Kamu Wajib Lakukan Ini untuk Melacak HP yang Hilang

Saat ini, handphone tampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan. Hal yang sangat wajar karena HP sendiri menawarkan manfaat yang beragam. Tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi, tapi juga alat untuk mencari informasi bahkan mencari uang pun sekarang bisa dilakukan melalui HP.

Bisa dibayangkan seperti apa hampanya hidup tanpa HP. Tak heran apabila HP hilang, seseorang langsung panik dan tidak segan-segan untuk membeli HP baru kalau HP tersebut tidak ketemu juga.

Sebelum membeli HP baru, coba cara melacak HP yang hilang berikut ini dulu, yuk! Jadi, uangnya bisa kamu simpan untuk membeli hal lain yang lebih bermanfaat nantinya. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cari Menggunakan Email

gmail

Jika HP yang hilang adalah tipe Android, maka kamu bisa lacak menggunakan email yang digunakan saat membeli HP baru. Email ini biasanya akan terhubung langsung dengan aplikasi yang ada di dalam handphone. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencari HP hilang menggunakan email :

  • Pastikan koneksi internetmu bagus
  • Akses halaman Gmail (apabila kamu menggunakan embel-embel @gmail.com), masukkan email dan kata sandi
  • Pilihlah tampilan versi desktop, lalu klik gambar titik sembilan yang ada pada bagian paling atas website
  • Masuklah ke halaman akun Google, lalu scroll sampai kamu menemukan tulisan “temukan ponsel saya”, lalu klik “mulai”
  • Pilihlah HP yang hilang, lalu masukkan kata sandi, kemudian pilih opsi “temukan”. Setelah itu mucul tampilan Google Map, lalu klip pilihan “tutup”
  • Kamu akan mengetahui letak HP yang hilang. Apabila Google Map tidak tersedia, maka klik “refresh”

Baca Juga: Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang

2. Gunakan Google Maps

google map

Google Maps tidak hanya menyediakan fitur navigasi, estimasi waktu, jarak, maupun opsi kendaraan terbaik untuk pergi ke suatu tempat, tapi juga fitur pelacakan HP yang hilang. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan :

  • Pertama-tama, silahkan buka Google Maps
  • Klik “setting”, lalu “share location” yang terdapat pada bagian paling kiri atas
  • Tentukan berapa lama kamu ingin melacak HP yang hilang, bisa 1 jam dan seterusnya. Fitur ini akan terus bekerja sampai kamu menonaktifkannya 
  • Klik “pilih orang”, lalu masukkan alamat email dan nomor HP dari HP yang ingin dilacak keberadaannya
  • Klik “bagi”, lalu “aktifkan”
  • Google Maps akan melacak lokasi tempat HP kamu berada selama kurang lebih 24 jam

3. Menggunakan Find My Device

find my device

Tidak hanya pada Android, tapi fitur ini juga bisa ditemukan pada sistem iOS. Kehadiran fitur ini akan memudahkan untuk menemukan HP jika sewaktu-waktu hilang. Fitur ini juga dapat memberikan pesan khusus kepada siapa saja yang menemukan HP agar bisa segera mengontak pemilik yang sebenarnya. 

  • Pastikan kamu sudah terhubung dengan Google, mengaktifkan lokasi, dan memiliki internet yang lancar
  • Pergi ke menu “pengaturan” untuk mengaktifkan fitur find my device kalau memang belum aktif
  • Buka aplikasi find my device atau akses langsung melalui website. Lakukan login menggunakan alamat email dan kata sandi yang terkoneksi dengan HP-mu yang hilang
  • Akan tersedia tiga opsi ketika kamu berhasil masuk, di antaranya bunyikan perangkat, kunci, maupun hapus data yang tersimpan
  • Opsi “bunyikan perangkat” sebaiknya dipilih kalau HP hilangnya di rumah. Sedangkan opsi “kunci” saat HP hilang di tempat umum, dan opsi “hapus data yang tersimpan” kalau memang HP dicuri oleh orang lain. Dengan demikian, siapa saja yang menemukan HP tidak bisa menyalakan data-data pribadimu untuk kepentingannya sendiri

Baca Juga: e-KTP yang Hilang, Ini Cara dan Syarat Mengurusny

4. Menggunakan Google ADM

google adm

Satu hal yang menjadi keunggulan HP sistem Android adalah sebagian besar aplikasinya terhubung langsung dengan Google. Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk menemukan HP yang hilang. Langkah-langkah yang bisa dilakukan, seperti :

  • Gunakan ponsel lain atau PC untuk mengakses Google ADM
  • Masukkan alamat email dan kata sandi, klik “accept”
  • Setelah itu, akan muncul nama ponsel yang terhubung dengan alamat email yang dimasukkan. Lalu, informasi mengenai lokasi HP akan ditampilkan di layar
  • Cara ini bisa dilakukan apabila HP masih hidup. Jika dalam keadaan mati, maka cara ini tidak akan berfungsi

5. Menggunakan IMEI

IMEI

Dan cara terakhir melacak HP yang hilang adalah memasukkan IMEI atau identitas HP itu sendiri. IMEI biasanya digunakan untuk membuktikan apakah HP yang kamu beli terdaftar pada sistem dari merk HP yang bersangkutan atau tidak. Sejatinya, IMEI bisa digunakan untuk menemukan HP hilang, tapi membutuhkan usaha yang lebih besar.

Alasannya karena melacak HP hilang dengan IMEI mesti melibatkan pihak ketiga, seperti pihak operator dan berwajib. Prosesnya juga cukup panjang, jadi kamu harus ekstra sabar. Itu juga kalau HP berhasil ditemukan, kalau tidak maka kamu harus pasrah untuk ganti HP baru.

Sesuaikan dengan Sistem pada Handphone

Melacak HP Android dan iOS tentu saja berbeda. Sesuaikan dengan sistem yang disematkan pada ponsel pintar milikmu, jadi kamu bisa memilih salah satu cara yang menurutmu paling akurat. Semoga cara melacak HP yang hilang di atas membantumu, ya!

Baca Juga: Ijazah Anda Hilang? Tenang, Ini Cara Mengurusnya