling banyak disukai para pekerja.

Dengan cara ini, pekerja tidak perlu repot antre mendatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan dan tidak perlu membeli perangkat komputer atau smartphone.

Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan kemudian kamu akan mendapatkan balasan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelumnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan cek saldo maupun status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS.

Simak format SMS cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan: 

Ketik pada layar HP: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Tanggal lahir#Nomor peserta#Email (bila ada), kemudian kirim SMS  ke 2757.Perhatikan format tanggal lahir (dd-mm-yyyy). Misalnya, 3 Februari tahun 1989 berarti ketik 03-02-1989.

Contoh: DAFTAR SALDO#3191036598033007#03-02-1989#123456789 kirim ke 2757

Setelah terdaftar, kamu dapat langsung cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut: SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. 

Contoh: SALDO 987654321 kirim ke 2757. Kemudian kamu akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT-mu.

4. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan jika Ganti Nomor HP

Kamu ganti nomor HP, tak perlu panik. Berikut format SMS-nya:

  • Ketik: DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP, kirim ke 2757. Contoh: DAFTAR GANTI HP#08123456789#3191036598033007 kirim SMS ke 2757.

5. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan secara Langsung ke Kantor Cabang BPJS

Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara langsung ke kantor cabang BPJS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  • Saat tiba di kantor, ajukan permintaan untuk cek saldo kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Petugas kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan akan meminta dokumen berupa KTP dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setelah proses selesai, petugas akan menyerahkan hasil berupa saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan milik peserta.

Pastikan untuk membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan saat mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Jangan lupa juga untuk datang pada hari dan jam kerja untuk memastikan proses pengecekan saldo berjalan lancar.

Baca Juga : Cara Bayar BPJS Lewat ATM, Apa Saja Tahapannya?

Solusi Praktis Untuk Perlindungan Pekerja

Banyak kemudahan dan manfaat dengan memiliki BPJS Ketenagakerjaan. BPJS memiliki fungsi yang penting untuk keuangan masa depanmu. Jangan sampai kamu tidak mempunyai tabungan untuk masa tua nanti.

Apabila saat ini kamu belum punya BPJamsostek, tak perlu risau. Bagi pekerja yang termasuk dalam segmen pekerja bukan penerima upah (BPU) atau pekerja mandiri, yang berprofesi sebagai supir gojek, pedagang, buruh bangunan, dan berbagai profesi mandiri lainnya.

Daftar BPJS Ketenagakerjaan gratis secara online di www.cermati.com/bpjs-ketenagakerjaan. Pendaftaran bisa dilakukan dari ponsel pintar (smartphone) dengan waktu kurang dari 5 menit saja. Ayo lindungi dirimu dengan  BPJS Ketenagakerjaan! 

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan : Program dan Cara Mendaftarnya