Cara Buat Rekening di Bank BCA, Berapa Saldo Minimalnya?

Cara membuat rekening di Bank BCA sangat mudah. Ada banyak alternatif tabungan yang ditawarkan oleh bank BCA. Kamu bisa memilih jenis tabungan yang paling sesuai untuk kebutuhan.

Termasuk yang paling menarik dari jenis tabungan tersebut adalah tabungan Xpresi khusus untuk anak-anak muda yang memiliki  jiwa kreatif dengan biaya yang sangat pas di kantong para anak muda. Selain itu juga ada produk tabungan BCA Dollar yang diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menabung dalam mata uang asing (USD dan SGD) dengan berbagai macam keuntungannya.

Jika minat untuk membuat rekening bank BCA, berikut informasi selengkapnya mengenai produk-produk tabungan bank BCA, cara membuka rekening, biaya pembukaan rekening serta saldo minimal yang dipersyaratkan.

Baca juga: 10 Produk Simpanan Terbaik dari Bank BCA

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Produk Rekening BCA

  1. Tabungan BCA Tahapan

    loader
    Tabungan Tahapan BCA

    Tabungan BCA Tahapan merupakan jenis tabungan yang disuguhkan bagi yang memiliki aktivitas yang rutin dalam memanfaatkan layanan dan fasilitas perbankan. Tabungan BCA Tahapan dilengkapi dengan Paspor BCA yang multifungsi dan dapat digunakan sebagai kartu Debit, Kartu ATM, dan Tunai. Dengan BCA Tahapan pengguna dapat memilih jenis Paspor BCA sesuai dengan kebutuhan mereka.

    Ada Paspor BCA Silver, Paspor BCA Gold, dan Paspor BCA Platinum. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Berikut ini ulasan lengkapnya.

    • Paspor BCA Silver: Tahapan BCA dengan Paspor BCA Silver ditujukan bagi nasabah yang memiliki rutinitas transaksi secara online maupun debit ATM. Paspor BCA Silver tidak cocok jika terlalu sering mengambil uang di ATM karena Paspor BCA Silver hanya memliki limit pengambilan tunai sebesar Rp7 Juta di mesin ATM. Akan tetapi, jenis Paspor ini bisa untuk melakukan transfer hingga Rp25 juta melalui mesin ATM.
    • Paspor BCA Gold: Kartu jenis ini sangat cocok bagi yang tidak terlalu sering melakukan tarik tunai di mesin ATM dengan jumlah besar. Namun, kartu ini memiliki limit transfer dana ke sesama rekening BCA yang lebih besar dari Paspor BCA Silver, yaitu Rp10 juta hingga Rp50 juta. Pemegang kartu ATM Gold / Paspor BCA Gold juga memiliki fasilitas belanja di berbagai macam merchant hingga Rp50 juta dengan cara menggunakan kartu tersebut sebagai kartu debit.
    • Paspor BCA Platinum: Buka rekening di BCA Tahapan dengan kartu BCA Platinum sangat sesuai untuk orang yang memiliki mobilitas serta aktivitas yang sangat tinggi. Dengan kartu ini, nasabah bisa melakukan transfer hingga Rp100 juta. Kartu ini juga memiliki limit debit yang sangat tinggi, yaitu Rp100 juta.

    Syarat dan Cara Membuka Rekening Tahapan BCA

    Calon nasabah yang ingin membuka rekening di BCA Tahapan caranya cukup mudah, yaitu dengan memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut.

    • Individu atau yayasan.
    • Mengisi formulir permohonan melalui aplikasi online ataupun datang langsung ke kantor cabang bank BCA.
    • Kartu identitas diri yang masih berlaku serta NPWP.
    • Saldo setoran awal untuk Tabungan BCA Tahapan baik dengan Paspor BCA Silver, Gold ataupun Platinum, yaitu sebesar Rp500.000. Untuk setoran selanjutnya minimal adalah Rp50.000.
    • Memiliki saldo rata-rata perbulan Rp100.000.
    • Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp50.000.
    • Dikenakan biaya administrasi setiap bulan dan ada biaya pembuatan ataupun penggantian kartu ATM.

    Calon nasabah bisa memilih untuk buka rekening secara konvensional maupun dengan memanfaatkan aplikasi online yang disediakan melalui website resmi bank BCA. Jika berkenan untuk membuat rekening secara online, bisa mengunjungi website resmi bank BCA dan mempelajari jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah memahami dan memilih jenis tabungan, maka bisa langsung klik menu “Daftar Online”.

