Jangan Langsung Dihabiskan, Begini 5 Tips Atur Gaji Pertama Biar Kebutuhan Tercukupi

Menerima gaji pertama merupakan salah satu yang paling berkesan dan pada umumnya akan sangat ditunggu oleh para pekerja baru sepertimu. Saat menerima gaji pertama, kebanyakan pekerja akan memiliki beragam rencana terkait dengan uang tersebut, bahkan ada pula yang langsung dihabiskan gitu saja tanpa adanya rencana keuangan yang benar.

Hal ini jelaslah salah besar. Membelanjakan gaji sepuasnya memang sangat menyenangkan, namun kamu perlu mengingat bahwa ada kebutuhan atau pos pengeluaran lainnya yang harus tercukupi dengan baik selama satu bulan penuh. Jangan sampai kedepannya kamu kewalahan, hanya karena gajim telah habis di tengah jalan. 

Agar hal ini tidak terjadi pada keuanganmu, sebaiknya simak beberapa tips atur gaji pertama berikut ini, yang bisa langsung kamu praktikan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Susun daftar kebutuhan

rencana keuangan
Susun daftar kebutuhan

Saat kamu menerima gaji pertama, kamu mungkin saja akan memiliki banyak keinginan yang ingin dipenuhi. Hal ini harus kamu cermati dengan baik, apalagi jika kamu termasuk orang yang sering membeli sesuatu tanpa perencanaan. Prioritaskan berbagai kebutuhan pokokmu terlebih dahulu, sehingga kebutuhan selama sebulan ke depan bisa terpenuhi dengan baik.

Mulailah menyusun daftar kebutuhanmu selama sebulan ke depan dengan lengkap. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membaginya dalam beberapa pos, seperti: uang makan, biaya transport, belanja bulanan, dan yang lainnya. Pastikan kamu memilih berbagai kebutuhan ini dengan baik, sehingga hal-hal yang sangat penting bisa terpenuhi lebih dulu. Jangan lupa untuk membuat daftar belanja, agar kamu tidak sampai membeli berbagai barang yang tidak penting. 

2. Sisihkan tabungan

menabung
Sisihkan tabungan

Tabungan menjadi hal wajib yang harus diadakan di dalam keuangan, bahkan meski kamu belum memiliki gaji yang besar sekalipun. Tabungan akan membantu mengamankan keuanganmu, jika sewaktu-waktu kamu mengalami masalah keuangan atau bahkan memiliki kebutuhan mendadak di luar anggaran rutin bulanan. Selain itu, tabungan juga bisa membantu kamu lebih mudah melakukan investasi di masa yang akan datang.

Biasakan untuk selalu menyisihkan sejumlah tabungan rutin bulanan setiap kali kamu gajian. Kamu bisa menentukan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan, misalnya 10% dari gajimu. Dana tabungan ini bisa kamu masukkan ke dalam celengan atau bahkan tempat penyimpanan lainnya. Namun jika kamu ingin merasa lebih aman, maka membuka rekening khusus untuk tabungan ini merupakan langkah yang tepat. 

Baca Juga: Menabung Rp1 Juta Per Bulan Tak Lagi Mustahil, Ikuti 6 Cara Ini!

3. Atur budget pengeluaran

uang
Atur budget pengeluaran

Saat kamu sudah mengatur pengeluaran bulanan, maka jangan lupa untuk membuatnya dalam pos yang lebih kecil. Hal ini akan mempermudah kamu mengontrol keuangan secara ketat, sehingga pengeluaran dalam sebulan bisa sesuai dengan rencana. Atur pengeluaran harian dengan tepat, agar kamu lebih mudah untuk membelanjakan dan memenuhi semua kebutuhan dengan baik. Jangan lupa untuk tetap melakukan pengecekan setiap akhir pekan, sehingga kamu bisa melakukan evaluasi jika dibutuhkan.

4. Jalani pola hidup sederhana

hemat
Jalani pola hidup sederhana

Memiliki penghasilan kerap membuat gaya hidup seseorang menjadi berubah. Hal ini tidak bisa dipungkiri, sebab kebanyakan pekerja memang mengalaminya. Saat kamu memiliki uang, maka kecenderungan untuk belanja atau bahkan membuat berbagai pengeluaran akan semakin besar. Hal ini bisa menjadi masalah di dalam keuangan, apalagi jika berbagai pengeluaran ini tidak direncanakan dengan baik.

Hindari masalah keuangan setelah mendapatkan gaji, agar kamu tetap bisa memenuhi semua kebutuhanmu dengan baik. Biasakan untuk hidup dengan pola sederhana dan bebas hutang. Hal ini akan membantu kamu hidup dengan lebih teratur dan bebas masalah keuangan. Selain itu, kamu juga akan bisa menabungkan lebih banyak uang setiap bulanya.

Baca Juga: Tips Cerdas Ajukan Kenaikan Gaji

5. Jangan hambur-hamburkan uang

belanja
Jangan hambur-hamburkan uang

Gaji pertama akan seperti mimpi yang menjadi kenyataan untuk sebagian besar pekerja. Rasa gembira dan berbagai keinginan lainnya kerap ditunjukkan dengan bersenang-senang. Sebagian orang akan mengajak temannya makan atau bahkan belanja barang yang telah lama diidam-idamkan. Jika tidak dikontrol, bisa saja gaji habis dalam sesaat saja.

Jangan menghambur-hamburkan uangmu untuk berbagai hal yang tidak perlu, bahkan meski kamu sangat gembira. Jika kamu ingin bersenang-senang, maka pastikan masih dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan. Dahulukan tabungan dan semua kebutuhan pokokmu selama sebulan penuh, sebelum akhirnya kamu membelanjakan uang untuk hal-hal seperti ini.

Nikmati gaji pertamamu dengan bahagia dan terencana

Meski sudah mendapatkan penghasilan, biasakan untuk tetap disiplin dalam mengelola keuangan kedepannya. Menerima gaji pertama tentu akan membuatmu bahagia. Kamu bahkan bisa saja sudah memiliki berbagai rencana terkait gaji tersebut. Pastikan kamu mengatur pengeluaran dan alokasi gaji pertamamu dengan tepat, sehingga semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. Semua ini akan membuat kamu lebih bahagia dan bisa menikmati gajimu secara maksimal.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Atur Gaji Bulanan yang Kecil