Mau Beli Motor dengan Kartu Kredit? Begini Caranya

Mobilitas yang tinggi dalam keseharian tak pelak membuat seseorang membutuhkan alat transportasi dalam menunjang kegiatannya sehari-hari, Salah satu pilihan masyarakat untuk memobilisasi diri dalam kesehariannya adalah membeli kendaraan pribadi. Hanya ada dua model transportasi pribadi yang bisa menjadi pilihan masyarakat yaitu kendaraan roda empat dan roda dua.

Untuk sebagian orang yang berkecukupan, mungkin akan memilih kendaraan roda empat atas nama kenyamanan. Namun bagi sebagian masyarakat lagi, kendaraan roda dua menjadi opsi terbaik. Hal ini dilihat dari sisi harga dan keefesiensian menghadapi macet, terlebih bagi warga ibukota yang kesehariannya selalu berjibaku dengan kemacetan.

Cara memiliki sebuah sepeda motor terbilang mudah. Bila memiliki cukup uang, Anda bisa langsung membelinya dengan tunai. Dan bila uang belum cukup, dapat juga membelinya dengan cara kredit. Untuk urusan kredit, biasanya orang cenderung memilih datang ke dealer atau showroom untuk proses pembeliannya.

Dengan membayarkan DP sejumlah tertentu, motor dapat diboyong pulang. Selanjutnya Anda tinggal membayar cicilann per bulan selama tenor yang telah disepakati di awal. Namun tahukan Anda bahwa membeli motor bisa dilakukan dengan kartu kredit? Ya, benar. Bagaimana caranya? Apakah harus membayar DP dengan jumlah tertentu? Berikut ulasannya.

Sekilas Tentang Beli Motor dengan Kartu Kredit

beli motor pake kartu kredit Beli motor bisa pakai kartu kredit

Dasarnya cara ini hampir sama dengan membeli motor secara kredit lewat leasing. Anda berutang terlebih dahulu kepada bank, lalu mencicilnya per bulan selama tenor yang disepakati di awal. Pembedanya hanyalah cara dan lembaga penjaminnya saja.

Jika kredit motor di leasing¸ Anda membayarkan angsurannya ke leasing, beli motor dengan kartu kredit, angsuran motor dibayarkan ke bank. Singkat kata, sama saja membayar cicilan kartu kredit dalam pemakaian reguler karena prinsip kerja beli motor dengan kartu kredit sama saja dengan beli barang dengan kartu kredit. Cicilannya dibayarkan ke tagihan kartu kredit.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Beli Motor dengan Kartu Kredit

Membeli motor dengan kartu kredit dianggap lebih hemat dan praktis. Pasalnya, pembeli tidak perlu membayarkan uang muka terlebih dahulu. Cukup dengan kartu kredit dan tanpa embel-embel jaminan dan permohonan kredit berikut surveinya terlebih dahulu. Lebih lengkapnya, begini cara beli motor dengan kartu kredit.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sepeda Motor untuk Perempuan

1. Tentukan Tipe Motor yang Diinginkan

Hal pertama yang tentunya harus Anda lakukan adalah memilih tipe motor yang akan dibeli. Apakah ingin motor sport, bebek, atau matic. Tentunya pilihan ini sesuai selera. Di Indonesia sendiri banyak ragam dan varian dari motor yang dikeluarkan oleh pabrikan. Tentu saja ini memusingkan Anda dalam menjatuhkan pilihan motor terbaik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menentukan motor mana yang akan dipilih adalah dengan cara datang ke showroom terdekat dan lihat secara fisik bagaimana rupa motor yang dijual. Sehabis itu, Anda juga bisa melihat varian lain di brosur yang tersedia di sana. Pramuniaga di showroom pun siap melayani jika ada hal yang ingin ditanyakan.

Cara kedua adalah dengan melakukan browsing di internet tentang informasi motor keluaran baru. Anda bisa mengunjungi website resmi produsen sepeda motor atau baca review seputar produknya di forum-forum internet. Dengan membaca ulasan di forum, Anda juga menjadi lebih tahu keunggulan dan kekurangan motor yang akan dipinang.

Baca Juga: Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport

2. Pilih Tempat untuk Membeli Motor

dealer motor Ilustrasi dealer motor via twimg.com

Setelah menjatuhkan pilihan untuk membeli motor apa, selanjutnya adalah memilih tempat untuk membeli motor. Ada dua pilihan tempat untuk membeli moto dengan kartu kredit yaitu:

  • Dealer resmi yang menyediakan fasilitas kartu kredit

Tidak semua dealer menerima pembayaran dengan kartu kredit. Oleh sebab itu, cari terlebih dahulu informasi terkait delaer yang menyediakan fasilitas ini. Untuk ketentuan lain yang berlaku mengikuti kebijakan pada dealer tersebut.

  • Di marketplace online

Perkembangan zaman memang tak ada habisnya. Kini kita bisa membeli sepeda motor di marketplace. Tentunya ini sangat memudahkan karena budaya belanja online sudah mulai mengakar di masyarakat. Selain itu, dokumen yang persyaratkan untuk beli motor ini hanya KTP dan KK sebagai data untuk STNK.

Untuk itu pilihlah marketplace yang menyediakan cicilan kartu kredit untuk pembelian unit sepeda motor. Biasanya marketplace menyediakan cicilan 0% untuk kartu kredit bank tertentu. Layaknya belanja online, Anda tinggal memilih motor mana yang akan dibeli pada situs marketplace tersebut.

Jangan lupa pilih jenis pembayaran dengan kartu kredit lalu tentukan tenornya juga. Sistem akan menampilkan simulasi pembayaran cicilannya. Anda tidak perlu membayar DP, hanya perlu membayar cicilan pertamanya. Itupun lewat kartu kredit.

  3. Pastikan Limit Kartu Kredit Cukup

Sebagaimana kita tahu bahwa harga satu unit sepeda motor tidaklah murah. Kisaran harga motor bebek sekitar Rp13-25 juta. Sedangkan untuk motor sport berkisar antara Rp25-50 juta. Untuk itu, pastikan limit kartu kredit Anda mencukupi untuk pembayaran ini.

Limit yang kurang dari harga motor tentu saja tidak bisa digunakan. Periksa, apakah kartu kredit limitnya sudah menipis apa masih banyak. Salah satu cara mengecek limit kartu kredit adalah dengan pergi ke ATM.

Pertimbangkan dengan Matang Sebelum Beli Motor dengan Kartu Kredit

Walaupun bunga yang ditawarkan untuk beli motor dengan kartu kredit, ada hal lain yang harus diperhatikan. Salah satunya, jangan pernah telat bayar cicilan kartu kredit setelahnya. Ini karena ada bunga tambahan lagi jika Anda telat membayar cicilan kartu kredit. Akibatnya, biaya kredit motor akan naik dan tentu saja ini merugikan. Oleh sebab itu, hitung masak-masak sebelum membeli.

Baca Juga: Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%