    Setelah itu, kamu akan di arahkan untuk mengisi formulir online. Selanjutnya, tinggal mengisi formulir yang telah disediakan. Berikutnya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan. Setelah data terisi lengkap akan mendapatkan nomor referensi yang nantinya akan dibawa ke bank beserta syarat-syarat yang telah disebutkan di atas.

    Biaya pada Tahapan BCA

    Seperti tabungan lainnya, terdapat beberapa biaya yang perlu dibayarkan, seperti biaya administri dan biaya pembuatan kartu atau biaya penggantian kartu. Biaya yang dikenakan untuk rekening BCA Tahapan sebagai berikut.

    • Paspor BCA Silver: Biaya administrasi per bulan Rp15.000; Biaya pembuatan kartu atau biaya penggantian kartu Rp10.000.
    • Paspor BCA Gold: Biaya administrasi per bulan Rp17.000; Biaya pembuatan kartu atau biaya penggantian kartu Rp15.000.
    • Paspor BCA Platinum: Biaya administrasi per bulan Rp20.000; Biaya pembuatan kartu atau biaya penggantian kartu Rp20.000.

    Manfaat Tahapan BCA

    Setelah mengetahui cara pembuatan rekening Tahapan BCA beserta biaya-biayanya, sekarang saatnya mengetahui apa saja manfaat yang diberikan oleh tabungan Tahapan BCA seperti diulas di bawah ini. Sebagai nasabah Tahapan BCA, nikmati berbagai kemudahan dan manfaat sebagai berikut.

    • Tarik tunai ATM BCA dan jaringannya baik di dalam maupun luar negeri (ATM BCA, ATM Prima, ATM Cirrus).
    • Tabungan bisa dijadikan jaminan kredit.
    • Layanan info via SMS/e-Mail untuk setiap transaksi yang dilakukan di rekening BCA termasuk notifikasi informasi saldo, tarikan Warkat, Tarikan Khusus, dan transaksi kredit maupun debit.
    • Mendukung berbagai macam pembayaran mulai dari pembayaran listrik hingga pembayaran pinjaman.
    • Bisa mengikuti komunitas Tahapan BCA.
    • Transaksi aman dan nyaman.
  2. Tabungan BCA Tapres

    Jika ingin tidak sekadar menabung dan juga ingin menikmati suku bunga yang diberikan, Tabungan BCA Tapres adalah solusi yang tepat. Namun, perlu diketahui bahwa sejak tanggal 1 Januari 2016 bank BCA mengadakan perubahan biaya dan limit sebagai berikut.

    • Setoran awal minimal Rp5.000.000.
    • Saldo minimum rata-rata per-bulan Rp5.000.000.
    • Biaya administrasi per-bulan sebesar Rp17.000.
    • Biaya pembuatan/penggantian kartu Rp15.000.
    • Biaya administrasi saldo di bawah minimal sebesar Rp10.000.
    • Mengenai syarat buka rekening BCA Tapres yang diperlukan selain setoran awal sebesar Rp5.000.000 adalah siapa saja yang memiliki umur 17 tahun lebih serta membawa kelengkapan berupa kartu identitas, dan mengisi formulir baik secara online atau di kantor cabang bank BCA terdekat.

    Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Tapres (Tabungan Prestasi)

    • Pengisian formulir melalui situs KlikBCA ini hanya bertujuan untuk mempermudah pemohon dalam melakukan pembukaan rekening di Kantor Cabang BCA.
    • Pemohon tetap harus datang ke Kantor Cabang BCA untuk melakukan pembukaan rekening.
    • Setelah melakukan pengisian formulir pada situs KlikBCA ini, pemohon dapat membawa nomor referensi yang dihasilkan dari aplikasi online untuk melakukan pembukaan rekening di kantor cabang BCA terdekat.
    • Membawa dokumen yang diperlukan sebagai syarat buka rekening BCA, antara lain: Bukti nomor referensi dari formulir yang telah diisi, Bukti identitas diri yang masih berlaku berupa KTP/PASPOR, Resi perpanjangan dari instansi terkait (bila kartu identitas dalam proses perpanjangan), Surat keterangan domisili dan Dokumen pendukung lainnya (apabila ada) sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.

    Baca Juga : Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya

  3. Tabungan BCA Tahapan Xpresi


    loader
    Kartu Tabungan Tahapan Xpresi BCA

    Tabungan BCA Tahapan Xpresi disuguhkan kepada para generasi muda yang penuh gaya. Namun, demikian sebenarnya tabungan ini tidak memiliki batasan umur dan siapa saja boleh membuat rekening Tahapan Xpresi.

