8 Jenis Kartu Debit BCA / Kartu ATM BCA, Ketahui Limit dan Biaya Administrasinya

Kartu debit merupakan fasilitas yang diberikan oleh Bank kepada nasabah untuk mempermudah transaksi digital. Kartu debit dapat digunakan untuk mengoperasikan mesin ATM dengan berbagai keperluan. Seperti untuk mengecek saldo, mutasi rekening, transfer, dan melakukan pembayaran-pembayaran lainnya.

Fungsi lain dari kartu debit adalah sebagai alat bayar saat berbelanja di merchant yang menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC). Jadi, bagi yang senang berbelanja tidak perlu repot membawa uang tunai, cukup dengan kartu debit saja maka bertransaksi jadi lebih mudah.

Selain itu fungsi kartu debit ini juga bisa untuk setor tunai, oleh karena itu, jika mau menabung tidak usah repot datang ke Bank ataupun mengantri, kamu cukup mencari mesin ATM dan setor tunai lewat kartu debit.

Umumnya, semua Bank, termasuk BCA, pasti menyediakan kartu debit. Hanya saja jenis dan limit yang diberikan berbeda-berbeda. Oleh karena itu, simak ulasan mengenai jenis-jenis kartu debit atau kartu ATM BCA berikut ini.

Baca Juga: BCA Mobile: Keuntungan, Cara Registrasi, dan Aktivasinya

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

8 Jenis Kartu Debit BCA

  1. Kartu Debit BCA Blue (Mastercard)

      loader

    Kartu Paspor BCA Blue Mastercard (Sumber: www.bca.co.id)

    Pertama, ada Paspor BCA Mastercard Blue. Biaya pembuatan untuk kartu debit ini yaitu sebesar 10 Ribu Rupiah. Selain itu, biaya administrasi setiap bulannya untuk kartu debit BCA Blue (Mastercard) adalah 15 Ribu Rupiah.

  2. Kartu Debit BCA Gold (Mastercard)

    loader

    Kartu Paspor BCA Gold Mastercard (Sumber: www.bca.co.id)

    Jenis kartu debit BCA yang kedua adalah Gold (Mastercard). Biaya pembuatan kartu ini adalah 15 Ribu Rupiah. Sementara itu untuk biaya administrasi setiap bulannya sebesar 17 Ribu Rupiah.

  3. Kartu Debit BCA Platinum (Mastercard)

    loader

    Kartu Paspor BCA Platinum Mastercard (Sumber: www.bca.co.id)

    Biaya untuk pembuatan kartu debit BCA Platinum adalah 20 Ribu Rupiah dengan biaya administrasi juga sebesar 20 Ribu Rupiah.

    Dibandingkan dengan jenis kartu debit Blue (Mastercard) dan Gold (Mastercard), kartu debit BCA Platinum ini dikenakan biaya administrasi bulanan paling besar. Namun, sebanding dengan limit transaksi yang besar.

    Selain itu, BCA juga menyediakan kartu debit serupa hanya saja berlogo Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN. Untuk jenis ini, kartu hanya dapat digunakan di dalam negeri saja. Perbedaannya pun hanya pada biaya administrasinya. Berikut adalah, informasi lengkap mengenai kartu debit BCA GPN.

  4. Kartu Debit BCA Blue (GPN)

    loader

    Kartu Paspor BCA Blue GPN (Sumber: www.bca.co.id)

    Biaya administrasi kartu debit / kartu ATM BCA Blue GPN adalah 14 ribu Rupiah per bulan. Lebih hemat, seribu Rupiah jika dibandingkan dengan kartu ATM BCA Blue Mastercard.

  5. Kartu Debit BCA Gold (GPN)

    loader

    Kartu Paspor BCA Gold GPN (Sumber: www.bca.co.id)

    Bagi pemiliki kartu debit BCA Gold GPN, kamu akan dibebankan biaya administrasi sebesar 16 ribu Rupiah setiap bulannya. Lebih hemat, seribu Rupiah jika dibandingkan dengan kartu debit BCA Gold Mastercard.

  6. Kartu Debit BCA Platinum (GPN)

    loader

    Kartu Paspor BCA Platinum GPN (Sumber: www.bca.co.id)

    Terakhir, bagi pemilik kartu debit BCA Platinum GPN, kamu akan dibebankan biaya administrasi sebesar 19 ribu Rupiah setiap bulannya dan pastinya masih lebih hemat seribu Rupiah jika dibandingkan dengan yang Mastercard.

  7. Kartu Debit BCA Xpresi

    loader

    Kartu BCA Xpresi (Sumber: www.bca.co.id)

    Berbeda dengan kartu debit BCA sebelumnya, kartu debit BCA Xpresi lebih diperuntukkan bagi anak-anak muda masa kini. Di mana, kamu bisa memiliki kartu debit kece ini dengan melakukan penempatan awal minimal 50 ribu Rupiah saja.

    Selain itu, para pengguna kartu BCA Xpresi juga hanya akan dibebankan biaya administrasi sebesar 7.500 Rupiah. Lalu, bagaimana dengan ketentuan limitnya? Berikut adalah informasi selengkapnya.

