Investor, Ini 6 Alasan Investasi Perak Bisa Dicoba dan Sangat Menguntungkan

Jika dibandingkan dengan emas, investasi perak mungkin masih sedikit asing di telinga. Bahkan beberapa orang masih belum tahu kalau perak bisa diinvestasikan. Padahal potensi investasi perak, khususnya dalam investasi jangka panjang tidak kalah menguntungkan, lho! 

Bagi yang baru ingin mencoba investasi namun dengan modal yang sangat minim, sebaiknya simak beberapa alasan pada ulasan berikut ini bahwa memilih investasi perak menjadi solusi yang sangat tepat dan bisa dicoba.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Harga perak lebih murah

loader
Harga perak lebih murah

Pertama, dari segi harga. Perak jauh lebih murah dibandingkan emas yang harga per gramnya saja saat ini hampir jutaan rupiah Harga perak cuma Rp 12.000 – Rp 14.000 per gram. 

Dengan harga murah ini, Anda bisa berinvestasi sebanyak-banyaknya di perak. Ada dua jenis perak batangan yang bisa dijadikan opsi, yaitu yang beratnya 250 gram atau 500 gram.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi, tapi modalnya terbatas, maka perak ini bisa dilirik. Semakin cepat dimulai, maka semakin besar peluang Anda untuk mengumpulkan lebih banyak perak untuk diinvestasikan.

2. Harga cenderung naik dari waktu ke waktu

Seperti emas, harga perak juga cenderung naik dari waktu ke waktu. Kenaikan harganya terkadang bisa lebih signifikan daripada emas, yaitu 3 kali lipat. Hal ini tidak lepas dari pengaruh bank-bank sentral yang lebih tertarik untuk menstabilkan harga emas daripada perak.

Apalagi harga emas sendiri jauh lebih mahal daripada perak. Membuat para investor dan bank lebih concern atau waspada saat berinvestasi pada emas.

Meski begitu, perubahan harga perak tetap terpengaruh oleh harga emas itu sendiri. Naik turunnya harga emas juga akan mempengaruhi naik turunnya harga perak. Hanya saja, perubahan harga pada perak jauh lebih signifikan. 

3. Banyak yang menginginkan perak

loader
Banyak yang menginginkan perak

Sama seperti emas, perak pun tak kalah diminati, terutama harganya yang jauh lebih terjangkau. Peminat perak biasanya bukan masyarakat awam, melainkan perusahaan yang menjalankan bisnis perak. Sebab, perak ini sendiri dapat diolah menjadi banyak barang, seperti perhiasan, jam tangan, bahkan gigi perak.

Ketika berinvestasi pada perak, Anda tidak perlu khawatir kalau perak yang dimiliki tidak laku dijual. Justru perak jauh lebih mudah dijual karena bisa diolah menjadi banyak barang. Harganya juga cenderung lebih murah.

Intinya saat menjual perak, cari tahu harga pasaran perak yang sebenarnya. Saat dijual, Anda pun bisa meminimalisir potensi kecurangan pembeli perak.

Baca Juga: Mau Investasi Logam Mulia? Ini Dia Jenis-Jenis Pajak Emas yang Harus Diketahui

4. Jumlahnya terbatas

Emas bisa dikatakan menjadi kekayaan dengan sumber yang melimpah ruah, sedangkan perak sangat terbatas. Inilah yang membuat kenaikan harga perak cukup drastis. Sebab, jumlahnya terbatas sedangkan peminat atau pasarnya luas.

Terbatasnya jumlah perak tidak lepas dari pengaruh penggalian perak yang dibatasi. Begitu juga dengan produksi atau pengolahan perak yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja.

Maka dari itu, kalau Anda tertarik berinvestasi perak, segera investasikan. Jangan sampai karena terlalu lama mempertimbangkan, kesempatan Anda untuk mendapatkan banyak perak sirna begitu saja.

5. Tersedia dalam berbagai varian

loader
Tersedia dalam berbagai varian

Jika variasi emas berupa emas batangan dan perhiasan, maka varian perak berupa perak batangan atau silver bar dan perak butiran atau silver granules. Kedua jenis perak ini harganya sama, tapi bentuknya, pemanfaatannya, dan mekanisme menjualnya yang berbeda.

Untuk perak batangan, biasanya dijual dalam dua varian berat yaitu 250 gram dan 500 gram. Sedangkan perak butiran dijual dalam hitungan berat, yaitu 1 kg, 5 kg, dan 10 kg. 

Untuk pemanfaatannya juga berbeda, dimana perak batangan untuk dipajang, investasi, atau koleksi saja. Sedangkan perak butiran biasanya yang digunakan oleh pengrajin atau industri perhiasan perak yang ingin mengubah perak menjadi barang berguna.

Baca Juga: Logam Emas Putih: Menguntungkan untuk Investasi?

6. Harganya sulit dimanipulasi

Keuntungan investasi perak yang terakhir adalah harganya yang cenderung sulit dimanipulasi. Anda bisa mengecek perkembangan harga perak di situs online kalau sewaktu-waktu ingin menjualnya. Jadi, Anda tidak mudah ditipu oleh pedagang ataupun orang yang ahli di bidang perak.

Lagipula, tidak akan ada yang mau manipulasi harga perak karena cenderung murah. Penjual yang memanipulasi harga perak pun bisa lebih cepat ketahuan.

Berbeda dengan emas, terutama yang dijadikan perhiasan. Harganya bisa dimanipulasi, bahkan material pembuatnya sekalipun bisa jadi tidak seutuhnya emas. Melainkan sudah dicampurkan dengan bahan lain, namun dengan komposisi emas yang lebih besar agar perbedaannya tidak terlalu kelihatan.

Pelajari Investasi Perak

Meski investasi perak menawarkan keuntungan yang tak kalah menggiurkan dibanding emas, Anda tetap harus mempelajari investasi perak dengan baik. Perhatikan pergerakan harga perak setiap kala dan penting juga untuk menyusun strategi agar investasi perak bisa menghasilkan keuntungan. Dengan begitu, investasi perak bisa dijadikan sebagai keamanan keuangan.

Baca Juga: Mengenal Perbandingan Investasi Emas dan Perak