    Per 1 Februari 2016 bank BCA telah melakukan perubahan biaya maupun saldo minimum untuk BCA Tahapan Xpresi. Namun demikian biayanya masih tergolong sangat terjangkau bagi kaula muda.

    Banyak sekali manfaat yang diberikan mulai dari setoran awal yang hanya Rp50.000, tidak ada buku tabungan sehingga lebih praktis, fasilitas KlikBCA dan m-BCA secara otomatis, dan langsung bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi termasuk berbelanja melalui e-banking.

    Tabungan Xpresi memiliki limit tarik tunai Rp7 juta sama dengan tabungan Tahapan BCA dengan kartu Gold. Transaksi antar bank maksimal Rp25 juta dalam sekali transaksi.

    Biaya dan Saldo Minimum Tahapan Xpresi

    Biaya administrasi yang dikenakan untuk produk Tahapan Xpresi sebagai berikut.

    • Setoran awal Rp50.000.
    • Setoran selanjutnya minimal Rp50.000.
    • Saldo minimum Rp10.000.
    • Biaya administrasi bulanan Rp5.000.
    • Biaya penggantian kartu/pembuatan kartu Rp25.000.
    • Biaya penutupan rekening Rp5.000.

    Persyaratan dan Cara Buka Tabungan Tahapan BCA Xpresi

    Cara buka rekening BCA Tahapan Xpresi hampir sama dengan membuka rekening lainnya, yaitu bisa melalui “Daftar Online” atau datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat.

    Mengenai persyaratannya, BCA Xpresi memiliki persyaratan yang berbeda-beda sesuai dengan golongan umur. Pendaftarannya pun bisa diwakilkan untuk anak yang berumur kurang dari 12 Tahun.

    Untuk anak usia lebih dari 17 tahun, persyaratannya hanya membawa Fotokopi KTP dan Fotokopi NPWP. Jika tidak memiliki NPWP, bisa mengisi formulir surat pernyataan tanpa NPWP yang bisa diunduh melalui situs www.bca.co.id .

  4. Tabungan Tahapan Berjangka BCA

    Tahapan Berjangka BCA adalah jenis tabungan yang dikhususkan untuk perorangan dengan sistem setoran rutin dalam suatu jumlah dan jangaka waktu tertentu. Setoran untuk tabungan Tahapan Berjangka BCA ini akan diambil dari rekening tabungan Tahapan, Tahapan Gold, Tapres BCA, atau Tahapan Xpresi.

    Biaya Tahapan Berjangka

    Beberapa biaya yang dikenakan pada jenis tabungan BCA berjangka adalah sebagai berikut.

    • Biaya tahapan berjangka untuk transaksi setoran di counter, administrasi bulanan, dan gagal debet, adalah BEBAS BIAYA.
    • Biaya premi asuransi adalah bebas biaya dan dikenakan 1% x Saldo Akhir.
    • Biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo, adalah sekitar Rp50.000 atau maksimal sebesar jumlah akumulasi dari bunga yang telah dibayarkan kepada nasabah dipilih yang lebih besar.

    Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Tabungan Berjangka

    • Minimal berusia 12 tahun maksimal 60 tahun.
    • Jangka waktu menabung maksimal dengan usia ulang tahun 65 tahun.
    • Mengisi dan menandatangani formulir permohononan pembukaan rekening.
    • Pembukaan rekening tabunga tidak dikenakan biaya materai.
    • Membawa dokumen yang diperlukan (KTP dan NPWP), untuk anak di bawah usia 12 tahun wajib menyertakan, Kartu Identitas anak atau Kartu Pelajar, NPWP orang tua, kartu keluarga atau akta kelahiran.
    • Mengunjungi kantor cabang Bank BCA terdekat.
  5. TabunganKu BCA

    loader
    Buku dan Kartu TabunganKU BCA

    TabunganKu BCA adalah jenis tabungan BCA yang memiliki setoran awal paling ringan. Sama seperti dengan jenis tabungan BCA pada umumnya, kamu bisa mendapatkan kartu ATM dengan limit pengguna silver, yang artinya dapat melakukan tarik tunai dengan maksimal limit sampai dengan Rp7 juta.

    Selain itu, terdapat juga fasilitas maksimal transfer ke sesama rekening BCAsampai dengan sebesar Rp15 juta. Namun, sayangnya, Tabunganku BCA belum memiliki fitur internet banking.

