Jangan Asal, Ini Tips Jelaskan Alasan Resign Saat Wawancara Kerja

Pernah tidak merasa bingung menjawab pertanyaan alasan kamu resign atau mengundurkan diri ketika wawancara kerja di kantor lain? Banyak orang, mungkin salah satunya kamu pernah mengalami hal tersebut.

Bingung harus menjawab apa dan bagaimana agar tidak terkesan asal bicara. Menjelaskan alasan yang masuk akal kepada si pewawancara.

Dengan demikian, pewawancara akan betul-betul memahami alasan kamu berhenti kerja. Jawaban tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan pewawancara menerima kamu atau tidak di perusahaan.

Jika jawabanmu terlalu mengada-ada, terlihat tidak jujur, dan tampak membenci manajemen, atasan, ataupun rekan kerja di kantor lama, maka peluangmu untuk bergabung di perusahaan baru bisa hilang.

Lalu, bagaimana sebaiknya mengungkapkan alasan resign yang baik dan bijak saat wawancara kerja? Berikut tipsnya:

1. Menginginkan Gaji Lebih Besar

Tak munafik bila salah satu alasan banyak orang resign kerja karena menginginkan gaji yang lebih besar. Jika kamu bertahan pada pekerjaan atau naik jabatan, tapi tetap di kantor lama, maka kenaikan gaji tidak akan signifikan. Paling banter 10-15 persen setiap tahun.

Coba kalau pindah ke kantor baru, kamu bisa naik gaji tinggi. Bisa Rp 1 juta-2 juta, bahkan lebih. Misalnya dari yang sebelumnya single digit, kalau resign ke perusahaan baru, bisa langsung dobel digit.

Tapi kan kamu tidak mungkin mengatakan hal itu secara vulgar kepada wawancara. Nanti kamu malah dianggap terlalu matrealistis. Jelaskan pada si pewawancara dengan santun alasan tersebut, namun tidak perlu berbohong.

Awali dengan kalimat positif sebelum mengungkapkan alasan utama kamu. Begini contoh kalimatnya:

Saya sangat berterima kasih kepada perusahaan sebelumnya karena sudah diberi kesempatan bekerja sama dengan tim yang oke. Termasuk pula dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian saya. Saya banyak belajar di sana. Akan tetapi, saya memutuskan berhenti dan memilih perusahaan ini karena sangat cocok dengan visi misi kerja saya, serta gaji yang ditawarkan untuk kebutuhan hidup saya.”

Jika tidak ditanya lebih lanjut mengenai alasan utama kamu keluar dari kantor lama, maka kamu tidak perlu menjelaskan terlalu detail.

2. Kurang Klop Bekerja dengan Bos

Selain gaji, biasanya ketidakcocokan dengan atasan juga menjadi alasan karyawan memutuskan hengkang dari kantor lama. Intinya kamu tidak klop bekerja dengan bos lama, misalnya karena orangnya egois, tipe nge-bossy, kurang perhatian dan tidak mau memperjuangkan nasib bawahan untuk naik gaji atau kesejahteraan lainnya.

Nah dalam mengutarakan alasan ini saat wawancara kerja di kantor baru, kamu perlu hati-hati. Sebab meskipun kamu resign karena alasan di atas, tapi jangan sampai terkesan menjelek-jelekkan bos lamamu di depan pewawancara.

Karena bisa saja pewawancara menilai bahwa kesalahan justru ada padamu. Kamu kan bawahan, disuruh atasan tidak mau, misalnya seperti itu. Ketidakcocokan dalam tim sangat wajar, termasuk kalau ada selisih paham. Di sinilah kamu harus bersikap profesional.

Jadi, ungkapkan alasan tersebut dengan kalimat santun, apalagi sudah tahap dengan user. User ini biasanya adalah orang yang akan menjadi bosmu kelak apabila diterima di perusahaan itu. Contoh kalimat yang baik begini:

Saya memiliki atasan dan tim yang hebat. Sayangnya, ada ketidakcocokan antara cara saya bekerja dengan mereka. Ini yang menjadi masalah. Saya bukan tidak berupaya memperbaikinya, namun setelah saya introspeksi diri, ada juga kesalahan dalam diri saya. Daripada masalah ini terus berlarut, lebih baik saya mundur. Saya percaya bahwa ada hal baik menanti dari setiap perubahan.”

3. Menginginkan Pengembangan Karier

Jika di perusahaan tak mendukung pengembangan karier karyawan, siapa juga yang betah? Semuanya abu-abu, seperti jenjang karier tidak jelas.

Kerja bertahun-tahun atau telah menggolkan project-project penting dan besar, tapi tak ada apresiasi naik gaji maupun jabatan. Lebih baik resign.

Beberapa karyawan pasti ada yang punya tipe senang dengan tantangan baru. Akan tetapi, perusahaan tidak peka. Akhirnya, mereka hanya mengerjakan pekerjaan itu-itu saja. Bikin bosan dan jenuh. Pindah kantor merupakan jalan terbaik untuk mendapatkan pengembangan karier yang lebih baik.

Sampaikan alasan ini dengan tepat kepada pewawancara. Contoh kalimatnya seperti ini:

Saya senang dapat berkontribusi besar pada proyek-proyek besar perusahaan. Menggunakan keahlian dan keterampilan saya dalam hal digital marketing untuk bekerja sebaik mungkin. Kini, sudah saatnya saya mengasah keterampilan lebih besar lagi, menerima tantangan baru di perusahaan lain, sehingga karier saya dapat berkembang.”