    Jenis Transaksi

    Limit (dalam Rupiah)

    via ATM BCA

    Tarik Tunai

    7 juta

    Setor Tunai

    30 juta

    Transfer ke Sesama Rekening BCA

    25 juta

    Transfer ke Sesama Rekening BCA (ke Rekening Valas)

    15 juta

    Transfer Antar Bank

    10 juta

    via EDC

    Debit BCA

    25 juta

    via m-BCA

    Transfer ke Sesama Rekening BCA

    25 juta

    Transfer Antar Bank

    10 juta

    Lainnya

    via Internet Banking BCA

    500 juta

    via myBCA

    300 juta

    Sumber: www.bca.co.id

    Keterangan:

    • Limit transaksi tarik tunai: adalah limit gabungan dari transaksi tarik tunai yang menggunakan kartu Paspor atau layanan Cardless di m-BCA.
    • Limit transaksi setor tunai: adalah limit gabungan dari transaksi setor tunai yang menggunakan kartu Paspor atau layanan Cardless di m-BCA.
    • Limit transfer: adalah limit gabungan dengan limit transfer di m-BCA.
    • Limit transfer (ke rekening Valas) terpisah dari limit transfer Rupiah.
    • Batas pembayaran dengan Debit BCA menjadi satu dengan penarikan tunai di merchant dan Top up Flazz di EDC (terpisah dari batas pengambilan tunai di ATM).
  8. Kartu Debit BCA SimPel

    loader

    Kartu BCA SimPel (Sumber: www.bca.co.id)

    BCA SimPel merupakan salah satu produk simpanan yang dikhususkan untuk mempersiapkan masa depan pelajar-pelajar di Indonesia. Di mana, hanya dengan melakukan setoran awal sebesar 5 ribu Rupiah, para orang tua, bisa langsung membuka rekening tabungan atas nama anaknya (siswa) dan tidak akan dipungut biaya administrasi sedikit pun.

    Baca Juga: Inilah Nomor Call Center BCA yang Bebas Dihubungi Kapan Saja

Limit Kartu Debit BCA (Paspor Mastercard dan GPN)

Jenis Transaksi

Limit (dalam Rupiah)

Paspor Blue

Paspor Gold

Paspor Platinum

via ATM BCA

Tarik Tunai

10 juta

10 juta

10 juta

Setor Tunai

50 juta

80 juta

100 juta

Transfer ke Sesama Rekening BCA

50 juta

75 juta

100 juta

Transfer ke Sesama Rekening BCA (ke Rekening Valas)

50 juta

75 juta

100 juta

Transfer Antar Bank

15 juta

20 juta

25 juta

via EDC

Debit BCA

50 juta

75 juta

100 juta

via m-BCA

Transfer ke Sesama Rekening BCA

50 juta

75 juta

100 juta

Transfer Antar Bank

15 juta

20 juta

25 juta

Lainnya dan Berlaku untuk Semua Jenis Kartu

via Internet Banking BCA

500 juta

via myBCA

300 juta

Sumber: www.bca.co.id

Keterangan:

  • Tabel limit di atas berlaku untuk kartu debit Paspor BCA Mastercard maupun GPN.
  • Limit transaksi tarik tunai, adalah limit gabungan dari transaksi tarik tunai yang menggunakan kartu Paspor atau layanan Cardless di m-BCA.
  • Limit transaksi setor tunai, adalah limit gabungan dari transaksi setor tunai yang menggunakan kartu Paspor atau layanan Cardless di m-BCA.
  • Limit transfer, adalah limit gabungan dengan limit transfer di m-BCA.
  • Limit transfer (ke rekening Valas) terpisah dari limit transfer Rupiah.
  • Batas pembayaran dengan Debit BCA menjadi satu dengan penarikan tunai di merchant dan Top up Flazz di EDC (terpisah dari batas pengambilan tunai di ATM).

Keuntungan Menggunakan Kartu Debit BCA

  • Berbelanja menjadi lebih praktis karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.
  • Transaksi belanja menjadi lebih mudah karena tidak perlu menerima uang kembalian.
  • Belanja jadi lebih aman karena otorisasi transaksi berbelanja di EDC BCA dengan Personal Identification Number (PIN) yang hanya diketahui oleh kamu sendiri.
  • Puluhan ribu merchant bertanda Debit BCA tersebar di seluruh Indonesia yang akan menerima transaksi berbelanjamu.
  • Setiap transaksi belanja dengan kartu debit BCA akan tercatat dalam Mutasi Rekening. Sehingga, kamu dapat melihat kembali semua transaksi yang pernah dilakukan.

Sesuaikan Kartu Debit BCA dengan Kebutuhanmu

Setiap nasabah kartu debit BCA bebas memilih kartu mana yang ingin dimiliki dan sesuai dengan kebutuhannya. Jika baru pertama kali ingin membuka tabungan dan menggunakan kartu debit, kamu dapat mulai menggunakan kartu BCA Xpresi atau Paspor Blue terlebih dahulu.

Bagaimana jika ingin upgrade kartu debit BCA Gold atau Platinum? Caranya mudah, kamu cukup datang ke kantor BCA terdekat untuk meminta upgrade atau downgrade kartu debitmu dengan membawa kartu identitas berupa KTP, tabungan BCA, dan kartu debit BCA lama.

Demikianlah informasi seputar kartu debit BCA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang berencana untuk membuka rekening BCA dan mulai menggunakannya.

Baca Juga: Cara Buat Rekening di Bank BCA, Berapa Saldo Minimalnya?