    Biaya TabunganKu BCA

    Berikut ini adalah rincian biaya yang berlaku di jenis ATM TabunganKu BCA.

    • Setoran awal, minimal Rp20.000.
    • Setoran selanjutnya, minimal Rp20.000.
    • Saldo minimal, sebesar Rp20.000.
    • Tarik tunai, sebesar Rp20.000.
    • Biaya pasif, Rp2.000 per bulan.
    • Biaya penutupan rekening Rp20.000.
    • Biaya transaksi debet, sebesar Rp2.500 per transaksi.

    Syarat dan Cara Buka Rekening BCA TabunganKu

    • Mempersiapkan dokumen seperti KTP dan NPWP. Untuk pembukaan rekening anak di bawah usia 17 tahun wajib membawa Karti Identitas Anak (KIA) atau kartu pelajar atau Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran atau paspor, KTP dan NWPW orang tua dan syart pernyataan orang tua.
    • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening.
    • Pembukaan rekening tabungan tidak dikenakan biaya materai.
    • menandatangi kantor cabang bank BCA terdekat.
  6. Simpanan Pelajar BCA

    Tabungan BCA jenis Simpanan Pelajar memang dikhususkan bagi para pelajar, baik itu pelajar PAUD, SD, SMP, maupunn SMA yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum memiliki KTP sebelumnya.

    Biaya Simpanan Pelajar

    Adapun biaya dari jenis tabungan Simpanan Pelajar ketentuannya adalah sebagai berikut.

    • Biaya setoran awal, sebesar Rp50.000.
    • Biaya setoran selanjutnya, sebesar minimal Rp1.000.
    • Saldo minimal, sebesar Rp5.000.
    • Limit penarikan tunai di ATM, sebesar Rp7 juta rupiah per hari
    • Limit transfer ke rekening BCAdi ATM, sebesar Rp25 juta rupiah per hari
    • Biaya pasif untuk rekening dormant dibebankan sejak bulan ke-13 adalah sebesar Rp1.000 per bulan.

    Manfaat Simpanan Pelajar BCA

    Terdapat beberapa keuntungan dari jenis tabungan BCA Simpanan Pelajar dalam bentuk reward. Reward diberikan dalam bentuk bunga tabungan tambahan, yaitu:

    • Untuk saldo rata-rata (12 bulan) yakni dalam rentang Rp1.000.000 – Rp5.000.000, maka reward maksimal yang bisa didapatkan adalah Rp10.000.
    • Untuk saldo rata-rata (12 bulan) > Rp5.000.000, maka reward maksimal yang bisa didapat adalah Rp50.000.

    Syarat dan Cara Buka Tabungan BCA Simpanan Pelajar

    • Syarat buka rekening BCA ini diperuntulkan untuk WNI saja dan harus berusia di bawah 17 tahun juga belum memiliki KTP.
    • Siapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat membuka rekening BCA tabungan Simpanan Pelajar: Fotokopi kartu keluarga (KK), Akta kelahiran, Paspor atau kartu pelajar, Nomor induk siswa dan nomor induk siswa nasional, Fotokopi KTP orang tua, dan NPWP orang tua.
    • Datangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa dokumen-dokumen di atas.
    •  Isi formulir sesuai dengan arahan dari customer service.
    • Jika semua data telah terisi, kamu akan diberi fasilitas buku tabungan dan kartu ATM.
  7. Tabungan BCA LAKU

    loader
    Kartu BCA LAKU

    Laku BCA merupakan rekening simpanan atau tabungan perorangan, dengan persyaratan yang mudah dipenuhi. Transaksi Laku BCA dilakukan di tempat agen yang berlokasi di sekitar area masyarakat dan bukan bertransaksi di kantor cabang bank BCA.

    Selain itu, nasabah dari Tabungan BCA LAKU tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan. Adapun limit transaksi dari tarikan tunai adalah sebesar maksimum Rp5 juta per bulan.

    Biaya Tabungan BCA LAKU

    Untuk biaya yang berlaku pada jenis Tabungan BCA LAKU, adalah sebagai berikut.

    • Biaya tarik uang, sebesar Rp2.000 per kartu.
    • Saldo tabungan, sebesar maksimal Rp20 juta.
    • Jumlah tarikan uang, sebesar maksimal Rp5 juta per bulan.

