Kartu Debit BCA, Ketahui Limit dan Biaya Administrasinya

Kartu Debit merupakan fasilitas yang diberikan oleh Bank kepada nasabah untuk mempermudah transaksi digital. Kartu debit dapat digunakan untuk mengoperasikan mesin ATM dengan berbagai keperluan. Seperti untuk mengecek saldo, mutasi rekening, transfer, dan melakukan pembayaran-pembayaran lainnya.

Fungsi lain dari Kartu Debit adalah sebagai alat bayar saat berbelanja di merchant yang menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC). Jadi, bagi yang senang berbelanja tidak perlu repot membawa uang tunai, cukup dengan Kartu Debit saja maka bertransaksi jadi lebih mudah.

Selain itu fungsi Kartu Debit ini juga bisa untuk setor tunai, oleh karena itu, jika Anda mau menabung tidak usah repot datang ke Bank ataupun mengantri, Anda cukup mencari mesin ATM dan setor tunai lewat Kartu Debit.

Umumnya semua Bank pasti menyediakan Kartu Debit, hanya saja jenis dan limit yang diberikan berbeda. Berikut ulasan mengenai Kartu Debit BCA. Sekarang ini banyak masyarakat mulai ingin memiliki Kartu Debit BCA karena fasilitas menarik yang diberikan.

Ada 3 macam jenis Kartu Debit BCA atau Paspor BCA yaitu Kartu Debit Silver, Gold, dan Platinum. Ciri khas ketiga jenis Kartu Debit ini adalah dari warnanya. Masing-masing memiliki warna kartu, limit, dan biaya administrasi yang berbeda-beda. 

Ketiga jenis Kartu Debit BCA tersebut tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, sebelum membuka rekening BCA alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu masing-masing keunggulannya. Berikut ulasannya.

Baca Juga: BCA Mobile: Keuntungan, Cara Registrasi, dan Aktivasinya

Tiga Jenis Kartu Debit BCA Berlogo Mastercard

1. Kartu Debit BCA Blue (Silver)

  Kartu Debit BCA Silver

Sumber: bca.co.id

Pertama, ada Kartu Debit BCA Blue (Silver). Biaya pembuatan untuk Kartu Debit ini yaitu sebesar 10 Ribu Rupiah. Selain itu, biaya administrasi setiap bulannya untuk Kartu Debit BCA Blue (Silver) adalah 15 Ribu Rupiah. BCA memberikan limit yang  berbeda untuk setiap transaksi perharinya. Berikut penjelasannya.

  • Limit penarikan tunai:7 Juta Rupiah
  • Limit setoran tunai:15 Juta Rupiah
  • Limit transfer ke sesama BCA: 25 Juta Rupiah
  • Limit transfer ke rekening lain:10 Juta Rupiah
  • Limit pembayaran: 25 Juta Rupiah

Debit BCA Blue (Silver) adalah jenis kartu dengan biaya termurah dibandingkan dengan jenis Kartu Debit BCA lainnya.

2. Kartu Debit BCA Gold

Kartu Debit BCA Gold

Jenis kartu debit BCA yang kedua adalah Gold. Biaya pembuatan kartu ini adalah 15 Ribu Rupiah. Sementara itu untuk biaya administrasi setiap bulannya sebesar 17 Ribu Rupiah.

Melihat selisih biaya jenis kartu debit BCA Blue (Silver) dan Gold, terlihat jelas bahwa biaya untuk kartu ini lebih tinggi. Oleh karenanya, walaupun biayanya lebih tinggi, banyak keunggulan dari Kartu Debit BCA Gold yang tidak ada dimiliki kartu debit BCA Blue (Silver). Berikut penjelasannya.

  • Limit penarikan tunai:10 Juta Rupiah
  • Limit setoran tunai:30 Juta Rupiah
  • Limit transfer ke sesama BCA: 50 Juta Rupiah
  • Limit transfer ke rekening lain:15 Juta Rupiah
  • Limit pembayaran: 50 Juta Rupiah

Tentu dengan limit besar yang diberikan Kartu Debit BCA Gold, menjadikan kartu debit ini cocok untuk Anda yang sering melakukan transaksi dalam jumlah cukup besar.

3. Kartu Debit BCA Platinum

Kartu Debit BCA Platinum

Sumber: bca.co.id

Biaya untuk pembuatan Kartu Debit BCA Platinum adalah 20 Ribu Rupiah dengan biaya administrasi juga sebesar 20 Ribu Rupiah.

Dibandingkan dengan jenis kartu debit Blue (Silver) dan Gold, Kartu Debit BCA Platinum ini dikenakan biaya administrasi bulanan paling besar. Namun, sebanding dengan limit transaksi yang besar. Berikut penjelasannya.

  • Limit penarikan tunai:10 Juta Rupiah
  • Limit setoran tunai:50 Juta Rupiah
  • Limit transfer ke sesama BCA: 100 Juta Rupiah
  • Limit transfer ke rekening lain:25 Juta Rupiah
  • Limit pembayaran: 100 Juta Rupiah

Angka yang sangat besar mengingat jenis kartu Debit BCA Platinum ini memang diperuntukkan bagi mereka yang bertransaksi dengan jumlah besar.

Baca Juga: Inilah Nomor Call Center BCA yang Bebas Dihubungi Kapan Saja

Namun, BCA menyediakan kartu debit serupa hanya saja berlogo Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN. Untuk jenis ini, kartu hanya dapat digunakan di dalam negeri saja. Perbedaannya pun hanya pada biaya administrasinya saja. 

Kartu Debit BCA berlogo GPN memiliki biaya administrasi yang lebih murah dibandingkan yang berlogo Mastercard.

Keuntungan Menggunakan Kartu Debit BCA

  1. Berbelanja menjadi lebih praktis karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.
  2. Transaksi belanja menjadi lebih mudah karena tidak perlu menerima uang kembalian.
  3. Belanja jadi lebih aman karena otorisasi transaksi berbelanja di EDC BCA dengan Personal Identification Number (PIN) yang hanya diketahui oleh Anda sendiri.
  4. Puluhan ribu merchant bertanda Debit BCA tersebar di seluruh Indonesia yang akan menerima transaksi berbelanja Anda.
  5. Setiap transaksi belanja dengan Kartu Debit BCA akan tercatat dalam Mutasi Rekening. Sehingga, Anda dapat melihat kembali semua transaksi yang pernah dilakukan.

Sesuaikan Kartu Debit dengan Kebutuhan Anda

Setiap nasabah Kartu Debit BCA bebas memilih kartu mana yang ingin dimiliki dan sesuai dengan kebutuhannya. Apakah Blue (Silver), Gold, atau Platinum. 

Jika baru pertama kali ingin membuka tabukan dan menggunakan kartu debit, Anda dapat mulai menggunakan Kartu Debit BCA Blue (Silver) terlebih dahulu.

Bagaimana jika saya ingin upgrade Kartu Debit BCA Gold atau Platinum? Caranya mudah, Anda cukup datang ke kantor BCA terdekat untuk meminta upgrade atau downgrade kartu Debit Anda dengan membawa kartu identitas berupa KTP, tabungan BCA, dan Kartu Debit BCA lama.

Demikianlah informasi seputar Kartu Debit BCA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk membuka rekening BCA dan mulai menggunakannya.

Baca Juga: Cara Buat Rekening di Bank BCA, Berapa Saldo Minimalnya?