Jangan Asal, Pahami ini Sebelum Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha

Setiap usaha tentu akan membutuhkan modal, apalagi jika Anda berencana menjalankan usaha dalam skala yang cukup besar. Besaran modal ini akan sangat tergantung pada jenis usaha dan juga skala usaha yang Anda rencanakan.

Menjadikan kartu kredit sebagai sumber modal usaha kerap menjadi pilihan para pebisnis pemula, barangkali Anda juga merencanakan hal ini. Namun, apakah Anda sudah benar-benar mempertimbangkan hal ini dengan matang?

Penggunaan kartu kredit memiliki risiko tersendiri, begitu juga ketika Anda menggunakannya sebagai modal usaha. Sama halnya dengan utang lainnya, kartu kredit juga harus Anda gunakan dengan sangat disiplin dan penuh perhitungan.

Produk keuangan yang satu ini menerapkan bunga yang cukup tinggi dan aturan lainnya yang bisa saja membebani Anda dengan sejumlah biaya yang cukup besar. Jika tidak diperhitungkan dengan baik, berbagai biaya dan aturan kartu kredit ini bisa saja menjadi gangguan tersendiri di dalam keuangan bisnis yang Anda jalankan.

Jangan sampai niat Anda membangun usaha justru mengalami kendala, hanya karena sumber modal yang kurang tepat seperti ini. Jadi, jangan asal gunakan kartu kredit untuk modal usaha, pahami hal ini dulu.

1. Ketahui Risiko Mengalami Gagal Bayar

Menggunakan kartu kredit sebagai sumber modal memang akan terasa begitu mudah. Anda hanya perlu menggesek kartu tersebut dan mendapatkan sejumlah dana segar yang bisa dialokasikan sebagai modal. Lalu, Anda bisa menggunakan modal tersebut untuk mengembangkan usaha yang Anda rencanakan.

Hingga tahap ini, semua proses mungkin masih bisa berjalan dengan lancar. Namun sebagaimana utang lainnya, Anda juga wajib membayar utang modal yang berasal dari kartu kredit ini dengan tepat waktu.

Di sisi lain, bisnis tidak selalu menjanjikan kepastikan, terutama bisnis yang baru saja dirintis. Anda sudah memiliki utang pasti yang wajib untuk segera dibayarkan, namun Anda belum tentu bisa menghasilkan sejumlah uang dari bisnis yang Anda jalankan.

Artinya, ada kemungkinan Anda akan mengalami gagal bayar. Jika sudah begini, utang kartu kredit Anda tentu akan menjadi tunggakan dengan bunga yang cukup besar.