    Syarat dan Cara Buka Rekening Tabungan LAKU BCA

    • Mempersiapkan dokumen persyaratan membuka rekening BCA ini, yaitu KTP dan NPWP.
    • Datang ke agek LAKU terdekat.
    • Isi formulir serta melengkapi data identitas diri.
    • Tunggu proses verifikasinya oleh agen LAKU.
    • Setelah itu, agen LAKU akan memberikan struk transaksi dan tidak lama kemudian akan ada SMS informasi berupa informasi nomor rekening dan PIN.
    • Setelah pembukaan rekening disetujui, agen LAKU akan memberikan kartu LAKU.
  8. Tabungan BCA Dollar

    Tabungan BCA Dollar merupakan pilihan tepat bagi siapa saja yang sering melakukan transaksi dengan mata uang asing USD atau SGD. Setoran awal untuk membuka tabungan ini adalah sebesar USD 100 atau SGD 200. Biaya administrasi bulanan untuk USD adalah 1 USD dan untuk SGD adalah 2 SGD.

    Tabungan BCA Dollar bisa didapatkan oleh individu yang sudah berusia 21 tahun atau lebih. Persyaratan yang diperlukan selain uang setoran awal adalah kelengkapan dokumen berupa kartu identitas dan mengisi formulir permohonan di atas materai.

    Memahami berbagai manfaat dan cara membuat rekening di BCA di atas akan memberikan banyak kemudahan bagi nasabah untuk mendapatkan layanan yang maksimal.

    Biaya Tabungan BCA Dollar

    Untuk rincian biaya yang berlaku di jenis tabungan BCA Dollar adalah sebagai berikut.

    • Setoran awal minimum, sebesar USD 100.
    • Biaya admin bulanan, sebesar USD 1.
    • Biaya penutupan, sebesar USD 5.

    Syarat dan Cara Buka Tabunga Dollar BCA

    • BCA Dollar bisa dibuat jika nasabah sudah memiliki umur 21 tahun atau telah menikah.
    • Mengisi Formulir dengan data yang benar dan menandatanganinnya di atas materai.
    • Menyiapkan dokumen seperti KTP atau Passpor dan NPWP. Untuk Warga Negara Asing butuh Kitas/Passpor dan NPWP.
    • Minimum setoran awal Tabungan BCA Dollar yakni USD 100 atau SGD 200.
    • Biaya admin setiap bulan dikenakan USD 1 atau SGD 2.
    • Datangi Cabang Bank BCA terdekat.
    • Isi Formulir yang diberikan.
    • Silahkan melakukan setoran awal Tabungan BCA Dollar yakni USD 100 atau SGD 200.

    Baca Juga : Mengenal Tabungan Emas, Syarat, dan Manfaatnya

Buka Rekening Tabungan BCA  Online via BCA Mobile

Cara ini sangat mudah dan cepat, buka tabungan BCA sekarang tak perlu ribet karena bisa langsung dilakukan online melalui aplikasi BCA Mobile. Pastikan nomor handphone belum terdaftar BCA Mobile dan punya kuota paket data internet yang cukup dan koneksi internet yang stabil agar proses pendaftaran lancar.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Unduh aplikasi BCA Mobile.
  • Pilih fitur 'Buka Rekening Baru'.
  • Pilih produk rekening BCA yang diinginkan: Tahapan, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.
  • Lengkapi isian dokumen data diri:  Foto kartu e-KTP, foto diri, foto tanda tangan di atas kertas, foto NPWP (jika ada).
  • Pilih tujuan utama membuka rekening: Transaksi, Menabung/Investasi, Keperluan Pribadi, Tujuan Lainnya.
  • Pilih Fasilitas Produk : pilih kartu paspor (kartu debit) yang dinginkan.
  • Verifikasi Data. Pihak Customer Service BCA akan melakukan video call sekitar 5 menit. Klik Lakukan Video Call.
  • Aktivasi: Buat nomor PIN untuk transaksi mobile dan internet banking.
  • Segera lakukan setoran awal, transfer, atau setor tunai tanpa kartu di mesin ATM BCA terdekat.
  • Rekening tabungan BCA kamu sudah jadi dan bisa digunakan untuk transaksi perbankan.

Pilih yang Rekening BCA Sesuai Kebutuhan

Setiap jenis rekening BCA memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda. Sesuaikan pilihan tabungan dengan kebutuhan kamu sekarang. Pertimbangkan jenis tabungan dengan kemungkinan aktivitas transaksi yang akan dilakukan dan manfaatkan keuntungan dari setiap jenis tabungan yang dipilih dengan optimal.